silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

291 Comments

  1. NAMA : ARIFIYATUL LAILI
    NIM : 858918514
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : KALISAT
    SEMESTER 6.
    Menurut saya beberapa hal yang mungkin menjadi kelemahan, kelebihan, dan hal-hal unik dalam pembelajaran inovatif di video ini :
    – Kelemahan:
    1. Mungkin ada beberapa siswa yang kesulitan memahami penggunaan media gambar jam.
    2. Pembentukan kelompok dapat menyebabkan ketidakseimbangan partisipasi antara anggota kelompok.
    3. Guru tidak melakukan kegiatan pembuka dalam pembelajaran

    – Kelebihan:
    1. Penggunaan media gambar jam dapat membantu siswa memahami konsep waktu dengan lebih baik.
    2. Pembentukan kelompok dapat meningkatkan kolaborasi dan kerjasama antar siswa.
    3. Pembelajaran di pagi hari dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan segar dalam menerima materi pembelajaran.

    – Hal-hal unik yang mungkin ditemukan dalam video tersebut:
    1. Cara guru menjelaskan konsep waktu menggunakan media gambar jam yang kreatif.
    2. Interaksi antara guru dan siswa dalam pembentukan kelompok.
    3. Reaksi dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran inovatif ini.

    – Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, beberapa usulan yang dapat dilakukan adalah:
    1. Memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru dalam penggunaan media gambar jam sebagai alat pembelajaran yang efektif.
    2. Memastikan keterlibatan aktif semua siswa dalam pembelajaran kelompok dengan memperhatikan kebutuhan dan peran masing-masing anggota kelompok.
    3. Menyusun variasi kegiatan pembelajaran inovatif lainnya yang dapat dilakukan di pagi hari untuk menjaga minat dan konsentrasi siswa.

  2. Nama : hartika
    Nim : 856455842
    Dalam video pembelajaran ini, guru akan mengajar matematika kepada siswa kelas 2 SD tentang inovasi pembelajaran kelas rendah. Guru mengajarkan siswa untuk membentuk kelompok 4 orang di setiap meja, mengaksepsi setiap kelompok dalam 6 kelompok, dan menggambar di kertas untuk menunjukkan kepada siswa agar mereka dapat mengerti. Guru juga menggambar di atas papan tulis agar siswa juga dapat menjawab dengan baik.
    Beberapa masalah dengan pembuatan video ini adalah sebagai berikut: guru seharusnya mentertipkan siswanya sebelum mulai pembelajaran; guru tidak mengucapkan salam, tidak menanyakan kabar buruk atau ice breaking; guru tidak mengajak siswanya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar; guru tidak mengabsen siswanya; guru tidak memberikan kesimpulan; dan pada penutup, guru tidak mengajak siswanya untuk menanyakan apakah anak-anak atau siswanya mengerti apa yang mereka lihat.
    Manfaat pembelajaran video: Guru memberikan media pembelajaran, contoh kertas HVS, siswa yang dapat memahami penjelasan guru, dan guru memberikan latihan.
    Hal yang membuat pembelajaran video ini unik adalah guru dapat memberikan contoh kepada siswanya sehingga mereka dapat memahami dan memahami apa yang dijelaskan guru tersebut.

  3. Nama : Hartika
    Nim : 856455842
    Pokjar: Bangkinang kota
    Judul : inovasi pembelajaran di kelas rendah
    Link : https://drive.google.com/file/d/18_2bEI_DIrNJhE1bXNb9BkqkE1_jv30O/view?usp=drivesdk
    Dalam video pembelajaran ini, guru akan mengajar matematika kepada siswa kelas 2 SD tentang inovasi pembelajaran kelas rendah. Guru mengajarkan siswa untuk membentuk kelompok 4 orang di setiap meja, mengaksepsi setiap kelompok dalam 6 kelompok, dan menggambar di kertas untuk menunjukkan kepada siswa agar mereka dapat mengerti. Guru juga menggambar di atas papan tulis agar siswa juga dapat menjawab dengan baik.
    Beberapa masalah dengan pembuatan video ini adalah sebagai berikut: guru seharusnya mentertipkan siswanya sebelum mulai pembelajaran; guru tidak mengucapkan salam, tidak menanyakan kabar buruk atau ice breaking; guru tidak mengajak siswanya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar; guru tidak mengabsen siswanya; guru tidak memberikan kesimpulan; dan pada penutup, guru tidak mengajak siswanya untuk menanyakan apakah anak-anak atau siswanya mengerti apa yang mereka lihat.
    Manfaat pembelajaran video: Guru memberikan media pembelajaran, contoh kertas HVS, siswa yang dapat memahami penjelasan guru, dan guru memberikan latihan.
    Hal yang membuat pembelajaran video ini unik adalah guru dapat memberikan contoh kepada siswanya sehingga mereka dapat memahami dan memahami apa yang dijelaskan guru tersebut.

  4. Nama : Adelia Nur Liza
    Nim : 855740925
    Pokjar : Sidomulyo (6B)
    *judul video : inovasi pembelajaran di kelas rendah
    *rincian video : guru membuka kelas lalu meminta siswa untuk membentuk kelompok, kemudian guru menunjukkan alat peraga berupa lembar HVS yang terdapat gambar jam beserta kegiatan sehari hari. kemudian guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk maju dan menunjukkan waktu yang sesuai dengan kegiatan siswa sehari hari. selanjutnya guru meminta siswa kembali ketempat duduk semula, lalu mengulang sekilas materi yang diberikan. kemudian guru memberikan lembar tugas berisi materi yang telah dipelajari tdi.
    *reaksi siswa : siswa memberikan reaksi yang baik dengan menjawab setiap pertanyaan guru dan merespon penjelasan guru dengan baik.
    *kelemahan : (1)guru tidak melalukan kegiatan pendahuluan seperti berdoa dan absensi ; (2) pada kegiatan awal guru tidak memotivasi/mengapresi siswa ; (3) guru tidak mengondisikan kelas dengan baik sebelum dan saat pembelajaran sehingga siswa tidak kondusif ;( 4) guru tidak memberikan penjelasan secara lebih rinci terkait materi yang di sampaikan : (5) guru tidak melakukan revleksi setelah pembelajaran selesai ; (6)pembelajaran berjalan secara kaku dan tidak fleksibel.
    *kelebihan : (1)guru melakukan interaksi yang baik dengan siswa ; (2) guru mengaitkan pembelajaran dengan kegiatan sehari hari sehingga siswa mudah unttuk memahami ; (3) gunu menggunakan alat peraga berupa gambar sehingga dapat menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar ; (4) guru melatih keberanian siswa melalui bagian meminta siswa maju kedepan.
    *hal unik : siswa antusias dengan pembelajaran yang diberikan guru, guru menggunakan alat peraga yang baik, siswa dan guru tampak kompak.
    *usul : guru harus lebih memperhatikan rincian kegiatan pembelajaran mulai dari pendahuluan hingga penutup, guru harus lebih memperhatikan kondidi kelas agar siswa lebih fokus dan kondusif, guru harus lebih kreatif dalam penyampaian materi agar siswa lebih tertarik, guru sebaikanya menginovasi ide baru agar dapat mengembalikan konsentrasi siswa di tengan pembelajaran contonya seperti ice breaking.

  5. Nama : Della Tiara Putri Prasetianingrum
    NIM : 857623674
    Program Studi : S1-PGSD
    UPBJJ : Purwokerto
    Tugas : analisis video pembelajaran “Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah” :

    Ringkasan video dalam tayangan video pembelajaran ini bahwa seorang guru mengajar matematika kelas II SD dengan materi tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Kegiatan diawali dengan pembagian kelompok, setelah itu guru menjelaskan mengenai materi waktu dengan mengaitkan kehidupan sehari-hari dimuali pada pagi hari dari bangun tidur, mandi, makan pagi hingga berangkat sekolah. Pembelajaran menggunakan media gambar visual berisikan kegiatan dan waktu yang di cetak pada kertas sebagai media pembelajaran agar mudah dipahami oleh siswa. Setelah itu, kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan guru meminta perwakilan kelompok untuk maju menuliskan jam beserta keterangan yang sudah dibuat dipapan tulis.
    Kelebihan video dalam tayangan respon siswa terhadap guru aktif dan baik, guru selalu memberikan apresiasi dengan pujian terhadap siswa.
    Kelemahan video dalam tayangan susunan kegiatan pembelajaran yang masih kurang karena tidak ada kegiatan awal (orientasi, apersepsi, motivasi) dan kegiatan pentup.

  6. Nama : Siti Khodijah
    NIM. : 857323829
    Program studi : PGSD
    Pokjar : Bogor Selatan
    UPBJJ : Bogor

    1. Judul video pembelajaran = inovasi pembelajaran di kelas rendah

    2. Ringkasan video
    Dalam video pembelajaran guru mengajar matematika kelas 2 SD tentang inovasi pembelajaran di kelas rendah mengenai jam guru memberikan arahan kepada siswa untuk membentuk kelompok 4 orang dalam satu meja dan guru mengaksepsi setiap kelompok yang sudah dibentuk dalam 6 kelompok, guru menggambar di kertas untuk menunjukkan kepada siswanya agar dapat mengerti dan guru juga menggambar di atas papan tulis agar anak-anak juga bisa menjawab dengan baik guru memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari seperti bangun,mandi,makan dan pergi ke sekolah, dan guru juga memberikan latihan untuk menunjukkan jarum jam tersebut agar siswanya dapat menjawab dengan benar, setelah guru menjelaskan guru memberikan arah kepada siswanya untuk kembali ke tempat masing-masing dan memberikan latihan di rumah untuk di kerja kan.

    3. Kelemahan pembelajaran dalam pembuatan video ini yaitu:
    -Guru tidak memberimemberikankan salam tidak menanyakan kabar aku tidak setidamangat atau ice breaking
    -Guru tidak mengajak siswanya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar
    -Guru tidak mengabsen siswanya
    -Seharusnya guru mentertipkan siswanya sebelum mulai pembelajaran
    -Guru tidak memberikan kesimpulan
    -Pada Penutup guru tidak mengajak siswanya untuk menanyakan apakah anak-anak atau siswanya mengerti atau guru tidak memberikan pemahaman kepada siswanya.

    4. Kelebihan pembelajaran dalam video yaitu
    * Guru memberikan media pembelajaran
    * Guru memberikan contoh
    * Siswa yang dapat mengerti penjelasan dari gurunya
    * Guru memberikan pemahaman kepada siswa melalui kegiatan sehari-hari
    * Guru memberikan latihan

  7. Nama : Siti Khodijah
    NIM. : 857323829
    Program studi : PGSD
    Pokjar : Bogor Selatan
    UPBJJ : Bogor

    1. Judul video pembelajaran = inovasi pembelajaran di kelas rendah

    2. Ringkasan video
    Dalam video pembelajaran guru mengajar matematika kelas 2 SD tentang inovasi pembelajaran di kelas rendah mengenai jam guru memberikan arahan kepada siswa untuk membentuk kelompok 4 orang dalam satu meja dan guru mengaksepsi setiap kelompok yang sudah dibentuk dalam 6 kelompok, guru menggambar di kertas untuk menunjukkan kepada siswanya agar dapat mengerti dan guru juga menggambar di atas papan tulis agar anak-anak juga bisa menjawab dengan baik guru memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari seperti bangun,mandi,makan dan pergi ke sekolah, dan guru juga memberikan latihan untuk menunjukkan jarum jam tersebut agar siswanya dapat menjawab dengan benar, setelah guru menjelaskan guru memberikan arah kepada siswanya untuk kembali ke tempat masing-masing dan memberikan latihan di rumah untuk di kerja kan.

    3. Kelemahan pembelajaran dalam pembuatan video ini yaitu:
    -Guru tidak memberimemberikankan salam tidak menanyakan kabar aku tidak setidamangat atau ice breaking
    -Guru tidak mengajak siswanya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar
    -Guru tidak mengabsen siswanya
    -Seharusnya guru mentertipkan siswanya sebelum mulai pembelajaran
    -Guru tidak memberikan kesimpulan
    -Pada Penutup guru tidak mengajak siswanya untuk menanyakan apakah anak-anak atau siswanya mengerti atau guru tidak memberikan pemahaman kepada siswanya.

    4. Kelebihan pembelajaran dalam video yaitu
    -Guru memberikan media pembelajaran
    -Guru memberikan contoh
    -Siswa yang dapat mengerti penjelasan dari gurunya
    -Guru memberikan pemahaman kepada siswa melalui kegiatan sehari-hari
    -Guru memberikan latihan

  8. Nama : Rizky Binti Zulkarnaen
    Nim : 856022369
    Program studi : PGSD
    Pokjar : Asahan
    UPBJJ : MEDAN

    Kelebihan dalam video pembelajaran ini, menurut saya guru mampu mengajak siswa secara mandiri dalam menjawab soal, menyediakan alat peraga yang mudah dipahami karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

    Kelemahan video pembelajaran ini, guru tidak membuka pembelajaran sesuai dengan RPP, tidak terdapat kegiatan awal, inti dan akhir dalam proses belajar.

  9. Nama : Riska Widiyanti
    Nim : 856991387
    Semester : 8
    Prokjar : Sidomulyo

    1. Judul video pembelajaran yaitu inovasi pembelajaran di kelas rendah
    Alamat video GPO (Guru Pintar Online)

    #Ringkasan isi vidio
    Dalam vidio pembelajaran ini seorang guru mengajar matematika dikelas II SD dengan materi yang berjudul jam. Setelah menyampaikan judul pelajaran guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok. Kemudian guru mengajarkan peserta didik mengenai kegiatan sehari-hari dipagi hari mulai dari bangun tidur, mandi, makan pagi sampai berangkat kesekolah beserta waktu / jamnya dengan menggunakan media gambar yang berisikan gambar aktivitas sehari-hari dipagi hari beserta jamnya yang dicetak pada kerta dan di gambar pada papan tulis.
    Setelah itu guru meminta perwakilan kelompok untuk menuliskan kapan waktu bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah pada gambar jam yang telah dibuat guru dipapan tulis beserta menuliskan keterangan kegiatannya. Setelah itu guru meminta peserta didik untuk kembali duduk ketempatnya masing-masing.
    Kemudian guru memberi penguatan kepada peserta didik dengan menyimpulkan materi. Guru memberikan tugas dirumah untuk mencatat kegiatan bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah.

    #Kelemahan pembelajaran dalam pembuatan video ini yaitu:
    * Seharusnya guru mentertipkan siswanya sebelum mulai pembelajaran
    * Guru tidak memberimemberikan
    kan salam tidak menanyakan kabar aku tidak setidamangat atau ice breaking
    * Guru tidak mengajak siswanya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar
    * Guru tidak mengabsen siswanya
    * Guru tidak memberikan kesimpulan
    * Pada Penutup guru tidak mengajak siswanya untuk menanyakan apakah anak-anak atau siswanya mengerti atau guru tidak memberikan pemahaman kepada siswanya.

    #Kelebihan pembelajaran dalam vidio
    1) Guru menyampaikan judul pelajaran
    2) Guru menggunakan media pelajaran
    3) Guru memiliki keterampilan dalam menjelaskan materi pelajaran dengan baik
    4) Guru memiliki keterampilan dalam bertanya
    5) Peserta didik menyimak penjelasan guru dengan baik
    6) Peserta didik aktif maju kedepan untuk mengisi pertanyaan
    Peserta didik dapat memahami intruksi dari guru dengan baik.

    #Hal unik dalam pembelajaran vidio
    1) Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan media gambar kegiatan sehari-hari dipagi hari dan waktunya yang dicetak pada kertas dan ditampilkan didepan kelas
    2) siswa menjawab pertanyaan guru dengan kompak dan sikap bersemangat.
    3) siswa sangat sigap saat guru memberi arahan dalam pembelajaran.

Leave a Reply