silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil. Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa. Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Siswa diharapkan belajar tentang satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Nama : Ima esmawati
NIM : 857529268
Progran Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandung
Pokjar : katapang
Tanggapan saya,
Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa guru tidak hanya melakukan metode ceramah yang tentunya akan sangat membosankan bagi siswa di kelas rendah. Selain itu kelebihan yang lain adalah guru memberikan reward atau apresiasi atas siswanya yang berani menjawab pertanyaan. Media pembelajaran yang digunakan sudah bagus, namun rasanya kurang jelas bila harus diperlihatkan kepada semua siswa. Alangkah baiknya bila guru menggunakan media belajar gambar yang lebih besar atau di setiap kelompok siswanya ada minimal satu lembar gambar sehingga siswa kan lebih tertarik dan antusias.
Terima kasih
Nama: Cholipah
NIM: 857780361
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ-UT: Semarang
Pokjar: Demak
Assalamu’alaikum,
Berikut adalah tanggapan saya mengenai video pembelajaran yang berjudul “Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah”
• Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Para siswa terlihat cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Mereka melaksanakan instruksi yang diberikan oleh guru dengan tertib. Para siswa tidak perlu diingatkan berulang kali agar mengikuti pelajaran dengan tenang.
• Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah guru melewatkan bagian pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam, tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu, tidak menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari tersebut.
Setelah kegiatan kelompok, di akhir pembelajaran, saat guru memberikan tugas, guru tidak menyuruh siswa mencatat. Bisa jadi siswa akan lupa mengerjakan tugas jika tidak dicatat. Guru juga belum menutup pelajaran dengan refleksi dan doa penutup serta memberikan salam.
• Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah guru dapat memanage kelas dengan baik. Selain itu guru juga dapat memberikan instruksi dalam pembelajaran dengan jelas sehingga siswa tidak merasa kesulitan dalam melaksanakan instruksi tersebut. Setelah kegiatan diskusi kelompok, guru juga sudah melakukan review atau mengulas kembali materi yang dipelajari pada hari tersebut.
• Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal unik yang dapat saya temukan dalam video tersebut adalah bahwa siswa dapat dengan cepat merespon instruksi guru dan mengikuti pembelajaran dengan tenang.
• Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam video tersebut, guru sebaiknya merencanakan kegiatan dengan baik. Setelah itu, guru dapat melaksanakan langkah-langkah dalam tahapan pembelajaran yang ada dalam perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat.
Terima Kasih.
Wassalamu’alaikum.
Nama : Fitri Nur Khaeri
NIM : 858317312
Guru mengajar dengan baik dan siswa terlihat sangat tertarik dengan pembelajaran konsep waktu dalam aktivitas sehari-hari siswa, guru menggunakan strategi yaitu membagi kelompok diskusi dan menggunakan media gambar. Dalam proses belajar, keadaan belajar yang baik antara guru dan siswa dengan memberi kesempatan siswa untuk aktif dalam pembelajara.
Namun, Pada kegiatan awal guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam dan berdoa. Guru juga tidak memberikan aprsepsi yang terkait dalam materi pembelajaran, serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
Seharusnya dalam proses pembelajaran, dimulai dengan pendahuluan seperti, salam, berdoa. Dan memberikan apersepsi yang terkait dalam materi pembelajaran, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
nama:
nim : 859399498
prodi : PGSD-S1
UPBJJ: Makassar
pokjar: pangkep
assalamualaikum wr wb
menurut pendapat saya video yang di atas
• Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Para siswa terlihat cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Mereka melaksanakan instruksi yang diberikan oleh guru dengan tertib. Para siswa tidak perlu diingatkan berulang kali agar mengikuti pelajaran dengan tenang.
• Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah guru melewatkan bagian pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam, tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu, tidak menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari tersebut.
Setelah kegiatan kelompok, di akhir pembelajaran, saat guru memberikan tugas, guru tidak menyuruh siswa mencatat. Bisa jadi siswa akan lupa mengerjakan tugas jika tidak dicatat. Guru juga belum menutup pelajaran dengan refleksi dan doa penutup serta memberikan salam.
• Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah guru dapat memanage kelas dengan baik. Selain itu guru juga dapat memberikan instruksi dalam pembelajaran dengan jelas sehingga siswa tidak merasa kesulitan dalam melaksanakan instruksi tersebut. Setelah kegiatan diskusi kelompok, guru juga sudah melakukan review atau mengulas kembali materi yang dipelajari pada hari tersebut.
• Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal unik yang dapat saya temukan dalam video tersebut adalah bahwa siswa dapat dengan cepat merespon instruksi guru dan mengikuti pembelajaran dengan tenang.
• Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam video tersebut, guru sebaiknya merencanakan kegiatan dengan baik. Setelah itu, guru dapat melaksanakan langkah-langkah dalam tahapan pembelajaran yang ada dalam perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat.
nama: warnida
nim : 859399498
prodi : PGSD-S1
UPBJJ: Makassar
pokjar: pangkep
assalamualaikum wr wb
menurut pendapat saya video yang di atas
• Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Para siswa terlihat cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Mereka melaksanakan instruksi yang diberikan oleh guru dengan tertib. Para siswa tidak perlu diingatkan berulang kali agar mengikuti pelajaran dengan tenang.
• Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah guru melewatkan bagian pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam, tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu, tidak menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari tersebut.
Setelah kegiatan kelompok, di akhir pembelajaran, saat guru memberikan tugas, guru tidak menyuruh siswa mencatat. Bisa jadi siswa akan lupa mengerjakan tugas jika tidak dicatat. Guru juga belum menutup pelajaran dengan refleksi dan doa penutup serta memberikan salam.
• Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah guru dapat memanage kelas dengan baik. Selain itu guru juga dapat memberikan instruksi dalam pembelajaran dengan jelas sehingga siswa tidak merasa kesulitan dalam melaksanakan instruksi tersebut. Setelah kegiatan diskusi kelompok, guru juga sudah melakukan review atau mengulas kembali materi yang dipelajari pada hari tersebut.
• Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal unik yang dapat saya temukan dalam video tersebut adalah bahwa siswa dapat dengan cepat merespon instruksi guru dan mengikuti pembelajaran dengan tenang.
• Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam video tersebut, guru sebaiknya merencanakan kegiatan dengan baik. Setelah itu, guru dapat melaksanakan langkah-langkah dalam tahapan pembelajaran yang ada dalam perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat.
NAMA : CITRA LAILATUL MAGHFIROH
NIM : 858756853
PRODI : PGSD
berdasarkan video diatas pembelajaran yang dilakukan kurang efektif karena seharusnya awal kegiatan pembelajaran guru harus memimpin doa dan memberikan apresepsi terlebih dahulu kemudian melakukan pembelajaran yang menarik bagi siswa tetapi pada video tersebut juga guru tersebut bisa mengkondisikan murid dalam pembelajaran dengan cara membuat kelompok dan memunculkan kepercayaan diri anak untuk berani maju ke depan kelas dan juga guru dapat memberikan arahan kepada murid dengan baik dengan begitu murid dengan cepat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru.
Nama: Uswatun Khasanah
NIM: 857776118
Prodi: S1 PGSD BI
Berdasarkan video pembelajaran “Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah” yang telah ditonton diatas. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di kelas II dengan materi jam. Menurut saya dalam video tersebut guru tidak hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, tetapi guru juga menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran. Guru menjadi model dalam pembelajaran, guru menggunakan media berupa gambar jam. Dalam pembelajaran siswa berkelompok dan diskusi tentang jam. Akan tetapi dalam video tersebut, guru kurang memperhatikan kegiatan awal, dan akhir pembelajaran. Diawal pembelajaran guru tidak salam, tidak berdoa, tidak mengabsen siswa, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, tidak memotivasi siswa, dan tidak melakukan apersepsi. Kemudian pada kegiatan inti pembelajaran anak sudah diskusi kelompok tentang jam, setiap kelompok salah satu maju kedepan, dengan demikian menurut saya kurang efektif karena hanya 1 siswa dalam kelompok yang aktif yang lain hanya diam dan ada yang bermain. Kemudian di akhir pembelajaran guru sudah memberikan tugas kepada siswa, tetapi belum memberikan umpan balik kepada siswa, dan tidak ditutup dengan doa dan salam
Nama: Yolan Maulita Wiguna
NIM : 857776891
Prodi : PGSD BI
Pokjar: Kedungwuni
UPBJJ: Semarang
Assalamualaikum Wr. Wb.
Berdasarkan video pembelajaran di atas yang berjudul “Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah”. Pada awal pembelajaran seharusnya guru tersebut mengawali pembelajaran dengan semangat dengan mengkondisikan kelas, memberikan apersepsi dan pemantik mengenai materi jam. Dalam video tersebut guru dalam pengkondisian kelas sudah bagus terbukti pembelajaran kondusif sampai akhir pembelajaran. Guru juga sudah menerapkan cooperative learning dan memberi kesempatan anak maju ke depan. Namun, sebaiknya guru mengatakan ke siswa yang salah jawabannya dengan “jawaban kurang tepat” supaya untuk mengantisipasi anak tidak mau maju ke depan lagi. Guru juga belum memberikan apresiasi ke kelompok yang terbaik, baik verbal maupun reward (penghargaan, tepuk tangan). Guru juga belum melakukan refleksi pembelajaran sebagai penyamaan persepsi.
Nama : Ertia
Nim : 858154904
Prodi : PGSD
UPBJJ : Palangkaraya
Ringkasan Isi Video
Siswa didalam kelas tersebut belum mampu memahami pelajaran yaitu menentukan waktu Jam, Menit dan Detik. Banyak siswa belum bisa membaca waktu melalui symbol jarum jam pada gambar jam, sehingga guru mencari cara bagaimana agar siswa lebih mudah memahami membaca waktu pada gambar jarum jam. Kemudian guru menyiapkan media gambar sebagai solusi agar anak lebih mudah memahami membaca waktu. Gambar tersebut berkaitan dengan kegiatan siswa setiap hari, mulai dari bangun tidur, hingga sampai malam hari. Semua jadwal tersebut digambarkan dengan menggunakan gambar jarum jam. Dengan menggunakan media gambar siswa lebih termotivasi untuk belajar mengenai waktu dan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik.
Kelemahan pembelajaran dalam video
Anak tidak memiliki banyak alat dan media pendukung dalam membuat gambar jam, sehingga anak hanya memperhatikan media gambar saja yang dibawa guru.
Kelebihan pembelajaran dalam video
Dengan menggunakan media gambar anak menjadi lebih mudah mengerti dan memahami pelajaran tentang waktu.
Hal unik dalam pembelajaran video
Dengan menggunakan media gambar anak lebih mengerti bagaimana membaca waktu melalui jarum jam pada contoh gambar jam.
Rencana perbaikan yang dapat dilakukan
Agar anak lebih mudah memahami waktu anak dilibatkan dalam pembelajaran dengan menggunakan media gambar sehingga anak lebih termotivasi dalam memahami pelajaran yang berlangsung.
Nama : Ertia
Nim : 858154904
Prodi : PGSD
UPBJJ : Palangkaraya
Ringkasan Isi Video
Siswa didalam kelas tersebut belum mampu memahami pelajaran yaitu menentukan waktu Jam, Menit dan Detik. Banyak siswa belum bisa membaca waktu melalui symbol jarum jam pada gambar jam, sehingga guru mencari cara bagaimana agar siswa lebih mudah memahami membaca waktu pada gambar jarum jam. Kemudian guru menyiapkan media gambar sebagai solusi agar anak lebih mudah memahami membaca waktu. Gambar tersebut berkaitan dengan kegiatan siswa setiap hari, mulai dari bangun tidur, hingga sampai malam hari. Semua jadwal tersebut digambarkan dengan menggunakan gambar jarum jam. Dengan menggunakan media gambar siswa lebih termotivasi untuk belajar mengenai waktu dan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik.
Kelemahan pembelajaran dalam video
Anak tidak memiliki banyak alat dan media pendukung dalam membuat gambar jam, sehingga anak hanya memperhatikan media gambar saja yang dibawa guru.
Kelebihan pembelajaran dalam video
Dengan menggunakan media gambar anak menjadi lebih mudah mengerti dan memahami pelajaran tentang waktu.
Hal unik dalam pembelajaran video
Dengan menggunakan media gambar anak lebih mengerti bagaimana membaca waktu melalui jarum jam pada contoh gambar jam.
Rencana perbaikan yang dapat dilakukan
Agar anak lebih mudah memahami waktu anak dilibatkan dalam pembelajaran dengan menggunakan media gambar sehingga anak lebih termotivasi dalam memahami pelajaran yang berlangsung.