silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

293 Comments

  1. Nama : Anisa Nurohmah
    Nim : 856982625
    Prodi : PGSD
    Analisis vidio pembelajaran yang berjudul inovasi pembelajaran dikelas rendah :
    1. Ringkasan isi vidio
    Dalam vidio pembelajaran ini seorang guru mengajar matematika dikelas II SD dengan materi yang berjudul jam. Setelah menyampaikan judul pelajaran guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok. Kemudian guru mengajarkan peserta didik mengenai kegiatan sehari-hari dipagi hari mulai dari bangun tidur, mandi, makan pagi sampai berangkat kesekolah beserta waktu / jamnya dengan menggunakan media gambar yang berisikan gambar aktivitas sehari-hari dipagi hari beserta jamnya yang dicetak pada kerta dan di gambar pada papan tulis.
    Setelah itu guru meminta perwakilan kelompok untuk menuliskan kapan waktu bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah pada gambar jam yang telah dibuat guru dipapan tulis beserta menuliskan keterangan kegiatannya. Setelah itu guru meminta peserta didik untuk kembali duduk ketempatnya masing-masing.
    Kemudian guru memberi penguatan kepada peserta didik dengan menyimpulkan materi. Guru memberikan tugas dirumah untuk mencatat kegiatan bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah.

    2. Kelemahan pembelajaran dalam vidio
    1) guru dalam memberikn materi terlalu singkat
    2) Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti: salam dan do’a, mengabsen kehadiran siswa, kegiatan untuk memusatkan perhatian (ice breaking), menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik dan teknik penilaian yang akan dilakukan, apersepsi.
    3) Dalam kegiatan inti guru membentuk kelompok peserta didik tetapi tidak ada proses diskusinya karena setelah guru menjelaskan peserta didik langsung diminta maju kedepan untuk menuliskan dipapan tulis mengenai kegiatannya dipagi hari dan jam nya tanpa kegiatan berdiskusi terlebih dahulu hanya membentuk kelompok saja.
    4) Dalam kegiatan penutupan guru hanya memberi penguatan dengan menyimpulkan materi dan memberikan tugas dirumah saja dan banyak kegiatan penutup lainnya yang tidak muncul seperti : melakukan kegiatan penilaian, menyampaikan informasi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, dan do’a penutup.

    3. Kelebihan pembelajaran dalam vidio
    1) Guru menyampaikan judul pelajaran
    2) Guru menggunakan media pelajaran
    3) Guru memiliki keterampilan dalam menjelaskan materi pelajaran dengan baik
    4) Guru memiliki keterampilan dalam bertanya
    5) Peserta didik menyimak penjelasan guru dengan baik
    6) Peserta didik aktif maju kedepan untuk mengisi pertanyaan
    Peserta didik dapat memahami intruksi dari guru dengan baik.

    4. Hal unik dalam pembelajaran vidio
    1) Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan media gambar kegiatan sehari-hari dipagi hari dan waktunya yang dicetak pada kertas dan ditampilkan didepan kelas
    2) siswa menjawab pertanyaan guru dengan kompak dan sikap bersemangat.
    3) siswa sangat sigap saat guru memberi arahan dalam pembelajaran.

  2. Nama : Defit Intan Mawarni Zebua
    NIM. : 855855762
    Program studi : PGSD
    Pokjar : Idanogawo
    UPBJJ : Medan

    1. Judul video pembelajaran yaitu inovasi pembelajaran di kelas rendah
    Alamat video GPO (guru pintar online)

    2. Ringkasan video
    Dalam video pembelajaran ini guru akan mengajar matematika kelas 2 SD tentang inovasi pembelajaran di kelas rendah mengenai jam guru memberikan arahan kepada siswa untuk membentuk kelompok 4 orang dalam satu meja dan guru mengaksepsi setiap kelompok yang sudah dibentuk dalam 6 kelompok, guru menggambar di kertas untuk menunjukkan kepada siswanya agar dapat mengerti dan guru juga menggambar di atas papan tulis agar anak-anak juga bisa menjawab dengan baik guru memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari seperti bangun,mandi,makan dan pergi ke sekolah, dan guru juga memberikan latihan untuk menunjukkan jarum jam tersebut agar siswanya dapat menjawab dengan benar, setelah guru menjelaskan guru memberikan arah kepada siswanya untuk kembali ke tempat masing-masing dan memberikan latihan di rumah untuk di kerja kan.

    3. Kelemahan pembelajaran dalam pembuatan video ini yaitu:
    * Seharusnya guru mentertipkan siswanya sebelum mulai pembelajaran
    * Guru tidak memberimemberikan
    kan salam tidak menanyakan kabar aku tidak setidamangat atau ice breaking
    * Guru tidak mengajak siswanya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar
    * Guru tidak mengabsen siswanya
    * Guru tidak memberikan kesimpulan
    * Pada Penutup guru tidak mengajak siswanya untuk menanyakan apakah anak-anak atau siswanya mengerti atau guru tidak memberikan pemahaman kepada siswanya.

    4. Kelebihan pembelajaran dalam video yaitu
    * Guru memberikan media pembelajaran
    * Guru memberikan contoh dari kertas HVS
    * Siswa yang dapat mengerti penjelasan dari gurunya
    * Guru memberikan pemahaman kepada siswa
    * Guru memberikan latihan

    5. Hal unik dalam pembelajaran video ini yaitu guru mampu memberikan contoh yang dapat siswanya mengerti dan memahami apa penjelasan guru tersebut.

    Sekianlah hasil komentar saya jika ada kesalahan saya minta maaf terima kasih 🙏

  3. Nama : Fatimah Rahayu Lestari
    NIM : 877319705
    jurusan : PGSD
    UPBJJ : UT Malang
    tugas : Analisis Video “Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah”
    1. ringkasan Video
    dalam video tersebut guru mengajarkan tentang jam. kemdudian para siswa melakukan duduk kelompok dan bergabung dengan teman kelompoknya. guru tersebut menanyai siswa waktu mulai dari bangun tidur, kemudian berangkat sekolah. salah satu siswa maju dan menuliskan pada papan tulis tersebut dengan guru menyajikan gambar jam di papan tulis. setelah selesai berkelompok siswa diberikan tugas untuk dikerjakan mengenai waktu bangun sampai berangkat sekolah.
    2. kelebihan video
    a. guru tersebut memberikan gambaran jam pada papan tulis
    b. guru tersebut menguatkan materi dengan gambar yang telah diprint out
    c. guru memberikan latihan soal
    3. kelemahan video
    a. guru mengajar tanpa ada awalan salam, absensi
    b. guru terlalu singkat dalam memberikan tugas kerja kelompok
    c. guru tersebut kurang memberikan kesimpulannya
    4. hal unik dalam video tersebut adalah siswa sangat bersemangat melakukan kelompok dan siswa memahami apa yang diajarkan tentang jam

  4. NAMA : Nindia Laili Prameswari
    NIM : 855737705
    PRODI : PGSD
    POKJAR : Tanjung Bintang
    UPBJJ : Bandar Lampung

    1. Reaksi anak/siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru tersebut yaitu :
    – Siswa antusias dalam belajar
    – Ada beberapa siswa yang kurang fokus serta merasa bosan dalam belajar

    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
    1. Saat melakukan kegiatan awal pembelajaran :
    -Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan apersepsi.
    2. Saat melakukan kegiatan inti :
    -Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan proses diskusi dengan teman satu kelompoknya.
    -Guru tidak melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.
    3. Saat melakukan kegiatan penutup :
    -Guru tidak menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan atau belum.
    -Guru tidak melakukan evaluasi pembelajaran
    -Guru tidak mengajak siswa berdoa

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
    – Guru menyampaikan judul pembelajaran
    – Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar
    – Guru memiliki keterampilan dalam menjelaskan materi pelajaran dengan baik
    – Guru memiliki keterampilan dalam bertanya
    – Guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik, sehingga siswa dapat menyimak penjelasan guru dan memahami intruksi yang diberikan guru dengan baik.

    4. Hal unik yang saya temukan dalam proses pembelajaran tersebut yaitu :
    – Guru menggunakan media gambar untuk menunjang proses pembelajaran.
    – Siswa menjawab pertanyaan guru dengan kompak dan bersemangat.
    – Siswa sangat antusias saat guru memberi arahan dalam pembelajaran.

    5. Upaya yang akan dilakukan setelah melihat kelemahan dan kelebihan dari tayangan vidio tersebut untuk meningkatkan kualitas kegiatan berikutnya yaitu :
    1. Saat melakukan kegiatan awal pembelajaran :
    -Guru melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan apersepsi.
    2. Saat melakukan kegiatan inti :
    -Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan proses diskusi dengan teman satu kelompoknya.
    -Guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa supaya siswa tidak merasa bosan.
    3. Saat melakukan kegiatan penutup :
    -Guru menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan atau belum.
    -Guru melakukan evaluasi pembelajaran
    -Guru mengajak siswa berdoa
    4. Guru membuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan bantuan media pembelajaran.

  5. Nama: Astria Monalisa Hutauruk
    NIM: 877527015
    Prodi PGSD
    1. Judul
    “INOVASI PEMBELAJARAN DI KELAS RENDAH”
    2. Ringkasan Video
    Dalam tayangan video ini ditunjukkan bahwa seorang guru yang sedang menjelskan materi tentang jam, di kelas 2. Guru menyampaikan apa yang menjadi topik pembahasan hari ini, kemudian guru membentuk kelompok bagi para peserta didik, yang terdiri dari 4 orang dalam satu meja. Langkah awal yang dilakukan guru adalah dengan membuat sebuah contoh, yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh siswa dari mulai bangun tidur, sampai berangkat ke sekolah, disana guru menunjukkan sebuah gambar yang disertai dengan kegiatan dan jam yang ditetapkan. Kemudian guru kembali menjelaskan dan memberikan latihan kepada siswa untuk mencatat kegiatan sehari-hari yang dilakukan.
    3. Kelemahan Video
    Yang menjadi kelemahan dalam video ini adalah:
    a. Guru tidak melakukan proses pembukaan seperti berdoa, salam, ice breaking, mengabsen, dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
    b. Guru membentuk kelompok, akan tetapi tidak jelas apa yang menjadi tujuan dibentuknya kelompok tersebut.
    c. Tidak ada kesimpulan dari proses pembelajaran hari ini.
    4. Kelebihan Video
    a. Menggunakan media pembelajaran yaitu dengan menggambar di kertas HVS
    b. Guru memiliki keterampilan dalam menjelaskan
    c. Guru menyampaikan topik pembahasan
    d. Guru memberikan latihan kepada siswa

    SARAN.
    Dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran, Guru sebaiknya membuat contoh yang lebih menarik dan menggunakan media yang lebih dari satu.
    Sekian yang dapat saya sampaikan.
    Terimakasih.

  6. Nama : Timoria Simanullang
    Nim:855863129
    Pokjar Humbahas
    Menurut saya video prose pembelajaran tersebut sesungguhnya sudah baik ,namun ada beberapa point’ yang menjadi kelebihan dan kelemahan dalam proses pembelajaran tersebut yaitu:
    #Kelebihan;
    -Guru menjabarkan topik atau tema yang akan di pelajari
    -Guru menggunakan media atau alat pembelajaran yang sesuai dengan tema yang diajarkan,sehingga melatih siswa untuk berpartisipasi aktif .
    -Guru menerangkan dengan baik tentang kegiatan anak didik mulai dari bangun tidur hingga berangkat ke sekolah .
    -Guru mengelola kelas dengan baik yaitu pada kegiatan inti dimana guru memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk mencoba dalam proses tanya jawab .
    -ketika hendak mengakhiri pembelajaran guru tersebut melakukan kegiatan pengulangan materi dan menyimpulkan materi , kemudian memberikan tindak lanjut dengan memberikan tugas kepada peserta didik
    #Kelemahan ;
    -Guru tidak melakukan kegiatan pembuka ketika hendak memulai pembelajaran
    -pada kegiatan inti guru membentuk kelompok ,namun ketika ada pertanyaan guru tidak memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk melakukan diskusi sebelum menjawab ,jadi seakan kelompok tersebut terbentuk namun ketika menjawab pertanyaan , peserta didik seakan akan memberikan jawab per individu.
    -Gutu tidak melakukan kegiatan penutup yang baik .

  7. Nama : Timoria Simanullang
    Nim:855863129
    Pokjar Humbahas
    Menurut saya video prose pembelajaran tersebut sesungguhnya sudah baik ,namun ada beberapa point’ yang menjadi kelebihan dan kelemahan dalam proses pembelajaran tersebut yaitu:
    #Kelebihan;
    -Guru menjabarkan topik atau tema yang akan di pelajari
    -Guru menggunakan media atau alat pembelajaran yang sesuai dengan tema yang diajarkan,sehingga melatih siswa untuk berpartisipasi aktif .
    -Guru menerangkan dengan baik tentang kegiatan anak didik mulai dari bangun tidur hingga berangkat ke sekolah .
    -Guru mengelola kelas dengan baik yaitu pada kegiatan inti dimana guru memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk mencoba dalam proses tanya jawab .
    -ketika hendak mengakhiri pembelajaran guru tersebut melakukan kegiatan pengulangan materi dan menyimpulkan materi , kemudian memberikan tindak lanjut dengan memberikan tugas kepada peserta didik
    #Kelemahan ;
    -Guru tidak melakukan kegiatan pembuka ketika hendak memulai pembelajaran
    -pada kegiatan inti guru membentuk kelompok ,namun ketika ada pertanyaan guru tidak memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk melakukan diskusi sebelum menjawab ,jadi seakan kelompok tersebut terbentuk namun ketika menjawab pertanyaan , peserta didik seakan akan memberikan jawab per individu.
    -Guru tidak melakukan kegiatan penutup yang baik .
    Sekian pendapat saya ,dan mohon maaf tidak ada maksud untuk menyalahkan video pembelajaran tersebut 🙏
    Terimakasih

  8. Nama : Timoria Simanullang
    Nim:855863129
    Pokjar Humbahas
    Menurut saya video prose pembelajaran tersebut sesungguhnya sudah baik ,namun ada beberapa point’ yang menjadi kelebihan dan kelemahan dalam proses pembelajaran tersebut yaitu:
    #Kelebihan;
    -Guru menjabarkan topik atau tema yang akan di pelajari
    -Guru menggunakan media atau alat pembelajaran yang sesuai dengan tema yang diajarkan,sehingga melatih siswa untuk berpartisipasi aktif .
    -Guru menerangkan dengan baik tentang kegiatan anak didik mulai dari bangun tidur hingga berangkat ke sekolah .
    -Guru mengelola kelas dengan baik yaitu pada kegiatan inti dimana guru memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk mencoba dalam proses tanya jawab .
    -ketika hendak mengakhiri pembelajaran guru tersebut melakukan kegiatan pengulangan materi dan menyimpulkan materi , kemudian memberikan tindak lanjut dengan memberikan tugas kepada peserta didik
    #Kelemahan ;
    -Guru tidak melakukan kegiatan pembuka ketika hendak memulai pembelajaran
    -pada kegiatan inti guru membentuk kelompok ,namun ketika ada pertanyaan guru tidak memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk melakukan diskusi sebelum menjawab ,jadi seakan kelompok tersebut terbentuk namun ketika menjawab pertanyaan , peserta didik seakan akan memberikan jawab per individu.
    -Guru tidak melakukan kegiatan penutup yang baik .
    Sekian pendapat saya ,dan mohon maaf tidak ada maksud untuk menyalahkan video pembelajaran tersebut 🙏
    Terimakasih

  9. Nama : Yuli Astuti
    NIM : 856997618
    Program Studi : S1 PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Hasil analisis Vidio pembelajaran
    1. Kegiatan awal
    – Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti: salam dan do’a, mengecek kehadiran siswa, kegiatan untuk memusatkan perhatian (ice breaking), menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik dan teknik penilaian yang akan dilakukan, apersepsi
    – Guru langsung kepada kegiatan inti tanpa menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan, tanpa melakukan penyiapan siswa secara fisik, tanpa menyampaikan tujuan pembelajaran, tanpa melakukan aktifitas yang membangun nilai karakter dan literasi, dan tanpa menyampaikan ruang lingkup penilaian. Semua hal yang tidak disampaikan guru tersebut sangatlah penting untuk dilaksanakan agar siswa siap untuk menerima materi pelajaran.

    2. Kegiatan inti
    Dalam vidio pembelajaran ini seorang guru mengajar matematika dikelas II SD dengan materi yang berjudul jam. Setelah menyampaikan judul pelajaran guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok. Kemudian guru mengajarkan peserta didik mengenai kegiatan sehari-hari dipagi hari mulai dari bangun tidur, mandi, makan pagi sampai berangkat kesekolah beserta waktu / jamnya dengan menggunakan media gambar yang berisikan gambar aktivitas sehari-hari dipagi hari beserta jamnya yang dicetak pada kertas.
    Setelah itu guru meminta perwakilan kelompok untuk menuliskan kapan waktu bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah pada gambar jam yang telah dibuat guru dipapan tulis beserta menuliskan keterangan kegiatannya. Setelah itu guru meminta peserta didik untuk kembali duduk ketempatnya masing-masing.
    Kemudian guru memberi penguatan kepada peserta didik dengan menyimpulkan materi. Guru memberikan tugas dirumah untuk mencatat kegiatan bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah.
    a. Kelemahan Video
    1) Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti: salam dan do’a, mengecek kehadiran siswa, kegiatan untuk memusatkan perhatian (ice breaking), menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik dan teknik penilaian yang akan dilakukan, apersepsi.
    2) Dalam kegiatan inti guru membentuk kelompok peserta didik tetapi tidak ada proses diskusinya karena setelah guru menjelaskan peserta didik langsung diminta maju kedepan untuk menuliskan dipapan tulis mengenai kegiatannya dipagi hari dan jam nya tanpa kegiatan berdiskusi terlebih dahulu hanya membentuk kelompok saja.
    b. Kelebihan Video
    1) Guru menyampaikan judul Pelajaran
    2) Guru menggunakan media Pelajaran
    3) Guru memiliki keterampilan dalam menjelaskan materi pelajaran dengan baik
    4) Guru memiliki keterampilan dalam bertanya
    5) Peserta didik menyimak penjelasan guru dengan baik
    6) Peserta didik aktif maju kedepan untuk mengisi pertanyaan
    7) Peserta didik dapat memahami intruksi dari guru dengan baik.

    3. Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutupan guru hanya memberi penguatan dengan menyimpulkan materi dan memberikan tugas dirumah saja dan banyak kegiatan penutup lainnya yang tidak muncul seperti: melakukan kegiatan penilaian, menyampaikan informasi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, dan do’a penutup.

  10. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : PUTRI AYU
    Nim : 855856083
    Upbjj : UT MEDAN
    Pokjar : SERDANG BEDAGAI

    Judul video: inovasi pembelajaran di kelas rendah

    Ringkasan:
    Menurut pendapat saya, pada video pembelajaran yang berjudul inovasi pembelajaran di kelas rendah sudah memiliki keterampilan baik penyampaian guru maupun respon dari para peserta didiknya. Dalam video pembelajaran tersebut terlihat bahwa seorang guru sedang menjelaskan pembelajaran matematika tentang jam, guru menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan pembelajaran yang akan dipelajari. Pada video pembelajaran tersebut juga terlihat para siswa aktif memberikan pendapat. Pada pembelajaran video tersebut juga guru menggunakan alat media dalam menjelaskan materi jam. Guru juga menjelaskan pembelajaran jam dengan mengaitkan pembelajaran terhadap kehidupan sehari-hari para peserta didik. Guru juga mencontohkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari siswa sehingga membuat para siswa mudah memahami materi. Setelah menjelaskan materi guru juga melakukan refleksi dengan memberikan tugas kepada para peserta didik.

    Kelebihan video pembelajaran inovasi pembelajaran di kelas rendah:
    1. Guru telah menjelaskan materi pembelajaran jam dengan sangat baik dan runtut
    2. Guru juga menggunakan media untuk menjelaskan materi jam sehingga para siswa berpartisipasi dan aktif dalam kelas
    3. Guru dapat mengelola kelas dengan baik sehingga pembelajaran di dalam kelas terlihat efektif dan tidak ada terjadinya keributan dan kericuhan.
    4. Pada akhir penjelasan guru juga memberikan penjelasan lagi agar para siswa yang kurang mengerti akan mudah memahami karena telah dijelaskan kembali.

    Kekurangan video pembelajaran inovasi pembelajaran di kelas rendah:
    1. Pada saat pembukaan, adanya kurang bervariasi sehingga para siswa terlihat kurang semangat. Kelas rendah di identik dengan anak-anak yang masih berusia muda. Jika pada pembukaan kita langsung menyampaikan materi dapat membuat anak mudah bosan sehingga kita pada saat pembukaan dapat melakukan pembukaan bervariasi seperti penggunaan ice breaking yang dapat menarik perhatian siswa dan semangat siswa dalam belajar.
    2. Sebaiknya para siswa juga diberi tugas individu agar mereka dapat mengerjakan sendiri dan menuangkan apa saja ide yang dimilikinya. Tugas kelompok juga sangat baik diberikan kepada siswa.
    3. Sebaiknya pada kegiatan penutup dilakukan dengan refleksi seperti siswa menjelaskan kembali apa saja yang telah mereka pahami mengenai materi yang telah dijelaskan.

    Menurut pendapat saya, ketika mengajar di kelas rendah sebaiknya kita sebagai guru harus lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran sehingga para peserta didik tidak merasa bosan sebelum maupun ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Kita juga dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik dan kreatif.

    Sekian dan terimakasih atas pendapat saya
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Leave a Reply