Sinopsis

Program ini berisi cuplikan pembelajaran dengan pokok bahasan Menulis Puisi. Dalam awal pembelajaran, Guru memancing imajinasi para siswa dengan beberapa video terkait dengan topik yang dibahas, yakni Tukang Jamu Gendhong, Penjual Skoteng, dan Kehidupan Petani. Media gambar tersebut dipilih guru berhasil memancing perhatian siswa sehingga ketika guru meminta para siswa menulis puisi bebas dengan topik yang ditentukan, yakni kemiskinan, para siswa dapat mengerjakannya dengan mudah.


Mengapresiasi cerpen. Siswa langsung diberikan sebuah cerpen untuk dibaca secara pribadi. Setelah itu, ketika membahas unsur intrinsiknya, mereka dibentuk dalam kelompok-kelompok. Dengan cara ini, semua siswa dapat dengan jelas menangkap materi pembelajaran dan menjelaskan dengan benar unsur-unsur tersebut atas dasar apresiasi secara langsung.


Alternatif pemecahan kasus pembelajaran yang terdapat pembelajaran pertama. Di dalam alternatif pembelajaran tersebut, diperlihatkan bagaimana proses pembelajaran menulis dengan menggunakan puisi sebagai medianya. Penggunaan puisi sebagai media pembelajaran menulis membuat siswa tertarik, senang, aktif, dan kreatif dalam menulis cerita.


Anda tertarik untuk mengetahui secara lengkap proses pembelajaran tersebut? Silakan Anda simak baik-baik video berikut. Selamat menyimak dan semoga Anda mendapatkan pencerahan dari tayangan video tersebut.

 

Media merupakan komponen penting di dalam sebuah pembelajaran. Salah satu ciri Guru profesional memiliki kemampuan memilih dan menggunakan media yang tepat di dalam pembelajarannya. Video pembelajaran ini menggambarkan bahwa guru memiliki keterampilan tersebut di dalam menyampaikan materi pelajaran menulis puisi.

Dalam tayangan ini proses pembelajaran yang dilakukan guru sangat baik sejak awal pembelajarn sampai akhir, hanya penutupnya atau umpan balik tidak tampak. Sedikit mungkin bisa disebut kelemahan yaitu guru lebih fokus pada tokoh-tokoh dalam media, bukan kepada tujuan belajar puisi dan kandungannya. Pendekatan, strategi, metode, dan media serta evaluasi yang digunakan sudah tepat. Sayangnya hanya satu siswa yang menjadi contoh, mungkin karena kurangnya waktu tayang. Akan halnya kurikulum, bagi seorang guru profesional kurikulum manapun yang berlaku tidak akan menghalangi kreativitasnya.


Secara umum tayangan video pembelajaran puisi ini sudah sangat baik, gurunya bagus, para siswanya juga cerdas. Sedikit perlu ditambahkan adalah informasi kepada siswa tentang apa itu puisi, manfaat, dan kandungan (unsur-unsur) puisi yang harus juga dimiliki siswa secara bertahap. Sedikit yang perlu diperhatikan fokus guru di dalam pembelajaran harus kuat. Puisi adalah yang utama, komponen lain merupakan pendukung.

 

Lis Setiawati

 

Similar Posts

23 Comments

  1. Nama : BAHROMI
    NIM : 043337515
    prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Baik izin menanggapi vidio tersebut.
    Dalam vidio pembelajaran tersebut guru dan siswa sangat menikmati peroses pembelajaran yang dibawakan oleh guru tersebut. penguasan materi dan ketersediaan media akan menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran.

    sekian terima kasih.

  2. Nama: Yoanita
    NIM: 043633657
    Prodi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    UPBJJ: Jakarta

    Cuplikan video ini tidak menampilkan bagian di mana guru memberi salam dan mengecek kehadiran siswa. Namun demikian, dari video yang ditampilkan terlihat bahwa guru telah melakukan persiapan mengajar dengan baik sehingga dapat menyampaikan materi dengan langkah-langkah yang jelas. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran dan mampu menarik perhatian siswa dengan menampilkan beberapa media pembelajaran. Guru juga memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memancing rasa ingin tahu dan mendorong siswa untuk berpikir kritis. Ketika menulis puisi, siswa diberi kebebasan untuk mengeksplorasi secara kreatif namun tetap dengan dengan tema yang sesuai. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih percaya diri dengan karya yang dibuatnya.Dalam video terlihat bahwa guru selalu memberikan dorongan positif dan mengapresiasi siswa yang berani membacakan puisinya di kelas.

  3. Nama : Francina Carolina
    NIM : 044488527
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    UPBJJ : Jakarta

    Dari video yang ditampilkan kita bisa melihat bagaimana guru tersebut memiliki keterampilan bertanya dasar dan bertanya lanjut. Guru memberikan penjelasan dengan memanfaatkan teknologi sebagai acuan yang dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Ketrampilan yang dimiliki guru sangat mendorong peserta didik secara aktif terlibat dalam pembelajaran di dalam kelas ini. Guru juga terlihat mengubah tuntutan tingkat kognitif dalam mengajukan pertanyaan yang bersifat menerapkan.

    Hal yang menarik yang juga dapat kita lihat dari proses pembelajaran ini, ketika peserta didik memberikan jawaban, sang guru memberi penguatan kepada peserta didik tersebut. Penghargaan ini tentunya dapat mendirong dan memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran seperti yang kitab isa lihat di dalam video tersebut.

    Variasi guru dalam mengajar dan juga ketrampilan menjelaskan juga menarik perhatian. Dengan variasi yang beragam dan ketrampilan dalam menjelaskan membuat siswa dapat menyerap materi dengan baik.

  4. Nama : Rina Nurjanah
    NIM : 042931291
    Prodi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Assalamualaikum Wr. Wb
    1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran “menulis puisi bebas dengan media gambar” yaitu seluruh siswa aktif dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru yang mampu memaparkan materi dengan jelas. Selain itu, guru memberikan materi tidak hanya berupa penjelasan namun dibantu dengan media bergambar yang ditampilkan dalam infokus.

    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran dikelas.
    menurut saya, kelemahan guru hanya terjadi diawal pembelajaran seperti tidak memberikan salam dan mengecek kehadiran siswa.

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran dikelas.
    – Guru terlihat tenang dalam menyampaikan pembelajaran.
    – Guru mempersiapkan materi pembelajaran sebelum kelas dimulai. Sehingga pada saat pembelajaran terlihat sangat tenang dan proses pembelajaran berjalan dengan lancar.
    – Guru mampu menarik siswa untuk aktif dalam berdiskusi.
    – Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berani maju kedepan.

    4. Hal unik yang ditemukan dalam video tersebut adalah ketika guru mengarahkan siswa untuk membuat puisi dengan bait dan baris secara bebas namun dengan tema yang sesuai. Siswa yang mampu membuat puisi dipersilahkan maju kedepan untuk menulis dan membacakan puisi didepan kelas, kemudian guru mengapresiasi siswa tersebut dengan memberikan hadiah.

    5. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
    – Memanfaatkan teknologi sebagai acuan pembelajaran.
    – membaca dan mengkaji ulang materi yang akan disampaikan.

  5. NAMA : ITA RUSTIYANTI
    NIM : 044102658
    PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

    – Instrumen refleksi sebagai berikut.
     Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi anak/siswa pada pembelajaran video di atas terlihat jelas sekali bahwa anak/siswa sangat tertarik, senang, aktif, dan kreatif dalam menulis puisi. Setiap anak yang silih berganti menjawab pertanyaan yang diutarakan kepada guru sehingga membuat anak/siswa semakin aktif menjawab serta mmebuat anak untuk bisa berfikir lebih dalam mengenai pertanyaan yang diberikan. Anak/siswa pun sangaat senang ketika mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, karena metode gurupun dalam menerangkan pembelajaran sangat menyenagkan dan mengasyikan dalam belajar.

     Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Guru di awal pembuka tidak menjelaskan tentang materi awal tentang apa itu pengertian puisi, jenis-jenis puisi,dll.
    2. Guru tidak melakukan pembukaan pada kegiatan pembelajaran di kelas seperti salam, berdo’a.
    3. Guru tidak menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a, salam, mereview kegiatan pembelajaran, tanya jawab ketidakpahaman materi pembelajaran yang belum jelas, dan penyampaikan materi pada pertemuan berikutnya.

     Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Guru berusaha memancing imajinasi siswa di awal kegiatan pembelajaran dengan menampilkan beberapa video tentang Tukang Jamu Gendhong, Penjual Skoteng, dan Kehidupan Petani
    2. Gurupun sangat aktif dalam memberikan tanya jawab kepada siswa setiap video atau gambar yang dipaparkan.
    3. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berani maju kedepan menulsikan dan membacakan puisi yang dibuatnya
    4. Gurupun selalu memberikan tambahan penjelasan ketika siswa menjawab sehingga menambah pemahaman siswa akan topik puisi yang diajarkan
    5. Gurupun menggunakan media LCD yang digunakan untuk menampilkan gambar yang akan diperlihatkan ke siswa, sehingga dengan tambahan media tersebut membuat anak akan senang dalam belajar di kelas.
    6. Guru memberikan kebebasan dalam memberikan tugas ke anak/siswa dalam menulis puisi, hanya ditentukan temanya saja yang sama.
    7. Guru mengontrol ke setiap siswa saat menulis puisi sehingga jika ada kesulitan saat siswa menulis puisi gurpun bisa membantunya.
    8. Gurupun mempunyai teknik mengajar di kelas yang bagus.

     Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    1. Siswa sangat tertarik, senang, aktif, dan kreatif dalam menulis puisi.
    2. Guru yang sangat menyenangkan saat mengajar di kelas.
    3. Guru menggunakan media LCD yang digunakan saat mengajar sangat bagus
    4. Terdapat sesi tanya jawab yang membuat siswa aktif dalam menjawab.
    5. Guru memberikan apresiasi terhadap siswa yang mau maju ke depan menulis dan membacakan hasil puisinya.

     Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? (digunakan pula oleh kelompok mahasiswa yang tidak bisa mengakses internet sama sekali)
    1. Guru seharusnya di awal pembuka smenjelaskan tentang materi awal tentang apa itu pengertian puisi, jenis-jenis puisi,dll.
    2. Guru seharusnya melakukan pembukaan pada kegiatan pembelajaran di kelas seperti salam, berdo’a.
    3. Guru seharusnya menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a, salam, mereview kegiatan pembelajaran, tanya jawab ketidakpahaman materi pembelajaran yang belum jelas, dan penyampaikan materi pada pertemuan berikutnya.

  6. Nama : Winda Nuraini
    NIM : 044489568
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    UPBJJ : Jakarta

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dari Video Pembelajaran yang berjudul ” Menulis Puisi Bebas dengan Media Gambar” dapat disimpulkan bahwa:
    1. Cara sang Ibu guru dalam mengajar sudah baik hanya saja ketika masuk ke kelas tidak melakukan pendahuluan seperti mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa, & untuk penutupnya tidak mengucapkan salam penutup.
    2. Ibu guru dalam memberikan materi menarik siswa untuk membuat puisi dengan cara menampilkan beberapa gambar dan siswa melihat gambar tersebut
    3. Ibu guru tersebut juga memberikan beberapa pertanyaan terkait gambar tersebut sehingga memudahkan siswa dalam memberikan komentarnya
    4. dapat disimpulkan, dengan cara tersebut memudahkan siswa dalam merangkai kata-kata tiap baitnya karena yang biasa siswa susah untuk merangkai kata tetapi dengan cara seperti ini memudahkan siswa dalam membuat puisi.
    5. ibu guru juga memberikan apresiasi berupa memberikan hadiah kepada siswanya yang berani tampil ke depan dengan begitu memberikan semangat kepada siswa lain untuk tampil ke depan.

    Sekian komentar dari saya. Mohon bimbingannya.
    Wassalamua’alaikum Wr.Wb

  7. Nama : Siti Amalia
    Nim : 031393678
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Menurut pendapat saya:
    Kelemahan:
    -Pada kegiatan awal guru tidak mengucapkan salam,menanyakan kabar siswa,melakukan absensi.
    -Pada kegiatan penutup tidak ada
    Kelebihan :
    -Adanya media yang digunakan dalam pembeljaran yaitu dengan menggunakan media gambar.
    -Dalam pembelajaran tersebut guru menguasai materi.
    -Adanya respon siswa dan adanya hubungan timbal balik antara siswa dan guru.
    -Guru memberikan reward kepada siswa yang aktif.

  8. Salam Sejahtera
    Nama: Haryani Salim
    Nim : 031521418
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    hasil analisis saya dalam pengamatan vidio pembelajaran dengan judul ” Menulis Puisi Bebas dengan Media Gambar” adalah siswa dikondisikan oleh guru dengan sangat baik karena siswa aktif dalam pembelajaran , guru memberikan literasi di awal pembelajaran dengan memberikan gambar -gambar yang sesuai dengan materi dan tema selain itu siswa juga dibimbing oleh guru untuk masuk pada pengalaman pribadi yaitu memahami kehidupan tokoh pada gambar dengan cara menjelaskan dan tanyajawab tentang kehidupan tokoh pada gambar yang biasa mereka lihat pada kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat memahami materi dan memudahkan siswa untuk mengerjakan tugasnya.

  9. Nama : FATWA NURUL ALIYAH
    NIM : 042160392
    Prodi : PKn

    Dari cuplikan video di atas,guru tersebut terlihat sudah memiliki keterampilan mengajar yang cukup baik. Hanya saja pada kegiatan awal ada beberapa hal yang terlewatkan, untuk penyampaian materinya sudah bagus. Guru tersebut sangat tau bagaimana kondisi kelas tersebut sehingga pada saat proses belajar menagajar berjalan dengan baik (siswa dan guru terlibat aktif). Media pembelajaran yang digunakan pun cukup menunjang sehingga siswa tidak mudah merasa bosan untuk mengikuti pembelajaran. Di bagian penutup, guru memberikan umpan baik, atau pujian berupa memberikan hadaiah kepada siswa sehingga siswa pun merasa terapresiasi dan akan merasa senang ketika mengikuti pembelajaran.

  10. nama : siti nur halimah
    nim : 043651956
    prodi : sastra dan bahasa indonesia

    asslamuallikum warahmatullahi wabarakatuh.
    pada forum ini, izinkan saya menyampaikan refleksi atau pendapat terkait video pembelajaran di atas.

    1. kegiatan awal sangat bagus karena diawali dengan sapaan, kemudian penyampaian materi berdasarkan tujuan pembelajaran yang guru tersebut siapkan.
    2. tanggapan siswa sanagt baik dan guru juga mempersiapkan berbagai media gambar dan lain-lain yang mengacu penguatan dalam memahami materi.
    3. guru memberikan tanggapan yang mana menambah pengetahuan peserta didik.
    4. materi yang disampiakan oleh guru juga jelas dan siswa memahami.
    5. peserta didik juga terlatih dengan percaya diri untuk membacakan contoh puisi
    6. umpan balik yang guru berikan sangat memotivasi peserta didik di dalam video tersebut, dan suasana pembelajaran tidak terkesan kaku atau pasif.

    berikut pendapat saya terkait video pembelajaran tersebut. dan satu tambahan lagi, bahwa kegiatan pembelajaran di atas sangat menambah wawasan dan mengapresiasi sekali agar siswa tetap semangat di dalam pembelajaran.

Leave a Reply