Sinopsis

Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggunakan media video interaktif. Di awal, program menampilkan guru mengajarkan Ekosistem dengan menggunakan media, namun di akhir pembelajaran dia mendapatkan bahwa siswa belum memahami hal yang disampaikan melalui pembelajaran. Solusi dilakukan dengan menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran serta memperbaiki pelaksanaan pada tahap eksplorasi. Sebelum menyimak tayangan video, siswa diberi LKS (Lembar Kerja Siswa) dan diberi penjelasan cara pengisiannya. Pengisian LKS dilakukan setelah siswa menyimak program video dan diberi waktu sekitar 10 menit. Untuk mengetahui ketercapaian kompetensi, guru melakukan tanya jawab sesuai kompetensi yang akan dicapai. Di akhir pembelajaran, guru memberikan kesempatan siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran dan menguatkan pemahaman siswa dengan menyimpulkan isi dan manfaat pembelajaran.

Similar Posts

41 Comments

  1. Sekolah sebagai lembaga berlangsungnya proses perubahan tingkah laku yang harus didasarkan pada kurikulum yang dirancang secara ilmiah dan bentuk kegiatan yang harus diorganisasikan dan dilaksanakan dengan penuh disiplin. Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Apabila peserta didik tidak memiliki minat dalam belajar maka hasil belajar yang diperoleh tidak akan bisa optimal.
    Kemampuan manusia untuk belajar merupakan karakteristik penting yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Belajar mempunyai keuntungan, baik bagi individu maupun bagi masyarakat, bagi individu, kemampuan untuk belajar secara terusmenerus akan memberikan kontribusi terhadap pengembangan kualitas hidupnya. Sedangkan bagi masyarakat, belajar mempunyai peran yang penting dalam mentransmisi budaya dan pengetahuan dari generasi ke generasi

Leave a Reply