silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil. Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa. Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Siswa diharapkan belajar tentang satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
NAMA : RENY EVA ARSITA
NIM : 857028971
POKJAR : SIDOMULYO
1. Respon peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan guru tersebut yaitu :
a. Peserta didik antusias dalam belajar
b. Ada beberapa peserta didik yang kurang fokus serta merasa bosan dalam belajar
2. Kelemahan dan kelebihan
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
a. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti, mengajak peserta didik berdoa, menyanyikan lagu nasional, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan apersepsi
b. Guru tidak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan proses diskusi dengan teman satu kelompoknya
c. Guru tidak melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat peserta didik
d. Guru tidak menanyakan apakah peserta didik tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan atau belum
e. Guru tidak melakukan evaluasi pembelajaran
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
a. Guru menyampaikan judul pembelajaran
b. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar
c. Guru memiliki keterampilan dalam menjelaskan materi pelajaran dengan baik
d. Guru memiliki keterampilan dalam bertanya
e. Guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik, sehingga peserta didik dapat menyimak penjelasan guru dan memahami intruksi yang diberikan guru dengan baik
3. Hal unik yang saya temukan dalam proses pembelajaran tersebut yaitu :
a. Guru menggunakan media gambar untuk menunjang proses pembelajaran
b. Peserta didik menjawab pertanyaan guru dengan kompak dan bersemangat
c. Peserta didik sangat antusias saat guru memberi arahan dalam pembelajaran
4. Upaya yang akan dilakukan setelah melihat kelemahan dan kelebihan dari tayangan video tersebut untuk meningkatkan kualitas kegiatan berikutnya yaitu :
a. Guru melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti, mengajak peserta didik berdoa, menyanyikan lagu nasional, memeriksa kehadiran peserta didik, menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan apersepsi
b. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan proses diskusi dengan teman satu kelompoknya
c. Guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat peserta didik supaya peserta didik tidak merasa bosan
d. Guru menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan atau belum
e. Guru melakukan evaluasi pembelajaran
f. Guru mengajak peserta didik berdoa
Nama : SYIFA URRAHMAN
NIM : 857030011
Kelas : 6 D
Judul : Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Menurut saya, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada video tersebut cukup positif. Berikut beberapa reaksi positif yang terjadi:
a. Keterlibatan
Anak/siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran karena menggunakan gambar-gambar yang merepresentasikan konsep waktu dan terkait dengan kegiatan sehari-hari mereka. Ini dapat membantu mereka memahami konsep waktu dengan lebih baik.
b. Antusiasme
Melalui pendekatan interaktif dan penggunaan gambar, anak/siswa merasa tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan minat mereka terhadap materi pelajaran.
c. Pengertian yang lebih baik
Dengan menggunakan gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari, anak/siswa dapat lebih mudah memahami konsep waktu dan bagaimana waktu digunakan dalam konteks nyata. Ini dapat membantu mereka memperkuat pemahaman mereka tentang waktu.
d. Keseruan
Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan terkait dengan kegiatan sehari-hari anak/siswa dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Hal ini dapat membuat mereka lebih terbuka terhadap pembelajaran dan lebih bersemangat untuk belajar.
Secara keseluruhan, pendekatan yang interaktif dan menyenangkan dalam pembelajaran konsep waktu melalui gambar-gambar jam yang terkait dengan kegiatan sehari-hari memiliki potensi untuk mendapatkan reaksi positif dari anak/siswa dan meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep waktu. Dalam video, Guru mengintruksi siswa untuk membuat kelompok, terlihat reaksi murid sangatlah baik mereka sangat bersemangat di kegiatan pembelajaran siswa dapat bertukar ide, memecahkan masalah bersama, dan mendukung satu sama lain dalam memahami materi pembelajaran. Selain itu, pembelajaran berkelompok juga mendorong pengembangan keterampilan sosial, seperti komunikasi, kerja sama tim.
Namun, tidak semua anggota kelompok mungkin memberikan kontribusi yang seimbang dalam tugas kelompok. Selain itu ada beberapa siswa hanya mengikuti jawaban teman mereka karena mereka tidak yakin dengan pemahaman mereka sendiri. Maka dari itu penting untuk memberikan pembinaan individual sebelum mengintruksi siswa untuk membuat kelompok dalam memecahkan masalah.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Terdapat beberapa kelemahan yang dapat diidentifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran yang disampaikan Guru dalam video tersebut:
– Pertama, guru tidak melaksanakan kegiatan pembukaan secara menyeluruh, seperti tidak menyampaikan salam dan do’a, tidak mengecek kehadiran siswa, tidak mengadakan kegiatan untuk memusatkan perhatian (ice breaking), tidak menyampaikan tujuan pembelajaran secara jelas, serta tidak memberikan gambaran mengenai langkah-langkah yang akan dilakukan oleh peserta didik beserta teknik penilaian yang akan diterapkan, dan juga tidak melakukan apersepsi.
– Kedua, pada kegiatan inti, meskipun guru membentuk kelompok peserta didik, namun tidak terjadi proses diskusi yang memadai. Setelah guru menjelaskan materi, peserta didik langsung diminta untuk maju ke depan dan menuliskan kegiatan pagi hari beserta jadwalnya di papan tulis tanpa adanya kesempatan untuk berdiskusi terlebih dahulu, hanya sebatas membentuk kelompok saja.
– Ketiga, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang memadai dalam kegiatan tersebut menyebabkan siswa kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan.
– Keempat, dalam kegiatan penutupan, guru hanya memberikan penguatan dengan menyimpulkan materi dan memberikan tugas untuk dilakukan di rumah, sementara kegiatan lainnya seperti penilaian, penyampaian informasi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, serta do’a penutup tidak dilakukan.
Berikut juga ada berapa kelemahan yang saya lihat dari pendekatan pembelajaran yang digunakan Guru dalam video tersebut adalah:
•Terlalu mengandalkan visual
Pendekatan ini mungkin tidak efektif bagi siswa yang memiliki preferensi pembelajaran yang berbeda, seperti auditori atau kinestetik.
•Terlalu fokus pada satu metode
Guru mungkin kurang memperhatikan variasi dalam metode pembelajaran, sehingga beberapa siswa mungkin tidak dapat mengikuti dengan baik.
•Tidak memperhatikan perbedaan individual
Pendekatan yang terlalu umum seperti ini mungkin tidak memperhitungkan perbedaan kemampuan atau minat individual siswa.
•Kurangnya integrasi konsep
Mengaitkan waktu dengan kegiatan keseharian siswa dapat menjadi kelebihan, tetapi mungkin juga membatasi pemahaman siswa tentang konsep waktu dalam konteks yang lebih luas.
•Keterbatasan dalam pengukuran pemahaman
Tidak semua siswa mungkin berhasil merepresentasikan waktu pada gambar jam dengan baik, dan keberhasilan dalam tugas tersebut tidak selalu mencerminkan pemahaman yang mendalam tentang konsep waktu.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran dalam video yang saya amati adalah sebagai berikut:
a. Guru mampu menciptakan kondisi kelas yang baik, di mana siswa sudah mandiri dalam membentuk kelompok sendiri tanpa bantuan guru.
b. Penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru berupa gambar, yang dapat membantu memvisualisasikan konsep yang diajarkan kepada siswa.
c. Guru memberikan pengalaman belajar yang bermakna dengan memberikan kesempatan pada anak untuk maju ke depan dan menentukan arah jarum jam sesuai dengan aktivitas yang terjadi, sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran.
d. Materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru berkaitan dengan segi-segi kehidupan yang praktis pada umumnya, sehingga mudah dipahami oleh siswa.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
• Siswa menunjukkan ketertarikan yang tinggi pada materi yang diajarkan dengan mengangkat tangan untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
• Siswa terlibat dalam percakapan dengan teman sekelas mereka di belakang atau di samping mereka saat merasa bosan dengan materi yang diajarkan.
• Sebagian siswa berani tampil dan maju ke depan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, menunjukkan keberanian dan kepercayaan diri mereka dalam berbicara di depan umum.
• Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, sehingga terkadang terdistraksi oleh hal-hal di sekitar mereka yang menarik perhatian.
• Sebagian siswa sulit untuk duduk tenang dan terus bergerak saat pelajaran berlangsung, menunjukkan tingkat energi yang tinggi dan tantangan dalam mempertahankan fokus.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran berikutnya adalah:
a. Memulai pembelajaran dengan prosedur yang baik, seperti mengabsen siswa, menciptakan suasana belajar yang kondusif, dan memberikan apersepsi untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
b. Saat mengakhiri pembelajaran, memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya terkait materi yang telah disampaikan dan menyediakan waktu untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi.
c. Pembagian kelompok dapat dioptimalkan dengan memberikan lembaran tugas yang dapat dikerjakan secara bersama-sama setelah pembagian kelompok dilakukan, sehingga meminimalisir pemborosan waktu jika salah satu anggota kelompok diminta untuk mengerjakan tugas di papan tulis.
Nama : Sesilia Krisna
Nim : 856614103
Dari yang saya amati di dalam video pembelajaran tersebut, sudah baik dan dapat dipahami, siswa juga bersemangat dalam pembelajaran tersebut, dan cara gurunya mengajar juga baik. Metode yang digunakan juga cukup baik, media ajar yang digunakan sudah tepat dan juga dapat menggunakan media yang ada di lingkungan sekitar. Guru juga sudah berkolaborasi dengan siswa, melalui siswa maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan sesuatu yang di mana dapat melatih keterampilan dalam berbicara dan kepercayaan diri pada diri siswa. Sedikit saran mungkin bisa ditambahi dengan adanya salam dan berdoa di awal pembelajaran, juga di sela-sela pembelajaran bisa diberi ice breaking agar siswa tidak merasa bosan
Nama : Salma Farisa
NIM : 857763301
Prodi : PGSD S-1
Matkul : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Pada video tersebut memperkenalkan konsep waktu kepada siswa kelas rendah dengan memanfaatkan gambar jam yang dikaitkan dengan aktivitas sehari-hari siswa. Pembelajaran tersebut dilakukan dengan membuat kelompok kecil untuk berdiskusi dan belajar bersama. Dengan memanfaatkan media visual dan manipulatif serta mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-har disesuaikan, pendekatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
Nama : Muhammad Irfandi Saragih
NIM : 855865423
UPBJJ UT : Medan
Pokjar : Tebing Tinggi
Prodi : PDSD S-1
Semester : 8
Berdasarkan vidio “Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah” diatas yang sudah saya lihat, maka berikut hasil analisis saya terhadap vidio tersebut:
Menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru dalam vidio tersebut sudah cukup bagus. Vidio tersebut menayangkan bahwa upaya guru dalam menjelaskan materi waktu kepada siswa kelas rendah. Pada awal pembelajaran guru langsung memberi tahu kepada siswa apa yang akan dipelajari hari ini, dilanjutkan dengan guru membentuk kelompok kecil. Media pembelajaran yang digunakan pada vidio tersebut adalah selembar kertas dan gambar jam yang sudah dibuat guru dipapan tulis. Guru menerangkan materi dengan menunjukkan gambar beberapa kegiatan diselembar kertas kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuliskan dipapan tulis pukul berapa kegiatan yang ada pada kertas tersebut. Guru juga memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk memperbaiki jawaban temannya yang salah. Setelah semua terjawab guru menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan kegiatan siswa sehari-hari mulai dari bangun tidur, berangkat sekolah, makan siang dan lain-lain.
Berdasarkan vidio tersebut saya dapat menganalisis bahwa terdapat beberapa kelemahan yaitu:
– Guru belum menunjukkan keterampilan membuka pembelajaran dengan baik. Guru tidak membuka pelajaran dengan berdoa, tidak menyapa siswa, tidak memberikan motivasi kepada siswa, tidak mengecek kehadiran siswa dan tidak memberikan semangat awal dalam belajar seperti yel-yel atau bernyanyi.
– Media yang digunakan guru kurang menarik.
– Guru tidak mengelola kelas dengan baik, terlihat bahwa ketika guru berbicara ada beberapa siswa yang asyik berbicara dengan temannya.
– Pada kegiatan penutup pembelajaran, guru tidak memberikan penguatan dan kesimpulan terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan serta tidak menutup nya dengan doa.
Selain kelemahan, ada juga beberapa kelebihan dalam vidio tersebut yang saya dapatkan yaitu:
– Siswa tampak antusias terhadap materi yang disampaikan guru, siswa juga mudah di atur, terlihat ketika siswa membentuk kelompok sendiri.
– Konsep materi yang diajarkan guru sudah sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa sehingga mudah dipahami.
Berdasarkan kelemahan dalam vidio tersebut, menurut saya ada beberapa perbaikan yang perlu dilakukan guru untuk memperbaiki pembelajaran tersebut:
– Guru dapat mengajak siswa untuk bernyanyi atau menciptakan yel-yel agar mereka siap dan semangat dalam belajar.
– Guru dapat menggunakan metode belajar yang bervariasi.
– Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik, konkret dan sesuai yang dialami siswa.
sekian dan terimakasih
Nama : Muhammad Irfandi Saragih
NIM : 855865423
UPBJJ UT : Medan
Pokjar : Tebing Tinggi
Prodi : PDSD S-1
Semester : 8
Berdasarkan vidio “Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah” diatas yang sudah saya lihat, maka berikut hasil analisis saya terhadap vidio tersebut:
Vidio tersebut menayangkan bahwa upaya guru dalam menjelaskan materi waktu kepada siswa kelas rendah. Pada awal pembelajaran guru langsung memberi tahu kepada siswa apa yang akan dipelajari hari ini, dilanjutkan dengan guru membentuk diskusi kelompok kecil. Media pembelajaran yang digunakan pada vidio tersebut adalah selembar kertas dan gambar jam yang sudah dibuat guru dipapan tulis. Guru menerangkan materi dengan menunjukkan gambar beberapa kegiatan diselembar kertas kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuliskan dipapan tulis pukul berapa kegiatan yang ada pada kertas tersebut. Guru juga memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk memperbaiki jawaban temannya yang salah. Setelah semua terjawab guru menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan kegiatan siswa sehari-hari mulai dari bangun tidur, berangkat sekolah, makan siang dan lain-lain.
Berdasarkan vidio tersebut saya dapat menganalisis bahwa terdapat beberapa kelemahan yaitu:
1. Guru belum menunjukkan keterampilan membuka pembelajaran dengan baik. Guru tidak membuka pelajaran dengan berdoa, tidak menyapa siswa, tidak memberikan motivasi kepada siswa, tidak mengecek kehadiran siswa dan tidak memberikan semangat awal dalam belajar seperti yel-yel atau bernyanyi;
2. Media yang digunakan guru kurang menarik;
3. Guru tidak mengelola kelas dengan baik, terlihat bahwa ketika guru berbicara ada beberapa siswa yang asik berbicara dengan temannya;
4. Pada kegiatan penutup pembelajaran, guru tidak memberikan penguatan dan kesimpulan terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan serta tidak menutup nya dengan doa.
Selain kelemahan, ada juga beberapa kelebihan dalam vidio tersebut yang saya dapatkan yaitu:
1. Siswa tampak antusias terhadap materi yang disampaikan guru, siswa juga mudah di atur, terlihat ketika siswa membentuk kelompok sendiri;
2. Konsep materi yang diajarkan guru sudah sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa sehingga mudah dipahami.
Berdasarkan kelemahan dalam vidio tersebut, menurut saya ada beberapa perbaikan yang perlu dilakukan guru untuk memperbaiki pembelajaran tersebut:
1. Guru dapat mengajak siswa untuk bernyanyi atau menciptakan yel-yel agar mereka siap dan semangat dalam belajar;
2. Guru dapat menggunakan metode belajar yang bervariasi;
3. Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik, konkret dan sesuai yang dialami siswa.
Nama : Amelia Octaviani
Nim : 859537848
Pokjar : Sidomulyo
Hasil analisa saya atas vidio diatas adalah sebagai berikut:
Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sudah sangat aktif dan bersemangat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Guru belum menunjukkan keterampilan dalam membuka pelajaran.Guru belum memberikan apersepsi atau stimulasi sebelum masuk ke kegiatan inti. Siswa sudah diminta untuk berkelompok tetapi belum ada kegiatan berdiskusi. Setelah kegiatan pembelajaran selesai, guru tidak memberikan balikan atau kesimpulan dari materi pembelajaran.
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Guru membangun pengetahuan siswa tentang pembelajaran pengukuran waktu melalui konsep gambar jam dinding atau jam analog yang dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari siswa sehingga memudahkan siswa untuk dapat memahaminya, guru menstimulasi siswa agar siswa berani menjawab dan maju ke depan kelas, siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok agar memunculkan kegiatan berdiskusi, guru memberikan soal atau tugas sebagai tindak lanjut pembelajaran.
Hal-hal unik yang saya temukan dalam vidio tersebut saat guru melaksanakan pembelajaran yaitu Penggunaan media pembelajaran yang konkret seperti gambar jam analog untuk mengajarkan konsep waktu. Guru juga menerapkan pendekatan yang lebih interaktif dengan menghubungkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu :
1. Pada awal pembelajaran, guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu atau tepuk-tepuk agar siswa lebih bersemangat dan fokus dalam pembelajaran.
2. Guru memberikan stimulasi sebelum masuk ke pelajaran inti. Guru memancing siswa agar mau bertanya mengenai stimulasi yang ditampilkan.
3. Setelah siswa berkelompok, guru membagian Lembar Kerja Siswa yang berisi soal yang bisa didiskusikan bersama dengan teman satu kelompok kemudian guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusi.
5. Guru memberikan umpan balik atau kesimpulan dari materi.
Nama : Amelia Octaviani
Nim : 859537848
Pokjar : Sidomulyo
Hasil analisa saya atas vidio diatas adalah sebagai berikut:
Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sudah sangat aktif dan bersemangat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Guru belum menunjukkan keterampilan dalam membuka pelajaran.Guru belum memberikan apersepsi atau stimulasi sebelum masuk ke kegiatan inti. Siswa sudah diminta untuk berkelompok tetapi belum ada kegiatan berdiskusi. Setelah kegiatan pembelajaran selesai, guru tidak memberikan balikan atau kesimpulan dari materi pembelajaran.
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Guru membangun pengetahuan siswa tentang pembelajaran pengukuran waktu melalui konsep gambar jam dinding atau jam analog yang dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari siswa sehingga memudahkan siswa untuk dapat memahaminya, guru menstimulasi siswa agar siswa berani menjawab dan maju ke depan kelas, siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok agar memunculkan kegiatan berdiskusi, guru memberikan soal atau tugas sebagai tindak lanjut pembelajaran.
Hal-hal unik yang saya temukan dalam vidio tersebut saat guru melaksanakan pembelajaran yaitu Penggunaan media pembelajaran yang konkret seperti gambar jam analog untuk mengajarkan konsep waktu. Guru juga menerapkan pendekatan yang lebih interaktif dengan menghubungkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu : Pada awal pembelajaran, guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu atau tepuk-tepuk agar siswa lebih bersemangat dan fokus dalam pembelajaran. Guru memberikan stimulasi sebelum masuk ke pelajaran inti. Guru memancing siswa agar mau bertanya mengenai stimulasi yang ditampilkan. Setelah siswa berkelompok, guru membagian Lembar Kerja Siswa yang berisi soal yang bisa didiskusikan bersama dengan teman satu kelompok. Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusi. Guru memberikan umpan balik atau kesimpulan dari materi.
Nama : Amelia Octaviani
Nim : 859537848
Pokjar : Sidomulyo
Hasil analisa saya atas vidio diatas sebagai berikut:
Reaksi anak/siswa sudah sangat aktif dan bersemangat kegiatan pembelajaran.
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Guru belum menunjukkan keterampilan dalam membuka pelajaran. Siswa sudah diminta untuk berkelompok tetapi belum ada kegiatan berdiskusi.
Kelebihan guru yaitu Guru menstimulasi siswa agar siswa berani menjawab dan maju ke depan kelas, siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok agar memunculkan kegiatan berdiskusi.
Hal-hal unik yaitu Penggunaan media pembelajaran yang konkret seperti gambar jam analog untuk mengajarkan konsep waktu.
Upaya yang dapat dilakukan yaitu : Pada awal pembelajaran, guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu atau tepuk-tepuk agar siswa lebih bersemangat dan fokus dalam pembelajaran, memberikan stimulasi sebelum masuk ke pelajaran inti, meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusi dan memberikan umpan balik.
Nama : Vichyanus Irvan Mau Bere
NIM : 859285756
Dalam video tersebut pembelajaran yang dilakukan sudah cukup dapat dipahami, siswa juga sangat antusias dengan pembelajaran tersebut, metode yang digunakan pun juga sudah cukup baik.
Media yang digunakan sudah tepat, mulai dari benda yang ada dilingkungan sekitar.
Guru juga melibatkan siswa untuk mencoba mendeskripsikan suatu benda untuk maju ke depan kelas. Hal ini melatih siswa untuk terampil dalam berbicara dan membangun kepercayaan diri ada siswa.
Namun ada hal yang kurang, seharusnya pembelajaran diawali dengan salam, menyapa siswa, dan berdoa atau juga bisa ditambah dengan icebreaking.