silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,326 Comments

  1. Menurut saya video ini sangat baik dan sangat menarik,,,
    Karena dari menonton video ini saya dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana cara mengatasi anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar.

    Pada kasus seperti ini sering kita dapatkan pada anak yang baru memasuki jenjang sekolah PAUD/ TK. dan solusi ini sangat berguna untuk di terapkan kembali di lembaga tempat kita bekerja.

  2. Assallamialaikum wr wb.
    Bissmillahirrohmanirrohim.

    Hasil tayangan video diatas sangatlah bermanfaat bagi saya terutama dimana saya lebih mendapatkan pelajaran bagaimana cara dalam mengatasi anak yang belum bisa menggunakan alat tulis dengan benar,dimana dalam video tersebut diperlihatkan bagaiamana cara memberikan strategi dalam melatih jari anak agar menjadi lentur untuk menggunakan alat tulis dan ada beberapa strategi lainnya juga yang bisa kita terapkan kepada anak anak saat lroses lembelajaran agar anak bisa terlatih dengan benar dalam penggunaan alat tulis.

    Terima kasih.
    Wassallamualaikum wr wb.

  3. Assalamualaikum wr.wb. dari video di atas sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik anak usia dini, pada video ini sangat banyak pelajaran yang dapat saya ambil tentang fisik motorik, terutama motorik halus, dimana video ini melatih motorik halus anak agar dapat berkembang sesuai harapan. Pada video ini guru mengajak anak untuk menebalkan garis agar guru dapat melihat apa kah motorik halus anak berkembang apa tidak, jika tidak guru akan melatih motorik halus anak dengan mengajak anak untuk memindahkan air dengan menggunakan spon(anak memeras spon yang telah di masukkan ke dalam air) dan guru melatih anak untuk membuka kunci gembok, supaya motorik halus anak berkembang sesuai harapan.

  4. Nama: Sri Agnesia Lase
    Nim: 859786841
    Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
    Dalam video diatas kita diajarkan atau diberikan solusi bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu melatih kelenturan jari tangan anak dalam memegang objek seperti pensil, memindahkan air ke mangkok yang satu ke mangkok lainnya menggunakan spon, melatih kemampuan anak dengan membuka gembok, melatih kelenturan dan koordinasi jari tangan anak dengan memasang dan membuka kancing baju. Dalam hal ini motorik halus anak terbentuk dan terlatih secara bertahap dan berkembang dengan baik sesuai dengan masa perkembangan anak-anak usia dini sehingga anak bisa memegang pensil dengan benar.

    Terimakasih🙏

  5. Nama : Desmi Hayati
    NIM : 856817077
    Pokjar : Kaur
    Seri pengembangan Fisik motorik Paud (Mengatasi Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar)

    Assalamualaikum wr.wb. dari video di atas sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik anak usia dini, pada video ini sangat banyak pelajaran yang dapat saya ambil tentang fisik motorik, terutama motorik halus, dimana video ini melatih motorik halus anak agar dapat berkembang sesuai harapan. Pada video ini guru mengajak anak untuk menebalkan garis agar guru dapat melihat apa kah motorik halus anak berkembang apa tidak, jika tidak guru akan melatih motorik halus anak dengan mengajak anak untuk memindahkan air dengan menggunakan spon(anak memeras spon yang telah di masukkan ke dalam air) dan guru melatih anak untuk membuka kunci gembok, supaya motorik halus anak berkembang sesuai harapan.

  6. Nama: Anita Sari
    Nim. : 858839806
    Prodi : PGPAUD
    Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    Dengan video tersebut sangatlah bermanfaat bagi saya sebagai pendidik untuk mendapatkan pengetahuan dalam mendidik motorik halus anak agar dapat berkembang sesuai harapan. Pada video ini guru sudah sangat baik, sabar dan tlaten dalam memberikan contoh untuk menebalkan garis. Dari contoh ini guru dapat melihat secara langsung perkembangan anak yang sudah bisa dan yang belum bisa. Untuk anak yang belum bisa guru juga memberikan contoh pembelajaran seperti memindahkan air menggunakan spon ( anak memeras spon yang telah dimasukkan ke dalam air ), membuka gembok, serta memasang dan membuka kancing baju agar jari tangan anak bisa lentur. Dalam hal ini motorik halus anak bisa terbentuk dan terlatih secara bertahap dan berkembang, sehingga anak bisa memegang pensil dengan benar.

Leave a Reply