Similar Posts
Penggunaan Metode Sinau Wisata Dalam Pembelajaran Sejarah
Sinopsis Pada video ini memperlihatkan strategi yang dipilih guru untuk melibatkan secara aktif peserta didik dan ingin memanipulasi metode karya wisata/widya wisata. Penerapan metode karya wisata/widya wisata memerlukan persiapan yang cukup matang dan biaya yang memadai karena dengan mengunjungi obyek wisata yang dikaitkan dengan kompetensi dalam mata pelajaran diperlukan persiapan yang matang. Untuk mengatasi hal…
Menulis Puisi Bebas Dengan Media Gambar
Sinopsis Program ini berisi cuplikan pembelajaran dengan pokok bahasan Menulis Puisi. Dalam awal pembelajaran, Guru memancing imajinasi para siswa dengan beberapa video terkait dengan topik yang dibahas, yakni Tukang Jamu Gendhong, Penjual Skoteng, dan Kehidupan Petani. Media gambar tersebut dipilih guru berhasil memancing perhatian siswa sehingga ketika guru meminta para siswa menulis puisi bebas dengan…
Membangun Diskusi kelompok Kecil dengan Peragaan Metode Cetak dan Non Cetak
Sinopsis Program ini membahas tentang bagaimana seorang guru IPS di SMP memanfaatkan media cetak dan non cetak dalam pembelajaran untuk membangun diskusi dalam kelompok siswa. Yos Sudarso Pakar Dosen – Pakar Guru –
Jumlah Ukuran Sudut dalam Segitiga
Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya seorang guru menanamkan konsep tentang jumlah ukuran sudut dalam segitiga melalui pembuktian yang dilakukan secara intuitif dengan menggunakan alat peraga bangun segitiga yang dibuat dari karton dan peragaannya dilakukan oleh para siswa secara berkelompok. Dra. Yumiati, M.Si. Pakar Dosen – Pakar Guru –
Siswa Kurang Semangat Mengikuti Pelajaran Teori
Sinopsis Program ini menggambarkan upaya seorang guru SMP yang berusaha mengubah cara mengajarnya dari model ceramah ke model pembelajaran proyek karena para siswa cenderung tidak semangat apabila pembelajaran dilakukan dengan cara menerangkan panjang lebar. Dengan menggunakan pembelajaran proyek, siswa lebih semangat dan lebih mudah memahami teori yang disampaikan. Hartinawati Pakar Dosen – Pakar Guru –
Pembelajaran Materi Organ Sel
Pakar Dosen Program video berisi strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk pembelajaran Organel Sel. Di awal, program menampilkan suasana kelas yang sedang melaksanakan ulangan menggunakan tes tertulis dan pelaksanaan ulangan dilakukan secara bersama-sama. Cara ulangan tersebut bila tidak diawasi dengan benar akan memberi peluang kepada siswa untuk melakukan kecurangan. Solusi yang…
Nama : Musyarofah
NIM : 049473269
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Assalamu’alaikum wr.wb
Dari video diatas dapat dilihat bahwa ibu guru memberikan materi tentang ” Penggunaan Metode Pengamatan terhadap Teman sendiri tentang Perilaku yang Mencerminkan Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari.” Menurut saya proses pembelajaran diatas dimulai dengan berinteraksi dengan siswa, melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang akan di jelaskan merupakan model pembelajaran yang sangat interaktif. Menggunakan metode pengamatan terhadap perilaku ekonomi dalam kehidupan sehari-hari dengan cara membagi kelompok diskusi. Setiap kelompok diberikan materi untuk memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari dengan tema yang berbeda-beda. Setiap kelompok wajib melakukan presentasi dari apa yang mereka diskusikan. Menurut saya metode pembelajaran itu bertujuan agar para siswa berani bicara didepan umum, dan mampu mengungkapkan pendapat pribadinya. Para siswa akan lebih merasa senang karena bisa mengeksplore bakat yang ada pada diri masing-masing.
Terima kasih