silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

597 Comments

  1. Nama: Ratna Febriani
    NIM: 859520719
    UPBJJ: JAKARTA
    • Judul video yang telah saya tonton: PAUD15 Melalui Penjepit Jemuran (Merupakan ke dalam aspek perkembangan kognitif karena anak mengikuti instruksi yang guru berikan).
    Komentar saya: “Dalam video tersebut, cara pengajaran guru kepada anak sangat bagus karena dengan metode ini guru tidak hanya mengajar kan aspek kognitif saja tapi mengajar kan betapa pentingnya kejujuran dengan menggunakan penjepit jemuran tersebut”.
    >Menurut saya, video dari guru pintar online tersebut sangat bermanfaat dan mengajar kan beberapa aspek perkembangan untuk menjadi inspirasi bagi saya pribadi sebagai guru PAUD, karena video tersebut menjelaskan permasalahan-permasalahan yang ada di PAUD yang menambahkan pengetahuan dan pemahaman guru terutama saya pribadi, serta penjelasannya pun rinci dan si pendengar atau si penontonnya pun tidak mudah bosan saat menontonnya.

  2. Nama: Ratna Febriani
    NIM: 859520719
    UPBJJ: JAKARTA

    • Judul video yang telah saya tonton: PAUD15 Melalui Penjepit Jemuran (Merupakan ke dalam aspek perkembangan kognitif karena anak mengikuti instruksi yang guru berikan).
    Komentar saya: “Dalam video tersebut, cara pengajaran guru kepada anak sangat bagus karena dengan metode ini guru tidak hanya mengajar kan aspek kognitif saja tapi mengajar kan betapa pentingnya kejujuran”.
    >Menurut saya, video dari guru pintar online tersebut sangat bermanfaat dan mengajar kan beberapa aspek perkembangan untuk menjadi inspirasi bagi saya pribadi sebagai guru PAUD, karena video tersebut menjelaskan permasalahan-permasalahan yang ada di PAUD yang menambahkan pengetahuan dan pemahaman guru terutama saya pribadi, serta penjelasannya pun rinci dan si pendengar atau si penontonnya pun tidak mudah bosan saat menontonnya.

  3. Nama : DIYAH AYU UTAMI
    NIM : 858715629
    JURUSAN : S1 PGPAUD AKPMM

    Setelah melihat video diatas, saya melihat seorang guru menanamkan nilai kejujuran dengan jepit jemuran. siapa anak yang berani juur dan mampu menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan reward dengan jepi jemuran. ketika menyampaikan tugas kepada anak didik, guru tersebut sangat jelas sehingga anak didik pun faham. anak dengan gembira menyelesaikan kegiatan menggunting, menempel gambar kupu-kupu,mewarnai gambar kupu-kupu dan bermain plastisin membentuk bunga dan kupu-kupu.
    Anak -anak menjadi lebih semangat dalam menyelesaikan tugas dan berani kerkata jujur dengan apa yang mereka rasakan. dengan jepit jemuran anak – anak mendapatkan semangat dan motivasi tersendiri supaya mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik.

    sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum wr.wb

  4. Nama: Yeti Apriani
    Nim: 877599577
    Judul: menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran

    Melalui video yang saya tonton disinilah Kita pada saat guru menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Guru tepat jika pada saat memulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaiknya anak harus terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan penggunaan stiker

  5. Nama : SISKA DEWI NUR SYAFITRI
    NIM :858718101
    Jurusan : S1 PGPAUD
    Pokjar : Madiun Tersenyum

    setelah melihat video tentang menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran. sangat bermanfaat dan mengajar kan beberapa aspek perkembangan untuk menjadi inspirasi bagi saya pribadi sebagai guru PAUD. sekaligus mengajarkan anak-anak untuk bersikap jujur di dalam kelas selama melakukan kegiatan belajar mengajar, dengan adanya kegiatan pembelajaran melalui penjepit jemuran ini anak lebih senang dan gembira untuk melakukan kegaitan belajar. sehingga anak akan berkata jujur ketika sudah atau belum selesai melakukan kegaiatn belajar atau bermain bersama anak-anak yang lain . walaupun guru tidak tahu anak itu berkata jujur atau tidak jujur kepada guru bahwa anak-anak belum selesai.
    sekian dan terima kasih

  6. Nama : serta sindy sihombing
    Nim : 859888295

    Ijin menanggapi vidio di atas
    Judul dalam vidio di atas adalah penjepit jemuran, menurut pendapat saya vidio di atas sangat menarik untuk kita lakukan karena di dalam vidio tersebut guru menanamkan nilai nilai kejujuran atau disiplin pada anak anak,vidio vidio dalam guru pintar ini sangat bermanfaat untuk kita pelajari atau kita lihat sebagai pendidik,di dalam vidio tersebut yang saya lihat ada aspek perkembangan kognitif pada anak sehingga sangat berguna untuk perkembangan peserta didik,di mana anak anak sangat senang ketika di kasih reward dengan memberikan penjepit jemuran kepada anak yang berkata jujur,semoga vidio di atas dapat kita terapkan di lembaga masing masing untuk membantu dalam aspek perkembangan anak.

    Demikian pendapat saya terimakasih🙏

  7. Nama : Wildayani
    Nim : 859404851

    Dari yang saya amati dalam video tersebut adalah bagaimana seorang guru mengajarkan kepada anak didiknya tentang sebuah kejujuran dengan menggunakan penjepit jemuran. Dengan menggunakan debit dan jemuran tersebut anak didik besar kemungkinan tidak akan melakukan kebohongan karena disaat anak-anak ingin berbohong ke mereka akan berpikir guru tidak akan percaya Karena saya tidak memiliki jepitan jemuran,

Leave a Reply