Sinopsis

Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.

Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.

Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.

Harimurti

Similar Posts

277 Comments

  1. Nama: ilmiati
    Nim: 859646258
    Prodi: PG paud
    Video tersebut menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan lebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
    Oleh karena itu, kegiatan tersebut patutlah untuk dicontoh oleh seorang pendidik untuk menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini.

  2. Assalamu’alaikum wr.wb
    Kita sebagai guru perlu menanamkan konsep ketertiban dan keteraturan dalam kegiagan pembelajaran di kelas. Anak usia dini perlu mendapatkan rangsangan atau stimulasi agar dapat melakukan perilaku positif yang sesuai dengan harapan. Misalkan dalam kegiatan merapihkan mainan setelah digunakan. Kita sebagai guru haruslah kreatif dalam menanamkan perilaku tertib dan disiplin anak, salah satunya seperti yang di tayangkan dalam video diatas, menggunakan metode karcis parker, anak- anak di bimbing melakukan ketertiban dalam kegiatan bermain. Anak- anak di latih bertanggungjawab terhadap dirinya dan mainan yang digunakan dalam kegiatan di kelas. Menurut saya kegiatan tersebut bagus sekali diterapkan dan saya juga ingin menerapkan cara seperti pada tayangan video.

    SURYANINGSIH
    NIM: 857571132

  3. Nama : Nikmatus Sakdiyah
    Nim : 857686328
    Menurut saya dari video diatas sangat bagus dan tepat untuk menerapkan ketertiban dan keteraturan untuk anak usia dini pada saat kegiatan di kelas maupun setelah mereka bermain. Karena dengan adanya karcis parkir anak-anak akan lebih mudah menaati peraturan dan mau menerapkan rasa tanggung jawab terhadap mainan yang ada disekolah maupun mainan milik sendiri. Dari video di atas juga membuat saya termotivasi untuk menerapkannya di lembaga sekolah saya.

  4. nama : melsa inta mala sari nim : 856275804
    judul vidio : Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir

    menurut saya berdasarkan vidio penggunaan karcis parkir sangat membantu dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak. terutama bagi anak-anak yang membawa mainan ke sekolah. sebagai seorang guru kita juga perlu menemukan ide-ide baru dalam mengembangkan prilaku anak, vidio ini memberi ispirasi saya untuk mencoba di kelas

  5. Assalammualaikum izin menanggapi vidio tersebut sebagai guru kita memiliki berbagai kesulitan dalam suasana lingkungan pembelajaran dan memiliki solusi Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.

  6. Assalamualaikum wr WB
    Nama:Henni Purwasih
    Nim. : 858296724
    UPBJJ BANJARMASIN
    Mohon izin komentar,,,
    Dari video tersebut ternyata ide ibu guru dalam menyelesaikan masalah ketertiban di kelas saat kegiatan pembelajaran,dengan metode memberikan karcis parkir sangat efektif
    Dalam menertibkan suasana di kelas,anak anak langsung mendengar cerita ibu guru dan mengikuti arahan ini guru,dengan senang hati tanpa ada yang membantah,Dan cara ibu guru tersebut patut untuk di tiru.
    Nanti saya akan coba di kelas pada peserta anak didik saya.Cara ibu guru tersebut sangat mudah dan membuat anak tidak merasa bosan.

  7. Nama: ilmiati
    Nim: 859646258
    Prodi: PG paud
    Video tersebut menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan lebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya, dan juga strategi tersebut dilakukan untuk mengatasi sebagian anak yang hanya sibuk bermain dengan mainan kesukaan mereka tanpa mendengarkan guru sedang bercerita. Oleh karena itu, kegiatan tersebut menjadi inspirasi bagi saya dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan didalam proses pembelajaran.

Leave a Reply