silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

284 Comments

  1. Nama : Yuli Ayunda
    Nim : 855856789

    Dalam vidio “Inovasi pembelajaran di kelas rendah” guru menjajarkan materi mengenai jam(waktu).Guru menjelaskannya kepada peserta didik dengan mengaitkannya dengan kegiatan sehari-hari peserta didik seperti,kapan atau pukul berapa peserta didik bangun tidur, mandi,makan,dan lainnya. Dalam menjelaskan materi guru melakukannya secara menyenangkan sehingga peserta didik juga terlihat senang karena berkaitan dengan kegiatan sehari-hari mereka.

  2. Nama : Jojor Romaito Simanjuntak
    NIM : 877528959
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Humbang Hasundutan

    baiklah saya akan menyampaikan pendapat saya mengenai video diatas :

    1. Reaksi anak / siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru yaitu :
    masih kurang respon yang baik dimana antara guru dan murid kurang adanya kerja sama, guru hanya terfokus pada pembelajaran yang beliau sampaikan tanpa tidak mau tau apakah murid tersebut mampu dengan baik menerima pelajaran yang beliau sampaikan.

    2. kelemahan guru dari video di atas adalah guru terlalu terfokus pada pembelajaran yang guru sampaikan, tidak memperhatikan murid yang sedang bermain dan bercanda-canda dengan teman sebangkunya.

    3. kelebihan guru dari video diatas adalah guru tersebut sangat kreatif didalam menyampaikan pelajarannya, ini terlihat disaat guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan pelajaran yang guru sampaikan.

    4. hal- hal unik dari Video diatas adalah memunculkan keinginan kita setiap guru untuk ikut berkreasi menggunakan media pembelajaran karena dengan adanya media pembelajaran maka murid-murid akan mudah menyerap pelajaran yang kita sampaikan.

    5. upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan yaitu seorang guru hendaklah terus ber kreatif untuk selalu menggunakan media pembelajaran karena hal ini sangat penting karena memperlancar proses belajar mengajar pada siswa, siswa cepat mengerti dan guru pun mudah untuk menyampaikan materi dengan cepat dan jelas.

    demikian pendapat saya terimakasih.

  3. Nama : Susi Retnowati
    NIM : 858685501
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : SURABAYA
    Pada proses belajar mengajar terutama pembelajaran dikelas rendah diperlukan adanya inovasi pembelajaran agar pembelajaran berjalan lebih efektif, inovatif, dan interaktif. Inovasi pembelajaran dapat mengurangi faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, salah satunya yakni proses pembelajaran yang kurang bervariatif dan kurangnya daya tarik siswa untuk menjalani pembelajaran. Seorang gurus harus selalu memiliki ide bagaimana menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan nyaman sangat diperlukan. Hal ini memudahkan untuk menjelaskan apa yang Anda ajarkan kepada siswa Anda. Menurut sayaada beberapa cara mengajar siswa sekolah dasar terutama dikelas rendah agar suasana kelas menjadi lebih aktif, menyenangkan, dan menyenangkan. Misalnya :
    Guru melakukan suatu pendekatan di mana siswa belajar melalui permainan dalam proses pembelajaran . Materi belajar disampaikan dalam bentuk permainan sehingga menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
    tidak hanya bermain tapi juga memberi penghargaan agar siswa lebih giat lagi dan lebih bersemangat lagi dalam belajarnya.

  4. Nama : Ristia Sapitri
    NIM : 857107429

    Setelah menyaksikan video pembelajaran ini, kembali mengingatkan saya bahwa dalam kegiatan pembelajaran dikelas rendah perlu inovasi yang dilakukan guru agar kegiatan pembelajaran menarik dan tidak membosankan. Sebagai guru tentunya harus kreatif dalam berinovasi, melakukan pendekatan individual, memahami karakteristik siswa serta menggunakan media pembelajaran yang konkret serta menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa.

  5. Nama : Eka Wahyuni
    NIM : 501142963
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Pangkalpinang
    Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut, guru sebaiknya mengkondisikan suasana kelas terlebih dahulu karena masih terlihat beberapa peserta didik yang belum siap untuk melakukan proses pembelajaran. Setelah kondusif guru bisa memulai dengan penyampaian tujuan pembelajaran, agar peserta didik mengetahui untuk apa mereka belajar tentang jam. Guru juga harus menjelaskan terlebih dahulu materi tentang jam ini dan memberikan beberapa contoh pengerjaannya di papan tulis. Peserta didik juga diberikan kesempatan bertanya terkait materi, agar guru mengetahui adakah peserta didik yang tidak paham. Ketika ada peserta didik yang tidak paham, guru bisa memberikan intervensi khusus. Hal yang sangat menarik dalam video tersebut, guru sudah melibatkan peserta didik untuk mengerjakan tugas langsung di papan tulis.

  6. vidio di atas terkait inovasi pembelajaran di kelas rendah sangat baik sekali , materi pembelajarannya tentang waktu yang mana di kaitkan dengan kegiatan sehari-hari yakni menjadikan siswa lebih mudah memahami materi yang di ajarkan karena menggunakan media pembelajaran dengan baik.

  7. Nama : PUTRI KUSUMAWATI
    NIM : 501200979
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Pada video tersebut, guru terlihat kreatif dalam menyajikan pembelajaran matematika yaitu materi mengenai waktu (jam). Pembelajaran matematika yang dianggap sulit pun menjadi menarik karena dalam proses belajarnya guru melibatkan peserta didik secara aktif untuk mengaitkannya dengan kegiatan sehari-hari sehingga memberikan pengalaman yang bermakna pada peserta didik secara efektif

  8. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh 🙏🏻.

    Pada kegiatan belajar tersebut, inovasi yang dilakukan sangat baik, karena materinya berkaitan dengan keseharian peserta didik yang dimana akan lebih memudahkan siswa memahami konsep materi yang diajarkan.

  9. NAMA : YEYEN SAFITRI
    NIM : 501232477
    pada vidio pembelajaran tersebut sudah cukup bagus karena pada untuk tempat duduknya bukan secara individu namun secara berekelompok, namun sangat disayangkan dalam media pembelajaran yang kurang menarik. Seharusnya untuk kelas bawah guru menyediakan media pembelajaran bukan hanya di tulis di papan tulis, namun guru membuat sebuah media berbentuk jam dinding yang dimana akan membuat anak penasaran, sehingga ketika guru menanyakan jam berangkat sekolah, anak akan memindahkan jarumnya ke angka jam nya. sehingga semua peserta didik ingin mencobanya.

  10. Nama : Ikbal Mirandani
    NIM : 501222319
    UPBJJ: UT Bogor
    Setelah melihat vidio tersebut, beliau hebat. Beliau bisa memotivasi siswa belajar Matematika dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga hal tersebut bisa dimengerti dengan mudah oleh peserta didik. Zaman dahulu teknogi mungkin belum secanggih saat ini. Oleh sebab itu, inovasi baru harus dimunculkan oleh guru agar pembelajaran tidak bosan dan monoton.

Leave a Reply