Sinopsis

Video ini memperlihatkan tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran demokrasi dan pelestarian lingkungan di SMP. Video ini menggambarkan kegiatan ektrakuler siswa dengan tema “Aku Cinta Lingkungan’, berbagai kegiatan siswa dalam kelompok melakukan kegiatan di sekitar lingkungan sekolah yang berkaitan dengan kegiatan kebersihan lingkungan, perawatan tanaman dan penghijauan lingkungan, dengan cara mereka melakukan diskusi dan musyawarah.

Apakah Anda sebagai guru IPS terpadu melalui kegiatan ektrakurikuler pernah mengalami kesulitan dalam menentukkan strategi pembelajaran lewat kegiatan dilingkungan sekolah? Apakah Anda pernah berbagi pengalaman dalam melaksanakan kegiatan ektrakuriler dengan guru sekolah lain.? Melalui media kegiatan apa saja yang dapat membantu siswa sehingga melalui kegiatan ektrakurikuler sangat menarikdan menyenangkan bagi siswa.? Coba Anda bandingkan kegiatan ektrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah lain?. Anda dapat berbagi pengalaman dalam membelajarkan IPS terpadu dengan memberikan komentar Anda!

Similar Posts

17 Comments

  1. Nama : Wahyuni Prastikasari
    NIM : 042736988
    Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

    Izin menanggapi Dari Sinopsis yang berjudul “Ayo Cintailah Lingkungan”Merupakan salah satu wujud penerapan materi yang mengajak Siswa aktif berperan dalam proses pembelajaran yang mana juga mampu melatih kemampuan kognitif dan kemampuan afektif siswa, dimana siswa diajak peduli lingkungan serta mencari solusi disetiap masalah sekitar dengan musyawarah dan diskusi, serta saya juga menyanggah dari video yang telah saya amati sebisanya guru juga ikut dalam proses berlangsungnya kegiatan bersih* lingkungan,yang tentunya juga membuat eratnya komunikasi dengan para siswa karena guru juga memberi contoh teladan kepada para murid. 🙏

  2. Nama : FERA LESTARI PUTRI
    NIM : 042867164
    Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Assallamualikum Warahamtullahi Wabarakatuh
    Dalam Vidio diatas, terlihat Guru sangat menguasai Kelas yang di ajarkan tentang materi ‘Ayo Cintai Lingkungan’. Namun dalam mengawali Pembelajaran Guru tidak Melakukan Orientasi seperti Pembukaan dengan salam pembuka,memanjatkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa dan berdo’a untuk memulai pelajaran serta Memeriksa kehadiran peserta didik sikap. Pada Vidio di atas tampak Guru langsung masuk ke materi. Namun tampak Siswa/i sangat antusias dalam mendengarkan dan memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung tersebut. Setelah saya menonton video ini menurut saya pesan yang di kandung dalam video ini sangat baik. namun memang ada beberapa yang harus di perbaiki, untuk menjadi guru yng sangat Profesional.
    Demikianlah ,mohon maaf apabila terdapat kesalahan kalimat yang tertulis di atas. Terima kasih
    Wassallamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  3. Nama : DARNIWATI
    NIM : 042373271
    Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
    1. Apakah kegiatan ektrakurikuler pernah mengalami kesulitan dalam menentukkan strategi pembelajaran lewat kegiatan dilingkungan sekolah? Ya biasanya kalau ada kesulitan atau kendala dalam menentukan strategi pembelajaran kami membicarakan pada Kelompok Kerja Guru ( KKG )
    2. Apakah Anda pernah berbagi pengalaman dalam melaksanakan kegiatan ektrakuriler dengan guru sekolah lain.? Ya pernah, Saya mengajar di SLB , biasanya kami saling berbagi pengalaman dalam melaksanakan kegiatan ektrakuriler, apalagi untuk daerah kabupaten Saya hanya ada 9 buah SLB.
    3.Melalui media kegiatan apa saja yang dapat membantu siswa sehingga melalui kegiatan ektrakurikuler sangat menarik dan menyenangkan bagi siswa.Media yang dapat dipakai dalan kegiatan ini adalah memutar vidio tayang bagaimana cara mencintai lingkungan yang merupakan juga kewajiban dari anggota lingkungan sekolah dan setelah itu seorang guru dapat membawa langsung siswanya untuk melakukan gotong royong membersihkan lingkungan dan membuat lingkungan sekolah yang asri, sehingga akan menjadikan siswa merasa nyaman di sekolahnya.

  4. Nama : Dina purnama sari
    Nim : 043728328

    Melihat dari vidio tersebut saya menggapi guru tersebut mengajak para siswa untuk selalu mengingatkan bahwa mencintai lingkungan itu sangat penting, karena sekarang ini banyak sekali sampah berserakan, penebangan liar dimana-mana yang bisa mengakibatkan kebanjiran.
    selain guru siswa juga harus mengatur strategi untuk membuat sebuah kelompok penghijauan yang di bantu dengan guru lain.

  5. Nama : krisna levia zalukhu
    NIM : 041531573
    Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

    izin menanggapi video simulasi pembelajaran dari ” Ayo Cintailah Lingkungan”
    didalam simulasi tersebut pertama siswanya semua aktif dan memperhatikan apa yang disampaikan guru terhadap mereka, kemudian guru juga menggunakan metode pembelajarannya metode kooperatif, dimana gurunya mengajak para siswa untuk berperan aktif seperti apa itu mencintai lingkungan dan apakah menjaga lingkungan itu penting bagi kita, serta sejauh mana siswa dapat bertanggung jawab dalam memelihara lingkungan.

  6. Nama : Harum Ismah Palestina

    Dalam video di atas guru menyampaikan materi tentang “Ayo cintailah Lingkungan” pembahasan yang guru sampaikan di video tersebut sangat menarik. Dan siswanya pun sangat antusias menjawab pertanyaan. Di dalam video juga terdapat pembelajaran dengan sistem outdoor yang di mana siswa telah di bagi menjadi dua kelompok dan di perintahkan untuk mengamati lingkungan sekitar, kemudian masuk kelas kembali untuk di mintai laporan tentang pengamatan yang telah dilakukan.

  7. nama : Tolkha Khuriza
    Nim : 044139488
    Prodi : pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan
    melihat dari vido di atas saya sependapat tentang strategi pembelajaran karena siswa juga di tuntut berperan aktif dalam pembelajaran bukana hanya sebagai pendengar dan penulis akan tetapi siswa juga di tuntut aktif dalam materi pembelajaran
    serta membuat sisa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran
    kesulityan dalammenentukan strategi pembelajaran lewat kegiatan dilingkungan sekolah adalah jiwa siswa Menengah Pertama yang dalam masa puber sehingga rasa ingin tau yang sangat luar biasa menjadikan kesempatan pembelajaran di lingkungan di luar di salah gunakan

  8. Nama : Dina Riana
    Nim : 041910446
    Prodi : PKn
    Assalamualaikum
    izin menaggapi diskusi ini,
    Dalam melaksanakan kegiatan ekskul tidak lepas dari masalah- masalah di dalamnya, seperti dalam kegiatan lingkungan, yaitu membersihkan, menanam pepohonan. diperlukan kesabaran dan kedisiplinan dalam membimbing dan menjadi teladan bagi peserta didiknya.
    terimakasih
    wassalamualaikum

  9. Assalamualaikum
    Nama Windi Tri Suprianti
    NIM 044584715
    Prodi PPKn
    Sekolah merupakan tempat pendidikan dan pengembangan karakter siswa. Sekolah terdiri dari warga sekolah (siswa, guru, serta pegawai sekolah lainnya) dan lingkungan sekolah. Sebagai siswa, kita memiliki kewajiban terhadap lingkungan sekolah. dapatlah dikatakan bahwa lingkungan sekolah lebih mengacu pada himpunan hubungan yang terjadi di antara anggota komunitas sekolah yang ditentukan oleh faktor struktural, pribadi, dan fungsional lembaga pendidikan yang memberikan kekhasan bagi sekolah.Oleh karena itulah lingkungan sekolah merupakan lingkungan pendidikan kedua yang diterima oleh anak, dinama dalam lingkungan tersebut kecerdasan, potensi anak dapat diasahdan dikembangkan yang akan berpengaruh pada keberhasilan belajar anak sehingga perlu diselenggarakan secara berkelanjutan dan teratur. Seperti rumah, sekolah pun harus selalu bersih dan terawat agar semua warga sekolah bisa merasa nyaman. Untuk menjaga lingkungan sekolah, tidak hanya tugas dari petugas kebersihan, akan tetapi semua warga sekolah harus ikut serta menjaga kebersihan sekolah karena ini merupakan tanggung jawab bersama dan harus saling membantu mewujudkan kondisi lingkungan sekolah yang bersih dan terawat.
    Cara menjaga lingkungan sekolah sebenarnya tidak sulit jika kita semua melakukannya bersama-sama.

    Terimakasih
    Wassalamualaikum

  10. Nama: Jakun
    NIM : 041037728
    Prodi : PPKn
    Assalamu alaikum wr.wb
    Isi vidio menginspirasi bagi saya, baik dalam penyamapaian, metode yang di gunakan oleh guru dalam mengajak peserta didik untuk mencintai linkungan. Kebersihan adalah tanggung jawab semua warga sekolah yaitu peserta didik dan pendidik (guru) serta tenaga kependidikan. seyogyanya pendidik dan tenaga kependidikan adalah model bagi peserta didik. sehingga semua perilakunya sedapat mungkin sesuai dengan norma yaang berlaku. terlebi dalam menggalakan kebersihan di sekolah.
    demikian, wasalamu alaikum wr.wb

Leave a Reply