silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
NAMA : OKTI ASTUTI
NIM : 856480086
PRODI : PGSD-S1
UPBJ : PEKANBARU
Selamat Malam, rekan-rekan semuanya. Mohon izin menanggapi pertanyaan-pertanyaan seputar materi “Implementasi Metode Among Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran Matematika”.
manurut saya dalam kolaborasi pjbl dan among sanat bagus dan efeltif dimana guru dan siswa dituntut untuk siap dalam pembelajaran, guru siapa dalam penguasaan beserta media pembelajaranya sedangkan siswa siapa dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih relevan dengan adanya media pemelajaran.
kemudian juga hala yang bisa di dapat dari pembelajaran among ini bahwa guru untuk dapat mempersiapakan segala sesatu sebelum proses blajar mengajar dari penguasaan materi,modul ajar, media pembelajaran maupun refleksi nya, di amana dengan kelengkapan semua itu dapat menumbuhkan minat belajar siswa agar lebih aktif dan kreatif.
tayangan vidio ini sangat membantu untuk semua para guru maupun calon guru untuk dalam memilih metode pembelajaran yang akan di implementasikan di sekolahnya nanti.
dalam proses pembelajaran among sudah sangat jelas dan bagus mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, memudahkan anak dalam pemahaman pembelajaran.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin menyampaikan pendapat saya mengenai Video Implementasi Metode Among “Ki Hadjar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika.
Menurut saya, video pembelajaran ini sangat baik dan memberikan inspirasi kepada saya untuk bisa membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan lebih menyenangkan dengan proyek yang dilakukan secara sistematis dan terencana sehingga peserta didik dapat mengikuti pembelajaran yang bermakna.
Dari video tersebut dapat dilihat bahwa guru harus selalu menyiapkan strategi, bagaimana caranya agar membuat peserta didik menjadi fokus dalam belajar, memahami materi dengan baik, dan senang dalam mengikuti pelajaran.
Dengan menerapkan metode among dari Ki Hajar Dewantara yang menerapkan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), dan asuh (bimbingan), menjadikan peserta didik menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani. Peserta didik juga tertanam sifat spiritual dan dapat menunjukkan cara menghargai orang lain .Yang mana itu semua merupakan salah satu tujuan dari pendidikan
Metode among memberikan contoh bahwa guru bisa memberikan materi dengan menyertakan contoh dengan bahasa yang santun dan tegas, menunjukkan sikap yang ramah, dilengkapi dengan media, lalu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan pengamatan dan konfirmasi hasil pengamatan. Dan pada saat pembelajaran pun, guru selalu memantau aktivitas diskusi dengan mendekati kelompok peserta didik memberikan semangat serta arahan kepada peserta didik memberikan bantuan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh kesabaran yang mana dengan kesabaran dan kasih sayang yang diberikan kepada peserta didik, diharapkan tujuan dari pendidikan akan lebih mudah tercapai dengan menumbuhkan kesadaran peserta didik melalui pendekatan yang maksimal baik dalam hal ilmu pengetahuan maupun emosional.
Izin berpendapat,
Nama : Dewi Wahyuni
NIM : 860200261
UPBJJ : BANDUNG
Video : IMPLEMENTASI METODE AMONG “KI HAJAR DEWANTARA” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) ini?
Menurut saya, contoh video pembelajaran sudah sangat baik, dalam metode PJBL ini Yang Paling utama dari seorang guru, adalah harus bersiap2. Menyiapkan diri, termasuk materi ajar, bahan alat peraga, bahan pemantik diskusi untuk anak2, evaluasi hasil mengajar kepada anak. Dalam implementasi mengajar tetap mengasih dan mengasuh anak didik, mendampingi dengan diskusi, memfasilitasi dengan media belajar, memberikan selalu apresiasi dan perhatian, sehingga belajar matematika mengajar dalam kelas menjadi interaktif dan menyenangkan.
2. Hal apa yang dapat diperoleh dari vidio pembelajaran ini?
Ya, tayangan video adalah contoh video yang saya butuhkan , penerapan metode among yang di implentasikan dalam PJBL, dapat menjadi pedoman juklak mengajar saya nanti, dan sangat menginspirasi saya dalam merancang pembelajaran, proses belajar mengajar ,dan mencapai tujuan target ajar.
3.Kesesuaian Tayangan dengan Kebutuhan Mengajar?
Ya, sangat sesuai , implementasi PjBL berjalan efektif, teraplikasikan dalam pembelajaran, guru mampu mendorong kemandirian belajar , berpikir kreatif, mampu mengeksplorasi, berdiskusi, dan menyelesaikan proyek bersama dan mengevaluasi hasil proyeknya.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Dalam video guru sudah mengimplementasikan metode Among dengan sangat baik dan jelas. Setelah saya telaah, saya mendapatkan pelajaran bahwa dalam kegiatan KBM ini guru itu harus sudah siap perang! Siap dengan metode yang akan diterapkan dikelasnya, diantaranya :
among : melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan (kasih) dan dengan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), asuh membimbing. Sesuai dengan prinsip metode Among itu sendiri, Tut Wuri Handayani yakni : di depan memberi contoh, di tengah membangun semangat, di belakang memberi dorongan.
Terima kasih,
Nama : Aviatul Wardah Safitri
NIM : 858921157
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : UT Jember
Halo rekan-rekan semua.
Mohon ijin untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan seputar video materi “Implementasi Metode Among Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran Matematika”.
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
Video ini merupakan contoh praktik mengajar yang sangat baik dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek (PjBL), terutama untuk siswa kelas 2 SD. Kombinasi pendekatan Among Ki Hajar Dewantara dengan PjBL memberikan suasana belajar yang yang menyenangkan, partisipatif, dan bermakna. Guru tidak hanya berperan sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai pembimbing yang mendorong siswa aktif mengeksplorasi pengetahuan secara mandiri dan berkelompok.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Hal paling penting yang bisa diambil adalah:
Penerapan prinsip “Tut Wuri Handayani” di mana guru memberi ruang bagi siswa untuk berpikir, berdiskusi, dan menyampaikan ide.Kolaborasi siswa melalui kerja kelompok, yang tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep bangun datar tetapi juga melatih kerja sama dan komunikasi. Pemberian waktu untuk menyampaikan pendapat, yang sangat penting dalam membangun rasa percaya diri dan kemampuan berpikir kritis sejak dini.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
Ya, video ini sangat sesuai, terutama saat ini saya mengadopsi Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran berdiferensiasi, penguatan karakter, dan pengembangan profil pelajar Pancasila.Pendekatan PjBL dan Among Ki Hajar Dewantara sangat mendukung penyusunan RPP atau modul ajar.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Beberapa aspek yang sudah sangat baik antara lain:
1. Kesesuaian metode dengan tahap perkembangan siswa SD kelas 2 (konkret dan visual).
2. Penggunaan proyek dalam pembelajaran matematika, yang sering kali dianggap mata pelajaran membosankan.
3. Pemberdayaan siswa sebagai subjek aktif dalam pembelajaran, bukan sekadar penerima informasi.
4. Adanya proses refleksi atau diskusi ide yang menunjukkan adanya pembelajaran bermakna, bukan sekadar menyelesaikan tugas.
5. Video ini sangat cocok untuk saya yang sedang menyusun RPP dan PTK untuk memenuhi tugas PKP dan karya ilmiah.
Nama : Aviatul Wardah Safitri
NIM : 858921157
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : UT Jember
Halo rekan-rekan semua.
Mohon ijin untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan seputar video materi “Implementasi Metode Among Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran Matematika”.
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
Video ini merupakan contoh praktik mengajar yang sangat baik dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek (PjBL), terutama untuk siswa kelas 2 SD. Kombinasi pendekatan Among Ki Hajar Dewantara dengan PjBL memberikan suasana belajar yang yang menyenangkan, partisipatif, dan bermakna. Guru tidak hanya berperan sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai pembimbing yang mendorong siswa aktif mengeksplorasi pengetahuan secara mandiri dan berkelompok.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Hal paling penting yang bisa diambil adalah:
Penerapan prinsip “Tut Wuri Handayani” di mana guru memberi ruang bagi siswa untuk berpikir, berdiskusi, dan menyampaikan ide.Kolaborasi siswa melalui kerja kelompok, yang tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep bangun datar tetapi juga melatih kerja sama dan komunikasi. Pemberian waktu untuk menyampaikan pendapat, yang sangat penting dalam membangun rasa percaya diri dan kemampuan berpikir kritis sejak dini.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
Ya, video ini sangat sesuai, terutama saat ini saya mengadopsi Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran berdiferensiasi, penguatan karakter, dan pengembangan profil pelajar Pancasila.Pendekatan PjBL dan Among Ki Hajar Dewantara sangat mendukung penyusunan RPP atau modul ajar.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Beberapa aspek yang sudah sangat baik antara lain:
1. Kesesuaian metode dengan tahap perkembangan siswa SD kelas 2 (konkret dan visual).
2. Penggunaan proyek dalam pembelajaran matematika, yang sering kali dianggap mata pelajaran membosankan.
3. Pemberdayaan siswa sebagai subjek aktif dalam pembelajaran, bukan sekadar penerima informasi.
4. Adanya proses refleksi atau diskusi ide yang menunjukkan adanya pembelajaran bermakna, bukan sekadar menyelesaikan tugas.
5. Video ini sangat cocok untuk saya yang sedang menyusun RPP dan PTK untuk memenuhi tugas PKP dan karya ilmiah.
NAMA : AVIATUL WARDAH SAFITRI
NIM : 858921157
PRODI : S1-PGSD
UPBJJ : UT JEMBER
Halo rekan-rekan semua. Mohon ijin untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan seputar video materi “Implementasi Metode Among Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran Matematika”.
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
Video ini merupakan contoh praktik mengajar yang sangat baik dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek (PjBL), terutama untuk siswa kelas 2 SD. Kombinasi pendekatan Among Ki Hajar Dewantara dengan PjBL memberikan suasana belajar yang yang menyenangkan, partisipatif, dan bermakna. Guru tidak hanya berperan sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai pembimbing yang mendorong siswa aktif mengeksplorasi pengetahuan secara mandiri dan berkelompok.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Hal paling penting yang bisa diambil adalah:
Penerapan prinsip “Tut Wuri Handayani” di mana guru memberi ruang bagi siswa untuk berpikir, berdiskusi, dan menyampaikan ide.Kolaborasi siswa melalui kerja kelompok, yang tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep bangun datar tetapi juga melatih kerja sama dan komunikasi. Pemberian waktu untuk menyampaikan pendapat, yang sangat penting dalam membangun rasa percaya diri dan kemampuan berpikir kritis sejak dini.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
Ya, video ini sangat sesuai, terutama saat ini saya mengadopsi Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran berdiferensiasi, penguatan karakter, dan pengembangan profil pelajar Pancasila.Pendekatan PjBL dan Among Ki Hajar Dewantara sangat mendukung penyusunan RPP atau modul ajar.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Beberapa aspek yang sudah sangat baik antara lain:
1. Kesesuaian metode dengan tahap perkembangan siswa SD kelas 2 (konkret dan visual).
2. Penggunaan proyek dalam pembelajaran matematika, yang sering kali dianggap mata pelajaran membosankan.
3. Pemberdayaan siswa sebagai subjek aktif dalam pembelajaran, bukan sekadar penerima informasi.
4. Adanya proses refleksi atau diskusi ide yang menunjukkan adanya pembelajaran bermakna, bukan sekadar menyelesaikan tugas.
5. Video ini sangat cocok untuk saya yang sedang menyusun RPP dan PTK untuk memenuhi tugas PKP dan karya ilmiah.
Dalam video pembelajaran, guru menunjukkan metode kreatif, membangun hubungan yang kuat dengan siswa, dan bersikap sabar saat membantu siswa yang kesulitan. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, perlu dilakukan pelatihan reguler bagi guru, mendorong penggunaan teknologi, menciptakan lingkungan inklusif, dan kolaborasi antar-guru.
Nama : Heni Rohaeni
Nim : 860190289
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandung
Assallamua’laikum, Hallo semuanya saya ijin untuk menyampaikan pendapat saya
*Mengenai video pembelajaran berbasis proyek (PJBL) menurut saya ini merupakan cara yang sangat menyenangkan bagi peserta didik dan dengan cara
seperti ini memungkinkan akan membangkitkan antusias anak dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran karena setiap langkah kegiatan dikemas
dalam cara efektif, inofatif,menyenangkan. dan pada akhirnya terjadi interaksi aktif antara peserta didik dan gurunya sehingga tercipta proses pembelajaran
yang menyenangkan dan tidak membosankan.
*Hal penting yang di peroleh dari video pembelajaran ini adalah metode among dengan model BJBL ini merupakan salah satu cara yang sangat tepat dalam
mendidik siswa yang nantinya tumbuh menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa dan terbiasa dengan pola hidup bersih, teratur,bertanggung jawab,
dapat bekerja sama dengan orang lain.
*Tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran apa lagi saya yang memegang kelas bawah (kelas
II SD) tentunya dengan motode among model BJBL ini sangat menginspirasi sekali dan saya akan mempraktikannya dalam kegiatan pembelajaran sehari-
hari atau dalam rancangan pembelajaran berikutnya.
*Hal yang sudah sangat baik dalam video ini menurut saya adalah pada metode among guru dapat menanamkan sikap spiritual seperti halnya anak terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, dan dapat memberikan contoh bagaimana cara menerapakan pembiasaan hidup bersih/ menjaga kebersihan pada
peserta didik dengan bimbingan yang penuh keramahan, memberikan contoh bagaimana menerapkan model pembelajaran BJBL pada setiap penugasan
pada anak sehingga projek yang dikerjakan pun akan dapat di terima dan di laksanakan dengan baik oleh peserta didik.
Nama : Nanda Januar Fitricia
NIM : 877628804
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : Bandar Lampung
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
– Video ini sangat informatif dan aplikatif. Penyampaian konsep PjBL dilakukan secara runtut, mulai dari pengenalan dasar PjBL, langkah-langkah implementasi di kelas, hingga contoh penerapannya. Penyajian visual dan narasi cukup menarik, sehingga memudahkan pemahaman terutama bagi guru yang baru pertama kali mengenal pendekatan ini
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Hal penting yang saya peroleh adalah pemahaman lebih mendalam tentang tahapan pelaksanaan PjBL. Saya juga belajar bahwa PjBL menekankan pada keterlibatan aktif siswa dan pengembangan keterampilan abad 21 seperti kolaborasi, komunikasi, dan pemecahan masalah. Selain itu saya juga belajar tentang prinsip utama sistem Among yaitu melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan) dan asuh (bimbingan).
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
Ya, video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengembangkan model pembelajaran yang lebih bermakna dan kontekstual.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Beberapa hal yang sangat baik dari video ini antara lain: Penjelasan yang sistematis dan mudah dipahami, Adanya contoh implementasi yang konkret, visual yang mendukung penjelasan narasi, sehingga mempermudah pemahaman, menginspirasi guru untuk lebih kreatif dalam merancang pembelajaran berbasis proyek
Nama : Fachmi dwi cahya artati
NIM : 877690229
Prodi : S1-PGSD
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) ini?
Menurut saya video ini sangat baik dan menarik, memberikan gambaran pembelajaran yang menyenangkan dan relevan berdasarkan metode among. Tayangan video tersebut membantu saya untuk lebih mengasah kemampuan dan memperoleh pemahaman untuk diterapkan dalam kelas oleh guru .
2. Hal apa yang dapat diperoleh dari vidio pembelajaran ini?
Yang dapat dipelajari dalam video tersebut saya mendapatkan pelajaran bahwa dalam kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah guru harus aktif mulai dari menyapa sampai mendampangi siswa.
3.Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
Sangat sesuai karena tayangan video tersebut sebagai inspirasi saya untuk merancang pembelajaran yang bisa diterapkan .
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Dalam video tersebut guru sudah mengimplementasikan metode Among dengan sangat baik dan jelas. Melalui metode ini, siswa menjadi aktif dan terbuka .