silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”,  “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”,  dan “tepuk tangan”.

Sri Tatminingsih

Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.

Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.

Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.

Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

440 Comments

  1. Nama :Dina Rhamita
    NIM : 858183414
    Fakultas : ilmu Pendidikan
    Prodi : PGPAUD
    Mata kuliah : Profesionalitas guru PAUD

    Dalam video ini Upaya guru memberikan hadiah “parise” merupakan cara yang baik yang bisa dilakukan oleh pendidik untuk memotivasi dan memperkuat rasa percaya diri terhadap anak. Pendidik memberikan pujian secara verbal kepada anak, seperti mengatakan “wah hebat sekali” atau “anak pintar” dapat memperkuat rasa percaya diri anak. Selain itu guru juga memberikan pujian secara non verbal seperti, ekspresi wajah yang ramah, senyum, mengacungkan ibu jari, mengusap kepala dan bahu anak dan tepukan tangan juga dapat membuat anak merasa dihargai dan diterima. Didalam video juga ibu guru memberikan tips agar tetap memberikan pujian kepada anak-anak didik yang belum dapat berperilaku disiplin , agar anak memiliki dorongan pada dirinya untuk mentaati aturan atau bisa lebih aktif dalam pembelajaran,

    terima kasih , mohon bimbingannya

  2. Nama :Marlina
    NIM : 858452409
    Fakultas : ilmu Pendidikan
    Prodi : PGPAUD
    Mata kuliah : Pembelajaran terpadu.

    dari video di atas saya dapat belajar memberikan hadiah adalah bentuk upaya guru untuk mendisiplinkan anak, hadiah berupa verbal yaitu kata kata pujian yang disenangi oleh anak misalnya pada hari itu anak datang tepat waktu, kita berupaya untuk memberikan pujian “wah, Andi hari ini hebat sekali karena datangnya lebih awal”, atau non verbal seperti tepuk tangan bersama karena anak sudah melasanakan apa yang di instruksikan dengan baik. Ada beberapa tips juga yang saya pelajarai dari video di atas seperti segera memberikan pujian ketika anak melakukan perbuatan baik, tidak membeda bedakan pujian tersebut kepada anak didik, berikan dorongan kepada anak yang belum disiplin dan taat aturan, dan memberikan pujian yang tidak berlebih lebihan.

  3. Nama : Dewi Susanti
    NIM : 856338779
    Fakultas : ilmu Pendidikan
    Prodi : PGPAUD
    Mata kuliah : PAUD4203.2
    Video ini menunjukkan bagaimana guru PAUD dapat menggunakan hadiah untuk memotivasi dan menghargai siswa mereka dengan cara yang positif dan konstruktif.
    Berikut adalah beberapa hal yang saya sukai dari video ini:
    Guru menggunakan hadiah untuk mendorong perilaku positif. Hadiah diberikan kepada siswa yang menunjukkan perilaku positif, seperti mengikuti aturan, membantu teman, dan menyelesaikan tugas mereka. Hal ini dapat membantu siswa untuk belajar mengasosiasikan perilaku positif dengan konsekuensi yang positif.
    Guru menggunakan hadiah untuk merayakan pencapaian siswa. Hadiah juga diberikan kepada siswa yang mencapai tujuan pembelajaran mereka. Hal ini dapat membantu siswa untuk merasa bangga dengan pencapaian mereka dan termotivasi untuk terus belajar.
    Guru menggunakan hadiah dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Hadiah yang diberikan dalam video ini bervariasi, dan guru menggunakannya dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Hal ini dapat membuat proses belajar mengajar lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.
    Secara keseluruhan, saya pikir video ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana guru PAUD dapat menggunakan hadiah dengan cara yang positif dan efektif. Saya mendorong guru PAUD lain untuk menonton video ini dan mempertimbangkan untuk menggunakan strategi ini di kelas mereka sendiri.

  4. Cholifatur Rofi’ah
    858724753
    Menurut saya vidio di atas sudah bagus
    Memberi hadiah atau reward kepada anak sangatlah penting, untuk mendukung semangat belajar anak
    Hadiah yang di berikan kepada anak tak harus berupa barang, anak di kasih acungan jempol,senyuman,bintang prestasi dan ucapan” yg manis aj bisa membangun rasa percaya diri anak.sehingga anak lebih semangat lagi melakukan kebaikan”
    Pemberian Reward pada anak dapat memperkuat motivasi untuk memacu diri agar mencapai prestasi

  5. Nama : Sri Widya Ningsih K
    Nim : 859404805
    Program studi : PGPAUD

    Assalamu’ Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh ..
    Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk sedikit mengulas seri pembelajaran PAUD dengan tema “Pemberian Hadiah (Parise) ” berikut kesimpulan yang saya fahami terkait video tersebut.

    Kerap kali para guru kesulitan dalam menanamkan aturan pada anak usia dini, anak sulit mengikuti aturan, anak tidak mau antri dan saling dorong. Salah satu tugas guru adalah membentuk disiplin diri pada anak usia dini dengan cara menanamkan ketaatan pada aturan. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk menanamkan disiplin adalah dengan memberikan hadiah baik verbal maupun nonverbal diantaranya adalah berupa pujian. Penghargaan dalam bentuk pujian dapat dilakukan menggunakan kata-kata, ekspresi wajah ataupun gerak tubuh. Seperti memberikan senyuman, tepukan di pundak anak, maupun ungkapan kata seperti heban dan bagus.

    Untuk melihat karakter seorang guru dapat dilihat dari kemampuannya untuk memberikan penghargaan pada seorang anak. Beberapa tips dalam memberikan penghargaan kepada seorang anak :
    1. Memberikan penghargaan segera kepada anak sesudah melakukan perbuatan baik.
    2. Memberikan penghargaan kepada perbuatan anak tanpa membedakan dengan yang lain.
    3. Berikan dorongan kepada anak yang belum dapat melakukan perbuatan baik, disiplin dan belum dapat menaati aturan.
    4. Berikan penghargaan tanpa berlebihan

    Sebagai seorang pendidik kita harus menstimulus anak untuk aktif dalam setiap kegiatan terutama dalan menjalankan aturan, dengan melalui pujian dan tidak berlebihan anak kita harapkan termotivasi melalui dorongan kita dan dapat mengapresiasi teman – temannya juga.

    Sekian, Wassalamu’ Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh ..

  6. Nama : Nanik Tri Ismawati
    NIM : 857987594

    Terimakasih atas tips-tips untuk memberikan hadiah / penghargaan kepada anak. Anak lebih bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan saat guru memberikan penghargaan.
    Sangat bermanfaat untuk saya dan akan saya terapkan pada anak-anak disekolah saya.

  7. Nama : ERNI WAHYUNI
    NIM : 859868261
    Program Studi : S1 PGPAUD
    Judul Vidio : Pemberian Hadiah

    Dalam Vidio menggambarkan/ menceritakan anak yang sulit menaati aturan, tidak mau antri, saling mendorong dan lainnya. Pertanyaan bagi guru apa yang harus dilakukan apakah guru bisa memberi penghargaan, hadiah, pujian kepada anak agar disiplin.
    Salah satu tugas guru membentuk kedisiplinan pada anak usia dini dengan cara menanamkan ketaatan pada aturan kepada anak.
    Dalam vidio anak-anak sedang senam dengan berbaris rapi.
    Cara guru untuk menanamkan disiplin adalah dengan memberikan hadiah baik verbal maupun nonverbal dia antaranya sebuah pujian yang membuat anak senang.
    Bagaimana caranya guru memberikan pujian bisa berupa kata-kata seperti hebat dan bagus, ekspresi senyuman. Dalam vidio juga mengajarkan kita cara memberikan penghargaan di depan orang tuanya, memuji anak dan tidak membeda-bedakan, dan apabila ada anak yang masih kurang dalam disiplin guru harus memberikan dorongan yang baik, dan guru memberikan penghargaan saat anak cepat dalam menghabiskan makanan.

  8. Nama : Yuliyanti
    NIM : 858288798

    Assalamu’alaikum wr,wb

    Ijin menanggapi dari video di atas,
    Menanamkan Ketaatan Peraturan sejak dini pada anak sangatlah penting.Menanamkan sikap disiplin pada anak.Anak -anak cenderung masih belum mengerti tentang disiplin dan masih bersikap egosentris.Hal ini dapat kita atasi dengan memberikan hadiah pada anak yang menaati peraturan,bisa berupa acungan jempol,tepuk tangan,kalimat pujian,usapan kepala dll.Sehingga anak akan termotivasi dalam melaksanakan kedisiplinan,dan mudah dalam menaati peraturan.

    Wassalam…

  9. Nama : Irma Rahmayanti
    NIM : 858446469
    menanamkan disiplin pada anak tentunya memiliki tantangan tersendiri, tidak semua anak dapat langsung patuh pada peraturan atau kesepakatan yang ada. terkadang ada saja anak yang harus di ingatkan untuk dapat taat pada peraturan. salah satu cara menenamkan disiplin diri adalah dengan melakukan pembiasaan pembiasaan baik yang rutin dilakukan di sekolah, mulai dari hal sederhana seperti antri disetiap kegiatan yang memang harus dilakukan bergantian. pemberian reward atau hadiah bagi anak yang dapat patuh terhadap aturan adalah salah satu cara yang cukup efektif agar anak dapat mematuhi peraturan yang telah disepakati bersama. pemberian hadiah memang tidak hanya berupa benda, bisa dilakukan dengan memberikan pujian, memberikan pelukan atau sentuhan yang disenangi anak seperti mengelus kepala anak. yang dilakukan guru dalam video tadi tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi anak didiknya. karena anak anak akan sangat merasa senang jika mendapatkan pujian dari gurunya seperti kata kata “hebat, keren, pintar” dan lainnya.

  10. Nama : Aisyani Adin Batni
    NIM : 857858842
    Berdasarkan pemaparan video yang berjudul “ Pemberian hadiah praise” berisi tentang Cara guru menanamkan kedisiplinan di sekolah kepada anak usia dini dengan memberikan reward baik pujian melalui perkataan/ ekspresi wajah/ gerak tubuh, karena dengan guru memberikan pujian terhadap perilaku baik anak, menumbuhkan rasa percaya diri sehingga anak termotivasi untuk mengulang Kembali melakukan perilaku baik. Ketulusan hati guru ketika memuji perilaku baik yang dilakukan oleh anak akan dirasakan anak secara langsung sehingga anak merasa bangga. Selain itu kata – kata yang pujian yang di sampaikan oleh guru harus spesifik agar anak memahami perilaku baik mana yang akan mereka ulangi kembali. Terima kasih.

Leave a Reply