silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,403 Comments

  1. NIM:859683407
    NAMA: YASINTHA WENDE
    A.Dari video saya mengetahui strategi untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan.
    Gurunya menggunakan benda nyata untuk membantu anak memahami konsep bilangan.
    gurunya mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama tentang konsep bilangan.
    sehingga dapat membantu mereka belajar tentang bilangan dengan cara menyenangkan dan mudah di ingat.
    permainan yang membantu anak untuk belajar tentang bilangan,ular tangga,kartu angka,dan permainan pencocokan sehingga ank dapat menghitungnya.

  2. Nam:Alinda yani
    Nim:866813467
    Pokjar:kaur
    Setelah saya menonton vidio tentang”sulit mengenal bilangan ” guru mengajak anak mengambil bola kemudian menghitungnya,lalu guru pula mengajak anak menghitung sesuai gambarnya,kemudian guru mengajarkan kepada anak anak bertepuk tangan.

  3. Nama : Raudhatussalima
    NIM : 859798996
    UPTJJ: UT Palembang. Provinsi. Sumatera Selatan.

    Dari video yang saya simak di atas anak anak diajarkan berhitung dengan permainan mengambil bola di dalam keranjang, dan setiap anak dipersilakan mengambil bola secara bergantian di dalam ke ranjang. Dan jika anak kesulitan dalam berhitung guru bisa mengajarkan kepada anak teknik mengenalkan konsep bilangan kepada anak yaitu dengan cara bernyanyi, memberi tugas lembar kerja dengan cara memasangkan benda sesuai lambang , dan bisa juga dengan cara bertepuk sambil berhitung.

Leave a Reply