silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
MNURUT SAYA VIDIO DI ATAS SANGAT BAGUS
Menurut saya Vidio ini sangat bermanfaat…..
Nama: Siti Nur Asiyyah Jamilah
NIM : 857319273
Program Studi : 118/PGSDH-S1
1. Menurut saya pemaparan materi dlm video diatas cukup jelas, karena penerapan model PBJL mampu menarik minat dan perhatian anak dalam belajar sehingga anak lebih mudah dlm memahami materi.
2. Pengaplikasian model PBJL dengan metode among diaplikasikan secara tepat
3. Melalui video ini, saya merasa sangat terbantu dgn metode yg dapat saya praktikan nanti melalui model PBJL
4. Hal baik dalam vidio adalah kita tidak hanya mengajar dan menjadi pengajar melainkan kita sebagai keluarga bagi murid-murid, sehingga mereka jauh merasa lebih dekat dan mereka lebih antusias serta semangat dalam mengikuti pembelajaran
Nama : Rino Dianto
NIM. : 857100852
Pokjar: tambelang
Upbjj : Jakarta
– Berdasarkan analisis dari beberapa video yang ada di laman GPO ini.menurut saya pemaparan materi yang sangat jelas. karena penerapan model pembelajaran PBJL mampu menarik minatdan perhatian anak dalam belajar sehingga anak lebih mudah dalam memahami materinya
– aplikasi model PBJL dengan metode among diaplikasikan secara tepat
– hal baik dalam video adalah kita tidak hanya mengajar dan menjadi pengajar melainkan kita sebagai orang tua murid murid kita sehingga mereka jauh merasa lebih dekat dan lebih antusias serta semangat mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut.
NAMA : MAHFUL SAEFULOH SUTANTO
NIM : 857359048
Semester : II BI (119)
1. Video tersebut dikemas dengan cerita yang baik, sehingga Proyek PBJL berjalan sesuai dengan semestinya.
2. Hal yang penting didalam video ini, menampilkan salah satu cara terbaik dalam hal mengajar.
3. Ada beberapa inovasi atau tekhnik mengajar yang bisa saya terapkan dalam meracang pembelajaran.
4. Hal baik dalam video ini ketulusan seorang sosok guru dalam mengayomi siswanya.
Nama : Abdullah
Nim: 857301088
Prodi: 118/ PGSD- SI
1. Dari hasil analisis vidio tersebut menurut pendapat saya mengenai penggunaan metode among dari ki Hajar dewantara sangat bagus dan cocok di terapkan di dalam kelas.
2. Dari hasil analisis vidio diatas ada banyak hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran di atas antara lain dengan metode among yang di terapkan pada siswa dan model pembelajaran pbjl, terlihat siswa sangat antusias dan mudah memahami materi yang di sampaikan tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran yang sudah di rancang. Banyak manfaat dari metode among tersebut untuk dapat di terapkan pada proses pembelajaran.
3.Video di atas sangat membantu saya dalam meningkatkan strategi pembelajaran di kelas
4. Hal yang sudah baik dari video di atas adalah penjelasan tentang metode among maupun model pembelajaran pbjl sudah bagus di tambah dengan adanya alat peraga untuk pelaksanaan pembelajaran kemudian metode among yang di terapkan pada proses pembelajaran dari video meningkatkan pemahaman anak pada suatu materi, dan di berikan contoh- contoh sederhana dalam bentuk gambar yang dapat di pahami siswa dengan jelas. Salah satu metode among yang lain dari video di atas yaitu metode asuh, guru memantau dan membimbing semua siswa dalam pengerjaan tugasnya dengan penuh kesabaran dan membuat anak – anak terasa nyaman.
Nama : Ani Istiana
Nim : 857 157 534
prodi : PGSD BI semester
Pokjar : Tarumajaya
1. Menurut saya video pembelajaran ini sangat bagus karena berbasis projek (PjBL), karena guru menggunakan manipulative learning untuk membantu siswa dalam memahami jenis-jenis bangun datar dengan melihat bendanya secara langsung (konkrit).
2. Berikut adalah point penting yang sudah guru lakukan di video ini, antara lain:
a. Kegiatan awal pembelajaran sangat menarik karena dimulai dengan yel-yel, mengecek kelengkapan seragam, kebersihan kelas, dan berdoa. kegiatan ini bisa menambah semangat anak untuk siap menerima pelajaran.
b. Guru tidak menanyakan materi yang sudah siswa pelajari pada pertemuan sebelumnya.
3. Video pembelajaran ini, membuat saya semakin paham tentang metode Among dan PJBL.
4. Hal baik yang sudah guru lakukan antara lain:
a. Guru menyampaikan materi dengan jelas dengan menggunakan media untuk membantu siswa lebih mudah memahami pelajaran.
b. Ketika siswa berdiskusi, guru berkeliling menanyakan ke siswa untuk mengecek tingkat pemahaman mereka.
c. terdapat evaluasi dalam pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dapat memahami pelajaran.
Nama : ABDUL MAJID
NIM : 859895402
Prodi :PGSD BI Smt II
Pokjar : Madina
1.Pendapat saya tentang Video diatas adalah sangat baik dan jelas dalam penyampaiannya sehingga memberikan gambaran tentang pembelajaran yg bisa dijadikan contoh bagi para guru yang ada di sekolah
2.Hal penting yang bisa diambil dari tayangan Video diatas adalah memberikan saya contoh bagaimana saya mengajar ,menyampaikan materi sehingga anak-anak / peserta didik bisa memahami materi yang di ajarkan
3.Video diatas sesuai kebutuhan saya dalam merancang pembelajaran karena dengan kita menyediakan media pembelajaran bisa membantu anak untuk anak paham dengan materi yg kita sampaikan
4.Hal yang sudah sangat baik yang bisa diambil dari Video diatas adalah penerapan sistem among sehingga anak tidak hanya belajar materi saja tp disesuaikan dengan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari
Nama : Eulis Robiah Adawiah
NIM : 857359062
Prodi : 119 /PGSD semester 2
Pokjar : Warungkondang ( Cianjur)
1. Menurut saya dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) ini sangat bagus, karena dapat memicu siswa untuk lebih aktif dalam belajar. karena dalam PJBL proyek sebagai media. siswa melakukan eksplorasi, penilaian, inter pretasi, sintesis dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar
2. Dari video ini hal yang paling penting adalah ketika menggunakan metode among dari ki hajar dewantara. dari metode among ki hajar dewantara ini dapat membangun anak didik menjadi manusia beriman dan bertakwa, merdeka lahir dan bathin, budi pekerti luhur, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani
3. Tayangan dalam video ini cukup sesuai dengan apa yang saya butuhkan dalam mengajar atau merancang pembelajaran
4. Baik ketika guru menggunakan pembelajaran berbasis proyek based learning atau PJBL dan menggunakan metode among dari ki hajar dewantara
Nama : Nursanti
Nim : 820878528
Prodi : PGSD
Assalamualaikum wr.wb
1. Terkait vidio diatas, sangat bermanfaat sekali karena dalam vidio tersebut siswa terlihat sangat tertarik dengan materi yang di paparkan oleh guru, hal penting yang saya peroleh dari vidio ini adalah siswa menjadi lebih aktif.
2. Sebagai seorang guru harus mampu membawa pembelajaran itu yang kreatif dan berfariasi, dengan cara menggunakan media-media yang lain selain buku paket.
3. Menurut saya video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena sangat bermanfaat bagi seoarang guru serta dapat membantu dalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Sehingga dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Sehingga dengan mudah mengaplikasikan isi dari video tersebut dalam pembelajaran saya di sekolah.
4. Terjadinya interaksi yang baik antara guru dan siswa, siswa mengerti apa yang disampaikan guru, guru membimbing siswa dengan sabar dan menuntun siswa dalam proses pembelajaran, model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari yang baik, seperti sikap spiritual, hidup sehat, sikap menghargai orang lain, bersikap sabar dan percaya diri.