silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Salam Kebangsaan
NOVA SANTOSO (501192818)
pembelajaran dalam video sangat menarik, pertama mampu mengasosiasi materi dengan benda benda di sekitar sehingga anak anak mampu menerima materi dengan baik.
kedua melakukan pembuktian empirik dengan mengukur berbagai bentuk yang ada di sekitar kemudian menyimpulkan nama dari benda tersebut berdasarkan hasil pengukuran nya.
ketiga guru mampu melaksanakan asah asih asuh sesuai dengan penjelasan video.
terima kasih
Nama : Delya
Nim : 856828467
Prodi : PGSD
1. Menurut saya video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) memiliki potensi besar dalam mendukung implementasi metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran berbasis proyek mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam proyek nyata yang kontekstual, mendorong mereka untuk berpikir kritis dan kreatif. Melalui proyek ini siswa dapat lebih bebas mengeksplorasi konsep matematika secara mandiri.
2. Menurut saya hal penting yang diperoleh dari video pembelajaran berbasis proyek adalah siswa dapat bekerja sama, memecahkan masalah nyata dan mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini mendorong pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa.
3. Menurut saya video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran matematika. Video pembelajaran berbasis proyek ini sudah sangat baik, peserta didik berperan aktif, Mandiri dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran.
4. Menurut saya hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah fokusnya pada proyek yang konkret dan relevan, mendorong keterlibatan siswa secara aktif dan penggunaan contoh-contoh nyata yang dekat dengan pengalaman sehari-hari siswa. Dengan ini dapat meningkatkan minat siswa terhadap matematika.
NAMA: khoirunnisa
NIM : 856828159
PRODI: PGSD
1. Menutidaya PJBL pada vidio di atas sangat bagus dan tepat di terapkan, karena dengan media pembelajaran yang digunakan secara langsung sangat mempermudah siswa untuk memahami materi yang di pelajari.
2. Hal penting yang saya peroleh adalah sebelum guru mengajar guru harus memilih metode yang sesuai untuk anak didiknya seperti metode among tersebut, melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih,asah,asuh. Selain itu sebelum mengajar guru harus dengan matang menyiapkan media pembelajarannya supaya contohnya jelas dan siswa mudah memahami.
3. Tayangan dari vidio ini sudah sesuai dan tepat dijadikan contoh kebutuhan dalam merancang pembelajaran. Dengan menggunakan metode yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa, yang menarik perhatian dan fokus siswa.
4. Hal yang sangat baik dari vidio di atas adalah rencangan metode pembelajaran yang sudah disiapkan sangat matang sebelum memulai pembelajaran di dalam kelas sangat baik, sehingga menarik perhatian, minat dan fokus siswa dalam belajar, sehingga terciptanya kondisi kelas yang kondusif dan juga interaktif. Guru mampu dan sangat baik dalam mengelola kelas.
NAMA: khoirunnisa
NIM : 856828159
PRODI: PGSD
1. Menut saya PJBL pada vidio di atas sangat bagus dan tepat di terapkan, karena dengan media pembelajaran yang digunakan secara langsung sangat mempermudah siswa untuk memahami materi yang di pelajari.
2. Hal penting yang saya peroleh adalah sebelum guru mengajar guru harus memilih metode yang sesuai untuk anak didiknya seperti metode among tersebut, melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih,asah,asuh. Selain itu sebelum mengajar guru harus dengan matang menyiapkan media pembelajarannya supaya contohnya jelas dan siswa mudah memahami.
3. Tayangan dari vidio ini sudah sesuai dan tepat dijadikan contoh kebutuhan dalam merancang pembelajaran. Dengan menggunakan metode yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa, yang menarik perhatian dan fokus siswa.
4. Hal yang sangat baik dari vidio di atas adalah rencangan metode pembelajaran yang sudah disiapkan sangat matang sebelum memulai pembelajaran di dalam kelas sangat baik, sehingga menarik perhatian, minat dan fokus siswa dalam belajar, sehingga terciptanya kondisi kelas yang kondusif dan juga interaktif. Guru mampu dan sangat baik dalam mengelola kelas.
Nama : Perninda Devrianti
Nim : 856828625
Prodi : PGSD
1. bagaimana pendapat anda mengenai video pembelajaran berbasis proyek (pjbl)ini?
Jawab: menurut saya vidio pembelajaran kali ini sangatlah bagus dan berguna bagi saya yang khusus nya bagi mahasiswa, karena pada vidio pembelajaran ini saya dapat mengenal lebih jauh bagaimana pembelajaran berbasis proyek(pjbl)di lapangan (di sekolah).
2. Hal penting apa yang anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Jawab: yang saya peroleh dari video pembelajaran kali ini yaitu mengenai eloknya penggunaan video pembelajaran berbasis proyek pada materi-materi yang dapat diterapkan di lingkungan sekitar karena pada pembelajaran pjbl ini siswa akan melakukan pembelajaran secara langsung maksudnya ialah pada video guru melakukan pengenalan bentuk-bentuk benda secara langsung dengan membandingkan dengan benda-benda sekitar.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan anda dalam mengejar atau merancang pembelajaran?
Jawab: menurut saya video ini sangatlah membantu saya dalam merancang pembelajaran ataupun merancang dalam sistem ajar mengajar hal ini karena pembelajaran ini sangatlah elok jika digunakan di lapangan karena siswa akan menjadi lebih mudah paham akan materi yang saya sampaikan.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Jawab: hal yang sudah sangat baik di video ini yaitu penyampaian materi mengenai pembelajaran berbasis proyek (pjbl) sudah sangat jelas dan terarah sehingga saya sebagai mahasiswa menjadi paham mengenai pembelajaran berbasis proyek ini.
Nama : Tiara Septiani
Nim : 856083398
1. Menurut saya Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) telah menjadi salah satu metode pembelajaran yang semakin populer dan efektif dalam dunia pendidikan saat ini. Pendekatan ini menawarkan cara yang inovatif dan menarik untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar.
2. Hal penting yang saya dapati adalah Video pembelajaran berbasis proyek seringkali menyajikan konsep-konsep abstrak dengan cara yang lebih konkret dan relevan dengan kehidupan sehari
3. Sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam perangkat mengajar
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah Suasana belajar sangat bagus. Guru menyampaikan materi dan menjawab pertanyaan siswa dengan sabar , serta memberikan penjelasan yang sangat dapat dimengerti oleh peserta didik dengan memberikan media sebagai contoh wujud sebenarnya terkait dengan materi pembelajaran.
Nama : Effy Theresnawati
NIM : 857142828
Bismillah
1. Menurut saya mengenai sistem among yang terintegrasikan dengan pembelajaran berbasis proyek ini sangat menarik dan menjadi sumber inspirasi dalam mengajar. Project based learning menurut Saefudin (2014) merupakan metode pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dengan beraktivitas secara nyata dalam kehidupan. Hal ini dilakukan untuk membantu, mendorong dan membimbing peserta didik fokus pada kerja sama dengan melibatkan kerja kelompok dan membantu siswa untuk fokus pada perkembangan mereka (ruang kerja.id). Dengan metode PjBL ini tidak hanya guru saja di depan kelas menjelaskan namun juga siswa berperang aktif dalam proses pembelajaran. Pada video tersebut di laksanakan pada kelas rendah atau faase A, dalam pengaplikasian pembelajaran anak usia sd 7-11 tahun menurut teori Piaget anak usia tersebut masih dalam tahap pengetahuan kongkret, melihat, menyentuh dan melalui pengalaman langsung. Pada materi bangun datar dengan metode PjBL tersebut guru membawa alat peraga secara langsung agar peserta didik dapat mengidentufikasi bentuk bangun datar pada benda-benda yang ada di sekitar.Tentu saya sepakat dengan apa yang dikatakan oleh ibu Andin, selayaknya seorang guru apabila ingin mengajar harus mempersiapkan diri dan perlengkapan secara matang sebelum mengajar, agar tujuan pendidikan dapat tercapai.
2. Menurut saya hal-hal penting yang dapat saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah sebagai berikut :
1) Prinsip utama sistem among : melaksanakan pembelajaran dalm suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih sayang), asah (memahirkan), asuh (bimbingan)
2) Persiapan guru sebelum mengajar : yaitu menyiapkan media pembelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar tujuannya agar materi pembelajaran dapat diterima dengan jelas dan mudah dipahami peserta didik.
3) Metode asih : guru menanamkan sifat spiritual kepada peserta didik yaitu, berdoa sebelum memulai pembelajaran, menanyakan kabar dan pembiasaan hidup bersih dan sehat.
4) Metode asah : guru menyampaikan materi dan memberikan contoh dengan bahasa yang santun dan tegas, menunjukkan sikap ramah dan dilengkapi media. Memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan pengamatan dan konfirmasi hasil pengamatan.
5) Metode asih : menunjukkan cara menghargai orang lain dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh rasa sabar.
6) Prinsip utama sistem among : melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), asuh (bimbingan)
7) Desain Metode PJBL pada video adalah sebagai berukut :
mendesain projek dan mengatur jadwal.kemudian dari segi metode among nampak metode asih yang mengajak siswa untuk menjaga lingkungan bersih, metode asuh dengan cara guru selalu memantau aktivitas diskusi, memberikan semnagat dana arahan, memberikan bantuan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh kesabaran, membimbing cara peserta didik yang tidak berkaitan dengan proyek.
menyiapkan pertanyaan sebagai langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam terhadap pertanyaan yang muncul pada fenomena yang ada,
kemudian evaluasi pengalaman peserta didik.
3. Video tersebut sangat sesuai dan membantu serta mengispirasi saya dalam merancang pembelajaran baik berupa metode, strategi maupun media pembelajaran pada pembelajaran matematika yang menyenangkan.
4. hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah sebagai berikut :
persiapan guru yang sangat matang sebelum pembelajaran yaitu menyiapkan media pembelajaran dan media ini sangat bagus digunakan terlebih untu anak usia SD yang mana pemikirannya masih secara nyata atau konkret.
kelas yang nyaman dan kondusif serta interaktif antara guru dan siswa, membangun kerjasama dan komunikasi yang baik di dalam kelas antara guru dan siswa, siswa dengan siswa.
tidak monoton guru hanya berbiacara di depan kelas, namun siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, membuktikan jawaban yang salah dengan sikap ramah dan penuh kesabaran.
dalam video tersebut guru juga memberikan pertanyaan agar siswa bisa dapat memperhatikan dengan pengamatan secara mendalam terhadap materi yang disampaikan, memberikan evaluasi kepada peserta didik dan memberikan penguatan sebelum pembelajaran matematika berakhir.
Nama : Effy Theresnawati
NIM : 857142828
Bismillah
1. Menurut saya mengenai sistem among yang terintegrasikan dengan pembelajaran berbasis proyek ini sangat menarik dan menjadi sumber inspirasi dalam mengajar. Project based learning menurut Saefudin (2014) merupakan metode pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dengan beraktivitas secara nyata dalam kehidupan. Hal ini dilakukan untuk membantu, mendorong dan membimbing peserta didik fokus pada kerja sama dengan melibatkan kerja kelompok dan membantu siswa untuk fokus pada perkembangan mereka (ruang kerja.id). Dengan metode PjBL ini tidak hanya guru saja di depan kelas menjelaskan namun juga siswa berperang aktif dalam proses pembelajaran. Pada video tersebut di laksanakan pada kelas rendah atau faase A, dalam pengaplikasian pembelajaran anak usia sd 7-11 tahun menurut teori Piaget anak usia tersebut masih dalam tahap pengetahuan kongkret, melihat, menyentuh dan melalui pengalaman langsung. Pada materi bangun datar dengan metode PjBL tersebut guru membawa alat peraga secara langsung agar peserta didik dapat mengidentufikasi bentuk bangun datar pada benda-benda yang ada di sekitar.Tentu saya sepakat dengan apa yang dikatakan oleh ibu Andin, selayaknya seorang guru apabila ingin mengajar harus mempersiapkan diri dan perlengkapan secara matang sebelum mengajar, agar tujuan pendidikan dapat tercapai.
2. Menurut saya hal-hal penting yang dapat saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah sebagai berikut :
1) Prinsip utama sistem among : melaksanakan pembelajaran dalm suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih sayang), asah (memahirkan), asuh (bimbingan)
2) Persiapan guru sebelum mengajar : yaitu menyiapkan media pembelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar tujuannya agar materi pembelajaran dapat diterima dengan jelas dan mudah dipahami peserta didik.
3) Metode asih : guru menanamkan sifat spiritual kepada peserta didik yaitu, berdoa sebelum memulai pembelajaran, menanyakan kabar dan pembiasaan hidup bersih dan sehat.
4) Metode asah : guru menyampaikan materi dan memberikan contoh dengan bahasa yang santun dan tegas, menunjukkan sikap ramah dan dilengkapi media. Memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan pengamatan dan konfirmasi hasil pengamatan.
5) Metode asih : menunjukkan cara menghargai orang lain dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh rasa sabar.
6) Prinsip utama sistem among : melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), asuh (bimbingan)
7) Desain Metode PJBL pada video adalah sebagai berukut :
mendesain projek dan mengatur jadwal.kemudian dari segi metode among nampak metode asih yang mengajak siswa untuk menjaga lingkungan bersih, metode asuh dengan cara guru selalu memantau aktivitas diskusi, memberikan semnagat dana arahan, memberikan bantuan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh kesabaran, membimbing cara peserta didik yang tidak berkaitan dengan proyek.
menyiapkan pertanyaan sebagai langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam terhadap pertanyaan yang muncul pada fenomena yang ada,
kemudian evaluasi pengalaman peserta didik.
3. Video tersebut sangat sesuai dan membantu serta mengispirasi saya dalam merancang pembelajaran baik berupa metode, strategi maupun media pembelajaran pada pembelajaran matematika yang menyenangkan.
4. hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah sebagai berikut :
persiapan guru yang sangat matang sebelum pembelajaran yaitu menyiapkan media pembelajaran dan media ini sangat bagus digunakan terlebih untu anak usia SD yang mana pemikirannya masih secara nyata atau konkret.
kelas yang nyaman dan kondusif serta interaktif antara guru dan siswa, membangun kerjasama dan komunikasi yang baik di dalam kelas antara guru dan siswa, siswa dengan siswa.
tidak monoton guru hanya berbiacara di depan kelas, namun siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, membuktikan jawaban yang salah dengan sikap ramah dan penuh kesabaran.
dalam video tersebut guru juga memberikan pertanyaan agar siswa bisa dapat memperhatikan dengan pengamatan secara mendalam terhadap materi yang disampaikan, memberikan evaluasi kepada peserta didik dan memberikan penguatan sebelum pembelajaran matematika berakhir.
Nama : Effy Theresnawati
NIM : 857142828
Prodi : PGSD
Bismillah
1. Menurut saya mengenai sistem among yang terintegrasikan dengan pembelajaran berbasis proyek ini sangat menarik dan menjadi sumber inspirasi dalam mengajar. Dengan metode PjBL ini tidak hanya guru saja di depan kelas menjelaskan namun juga siswa berperang aktif dalam proses pembelajaran. Pada video tersebut di laksanakan pada kelas rendah atau faase A, dalam pengaplikasian pembelajaran anak usia sd 7-11 tahun menurut teori Piaget anak usia tersebut masih dalam tahap pengetahuan kongkret, melihat, menyentuh dan melalui pengalaman langsung. Pada materi bangun datar dengan metode PjBL tersebut guru membawa alat peraga secara langsung agar peserta didik dapat mengidentufikasi bentuk bangun datar pada benda-benda yang ada di sekitar.Tentu saya sepakat dengan apa yang dikatakan oleh ibu Andin, selayaknya seorang guru apabila ingin mengajar harus mempersiapkan diri dan perlengkapan secara matang sebelum mengajar, agar tujuan pendidikan dapat tercapai.
2. Menurut saya hal-hal penting yang dapat saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah sebagai berikut :
1) Prinsip utama sistem among : melaksanakan pembelajaran dalm suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih sayang), asah (memahirkan), asuh (bimbingan)
2) Persiapan guru sebelum mengajar : yaitu menyiapkan media pembelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar tujuannya agar materi pembelajaran dapat diterima dengan jelas dan mudah dipahami peserta didik.
3) Metode asih : guru menanamkan sifat spiritual kepada peserta didik yaitu, berdoa sebelum memulai pembelajaran, menanyakan kabar dan pembiasaan hidup bersih dan sehat.
4) Metode asah : guru menyampaikan materi dan memberikan contoh dengan bahasa yang santun dan tegas, menunjukkan sikap ramah dan dilengkapi media. Memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan pengamatan dan konfirmasi hasil pengamatan.
5) Metode asih : menunjukkan cara menghargai orang lain dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh rasa sabar.
6) Prinsip utama sistem among : melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), asuh (bimbingan)
7) Desain Metode PJBL pada video adalah sebagai berukut :
mendesain projek dan mengatur jadwal.kemudian dari segi metode among nampak metode asih yang mengajak siswa untuk menjaga lingkungan bersih, metode asuh dengan cara guru selalu memantau aktivitas diskusi, memberikan semnagat dana arahan, memberikan bantuan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh kesabaran, membimbing cara peserta didik yang tidak berkaitan dengan proyek.
menyiapkan pertanyaan sebagai langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam terhadap pertanyaan yang muncul pada fenomena yang ada,
kemudian evaluasi pengalaman peserta didik.
3. Video tersebut sangat sesuai dan membantu serta mengispirasi saya dalam merancang pembelajaran baik berupa metode, strategi maupun media pembelajaran pada pembelajaran matematika yang menyenangkan.
4. hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah sebagai berikut :
persiapan guru yang sangat matang sebelum pembelajaran yaitu menyiapkan media pembelajaran dan media ini sangat bagus digunakan terlebih untu anak usia SD yang mana pemikirannya masih secara nyata atau konkret.
kelas yang nyaman dan kondusif serta interaktif antara guru dan siswa, membangun kerjasama dan komunikasi yang baik di dalam kelas antara guru dan siswa, siswa dengan siswa.
tidak monoton guru hanya berbiacara di depan kelas, namun siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, membuktikan jawaban yang salah dengan sikap ramah dan penuh kesabaran.
dalam video tersebut guru juga memberikan pertanyaan agar siswa bisa dapat memperhatikan dengan pengamatan secara mendalam terhadap materi yang disampaikan, memberikan evaluasi kepada peserta didik dan memberikan penguatan sebelum pembelajaran matematika berakhir.
Nama : SRIANI
NIM : 877325343
Prodi : PGSD
1. Menurut pendapat saya Vidio pembelajaran ini berbasis proyek (PJBL) ini sangat bagus dan sangat menarik untuk di implementasikan di kelas, interaksi antara pendidik dan peserta didik sangat terlihat dan sisiwa juga aktif dalam pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Hal penting yang saya peroleh dari vidio pembelajaran ini adalah penggunaan metode Among yang memiliki prinsip utama yaitu melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip Asih ( kasih ), asah ( memahirkan ), asuh ( bimbingan ).
3. Tayangan vidio ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena kebetulan sekali saat ini saya sedang mengajar siswa kelas 2.
4. Hal yang sudah sangat baik dalam vidio ini adalah dalam pelaksanaan pembelajaranini tercipta suasana kekeluargaan sehingga peserta didik merasa nyaman dalam melakukan aktivitas belajar.