silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

370 Comments

  1. Nama : Ikhlasotul Fawaidah
    NIM : 858733967
    Prodi : PGSD.BI
    Pokjar : Lamongan
    Semester : 2

    Terkait pertanyaan mengenai video di atas berikut pendapat saya.

    1. Menurut pendapat saya, video mengenai Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) menarik dan memiliki penjelasan yang jelas. Selain itu dalam memberikan contoh, mudah untuk dipahami oleh seorang pendidik. Sehingga melalui penjelasan pada video ini, pendidik dapat menerapkannya di tempat ia mengajar.
    2. Melalui video tersebut, dapat diketahui bagaimana cara yang baik guna mengintegrasikan metode among Ki Hajara Dewantara dengan metode PBJL. Sehingga pembelajaran dapat bersifat dua arah dan atraktif.
    3. Video atas sesuai dengan kebutuhan saya, dimana selama kegiatan belajar mengajar di sekolah lebih banyak menggunakan metode PBJL.
    4. Hal-hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah mampu menjelaskan dan menguraikan secara sederhana apa itu metode among Ki Hajar Dewantara dan metode PBJL. Selain itu, [ada video ini pula dijelaskan secara detail bagaimana cara mengintegrasika antara metode among Ki Hajar Dewantara dengan metode PBJL. Dimana pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas dari seorang guru

  2. Pendapat saya terhadap konsep PjBL dalam video ini adalah bahwa itu adalah pendekatan yang positif dan efektif dalam mengajar siswa tentang lingkungan hidup. Melalui proyek ini, siswa diajak untuk berpartisipasi aktif dalam mengeksplorasi dan mengaplikasikan pengetahuan mereka tentang lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.
    Hal penting yang bisa diperoleh dari video pembelajaran ini adalah pemahaman tentang hubungan antara manusia, lingkungan hidup, dan keberlanjutan. Siswa dapat memahami dampak tindakan manusia terhadap lingkungan dan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem. Selain itu, melalui proyek ini, siswa juga diajak untuk mengembangkan keterampilan kritis, kolaboratif, dan kreatif.
    Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran? Itu tergantung pada konteks dan kebutuhan kelas Anda. Namun, secara umum, video ini dapat menjadi sumber inspirasi dan referensi yang baik untuk merancang pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam menjaga lingkungan hidup.
    Hal-hal yang sudah sangat baik dalam video ini mungkin termasuk pendekatan yang interaktif dan melibatkan siswa, penggunaan proyek nyata (membuat projek dengan botol bekas), dan penekanan pada pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem. Selain itu, video ini mungkin juga memberikan contoh yang konkret dan mudah dipahami bagi siswa.
    Namun, penting untuk dicatat bahwa tanggapan seolah-olah saya sudah melihat video tersebut hanyalah simulasi berdasarkan informasi yang Anda berikan. Untuk tanggapan yang lebih akurat dan spesifik, disarankan untuk mendiskusikan video tersebut dengan orang yang telah melihatnya secara langsung.

  3. NAMA = TUTUT WULANDARI
    NIM = 825557625
    PRODI = S1 PGSD
    POKJAR = DUKUHSETI

    Bismillah
    1. Menurut saya video pembelajaran ini sangat bagus karena berbasis projek (PjBL), karena guru menggunakan manipulative learning untuk membantu siswa dalam memahami jenis-jenis bangun datar dengan melihat bendanya secara langsung (konkrit).

    2. Berikut adalah point penting yang sudah guru lakukan di video ini, antara lain:
    a. Kegiatan awal pembelajaran sangat menarik karena dimulai dengan yel-yel, mengecek kelengkapan seragam, kebersihan kelas, dan berdoa. kegiatan ini bisa menambah semangat anak untuk siap menerima pelajaran.
    b. Guru tidak menanyakan materi yang sudah siswa pelajari pada pertemuan sebelumnya.

    3. Video pembelajaran ini, membuat saya semakin paham tentang metode Among dan PJBL.

    4. Hal baik yang sudah guru lakukan antara lain:
    a. Guru menyampaikan materi dengan jelas dengan menggunakan media untuk membantu siswa lebih mudah memahami pelajaran.
    b. Ketika siswa berdiskusi, guru berkeliling menanyakan ke siswa untuk mengecek tingkat pemahaman mereka.
    c. terdapat evaluasi dalam pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dapat memahami pelajaran.

    Terimakasih

  4. Nama : REBEKA FIBRIANA
    Nim : 857156303
    1. Pendapat saya mengenai video penerapan pembelajaran sangat bagus, model pembelajaran PJBL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami suatu konsep materi
    2. Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL untuk mata pelajaran matematika.
    3. video ini sangat membantu saya salam membuat strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL, khusunya mata pelajaran matematika
    4. Hal yang sudah baik dalam video adalah, penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL dalam mata pelajaran matematika

  5. Nama: Lianah
    NIM: 857169166
    Prodi: S1PGSD
    Prokjar: Duren Sawit

    Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    sangat bagus, dan asik untuk ditiru pembelajaran yang akan saya lakukan
    Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    pembukaan appersepsi
    inti dari sebuah botol bekas dijadikan hasil karya yang kreatif di buat oleh anak anak
    Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    iya sangat sesuai dan sangat membantu
    Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    pembukaan guru memberi appersepsi saat awal pembelajaran, intinya guru menyampaikan dengan jelas , dan penutup pembelajaran karena anak di tanya kesulitan apa pada saat membuat proyek tersebut, dan setiap kelompok dapat mengutarakan pendapatnya.

  6. Nama: Santy Chintia S.
    NIM: 857158686

    Dari video di atas saya diingatkan kembali tentang metode Among yang di gagas oleh Ki Hajar Dewantara, bagaimana metode ini dibuat sebagai pengganti metode kolonial.

    Dari video ini saya juga diingatkan kembali bagaimana pembelajaran yang baik haruslah di rencanakan dengan sebaik mungkin, oleh karena itu untuk kita seorang guru haruslah membuat RPP sebagai senjata di setiap pembelajaran tiap harinya. Dengan desain RPP yang baik dan detail pembelajaran menjadi lebih terarah dan kegiatan di kelaspun akan lebih menyenangkan untuk anak-anak. Penggunaan alat bantu ajar yang sudah disiapkan dengan sebaik mungkin dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik. Serta memberikan berbagai kegiatan sehingga peserta didik dapat lebih mengeksplorasi materi yang diberikan.
    Selain itu kita sebagai seorang pendidik haruslah memiliki sifat asuh. Bagaimana pengasuhan ini dapat dilakukan dengan baik salah satunya saat kita berbicara dengan peserta didik dengan jelas yaitu menggunakan kalimat lengkap, pelafalan yang sesuai dan intonasi yang beragam tidak monoton. Begitupun kesabaran sebagai pendidik agar secara keseluruhan peserta didik dapat memahami cara berinteraksi baik terhadap guru dan sesama teman.

  7. Nama: Fiki Yulianti
    Nim: 857160145
    Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    1. Video ini bermanfaat bagi saya, dalam video tersebut menjelaskan implementasi Project Based Learning dimana metode ini sangat bermanfaat bagi peserta didik.
    2. Prinsip utama sistem Among yang dikemukakan oleh Bapak Pendidikan yaitu melaksanakan pembelajaran dala suasanan kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), asuh (bimbingan).
    3. Banyak video yang bermanfaat dari laman ini yang saya lihat dari tema-tema. Namun, saya memilih untuk melihat video ini berdasarkan kebutuhan saya bagaimana implementasi Projcet Based Learning di sekolah dan kebetulan ini sebagai penguatan saya dalam menulis jurnal Karya Ilmiah dan PKP, salah satu meningkatkan minat belajar siswa
    4. Video ini memberikan kebutuhan kepada saya dan teman-teman, mengenai apa itu prinsip sistem Among, tujuan sistem Among, implementasi PJBL di kelas, sintak, dan yang lainnya.

  8. Nama ; Sofyani Gea
    NIM ; 855975935
    1. Pendapat saya mengenai video sangat bagus, karena dengan model PJBL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami suatu materi
    2.Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL
    3. video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
    4. Hal yang sudah baik dalam video adalah, penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL

  9. Nama : Ati Suciati
    Nim : 859664399
    Program Studi : PGSD SI
    Smester : 6

    1. Menurut pendapat saya tentang video tersebut hampir tidak ada kesalahan sedikitpun, sangat bagus sekali
    dan dikemas sangat begitu apik didalam penyampaian materi sehingga mudah dipahami oleh peserta didik.
    Sehingga menginspirasi saya untuk melakukan pembelajaran dengan cara tersebut.
    2. Hal penting menurut pendapat saya pada video tersebut adalah manfaat metode among yang diterapkan
    kepada peserta didik yang dikombinasikan dengan model pembelajaran PJBL.
    3. Video pembelajaran tersebut sangat membantu sekali bagi saya dalam menerapkan strategi pembelajaran
    kepada peserta didik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
    4. Hal yang sangat baik dalam video tersebut adalah penyampaian materi yang sangat jelas dengan strategi
    yang begitu apik sehingga peserta didik lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

  10. Menurut pendapat saya terhadap konsep PjBL dalam video ini adalah bahwa itu adalah pendekatan yang positif dan efektif dalam mengajar siswa tentang lingkungan hidup. Melalui proyek ini, siswa diajak untuk berpartisipasi aktif dalam mengeksplorasi dan mengaplikasikan pengetahuan mereka tentang lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.
    Hal penting yang bisa diperoleh dari video pembelajaran ini adalah pemahaman tentang hubungan antara manusia, lingkungan hidup, dan keberlanjutan. Siswa dapat memahami dampak tindakan manusia terhadap lingkungan dan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem. Selain itu, melalui proyek ini, siswa juga diajak untuk mengembangkan keterampilan kritis, kolaboratif, dan kreatif.
    Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran? Itu tergantung pada konteks dan kebutuhan kelas Anda. Namun, secara umum, video ini dapat menjadi sumber inspirasi dan referensi yang baik untuk merancang pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam menjaga lingkungan hidup. Terima kasih 🙏🙏🙏

Leave a Reply