silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama: Desi Pajriyati
NIM: 877836232
Prodi: PGSD – S1
UPBJJ: UT Bandung
Selamat Malam, rekan-rekan semuanya. Mohon izin menanggapi pertanyaan-pertanyaan seputar materi “Implementasi Metode Among Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran Matematika”.
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) ini?
Berdasarkan video yang saya telah saksikan, saya menyadari metode Among sangat efektif diimplemantasikan dalam pembelajaran. Peserta didik terarah sejak guru hadir di kelas. Dalam video Pembelajaran membahas tentang metode Among. Metode yang memiliki tujuan membangun anak didik menjadi manusia beriman dan bertakwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani. Metode Among (1922) sebagai pengganti metode kolonial. Menurut prinsip utama sistem Among: melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), asuh (bimbingan).
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
• Guru harus mempersiapan media pembelajaran agar contohnya jelas dan mudah dimengerti.
• Guru menggunakan Metode Among dengan memulai dari prinsip asih, yaitu: dengan menanamkan sifat spiritual kepada peserta didik; berdoa sebelum pelajaran, bertanya kabar serta menanamkan hidup bersih dan sehat.
• Guru menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulus peserta didik agar aktif dalam pembelajaran di kelas
• Guru selanjutnya melanjutkan menggunakan prinsip Asah, yaitu guru menyampaikan materi dan memberikan contoh dengan bahasa yang santun dan tegas, menunjukkan sikap yang ramah, dilengkapi dengan media. Lalu memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan pengamatan dan konfirmasi hasil pengamatan.
• Melalui prinsp asih guru menunjukkan cara menghargai orang lain dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh rasa sabar.
• Guru selalu memantau aktivitas diskusi dengan mendekati kelompok peserta didik, memberikan semangat serta arahan kepada peserta didik, memberikan bantuan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh kesabaran. (prinsip Asuh)
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
Ya, tayangan video tersebut telah memberi saya inspirasi untuk memenuhi kebutuhan saya dalam mengaja atau merancang pembelajaran
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Dalam video guru sudah mengimplementasikan metode Among dengan sangat baik dan jelas. Melalui metode ini, peserta didik menjadi aktif dan terbuka pada materi yang dipelajari. Sesuai dengan prinsip metode Among itu sendiri. Tut wuri handayani yang artinya di belakang memberikan dorongan dan arahan.
Berikut yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kekeliruan informasi yang saya sampaikan. Terima kasih.
Nama: Salsa Nabila NIM: 855841757
Prodi: PGSD – S1
UPBJJ: UT Medan
Selamat Pagi, rekan-rekan semuanya. Mohon izin menanggapi pertanyaan-pertanyaan seputar materi “Implementasi Metode Among Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran Matematika”. Reaksi siswa terhadap pembelajaran bervariasi, dipengaruhi oleh metode pengajaran, interaksi guru-siswa, relevansi materi, dan penggunaan teknologi. Kelemahan guru seringkali meliputi kesulitan menarik perhatian siswa, kurangnya pemahaman tentang gaya belajar, dan minimnya penggunaan teknologi. Di sisi lain, kelebihan guru terletak pada kemampuan menciptakan suasana yang menyenangkan serta menginspirasi siswa. Dalam video pembelajaran, guru menunjukkan metode kreatif, membangun hubungan yang kuat dengan siswa, dan bersikap sabar saat membantu siswa yang kesulitan. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, perlu dilakukan pelatihan reguler bagi guru, mendorong penggunaan teknologi, menciptakan lingkungan inklusif, dan kolaborasi antar-guru.
Nama : Sri Nuryati
NIM : 859156047
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : UT Mataram
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
Menurut saya video ini sangat baik, memberikan gambaran pembelajaran yang menyenangkan dan relevan berdasarkan metode among. Berdasarkan video tersebut juga metode ini membantu saya untuk lebih mengasah kemampuan berkomunikasi dan memfasilitasi diskusi yang membuat proses pembelajaran lebih interaktif
2. Hal apa yang dapat diperoleh dari vidio pembelajaran ini?
Setelah melihat dan menonton vidio pembelajaran ini saya mendapatkan pelajaran bahwa dalam kegiatan ini guru harus aktif mulai dari menyapa dan mendampangi siswanya dalam melakukan suatu proyek sehingga siswa tidak bingung atau rancu akan suatu perintah
3.Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
Ya, tayangan video tersebut telah memberi saya inspirasi untuk memenuhi kebutuhan saya dalam mengaja atau merancang pembelajaran.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Dalam video guru sudah mengimplementasikan metode Among dengan sangat baik dan jelas. Melalui metode ini, peserta didik menjadi aktif dan terbuka pada materi yang dipelajari. Sesuai dengan prinsip metode Among itu sendiri. Tut wuri handayani yang artinya di belakang memberikan dorongan dan arahan.