silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

293 Comments

  1. Nama : Yeni faniza
    Nim :856995241
    Uppbj : bandar Lampung
    Menurut pemahaman saya, pada kegiatan awal, guru tidak melakukan apersepsi yang diantaranya yaitu salam, berdoa sebelum memulai pembelajaran, mengecek kehadiran dan tidak adanya motivasi untuk anak.
    guru langsung beranjak ke kegiatan inti tanpa penjelasan materi tentang jam ini. kemudian, guru juga terlalu cepat dalam memberikan tugas kepada siswa. tanpa adanya penjelasan terlebih dahulu, siswa diminta untuk mengerjakan tugas.

  2. Nama: Saderakhi Daeli
    Nim: 856062735
    Prodi : S1 PGSD
    berdasarkan hasil pengamatan vidio di atas, saya akan menarik beberapa kelebihan dan kekurangan dari vidio tersebut
    1. Kelebihan :
    a. suara guru yang menjelaskan jelas dan lantang
    b. mengecek siswa paham atau tidak dengan menyuruh siswa maju kedepan untuk mengisi gambar jam
    c. tingkat pemahaman siswa tinggi artinya semua siswa bisa mengisi gambar jam dengan menggambar
    jarum panjang dan pendek sesuai dengan waktu kegiatan yang diminta guru
    d. guru menyampaikan simpulan tentang kegiatan yang sudah dilakukan
    e. guru memberikan tugas di akhir pelajaran
    f. selama proses belajar berlangsung, guru bisa mengontrol kelas dengan baik
    2. kekurangan dari vidio tersebut antara lain:
    a. guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan baik, artinya tanpa ada kegiatan doa,
    mengecek kehadiran siswa, kegiatan apersepsi, dan penyampaian tujuan dari materi tersebut
    b. media yang digunakan (lembaran yang ada gambar kegiatan) sangat kecil dan tidak membagikan pada
    setiap kelompok (lembaran yang ada gambar kegiatan) sehingga kelompok yang duduk di belakang
    kemungkinan tidak melihat dengan jelas

  3. Nama : REZA DWI PUTRA
    NIM : 857046733
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : KOTAAGUNG

    #Menurut saya inti pembelajaran sudah baik, namun dalam penyampaian tampaknya harus lebih memotivasi anak didik kembali. Penjelasan juga kurang detail sehingga memungkinkan untuk anak yang kurang tanggap akan kurang mengerti mengenai pembelajaran yang berlangsung.
    #Penggunaan gambar yang besar cukup efektif karena untuk kelas rendah media harus besar dan jelas, namun kurang efektif dalam hal waktu jika harus menggambar dulu satu per satu. Maka lebih baik jika menggunakan media yang sudah disiapkan seperti jam dari karton dsb.

  4. Nama : Riska Adillah
    NIM : 856336808
    Prodi : S1 PGSD BI
    Berdasarkan video menjagar diatas, ibu guru sudah cukup memberikan apresepsi dengan menampakkan gambar jam yang ada dipapan tulis, tapi untuk anak kelas tingkat rendah alangkah lebih baik memberikan gambaran secara nyata media pembelajaran yang akan di langsungkan seperti jam dinding asli yang dapat di lihat dan diraba.
    kemudian saat sebelum pembelajaran dimulai lebih baik guru memberikan pertanyaan pemicu dan contoh bagaimana penggunaan jam yang tepat dan bagaimana cara membacanya.

  5. Nama : Asmarita
    Nim : 856615026
    Prodi: PGSD_BI
    Setelah melihat Vidio tadi, saya melihat bahwa dalam Vidio tersebut guru tidak melakukan apresiasi awal, seperti membaca doa, dan mengabsen. Guru langsung mengasih arahan kelompok masing_masing, dan guru terlalu cepat dalam menjelaskan materi.

  6. Nama : Surtini
    Nim: 856984453
    Prodi :S1 PGSD

    Menurut bpendapat saya berdasarkan Vidio tersebut, adapun kelebihan dan kekurangan dari video pembelajaran tersebut yaitu:

    1) kelebihan
    – strategi yang digunakan guru sudah bagus dengan mengunakan sistem kelompok/ atau membagi kelompok

    2)kekurangan

    – pendahuluan yang dilakukan guru kurang efektif karena guru tidak ngucapkan salam serta mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar
    – guru tidak mengecek kehadiran siswa terlebih dahulu
    – guru kurang memberikan motivasi serta apresiasi kepada siswa agar siswa bersemangat untuk mengikuti pembelajaran tersebut
    – guru kurang memperhatikan siswanya apakah siswanya sudah paham / belum dan memperhatikan penjelasan atau belum

    Adapun saran yang dapat saya berikan untuk Vido tersebut yaitu guru harus menyampaikan pendahuluan dengan lengkap serta memberikan kan pembelajaran yang efektif untuk anak kelas rendah agar agar anak-anak lebih bersemangat untuk belajar nya

  7. Nama: Nuning efiana
    NIM : 822327813
    Prodi. : PGSD
    Pokjar. : Way tuba
    Kelebihan : pembelajaran sangat baik langsung di bagi kelompoknya dan siswa juga cepat menanggapi dan memahami pembelajaran tersebut.kekurangan : tidak ada salam, Doa , dan penutupan di akhir pelajaran maupu di awal pembelajaran.saran terbaik siswa secara bersama sama bisa menjawab pertanyaan yang di tanya oleh guru yang ada di papan tulis.

  8. Nama. : Nuning efiana
    NIM. : 822327813
    Prodi. : PGSD
    Pokjar. : Way tuba
    Kelebihannya: menurut saya pembelajaran sangat baik langsung di bagi kelompok dan siswa juga bisa memahami pembelajaran tersebut.kekuranganya: tidak ada salam, doa maupun penutup di akhir pembelajarannya.

  9. Nama : fally vebriyana ahmad
    NIM : 857700672
    Prodi : PGSD

    setelah mengamati video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran yang dilakukan sudah baik, siswa terlihat antusias dalam mempelajari konsep waktu dalam aktivitas sehari-hari siswa. guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok diskusi, serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk aktif dalam pelajaran, menyampaikan ide atau gagasannya. namun pada video pembelajaran tersebut, kegiatan awal yang dilakukan oleh guru tidak melakukan kegiatan awal seperti salam, berdoa, ataupun apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.

  10. Nama : Mohammad Syifa’
    NIM : 858685486
    Pokjar : Putra Bangsa

    Pembelajaran sudah baik, karean siswa menjadi aktif dalam pembelajaran namun yang perlu diperbaiki adalah pada kegiatan akhir yang tidak maksimal.

Leave a Reply