silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

525 Comments

  1. Nama:Mida Yuni rochati
    NIM. : 857973073
    Saya sangat setuju dengan pendapat kak susan susanti ,sikap guru memang sangat berpengaruh terhadap mut anak,jangan sesekali kita sebagai pendidik membeda bedakan antara anak 1 dengan yang lain karena akan menimbulkan kecemburuan terhadap sesama anak didik ,karena dari faktor itu
    juga anak jadi mogok belajar ,karena mungkin merasa dirinya tidak di perlakukan sama seperti temannya ,karena sikap kita sebagai pendidik sangat berpengaruh terhadap mut anak juga ,sebisa mungkin kita menjaga sikap yang baik dan selalu berprilaku baik , trimakasih 🙏

  2. Nama : Rabiatul
    NIM : 858317029
    JUDUL VIDEO ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
    Cerita di atas menggambarkan pendekatan yang sangat bijaksana dan empatik dari seorang guru Taman Kanak-kanak dalam menghadapi situasi konflik di antara anak-anak. Berikut adalah beberapa pendapat saya tentang pendekatan yang dijelaskan dalam cerita tersebut:
    Penanganan Emosi dengan Empati: Guru yang mendekati anak dengan tenang dan lembut, serta memberikan dukungan fisik melalui pelukan, menunjukkan empati terhadap keadaan emosional anak. Pendekatan ini membantu menenangkan anak dan membuka jalur komunikasi yang positif.
    Komunikasi yang Terbuka: Bertanya kepada anak mengapa dia memukul atau menangis dengan suara lembut dan bersahabat membantu mengidentifikasi akar permasalahan. Ini juga membantu anak merasa didengarkan dan dipahami, yang penting dalam membangun hubungan yang sehat antara guru dan murid.
    Mendamaikan Konflik: Upaya guru untuk mendamaikan anak dengan temannya yang terlibat dalam konflik menunjukkan pentingnya mengajarkan keterampilan resolusi konflik kepada anak-anak sejak dini. Guru memberikan contoh yang baik tentang bagaimana menyelesaikan konflik dengan cara yang damai dan konstruktif.
    Pendidikan tentang Ekspresi Emosi: Mengajarkan anak untuk menyatakan perasaannya dengan kata-kata, bukan dengan tindakan fisik atau menangis, adalah pembelajaran yang sangat berharga. Ini membantu anak mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif dan memperkuat pemahaman tentang pengendalian diri.
    Fasilitasi Komunikasi Terbuka: Meminta anak untuk melaporkan atau menceritakan kepada guru jika ada masalah atau gangguan dari teman-temannya adalah cara yang baik untuk mempromosikan komunikasi terbuka dan membangun kepercayaan antara anak dan guru.

  3. Nama: Aulina Maghfiroh
    NIM. : 857991824
    Judul vidio: ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
    Vidio tersebut menjelaskan tentang anak yang mogok tidak mau belajar. Sebagai seorang guru seharusnya kita bisa memahami karakter anak-anak didik kita. Kenali apa penyebab anak tidak mau belajar, apakah dari kesalahan guru atau karena hal lain. Jika kita sudah mengetahui sebabnya kita bisa mencari solusinya.
    Di dlm vidio diterangkan beberapa solusi anak yg mogok tidak mau belajar antara lain:
    Guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua, Bisa juga dengan Memberikan pilihan kepada anak mau masuk kelas bersama anak-anak lainnya atau mau diruang lain misalnya di perpustakaan ataukah di kantor kepala sekolah.
    Mungkin juga anak mogok tidak mau belajar karena anak tsb bosan di dlm kelas terus, maka berikan waktu untuk bermain diluar kelas dengan kesepakatan yang dibuat bersama anak-anak.

  4. Nama : Dewi Masita
    NIM :856797079
    Di video tersebut tentang anak mogok tidak mau belajar,dimana sangat banyak hal yang dapat menyebabkan anak malas belajar diantaranya anak takut,anak habis bertengkar dengan temannya.Dan yang kita lihat dari video tersebut bahwa ada solusi dalam menghadapi permasalahan tersebut.
    Kita sebagai guru/pendidik haru bisa memahami karakter anak didik masing-masing. Bisa menumbuhkan atau membangkitkan rasa semangat untuk belajar anak melalui tema pembelajaran yang menarik minat bagi anak.

  5. Nama : Prisi Indah Lestari
    Nim : 859684409
    video tersebut tentang anak mogok belajar dapat membantu guru atau pendidik instropeksi ataupun mendapat solusi ketika anak mogok belajar. sehingga apabila guru menghadapi masalah tersebut, guru dapat mengetahui atau menggali penyebabnya seperti yang telah dipaparkan dalam video. setelah mengenali penyebab yang terjadi pada anak, guru dapat menyelesaikan masalah sehingga dapat menumbuhkan rasa semangat belajar anak kembali. terimakasih ^_^

Leave a Reply