silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil. Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa. Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Siswa diharapkan belajar tentang satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
NAMA : JULI RESTU JAYA WATI TELAUMBANUA
NIM : 856100043
Dalam video tersebut pembelajaran yang dilakukan sudah cukup dapat dipahami, siswa juga sangat antusias dengan pembelajaran tersebut, metode yang digunakan pun juga sudah cukup baik. Media yang digunakan sudah tepat, mulai dari benda yang ada dilingkungan sekitar. Guru juga melibatkan siswa untuk mencoba mendeskripsikan suatu benda untuk maju ke depan kelas. Hal ini melatih siswa untuk terampil dalam berbicara dan membangun kepercayaan diri ada siswa. Namun ada hal yang kurang, seharusnya pembelajaran diawali dengan salam, menyapa siswa, dan berdoa atau juga bisa ditambah dengan icebreaking.
Nama : Dwi Anggara KD
NIM : 857862613
Hasil analisis dari video yang sudah disaksikan :
Kekurangan pada pembelajaran yang ditayangkan pada video sebagai berikut:
1. Guru belum menunjukkan keterampilan dalam membuka pelajaran. Guru juga belum menunjukkan kegiatan yang dapat membuat siswa menjadi fokus pada pembelajaran.
2. Guru belum memberikan apersepsi atau stimulasi sebelum masuk ke kegiatan inti, guru juga belum memancing siswa untuk bertanya sehingga keterampilan siswa dalam bertanya belum terlihat.
3. Siswa sudah diminta untuk berkelompok tetapi belum ada kegiatan berdiskusi.
4. Pada video belum terlihat keterampilan guru dalam menjelaskan materi, yang terlihat adalah guru memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawab.
5. Setelah kegiatan pembelajaran selesai, guru tidak memberikan balikan atau kesimpulan dari materi pembelajaran.
Kelebihan pada pembelajaran yang ditayangkan pada video sebagai berikut:
1. Guru menggunakan media yang sesuai dengan yang tersedia di sekolah.
2. Guru menstimulasi siswa agar siswa berani menjawab dan maju ke depan kelas.
3. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok agar memunculkan kegiatan berdiskusi.
4. Guru memberikan soal atau tugas sebagai tindak lanjut pembelajaran.
Rencana perbaikan yang saya sarankan yaitu :
1. Pada awal pembelajaran, guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu atau tepuk-tepuk agar siswa lebih bersemangat dan fokus dalam pembelajaran.
2. Guru memberikan stimulasi sebelum masuk ke pelajaran inti. Guru memancing siswa agar mau bertanya mengenai stimulasi yang ditampilkan.
3. Setelah siswa berkelompok, guru membagian Lembar Kerja Siswa yang berisi soal yang bisa didiskusikan bersama dengan teman satu kelompok.
4. Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusi.
5. Guru memberikan umpan balik atau kesimpulan dari materi.
6. Guru memberikan reward berupa bintang untuk siswa yang aktif.
Nama: Safira Liliana
NIM:877697181
Dalam video di atas do tanyangkan video pembelajaran di kelas rendah yang mana respon siswa terhadap guru sangat antusias, dan guru sudah menyiapkan pembelajaran dengan baik, guru juga melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar nya menjadikan siswa akan lebih memahami karena mereka langsung praktek dalam pembelajaran tersebut,,
Terimakasih,,,
Nama : Ulfah Anisa
NIM : 857639329
Pokjar : Slawi
Analisis video Pembelajaran “Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah”
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
– Pada saat guru membuka pembelajaran siswa cenderung bersemangat dan aktif saat kegiatan pembelajaran dilakukan, dilihat dari semangat siswa dalam membuat kelompok belajar serta menjawab pertanyaan dari guru dengan serentak.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
– Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
– Guru juga cenderung terlalu fokus pada materi yang disampaikan tanpa semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Hasilnya, beberapa siswa mungkin kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
– Alat bantu menggunakan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), seharusnya dikembangkan dengan media manipulatif seperti jam weker atau jam digital yang memiliki alarm. Agar siswa bisa mengembangkan pengetahuan tentang pembelajaran pengukuran waktu.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
– Guru membangun pengetahuan siswa tentang pembelajaran pengukuran waktu melalui konsep gambar jam dinding atau jam analog yang dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari siswa sehingga memudahkan siswa untuk dapat memahaminya.
4. Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
– Penggunaan media pembelajaran yang konkret seperti gambar jam analog untuk mengajarkan konsep waktu. Guru juga menerapkan pendekatan yang lebih interaktif dengan menghubungkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari siswa. Pendekatan ini membantu membuat siswa lebih terlibat aktif dan memahami pelajaran.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tanyangan video, Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
– Memberikan lebih banyak aktivitas yang mendorong siswa menjadi bersemangat untuk belajar,
– Menerapkan variasi metode pembelajaran agar semua siswa dapat mudah memahami,
– Menyediakan lebih banyak media pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Terimakasih