silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

370 Comments

  1. Salam
    Nama saya Ariwidya
    NIM 858853355
    Komen saya tentang video pembelajaran among KI Hajar Dewantara sangat baik bagi perkembangan anak didik,karena ada alasan mengapa metode ini dipakai ,dimana guru menerapkan asih,asah,asuh,guru memberi support dengan kasih ketika jawaban siswa kurang tepat dalam interaksi tanya jawab,siswa tetap diasah untuk memahami anak dan memberi penjelasan kembali,guru mengasuh para siswanya.
    Bisa saya terapkan di pkp saya mestinyta untuk menambah metode bagaimana siswa merasa dihargai saat berpendapat.belajar percaya diri mengemukakan apa materi yang baru dierimanya,terlebih pkp saya menggunakan tekhnik dienes dengan permainan bebas dan menerapka pengenalamn elemen musik.

  2. Nama : Dwi Agustina
    NIM : 857762442
    Prodi : SI – PGSD BI

    menurut pendapat saya tentang video diatas sangat membantu sekali bagi saya yang belum punya pengalaman mengajar. dengan metode PJBL dengan menerapkan sistem among Ki Hadjar Dewantara membuat siswa tertarik untuk memperhatikan penjelasan guru dalam memberi pelajaran matematika karena guru menggunakan media. karena tujuan sistem among Ki Hadjar Dewantara adalah membangun anak didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani. dalam melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dengan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), asuh (bimbingan)
    keunggulan video diatas adalah
    1. metode asih : pembukaan diawali salam, mengucapkan yel- yel seperti semangat pagi, memeriksa kelengkapan seragam, kebersihan dan berdoa.
    2. metode asah : metode dalam penyampaian materi guru tersebut menyertaikan media untuk pembelajaran matematika seperi buku, jam dinding, kertas origami.
    3. metode asuh : guru selalu memantau aktivitas diskusi dengan mendekati kelompok peserta didk, memberikan semangat serta arahan kepada peserta didik , memberikan bantuan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh kesabaran.

    kekurangan video menurut saya: tempat duduk siswa ada yang sulit untuk melihat penjelasan guru.

    terima kasih

  3. Nama : Nur Khasan
    NIM : 857722678
    Program Studi :118/PGSD -SI
    Setelah saya memahami vidio Among yang bisa saya petik yaitu:
    1. Anak anak di didik untuk mandiri, gotong royong dan saling melengkapi
    2. menjadikan suasana kelas menjadi kondusip
    3. awalan dan ahiran dalam pembelajaran di buka dan di tutup dengan metode yang sangat bagus, dan menjadikan spiritual anak2 bisa membangun.
    4. dengan adanya alat peraga, siswa bisa langsung tau dan mengetahui mana yang namanya persegi dan persegi panjang.
    5. metode ini sangat cocok untuk anak usia SD.

  4. Nama : Ririn Anggri Yani
    Nim : 856021446
    Program Studi : S1-PGSD

    penggunaan model pembelajaran PBJL di video bukan hanya mengasah kreativitas siswa dalam memecahkan masalah-masalah dalam pembelajaran tetapi juga menjadikan siswa memiliki pemahaman yang tinggi dalam menganalisis suatu materi.
    model PJBL dapat diimbangi dengan penerapan sistem among yang dicetuskan ki hajar dewantara dimana dalam motode yang berlandaskan pada asih, asah, dan asuh ini jika di terapkan selama proses pembelajaran berlangsung siswa menjadi lebih nyaman karena selalu merasa di hargai oleh guru serta teman-temannya di sekolah yang kemudian akan memunculkan motivasi belajar yang baik bagi siswa. metode among digunakan untuk menggantikan metode kolonial (paksaan, hukuman) yang menuntut siswa harus bisa dan menjadikan siswa belajar karena ketakutan ataupun tekanan.

    penerapan metode pembelajaran pada video dapat dijadikan sumber referensi bagi guru-guru SD pada saat melakukan pembelajaran di kelas, semua mata pelajaran bisa menggunakan metode ini karena memiliki dampak positif yang besar untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

    sekian dan terima kasih

  5. Nama : kiki bennika dora
    Nim :856982481
    Program studi :S1 PGSD

    1. Pendapat saya mengenai video sangat bermanfaat sekali karena dengan model PJBL membuat
    anak – anak tertarik dengan mata pelajaran matematika model PJBL ini mudah di pahami oleh
    siswa.

    2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran di atas adalah dengan metode among yang di terapkan pada siswa dan model pembelajaran pbjl, terlihat siswa antusias dan mudah memahami materi yang di sampaikan. Banyak manfaat dari metode among tersebut untuk dapat di terapkan pada proses pembelajaran.

    3. menurut saya sistem ini sangat cocok untuk mengajar karena awal pembelajaran anak sudah dibiasakan untuk berdoa atau menganut spiritual, asah, asih dan asuh.

  6. Nama : Eva Febrianti Nasution
    Nim. : 856029512
    Program studi : 118 / PGSD – S1

    1. Pendapat saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini yaitu Pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang berbasis pada proyek, di mana siswa berhadapan dengan masalah yang ada di dunia nyata yang dianggap bermakna, kemudian bertindak secara kolaboratif untuk menciptakan solusi dari masalah tersebut. Pembelajaran berbasis proyek membuat pembelajaran menjadi sesuatu yang lebih hidup bagi siswa. Siswa Bapak dan Ibu Guru akan mengerjakan proyek dalam waktu tertentu, dimana mereka terlibat langsung dalam proses pemecahan masalah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kompleks.
    Menurut pendapat saya mengenai video tersebut adalah metode Among dari Ki Hajar Dewantara, dimana dalam metode ini seorang guru semestinya mampu menjadi pamong, mendidik dengan penuh kasih sayang dengan pertumbuhan dan perkembangan si anak. sistem pendidikan mampu menumbuhkan disiplin dan rasa ingin tahu dalam belajar. sehingga metode ini sangat bagus diterapkan di dalam kelas.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini adalah saya mendapatkan pembelajaran tentang metode pembelajaran baru yang dapat membimbing saya untuk membangun peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas, terampil, sehat, jasmani dan rohani sesuai dengan tujuan dari Metode Among Ki Hajar Dewantara.
    -kita sebagai guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan antusias dalam melakukan pembelajaran, sehingga siswa dapat menangkap pelajaran dan memahami dengan mudah.
    3. Menurut saya video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena dapat saya jadikan sebagai alat bantu dalam mengajar supaya peserta didik saya mudah memahami materi yang saya senang dan senang dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
    -video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
    4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah Dalam metode among ini, guru menarik minat perhatian siswa dalam pembelajaran, dimana para siswa dapat dengan mudah mengaplikasikan pembelajaran guru dikarenakan pembelajarannya yang menarik dan tidak mudah jenuh.
    -video ini menampilkan kesiapan seorang guru dlm memberikan materi pada proses pembelajaran sehingga peserta didik dpt lebih mudah memahami materi yg diberikan .
    -Hal baik dalam vidio adalah kita tidak hanya mengajar dan menjadi pengajar melainkan kita sebagai keluarga bagi murid-murid, sehingga mereka jauh merasa lebih dekat dan mereka lebih antusias serta semangat dalam mengikuti pembelajaran

  7. Nama : Eka Alfiandriani
    NIM : 857694705
    Prodi : S1 PGSD

    1. Video pembelajaran diatas sudah sangat baik dalam menjelaskan konsep dan pelaksanaan PjBL (Project Based Learning), konsep dan pelaksanaan metode Among Ki Hajar Dewantara serta bagaimana mengintegrasikan keduanya dalam pembelajaran.
    2. Hal penting yang dapat dipelajari diantaranya adalah : pentingnya melalukan perencanaan dan memperaiapkan pembelajaran dengan matang, menggunakan bahan-bahan pembelajaran yang menarik, serta pentingnya melakukan variasi teknik, metode dan media pembelajaran.
    3. Ya. Tayangan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan dalam merancang pembelajaran yang inovatif dan bervariasi. Serta menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang berguna dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
    4 Kelebihan-kelebihan dalam penbelajaran yang ada dalam tayangan tersebut adalah :
    a. Guru memanfaatkan benda benda di sekitar sebagai bahan pembelajaran.
    b Guru telah membuat perencanaan materi dan bahan pembelajaran dengan matang.
    c. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik untuk meningkatkan keingintahuan peserta didik.
    d. Secara umum guru memiliki keterampilan dalam bertanya, membuka & menutup pembelajaran, mengadakan variasi pembelajaran, menjelaskan, mengelola dan membimbing kelompok.
    e. Guru memberikan apresiasi terhadap karya yang dihasilkan peserta didik
    f. Pembelajaran mencakup aspek aspek pembentukan pengetahuan, sikap dan keterampilan.

  8. Nama : ROSMAH
    Nim : 859550166
    Program studi : 119/PGSD S1

    Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    JAWABAN :
    Siswa mengetahui dan memahami konteks yang ada di dunia nyata karena permasalahannya pun berawal dari lingkungan sekitar. Mereka dapat mencari solusi dari permasalahan yang ada.

    Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    jawaban :
    berdoa sebelum memulai pembelajaran, mengenal Alat peraga. mengnenal bentuk – bentuk alat peraga.

    Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    jawaban :
    sangat sesuai karena di vidio ini memberikan contoh yang konkrit pada pembelajaran

    Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Jawaban :
    dalam melaksanakan metode ini siswa terlihat aktif.

  9. Nama : ROSMAH

    Nim : 859550166

    Program studi : 119/PGSD S1

    Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    JAWABAN :
    Siswa mengetahui dan memahami konteks yang ada di dunia nyata karena permasalahannya pun berawal dari lingkungan sekitar. Mereka dapat mencari solusi dari permasalahan yang ada.

    Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    jawaban :
    berdoa sebelum memulai pembelajaran, mengenal Alat peraga. mengnenal bentuk – bentuk alat peraga.

    Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    jawaban :
    sangat sesuai karena di vidio ini memberikan contoh yang konkrit pada pembelajaran

    Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Jawaban :
    dalam melaksanakan metode ini siswa terlihat aktif.

  10. Nama : Putri Maya Syahfira
    Nim : 856022978
    Program studi : S-1 PGSD

    1. Bagaimana pendapat anda mengenai video pembelajaran berbasis proyek (PJBL) ini ?
    => Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran berbasis proyek ini adalah metode ini sangat cocok untuk pembelajaran matematika, dikarenakan membangun anak didik menjadi anak yang terampil, mampu dengan cepat memahami penjelasan menggunakan media pembelajaran, yang dijelaskan oleh Ki Hajar Dewantara.

    2. Hal penting apa yang anda peroleh dari video pembelajaran ini ?
    => Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah
    – mengawali kelas dengan cara bernyanyi bersama atau dengan yel-yel agar para siswa dapat semangat dalam pembelajaran yang akan dipelajari
    – menyampaikan materi dengan media pembelajaran sehingga para siswa dapat memahami pembelajaran yang sedang berlangsung
    – adanya penugasan individu dan evaluasi agar guru dapat mengetahui sejauh mana pemahaman para peserta didik.

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran ?
    => Ya, tayangan video ini sangatlah membantu saya dalam proses mengajar dan dalam membuat suatu rancangan pembelajaran.

    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini ?
    => Salah satu hal yang sangat baik dalam video ini adalah penjelasan mengenai teori materi amungki Hajar Dewantara, yaitu yang di mana metode among ini menggunakan konsep PJBL, yaitu para siswa mampu memahami penjelasan yang telah disampaikan oleh guru menggunakan media pembelajaran yang telah dibuat oleh.

Leave a Reply