silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

265 Comments

  1. Nama : Meynda Ayuni Putri
    Nim : 858703244
    Prodi : PGSD S1

    1. Menurut saya pembelajaran dalam video sudah sangat tepat karena menggunakan PJBL dengan begitu siswa akan tertarik untuk mendalami materi

    2. Hal penting yang terdapat pada video ialah manfaat metode among yang di kombinasikan dengam model PJBL

    3. Ya, video ini membantu saya dalam merancang pembelajaran di kelas

    4. Hal yang sudah sangat baik antara lain, metode yang digunakan dan juga model pembelajaran yang dipilih

  2. Nama : Rika indriani
    NIM : 856980116
    Prodi : PGSD
    1. menurut saya dengan adanya video pembelajaran berbasis proyek tersebut dapat membantu para pendidik untuk mengimplementasikan metode dalam pembelajaran.
    2. hal penting yang saya peroleh dalam pembelajaran tersebut yaitu pentingnya mengajar dengan kasih sehingga peserta didik menjadi siswa yang memiliki budi pekerti yang baik serta percaya diri dalam mengungkapkan pendapat mereka terhadap materi yang di sampaikan.
    3. tentu, video tersebut membantu saya dalam merancang pembelajaran. karna guru diarahkan untuk mampu menjalankan proses pembelajaran dengan suasana kekeluargaan dan prinsip asih(kasih), asah(memahirkan), dan asuh (membimbing). Dan guru diajak untuk mempersiapkan alat pendukung yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan.
    4. point yang sangat baik dalam video tersebut adalah penerapan proses pembelajaran dengan menggunakan metode dan alat bantu dalam persiapan penyampaian materi agar siswa dapat dengan mudah memahami pembelajaran.

  3. Nama : Indah Dwi Anggraeni
    NIM : 856080962
    Prodi : PGSD

    1. Video pembelajaran berbasis proyek tersebut menarik, menambah semangat siswa dalam belajar, membantu para guru/sebagai referensi mengajar yang tepat
    2. Pembelajaran yang yang kondusif, dimulai dari persiapan yang baik pula
    3. Video tersebut membantu saya dalam mempersiapka, mengajar dengan baik, karena guru diberi petunjuk cara mengajar yang nyamannamun tujuan tetap tercapai bagi semua pihak
    4. Penggunaan media, metode pembelajaran dan suasana kelas yang nyaman

  4. Nama : Konka Dewi Lestari
    NIM : 858907647
    Prodi :

    1. Berdasarkan video pembelajaran yang sudah saya lihat, menurut saya pembelajaran berbasis proyek membantu siswa memahami materi melalui proyek yang mereka rancang. Materi yang disampaikan adalah bangun datar, siswa belajar mengenal macam-macam dan bentuk bangun datar yang ada di sekitar mereka melalui proyek berbahan kertas origami. Siswa dapat bereksplorasi bentuk-bentuk yang bisa mereka buat dan menggabungkannya menjadi suatu bentuk yang baru.
    2. Metode among “Ki Hajar Dewantara” bertujuan untuk membangun karakter peserta didik menjadi manusia yang bertaqwa dan berkepribadian luhur. Metode among ter implementasi dengan metode asih yaitu dengan menekankan pendidikan spiritual dengan menggunakan bahasa yang ramah dan tegas
    3. Tayangan video sesuai untuk merencanakan pembelajaran berbasis proyek karena memberikan gambaran yang jelas mengenai metode among dan metode PjBL
    4. Video yang ditampilkan sudah baik dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran dan memancing keaktifan siswa dengan bertanya secara langsung kepada siswa dan tetap memberi apresiasi kepada siswa.

  5. Nama : Melindah Erika Puspita Ms.
    NIM : 859389512
    Prodi : PGSD
    Setelah saya menonton video diatas dan membaca sinopsi yang dipaparkan
    1. Saya berpendapat bahwa dengan adanya video pembelajaran berbasis proyek diatas dapat membantu para pendidik dalam mengimplementasikan metode dalam pembelajaran.
    2. Hal penting yang saya dapatkan dari video tersebut sebagai guru kita harus mempersiapkan rencana pembelajaran dan media pembelajaran yang hendak digunakan agar pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
    3. Ya, video tersebut membantu saya dalam mengajar dengan baik sehingga saya mampu mengajar dengan nyaman dan terlaksana dengan baik.
    4. Hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut adalah penerapan proses pembelajaran dengan menggunakan metode dan alat bantu dalam persiapan penyampaian materi.

Leave a Reply