silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil. Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa. Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Siswa diharapkan belajar tentang satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Menurut saya keseluruhan pembelajaran sudah Baik.
Pembelajaran dibuka dengan langsung membagi kelompok dan memperkenalkan konsep waktu dengan cukup menyenangkan untuk anak-anak tapi alangkah lebih baik lagi jika pembelajaran dibuka dengan apersepsi dulu, dilanjutkan dengan memfokuskan konsentrasi anak misalnya dengan tepuk konsentrasi, lalu barulah kita mulai dengan masuk pada pembelajaran.
Alat bantu pembelajaran sudah baik menggunakan media gambar dikertas. Siswa secara bersama-sama aktif dalam menjawab pertanyaan guru yang mengacu pada kegiatan di gambar.
menurut saya,pembelajaran belum efektif, artinya guru sudah melakukan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Dalam kegiatan pendahuluan, guru hanya mempersiapkan anak dan memberi salam, sebaiknya guru melakukan apersepsi/mengkaitkan dengan materi pelajaran, memberi semangat siswa dengan tepuk-tepuk semangat (kegiatan pra pembelajaran) dan motivasi siswa. Selanjutnya guru sudah bagus dalam menggunakan strategi yaitu membagi kelompok diskusi dan menggunakan media gambar. Guru juga sebaiknya lebih interaktif dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan serta menutup pembelajaran dengan menarik kesimpulan, mengadakan kegiatan tindak lanjut dan memotivasi siswa untuk lebih giat belajar.
saya setuju dengan pendapat ibu, alangkah baiknya guru membuka pembelajaran dengan situasi kegiatan yang menyenangkan dan menarik minat ketertarikan anak.
Menurut saya keseluruhan pembelajaran sudah Baik.
Pembelajaran dibuka dengan langsung membagi kelompok dan memperkenalkan konsep waktu dengan cukup menyenangkan untuk anak-anak tapi alangkah lebih baik lagi jika pembelajaran dibuka dengan apersepsi dulu, dilanjutkan dengan memfokuskan konsentrasi anak misalnya dengan tepuk konsentrasi, lalu barulah kita mulai dengan masuk pada pembelajaran.
Alat bantu pembelajaran sudah baik menggunakan media gambar dikertas. Siswa secara bersama-sama aktif dalam menjawab pertanyaan guru yang mengacu pada kegiatan di gambar.
menurut pemahaman saya, pada kegiatan awal, guru tidak melakukan apersepsi yang diantaranya yaitu salam, berdoa sebelum memulai pembelajaran, pengecekan kehadiran dan tidak adanya motivasi untuk anak.
guru langsung beranjak ke kegiatan inti tanpa penjelasan materi tentang jam ini. kemudian, guru juga terlalu cepat dalam pemberian tugas kepada siswa. tanpa adanya penjelasan terlebih dahulu, siswa diminta untuk mengerjakan tugas.
Nama : DHELLA EKA FEBRIYANTI
NIM : 858815918
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : KOTA KEDIRI
Menurut analisis saya tentang video pembelajaran diatas adalah :
1. Tidak ada pembukaan seperti do’a dan salam.
2. Guru langsung menyuruh siswa untuk membuat kelompok.
3. Pembelajaran yang menyenangkan dengan penyampaian guru yang asik.
4. Metode dan media yang digunakan cukup sesuai dan menggunakan alat seadanya.
5. Guru menunjuk siswa untuk maju kedepan mengerjakan soal yang diberikan di papan tulis.
6. Guru memberikan tugas kepada siswa.
7. Tidak ada umpan balik antara guru dengan siswa.
8. Pembelajaran tidak ditutup dengan semestinya.
@dhellaekaf@gmail.com
Nama: Dara Febrian
NIM : 857495286
Program Studi: PGSD S1 masukan sarjana
-Menurut saya inti pembelajaran sudah baik, namun dalam penyampaian tampaknya harus lebih memotivasi anak didik kembali. Penjelasan juga kurang detail sehingga memungkinkan untuk anak yang kurang tanggap akan kurang mengerti mengenai pembelajaran yang berlangsung.
-Penggunaan gambar yang besar cukup efektif karena untuk kelas rendah media harus besar dan jelas, namun kurang efektif dalam hal waktu jika harus menggambar dulu satu per satu. Maka lebih baik jika menggunakan media yang sudah disiapkan seperti jam dari karton dsb.
NAMA: SITI NUR LAILA
NIM: 858794918
Pendapat saya pengajaran guru sudah baik, siswa terlihat sangat tertarik dengan pembelajaran konsep waktu dalam aktivitas sehari-hari siswa.
Kelebihan Video
a) Guru menggunakan strategi yaitu membagi kelompok diskusi dan menggunakan media gambar.
b) Terjalin situasi belajar yang baik antara guru dan siswa, dengan memberi kesempatan siswa untuk aktif dalam pembelajara.
Kelemahan Video
a) Pada kegiatan awal guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, dan berdoa.
b) Guru tidak memberikan aprsepsi yang terkait dalam materi pembelajaran, serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
Saran
Alangkah baiknya sebelum pembelajaran dimulai dengan melakukan pembukaan seperti, salam, berdoa, memberikan apersepsi yang terkait dalam materi pembelajaran, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
Saya setuju dengan pendapat teman-teman dalam forum diskusi ini. menurut saya pembelajaran yang dilakukan oleh guru ini belum memenuhi standar proses dalam pembelajaran yaitu terdapat kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada pendahuluan tidak tampak adanya apersepsi di mana apersepsi sangat diperlukan mengaitkan materi sebelumnya pada siswa sehingga siswa merasa siap untuk melanjutkan pelajarannya. Dalam kegiatan inti guru menggunakan media kertas bergambar itu sangat bagus namun alangkah bagusnya jika kertas bergambar turut dibagikan pada semua kelompok siswa sebagai lembar kerja siswa sehingga semua siswa memiliki kegiatan dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung di sini nampak siswa hanya melihat tanpa ada kegiatan sehingga pembelajaran dinilai kurang efektif bagi siswa kelas rendah. guru nampak mengajar dengan sangat kaku tanpa ada hal yang menyenangkan yang dilakukan bersama siswa, mengingat siswa yang diajar adalah kelas 2 yang merupakan kelas rendah cara mengajar guru saya nilai tidak cocok dengan anak-anak kelas rendah. dikelas rendah sebaiknya guru lebih melakukan inovasi dan improvisasi dalam kegiatan pembelajarannya.
Asiyah
NIM: 858808399
Berdasarkan video yang saya lihat, memang benar ibu guru tidak melakukan apersepsi, Karna menurut saya dalam pembelajaran itu ada kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup. Guru tersebut juga kurang dalam memberikan motivasi pada siswa tentang materi yang diajarkan, juga tujuan pembelajarannya. Dan dalam pembelajaran tersebut tidak adanya umpan balik/tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan.