Sinopsis

Video ini bertujuan untuk menjelaskan secara singkat bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan hewan. Materi ini diangkat berdasarkan kurikulum pengajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII. Kelebihan pembelajaran melalui video ini adalah adanya gambar visual yang menjelaskan bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan berlangsung. Pada awal video siswa akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan hewan, kemudian pemateri akan menjabarkan materi dan diakhir video diharapkan siswa dapat menjawab pertanyaan, serta mendeskripsikan proses pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan hewan serta mendeskripsikan apa saja faktor internal maupun eksternal yang memengaruhinya. Lalu apa yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan hewan?

Pertumbuhan adalah proses yang tidak dapat dibalik (irreversible), ciri-ciri pertumbuhan adalah terjadi perubahan pada makhluk hidup seperti perubahan warna, volume, ukuran, dan bentuk. Sementera perkembangan adalah proses perubahan pada makhluk hidup akibat terdiferensiasinya sel-sel menuju ke struktur dan fungsi tertentu. Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia atau hewan diawali dengan fase embrionik di mana zigot terbentuk dan memiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang, pada fase ini akan terjadi tahap yang disebut dengan pembelahan/cleavage, blastulasi, gastrulasi, dan organogenesis. Kemudian setelah melalui fase embrionik di mana manusia atau hewan telah dilahirkan, maka fase yang terjadi selanjutnya adalah fase pasca embrionik. Pada fase ini pertumbuhan dan perkembangan terjadi pada manusia atau hewan dari anak menjadi individu dewasa. Dalam fase pasca embrionik, terdapat tahap regenerasi atau kemampuan untuk memperbaiki sel, jaringan atau bagian yang rusak, hilang atau mati serta tahap metamorfosis atau perubahan ukuran, bentuk dan bagian-bagian tubuh dari muda menjadi dewasa.

Risye Restu Musdama

Similar Posts

6 Comments

  1. Nama : Maya Latifah
    NIM : 042168358
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Analisis Hasil Pengamatan Video dan Refleksi Pembelajaran

    a. Judul Video Pembelajaran yang diamati : Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia dan Hewan
    b. Metode/Model/Media yang digunakan :
    – Metode : Konvensional, diskusi dan tanya jawab
    – Model : Problem Based Learning (PBL)
    – Media : Infocus, Laptop

    c. Tuliskan sintak/urutan langkah-langkah pembelajarannya (Kegiatan Awal, Kegiatan Inti, danKegiatan Penutup).

    Kegiatan awal :
    Guru sudah mengkodisikan anak dengan baik, sehingga pada video tersebut anak-anak sudah duduk dengan rapih dan menyimpak penjelasan dari guru tersebut.

    Kegiatan Inti :
    Guru menjelaskan dengan baik tentang pengertian, perbedaan serta tahapan mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan. Guru juga menjelaskan mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada manusia dan hewan.

    Kegiatan Penutup :
    Melakukan evaluasi, dengan menanyakan kembali materi yang sudah diajarkan untuk mengetahui penjelasan proses pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan hewan.

    Dari tahapan-tahapan mengajar sudah sesuai kegiatan apersepsi, inti, dan penutup dan guru menerangkan dengan sangat baik para siswa juga menyimak dengan apa yang dijelaskan oleh Guru terseut, Videonya dipersingkat sehingga dikegiatan apersepsi/awalan tidak ada untuk berdoa, tanya kabar ke siswa langsung kegiatan awal masuk materi baru, di kegiatan penutup juga akan lebih baik ketika guru memberi motivasi pada siswanya, sehingga para siswa menambah semangatnya untuk pemantapan materi yang disampaikan. Pada kegiatan inti akan baik ketika para siswa juga mengeluarkan pendapat tentang materi yang akan di samapaikan, sekian hasil pengamatan dan refleksi pada video ini.

    Mohon maaf apabila ada salah-salah kata dan terima kasih telah memberi contoh video pembelajaran tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia.

  2. Nama : Maya Latifah
    NIM : 042168358
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Analisis Hasil Pengamatan Video dan Refleksi Pembelajaran

    a. Judul Video Pembelajaran yang diamati : Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia dan Hewan

    b. Metode/Model/Media yang digunakan :
    – Metode : Konvensional, diskusi dan tanya jawab
    – Model : Problem Based Learning (PBL)
    – Media : Infocus, Laptop

    c. Tuliskan sintak/urutan langkah-langkah pembelajarannya (Kegiatan Awal, Kegiatan Inti, danKegiatan Penutup).

    – Kegiatan awal : Guru sudah mengkodisikan anak dengan baik, sehingga pada video tersebut anak-anak sudah duduk dengan rapih dan menyimpak penjelasan dari guru tersebut.

    – Kegiatan Inti : Guru menjelaskan dengan baik tentang pengertian, perbedaan serta tahapan mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan. Guru juga menjelaskan mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada manusia dan hewan.

    – Kegiatan Penutup : Melakukan evaluasi, dengan menanyakan kembali materi yang sudah diajarkan untuk mengetahui penjelasan proses pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan hewan.

    Dari tahapan-tahapan mengajar sudah sesuai kegiatan apersepsi, inti, dan penutup dan guru menerangkan dengan sangat baik para siswa juga menyimak dengan apa yang dijelaskan oleh Guru terseut, Videonya dipersingkat sehingga dikegiatan apersepsi/awalan tidak ada untuk berdoa, tanya kabar ke siswa langsung kegiatan awal masuk materi baru, di kegiatan penutup juga akan lebih baik ketika guru memberi motivasi pada siswanya, sehingga para siswa menambah semangatnya untuk pemantapan materi yang disampaikan. Pada kegiatan inti akan baik ketika para siswa juga mengeluarkan pendapat tentang materi yang akan di samapaikan, sekian hasil pengamatan dan refleksi pada video ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata dan terima kasih telah memberi contoh video pembelajaran tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia.

  3. Kelemahan :
    1. Tidak memakai Salam,
    orang belajar untuk berprilaku mendapatkan sesuatu yang diinginkan atau menghindari sesuatu yang tidak diinginkan
    merupakan sarana komunikasi yang efektif.
    2. Tidak melakukan doa bersama ketika memulai pembelajaran
    3. Tidak Melakukan Absensi

    Kelebihan :
    1. Adanya tanya Jawab
    2. Memakai media infocus dalam pembelajaran

  4. Nama : Joni Tangaka
    Nim : 041880146

    Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia dan Hewan

    1. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran
    @ Siwa siap menerima materi pembelajaran yang akan di sampaikan
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    @ Tidak ada sapaan saat melakukan pembelajaran
    @ Guru lebih banyak menjelaskan tanpa memberi umpan balik
    @ Penjelasan materi tidak ada jeda untuk melakukan umpan balik
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    @ Menggunakan media gambar dan media teknologi seperti LCD dalam pembelajaran
    @ Guru menguasai kelas
    @ Guru menguasai materi
    @ Guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa
    4. Hal unik yang terjadi saat proses pembelajaran
    @ Ada siswa yang kelihatan melamun saat proses pembelajaran
    @ Ada siswa yang tidak fokus mendengarkan guru
    5. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
    @ Saran saya harus aktif dan saling memberikan tanya jawab sehingga materi yang diberikan lebih memberi pemahaman kepada siswa.

  5. Nama : Nurhikmah
    Nim : 041156558
    Reaksi siswa dalam proses pembelajaran para siswa siap menerima materi yang akan disampaikan guru.
    Kelemahan dalam proses pembelajaran , pada awal pembelajaran guru tidak menyapa kepada siswa , tidak menerapkan kedispilinan karena tidak mengecek kehdiran siswa, tidak berdo’a sebelum pembelajaran dimulai , dan tidak ada apersepsi sebelum pembelajaran dimulai , teaching center , guru tidak memberikan kesempatan berdiskusi kepada siswa.
    Kelebihan dalam proses pembelajaran guru menguasai materi yang disampaikan, menguasai kelas sehingga siswa memperhatikan materi yang dibahas , adanya tanya jawab terhadap siswa , bahasa yang digunakan mudah difahami oleh siswa, media pembelajaran menarik karena menggunakan power point.
    Saran dalam proses pembelajaran , kita sebagai guru menyapa kepada sswa sebelum pembelajaran dimulai, melaksanakan apersepsi yang ada kaitannya dengan materi yang akan disampaikan, berikan pertanyaan pemantik pada siswa sehingga siswa lebih antusias dalam menerima materi , berikan pertanyaan yang dapat membuat siswa berpikir kritis, memberikan kesempatan berdiskusi secara kelompok agar siswa dapat mengutarakan pendapatnya dan mengasah siswa untuk berpikir secara kritis sehingga proses pembelajaran berjalan dengan dinamik tidak teaching center.

  6. TUGAS 1 PKM (DISKUSI GURU SMA – GPO)

    NAMA : KUSUMANADIANI
    NIM : 043854841
    Progdi : FKIP/Pendidikan Fisika
    UPBJJ : SURABAYA

    ANALISIS VIDEO I GPO

    A. Identitas Video
    Judul video : Proses pertumbuhan & perkembamgan pada manusia & hewan
    Durasi : 8 menit 55 detik
    Pengunggah : Guru Pintar Online
    Produksi : Universitas Terbuka tahun 2021

    Refleksi dan analisis video
    • Setelah saya mengamati video diatas saya berpendapat adalah Guru memberikan pembelajaran melalui video gambar visual yang menjelaskan proses pertumbuhan & perkembangan pada manusia & hewan serta faktor – faktornya sehingga dapat menarik perhatian siswa sehingga meningkatkan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran.
    Kedua menurut saya guru sudah menguasai kelas dengan baik. Metode yang digunakan yaitu metode cerita sehingga kurang menarik perhatian siswa. tapi guru bertindak profesional dengan profesional dengan memberi penjelasan yang jelas dan mudah dipahami

    B. Reaksi siswa terhadap pembelajaran
    Siswa siap menerima materi dan menyimak saat guru menyampaikan materi
    Siswa dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan hewan
    Siswa mendengarkan secara jelas (fokus ) terhadap materi yang dijelaskan
    Siswa memperhatikan terhadap materi yang disampaikan

    C. Kekurangan dan Kelebihan guru dalam video:
    Kekurangan
    o Pada saat membuka pelajaran, guru tidak mengucapkan salam pembuka atau menanyakan kabar siswanya.
    o Guru lebih banyak memberikan penjelasan tanpa ada jeda
    o Metode yang digunakan yaitu metode cerita sehingga kurang menarik perhatian siswa.
    Kelebihan
    o Guru memberikan pembelajaran melalui video gambar visual yang menjelaskan proses pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan hewan serta faktor – faktornya
    o Guru menjabarkan materi dan diakhir video diharapkan siswa dapat menjawab pertanyaan, serta menganalisis melalui literatur lainnya dan memberikan pandangan tentang evolusi makhluk hidup berdasarkan pemahamannya
    o Guru menguasai kelas dan memberikan penjelasan materi dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami siswa

    D. Hal unik dalam video proses pembelajaran
    Dalam video ini guru tersebut mampu membaca situasi di dalam kelas sehingga guru setelah memberi penjabaran materi kemudian memberi pertanyaan langsung kepada siswa. Sehingga terjadi interaksi pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif & menyenangkan

    E. Pendapat maupun Teori dari Pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan
    Menurut Cagne dan Biggs dalam Tengku Zahara Djafaar, pembelajaran adalah rangkaian peristiwa atau kejadian yang mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga proses belajarnya dapat berlangsung mudah. Sebagai bagian dari sistem, sasaran pembelajaran adalah mengubah masukan yang berupa siswa yang belum terdidik menjadi siswa yang terdidik.
    Mel Silberman mengemukakan pernyataan yang disebut paham belajar aktif hasil modifikasi dari pernyataan Conficius. Pernyataan tersebut adalah: “What I hear, I forget; What I hear and see, I remember a little; What I hear, see, and ask question about or discuss with someone else, I begin to understand; What I hear, see, discuss, and do, I acquire knowledge and skill; What I teach to another, I master (Apa yang saya dengar, saya lupa; Apa yang saya dengar dan lihat, saya ingat sedikit; Apa yang saya dengar, lihat, dan tanyakan atau diskusikan dengan beberapa teman, saya mulai paham; Apa yang saya dengar, lihat, diskusikan, dan lakukan, saya memperoleh pengetahuan dan keterampilan; Apa yang saya ajarkan pada orang lain, saya menguasainya).

    F. Usulan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran berikutnya

    1. Sebagai guru sebaiknya dapat menjelaskan materi sesuai slide yang dibawa disertai jeda dan umpan balik
    2. Apabila dalam melaksanankan pembelajaran terdapat masalah maka kita harus segera mengganti strategi pembelajaran agar pembelajaran berlangsung dengan baik.

Leave a Reply