silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

295 Comments

  1. Nama: Hidayati
    Nim: 859164581
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Lombok Barat
    berdasarkan hasil pengamatan vidio di atas, saya akan menarik beberapa kelebihan dan kekurangan dari vidio tersebut
    1. Kelebihan :
    a. suara guru yang menjelaskan jelas dan lantang
    b. mengecek siswa paham atau tidak dengan menyuruh siswa maju kedepan untuk mengisi gambar jam
    c. tingkat pemahaman siswa tinggi artinya semua siswa bisa mengisi gambar jam dengan menggambar
    jarum panjang dan pendek sesuai dengan waktu kegiatan yang diminta guru
    d. guru menyampaikan simpulan tentang kegiatan yang sudah dilakukan
    e. guru memberikan tugas di akhir pelajaran
    f. selama proses belajar berlangsung, guru bisa mengontrol kelas dengan baik
    2. kekurangan dari vidio tersebut antara lain:
    a. guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan baik, artinya tanpa ada kegiatan doa,
    mengecek kehadiran siswa, kegiatan apersepsi, dan penyampaian tujuan dari materi tersebut
    b. media yang digunakan (lembaran yang ada gambar kegiatan) sangat kecil dan tidak membagikan pada
    setiap kelompok (lembaran yang ada gambar kegiatan) sehingga kelompok yang duduk di belakang
    kemungkinan tidak melihat dengan jelas.
    c.

  2. Nama: Hidayati
    Nim: 859164581
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Lombok Barat
    berdasarkan hasil pengamatan vidio di atas, saya akan menarik beberapa kelebihan dan kekurangan dari vidio tersebut
    1. Kelebihan :
    a. suara guru yang menjelaskan jelas dan lantang
    b. mengecek siswa paham atau tidak dengan menyuruh siswa maju kedepan untuk mengisi gambar jam
    c. tingkat pemahaman siswa tinggi artinya semua siswa bisa mengisi gambar jam dengan menggambar
    jarum panjang dan pendek sesuai dengan waktu kegiatan yang diminta guru
    d. guru menyampaikan simpulan tentang kegiatan yang sudah dilakukan
    e. guru memberikan tugas di akhir pelajaran
    f. selama proses belajar berlangsung, guru bisa mengontrol kelas dengan baik
    2. kekurangan dari vidio tersebut antara lain:
    a. guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan baik, artinya tanpa ada kegiatan doa,
    mengecek kehadiran siswa, kegiatan apersepsi, dan penyampaian tujuan dari materi tersebut
    b. media yang digunakan (lembaran yang ada gambar kegiatan) sangat kecil dan tidak membagikan pada
    setiap kelompok (lembaran yang ada gambar kegiatan) sehingga kelompok yang duduk di belakang
    kemungkinan tidak melihat dengan jelas

  3. Nama : Fitri Ayu Indriyani
    NIM : 858778296
    Prodi : S1- PGSD
    Pokjar : Kota Kediri

    Menurut analisis saya dari Vidio yang berjudul ” Inovasi Pembelajaran di Kelas rendah” terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan didalam proses pembelajarannya antara lain :

    Kelebihan :
    1. Penyampaian materi dan contoh yang diberikan oleh guru mudah dipahami oleh siswa
    2. Pembagian siswa dalam sebuah kelompok meningkatkan antusias belajar siswa
    3. Penggunaan media gambar yang dilakukan oleh guru mampu menarik perhatian siswa sehingga siswa lebih mudah dalam memahami pelajaran yang diberikan
    4. Guru mampu melibatkan siswa dalam penyelesaian soal sehingga terjadi hubungan timbal balik yang menyenangkan

    Kekurangan :
    1. Tidak adanya pendahuluan seperti doa dan mengecek kehadiran siswa, tidak adanya kegiatan apersepsi / mengaitkan dengan materi sebelumnya
    2. Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
    3. Pada saat menjelaskan sebaiknya media yang digunakan ukurannya lebih besar sehingga semua siswa dapat menyimak dengan baik/ guru bisa membagikan 1 per 1 disetiap kelompok

  4. NAMA : Suci Fitriani
    NIM : 859129215
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ UT MATARAM

    Berdasarkan pengamatan saya terhadap video pembelajaran di atas dari awal hingga selesai
    1. kegiatan awal
    Guru tidak melakukan pendahuluan pembelajaran seperti mengucapkan salam, menginstruksi siswa berdoa, serta mengecek kehadiran siswa. Guru langsung ke inti pembelajaran tanpa melakukan apersepsi untuk memotivasi siswa untuk membangkitkan semangat belajar anak dan tidak memancing pengetahuan siswa terkait materi yang akan dibahas.

    2. Kegiatan Inti
    kegiatan pembelajaran cukup menarik, siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran dan keaktifan siswa sudah luar biasa, guru menginstruksikan siswa membentuk kelompok yang terdiri dari beberapa orang siswa dan dengan didukung oleh media kertas bergambar kegiatan keseharian anak serat gambar jam yang dibuat guru di papan tulis, guru juga mengaitkan pembelajaran dengan kegiatan sehari-hari anak sehingga anak mudah untuk memahaminya. suara guru menjelaskan lantang sehingga bisa di dengar oleh semua siswa yang ada di kelas tersebut.

    3. Kegiatan Penutup
    guru memberikan apresiasi terhadap hasil anak dengan menyebut mereka pintar semua, guru menyimpulkan hasil belajar serta menutup pembelajaran dengan memberikan anak pekerjaan rumah .

  5. NAMA : VINGKA ALVIONITA
    NIM : 858815925
    PRODI : S1-PGSD

    Berikut tanggapan saya mengenai video pembelajaran di atas :
    Menurut saya, guru tersebut sudah mampu mentransfer ilmu kepada siswa-siswanya. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut yang berupa gambar jam di papan tulis serta selembar kertas bergambar kegiatan anak mulai bangun tidur hingga berangkat sekolah cukup menunjang kegiatan pembelajaran yang membuat anak terstimulus untuk berpikir dan aktif merespon pertanyaan dari guru. Namun saya menemukan adanya kejanggalan metode berkelompok dalam kegiatan pembelajaran tersebut yakni saat siswa duduk secara berkelompok tapi siswa tidak melakukan diskusi apa-apa karena pertanyaan yang diberikan oleh guru tersebut pun pada akhirnya dijawab secara individual (ditunjukkan hanya beberapa siswa yang maju kedepan menggambar jarum jam di papan tulis). Dari tanggapan yang telah saya tulis ini, kiranya bisa merefleksi diri kita sendiri sebagai calon guru atau yang sudah berprofesi guru untuk terus mengembangkan potensi dan inovasi kita dalam mendidik dan mengajar siswa. SEMANGAT !!!!

    Saya mohon maaf jika ada kekeliruan dalam berkata-kata. Sekian dan terimakasih.

  6. Nama : Faizah Anis Nurlaela
    NIM : 857606843
    Prodi : PGSD BI

    Berdasarkan pengamatan video diatas, menurut saya inovasi pembelajaran dengan penggunaan media gambar untuk menjelaskan konsep waktu sudah cukup bagus, namun menurut saya lebih baik lagi jika menggunakan media jam dinding yang nyata. Dalam video tersebut juga guru dapat mengkodisikan siswa dengan baik dan siswa secara interaktif dapat mempersentasikan waktu pada gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa.
    Namun dalam membuka kegiatan inti dalam pembelajaran ini dirasa kurang menarik perhatian siswa dan kurang lengkap dalam menjelaskan materinya. Disini guru langsung memberi tugas tanpa diberi penjelasan terlebih dahulu dengan lengkap tentang materi penggunaan jam. Menurut saya seharusnya guru disini terlebih dahulu memberi penjelasan tentang penggunaan jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa dengan menunjukkan media jam (baik itu berupa gambar atau lebih baik lagi menggunakan media jam dinding), kemudian siswa bersama guru bersama-sama mempraktikannnya didepan kelas. Dan kemudian pembentukan kelompok disini terasa kurang dimanfaatkan dengan baik,agar pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna bagi semua siswa. Seharusnya guru memberikan miniature jam kepada setiap kelompok dan masing-masing kelompok mengamati jam tersebut, setelah itu guru memberikan lembar kerja, baru kemudian guru bersama siswa membahas tugas itu. setelah itu siswa diberi umpan balik dan diberi pemantapan dan melakukan tanya jawab.

  7. NAMA : VINGKA ALVIONITA

    NIM : 858815925

    PRODI : S1-PGSD

    Berikut tanggapan saya mengenai video pembelajaran di atas :
    Menurut saya, guru tersebut sudah mampu mentransfer ilmu kepada siswa-siswanya. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut yang berupa gambar jam di papan tulis serta selembar kertas bergambar kegiatan anak mulai bangun tidur hingga berangkat sekolah cukup menunjang kegiatan pembelajaran yang membuat anak terstimulus untuk berpikir dan aktif merespon pertanyaan dari guru. Namun saya menemukan adanya kejanggalan metode berkelompok dalam kegiatan pembelajaran tersebut yakni saat siswa duduk secara berkelompok tapi siswa tidak melakukan diskusi apa-apa karena pertanyaan yang diberikan oleh guru tersebut pun pada akhirnya dijawab secara individual (ditunjukkan hanya beberapa siswa yang maju kedepan menggambar jarum jam di papan tulis). Dari tanggapan yang telah saya tulis ini, kiranya bisa merefleksi diri kita sendiri sebagai calon guru atau yang sudah berprofesi guru untuk terus mengembangkan potensi dan inovasi kita dalam mendidik dan mengajar siswa. SEMANGAT !!!!

    Saya mohon maaf jika ada kekeliruan dalam berkata-kata. Sekian dan terimakasih.

  8. Nama : Hilman Ricky Syahrizal
    NIM : 857607243
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Slawi Kab. Tegal
    Alamat : Jatibarang Brebes.
    Izin berpendapat. menurut saya dalam video pembelajaran tersebut ada kelebihan dan kelemahannya.
    ada beberapa aspek yang di amati pada guru yang sudah bagus antara lain :
    1. dalam menginformasikan tujuan pembelajaran
    2. dalam apersepsi ke siswa
    3. dalam penjelasan materi sudah jelas
    4. dalam memberikan pekerjaan siswa
    5. sudah menggunakan alat peraga walaupun sederhana
    6. memberikan umpan balik
    7. menyimpulkan materi pelajaran
    8. evaluasi
    9. sudah memberikan PR ke siswa
    adapun kekurangannya yaitu guru tidak memberikan sebuah motivasi ke siswa perihal materi yang sedang di ajarkan.
    dari pengamatan ke siswa ada beberapa aspek yang sudah bagus antara lain :
    1. sudah kerja kelompok
    2. mengerjakan tugas.
    dan kekurangannya yaitu siswa pasif tidak mau mengajukan sebuah pertanyaan ke guru mengenai materi yang disampaikan.

  9. Nama : Rahmad Illahi
    NIM : 856254216
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Padang

    Menurut analisis saya tentang video pembelajaran diatas adalah :

    1. Tidak ada pembukaan seperti do’a dan salam, tidak ada mengecek kehadiran siswa, seharusnya jika tidak sempat mengecek kehadiran bisa ditanya langsung seperti’ siapa yang tidak datang” secara tidak tidak langsung kita telah melakukan kegiatan pendahuluan, dan membuat kedekatan dengan siswa, dengan kelas rendah guru membangun kedekatan
    2. guru tidak ada menyampaikan tujuan pembelajaran. seharusnya adanya penyampaian tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran tersebut, yang berguna untuk evalusi,
    3. Guru langsung menyuruh siswa untuk membuat kelompok tanpa menjelaskan sedikit materi
    4. Pembelajaran yang menyenangkan dengan penyampaian guru yang asik.
    5. Metode dan media yang digunakan cukup sesuai dan menggunakan alat seadanya akan tetapi harus ada bukti konkret nya atau benda nyata yang langsung bisa diaplikasikan oleh siswa tersebut
    6. Guru menunjuk siswa yang pintar untuk maju kedepan mengerjakan soal yang diberikan di papan tulis, akan tetapi bagaimana dengan siswa yang belum mengerti atau cuek guru tidak memperhatikan hal tersebut
    7. Guru memberikan tugas kepada siswa yang tidak ada tujuan yang ingin dicapai pada materi tersebut
    8. Pembelajaran tidak ditutup dengan semestinya tidak ada kesimpulan dalam pemelajaran tersebut atau refleksinya, atau umpan balik

  10. Menurut pendapat saya, kegiatan pembelajaran pada vidio tersebut sudah baik, namun perlu diperhatikan tentang kegiatan pembukaan masih belum ada sama sekali, langsung ke materi dan penugasan.
    kelebihannya adalah guru mampu menguasai kelas dengan baik, meskipun ada pembagian kelompok, siswa langsung membentuk kelompok dalam waktu yang cukup singkat.

Leave a Reply