silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil. Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa. Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Siswa diharapkan belajar tentang satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Nama : Shinta Bella
NIM : 859911926
Upbjj Ut Bandar Lampung
Dari video tersebut terdapat kekurangan dan kelebihan : Adapun kekurangannya
1. Guru tidak membuka pembelajaran dengan menyapa siswa
2. Guru tidak menarik perhatian siswa
3. Absensi terlewati
4. Guru tidak menerangkan materi dan hal-hal yang terkait sebelumnya
5. Seharusnya guru memberikan penjelasan materi terdahulu dan berdiskusi sebelum membagi kelompok
6. Guru belum menguasai kelas terlihat masih ada anak-anak yang mengobrol dan asik sendiri saat guru sedang menjelaskan materi
7. Diakhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dibahas dan dipelajari.
Kelebihannya :
1. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar untuk menarik minat belajar siswa
2. Guru menggunakan model pembelajaran berkelompok untuk membuat siswa aktif bertanya
Saran perbaikan :
1. Seharusnya guru membuka pembelajaran dengan menyapa semangat siswa, berdoa, melakukan absensi dan apresiasi materi sebelumnya. setelah selesai sebelum memulai pembelajaran terlebih dahulu melakukan ice breaking agar siswa semangat dalam pembelajaran
2. Guru memberikan lembar kerja untuk siswa menyelesaikan tugas
3. Diakhir pembelajaran sebaiknya guru menjelaskan dan menyimpulkan materi yang sudah dipelajari.
Nama : LIA ULVIKA
NIM: 835347795
Kelebihan : Guru dapat membuat kondisi kelas tertib walaupun kegiatan membuka pelajaran yang dilakukan guru belum baik. Guru menggunakan media gambar kegiatan sehari – hari yang berkaitan dengan waktu. Melalui tanya jawab guru sudah membangun keaktifan siswa untuk mengikuti pembelajaran.
Kekurangan : Guru belum melakukan kegiatan membuka peljaran dengan baik. Guru juga tidak menjelaskan terlebih dahu bagaimana cara menulis atau membaca jam. guru langsung meminta siswa menuliskan jarum jam pada gambar jam di papan tulis.
Perbaikan: sebaiknya guru membuka pelajaran terlebih dahulu. Banyak sekali apersepsi yang dapat disampaikan mengenai waktu atau jam yang dapat disampaikan kepada siswa. guru juga hendaknya memberikan penjelasan mengenai jam, apalagi ketika ada siswa yang salah dalam mengerjakan tugas. untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa guru hendaknya memberikan tugas individu kepada siswa.
Rangkuman Analisis Video Pembelajaran
Reaksi Siswa
Terdapat partisipasi aktif saat distimulasi
Kemungkinan mengalami kebingungan awal karena tidak ada penjelasan materi
Mengikuti instruksi pembagian kelompok meskipun tanpa tugas diskusi yang jelas
Kelemahan Guru
Tidak melakukan kegiatan pembuka (salam, doa, absensi)
Tidak ada apersepsi untuk mengaktifkan pengetahuan awal
Langsung memberikan tugas tanpa penjelasan materi
Pembagian kelompok tanpa tugas diskusi yang jelas
Tidak ada kegiatan penutup dan kesimpulan pembelajaran
Kelebihan Guru
Membagi siswa dalam kelompok (upaya pembelajaran kolaboratif)
Menggunakan media pembelajaran yang sesuai
Melakukan stimulasi yang mendorong keaktifan siswa
Memberikan tugas untuk melatih keterampilan siswa
Hal Unik
Pendekatan pembelajaran langsung tanpa kegiatan pembuka
Penggunaan media pembelajaran tanpa penjelasan awal
Stimulasi keaktifan siswa meskipun struktur pembelajaran kurang lengkap
Usulan Perbaikan
Strukturisasi pembelajaran lengkap (pembuka, inti, penutup)
Perbaikan pembelajaran kelompok dengan lembar kerja dan peran jelas
Pengembangan sistem asesmen dengan rubrik dan umpan balik
Peningkatan keterampilan pedagogis (teknik bertanya, variasi metode)
Optimalisasi pemanfaatan media pembelajaran
Analisis video pembelajaran Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
Nama : Restu Mulyati
NIM : 857473811
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
Kelas : 146
Tutor : M. Saufi, S.Pd., M.Pd.
Setelah saya mengamati video pembelajaran di atas Sebagian besar peserta didik terlihat ceria dan siap untuk belajar namun terdapat kelebihan dan juga kekurangan dalam pembelajaran tersebut.
a. Kelebihan :
1. Guru selalu memberikan apresiasi kepada peserta didiknya dengan menyebutkan kata hebat, pintar dan lain-lain. Hal ini akan menimbulkan rasa percaya diri dan meningkatkan semangat untuk belajar.
2. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil saat belajar. Kegiatan beajar kelompok ini membuat peserta didik menjadi lebih aktif (Students center), meningkatakan keberanian untuk berdiskusi, berani menyampaikan pendapat, dapat menghargai pendapat orang lain, bersemangat dalam belajar serta memahami materi pembelajaran.
3. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar. Dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik akan membuat peserta didik lebih semangat, fokus, dan tertarik untuk belajar seperti dalam video tersebut.
b. Kekurangan :
1. Dalam video tidak terdapat kegiatan pembukaan dan penutup melainkan langsung ke materi pembelajaran. Seharusnya guru harus melakukan kegiatan step by step mulai dari pembukaan, kegiatan inti, sampai dengan kegiatan penutup.
Kegiatan pembuka dilakukan dengan rangkaian :
– Guru menyapa peserta didik, mengecek kehadiran dan berdoa bersama
– Menyanyikan lagu wajib nasional guna menumbuhkan rasa nasionalisme peserta didik.
– Melakukan ice breaking untuk menumbuhkan semangat dan kefokusan peserta didik.
– Mengulas sedikit tentang materi yang telah diajarkan sebelumnya.
– Memberikan sedikit motifasi, dan
– Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.
Kegiatan penutup dilakukan dengan rangkaian :
– Peserta didik mengerjakan lembar evaluasi/LKPD yang dibagikan oleh guru.
– Guru membimbing peserta didik dalam mengerjakan lembar evaluasi.
– Guru memberikan nilai pada lembar evaluasi
– Peserta didik mengisi lembar refleksi pembelajaran.
– Guru memberikan Apresiasi dan Motivasi kepada peserta didik, dan
– Guru Bersama peserta didik menutup kegiatan dengan doa dan salam.
2. Guru tidak memberikan pertanyaan pematik.
3. Guru kurang memperhatikan kesiapan belajar peserta didiknya.
4. Metode/model pembelajarannya tidak jelas.
5. Tidak disampaikan tujuan pembelajarannya.
6. Guru hanya berdiri di depan saja tidak berkeliling.
7. Tidak diperlihatkan kegiatan diskusi dalam kelompok.
8. Tidak ada kegiatan refleksi di akhir pembelajaran.
Adapun perbaikan yang dapat dilakukan agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan tercapai tujuan pembelajarannya adalah sebagai berikut :
1. Guru merancang rencana perbaikan pembelajaran dengan metode/model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
2. Menyiapkan media pembelajaran yang lebih menarik seperti membuat jam dari kardus/sterofom. Bisa juga dengan menggunakan media digital seperti membuat jam di aplikasi canva di tampilkan menggunakan proyektor.
3. Menyiapkan lembar kerja perkelompok dan lembar evaluasi.
4. Guru lebih memperhatikan kesiapan peserta didik dalam belajar.
5. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan sintak metode pembelajaran yang digunakan.
6. Di akhir pembelajaran mengadakan kegiatan refleksi.
Nama:inmas budiarti
NIM: 856619768
UPBJJ: Jambi
Analisis video pembelajaran
kekurangan :
Kurangnya pelatihan bagi guru untuk menerapkan inovasi ini secara efektif. Selain itu, tidak semua sekolah memiliki akses yang sama terhadap teknologi yang diperlukan. Musik terlalu keras, Tidak ada moderator yang menyampaikan materi, Tampilan-tampilan materi berpindah terlalu cepat, Kurang ada improvisasi materi.
Kelebihan :
Meningkatkan keterlibatan siswa dan membuat pembelajaran lebih interaktif. Anak-anak pasti akan lebih antusias belajar dengan metode yang kreatif seperti ini. video pembelajaran dapat membantu siswa memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru ,mempermudah guru dalam kegiatan belajar mengajar serta dapat menarik minat anak untuk belajar.
Saran
Pelatihan atau workshop untuk guru agar mereka lebih siap dalam menerapkan inovasi ini. Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa semua sekolah, terutama di daerah terpencil, mendapatkan akses yang memadai untuk mendukung pembelajaran inovatif ini. Selain membuat editan video yang menarik dan unik, pertimbangkan juga untuk: Menyampaikan materi secara struktural dan terperinci,
Memanfaatkan video pembelajaran untuk membantu siswa memahami topik
Nama : Reka Mustika Rama
NIM : 860200548
1. Judul Video
Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah
2. Ringkasan isi video
Video ini menayangkan situasi pembelajaran di kelas pada kegiatan ini dan kegiatan pentup pembelajaran. Guru menjelaskan materi tentang waktu.
3. Kelebihan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran sudah cukup baik dilihat dari siswa yang bersemangat menjawab pertanyaan guru. Pembuatan visualisasi jam meningkatkan pemahaman siswa mengenai cara membaca jam. Kegiatan membaca jam yang dikaitkan dengan aktivitas sehari-hari bisa membuat siswa lebih cepat paham karena mereka sudah terbiasa dengan aktivitas itu sehingga mudah menunjukkan jam di aktivitas yang mereka lakukan.
4. Kelemahan Pembelajaran
Dari video yang saya amati pembelajaran langsung ke kegiatan intinya, yang mana seharusnya dalam kegiatan pembelajaran itu harus ada kegiatan pembuka terlebih dahulu yaitu mengucapkan salam, berdoa sebelum belajar, mengecek kehadiran siswa, serta memberikan apersepsi. Siswa diminta duduk berkelompok tapi tidak ada tugas yang harus dikerjakan secara berkelompok, siswa pun ke depan itu menuliskan aktivitasnya sendiri tidak ada kaitannya dengan berkelompok. Di akhir kegiatan inti guru tidak memberikan penguatan tentang manfaat bisa membaca jam dalam kehidupan sehari-hari.
nama: fitriyah rosyidah
nim: 857608553
upbjj: purwokerto
Dari video ini, saya belajar beberapa hal penting sebagai calon pendidik:
– Pembelajaran harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif anak,
– Penggunaan media visual sangat efektif untuk siswa usia dini,
– Mengaitkan materi dengan kehidupan nyata membuat pelajaran lebih bermakna,
– Dan partisipasi aktif siswa harus menjadi bagian dari proses pembelajaran.
Nama Mahasiswa : Resa Adinda
1. Adapun reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu
Anak – anak berperan dengan aktif dan mampu memahami instruksi yang diberikan guru dengan baik dengan membentuk kelompok pembelajaran. Selain itu anak – anak juga dapat menjawab gambar yang diberikan guru. Dengan menyebutkan aktifitas yang ada digambar.
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya kurangnya langkah langkah pembelajaran yang sesuai seperti pendahuluan, isi, penutup pada saat melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Guru kurang memahami situasi maupun kondisi kelas. Guru seharusnya membuka pembelajaran dengan menanyakan kabar siswa, memimpin do’a, mengajak siswa literasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran ( TP ) yang akan dilaksanakan, mengaitkan pembelajaran minggu lalu dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Adapun kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video menurut saya guru menggunakan alat peraga berupa gambar yang berisi aktifitas , guru juga dapat mengajak siswa untuk berani kedepan.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran menurut saya tidak ada.
5. Upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan yaitu mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan melihat 3 point yaitu pendahuluan, isi dan penutup. Selain itu kita juga harus menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran yang akan kita laksanakan.Kita juga harus memahami kondisi kelas agar dapat menciptakan suasana belajar yang aktif , kondusif.
Nama Mahasiswa : Resa Adinda
NIM : 856026889
Video 1 : Matematika Kelas II SD Inovasi Pembelajaran di kelas Rendah
1. Adapun reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu
Anak – anak berperan dengan aktif dan mampu memahami instruksi yang diberikan guru dengan baik dengan membentuk kelompok pembelajaran. Selain itu anak – anak juga dapat menjawab gambar yang diberikan guru. Dengan menyebutkan aktifitas yang ada digambar.
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya kurangnya langkah langkah pembelajaran yang sesuai seperti pendahuluan, isi, penutup pada saat melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Guru kurang memahami situasi maupun kondisi kelas. Guru seharusnya membuka pembelajaran dengan menanyakan kabar siswa, memimpin do’a, mengajak siswa literasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran ( TP ) yang akan dilaksanakan, mengaitkan pembelajaran minggu lalu dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Adapun kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video menurut saya guru menggunakan alat peraga berupa gambar yang berisi aktifitas , guru juga dapat mengajak siswa untuk berani kedepan.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran menurut saya tidak ada.
5. Upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan yaitu mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan melihat 3 point yaitu pendahuluan, isi dan penutup. Selain itu kita juga harus menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran yang akan kita laksanakan.Kita juga harus memahami kondisi kelas agar dapat menciptakan suasana belajar yang aktif , kondusif.
Video 1 : Matematika Kelas II SD Inovasi Pembelajaran di kelas Rendah
NAMA MAHASISWA : MARIANUS JAKA HERNANDES MANIK
NIM : 856020405
1. Dapat kita lihat dari video Matematika Kelas II SD Inovasi Pembelajaran di kelas Rendah
reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, siswa mampu memahami instruksi yang diberikan guru dengan baik sehingga dapat berperan aktif dalam pembelajaran, siswa juga mampu membentuk kelompok belajar ketika guru. Siswa juga dapat menjawab gambar yang diberikan guru dengan media pembelajaran yang tersedia.Guru memberikan arahan kepada siswa agar mengerjakan tugas yang diberikan sesuai dengan aktifitas siswa mulai bangun tidur, makan, mandi.
2. Adapun kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran, guru kurang menguasai langkah langkah pembelajaran seperti kita lihat seharusnya guru membuka pembelajaran dengan menanyakan kabar siswa, memimpin do’a, mengajak siswa literasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran ( TP ) yang akan dilaksanakan, mengaitkan pembelajaran minggu lalu dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru kurang memahami situasi maupun kondisi kelas. Guru seharusnya membuka pembelajaran dengan menanyakan kabar siswa, memimpin do’a, literasi, menyampaikan tujuan pembelajaran ( TP ) yang akan dilaksanakan setelah itu mengaitkan pembelajaran minggu lalu dengan pembelajaran yang berlangsung.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran guru mampu mengajak siswa untuk berani percaya diri dengan menjawab soal yang diberikan. Sehingga siswa termotivasi. Guru menggunakan alat peraga berupa gambar aktifitas siswa seperti bangu tidur, mandi,dll.
4. Adapun hal-hal unik dalam video tersebut yang ditemukan saat melaksanakan pembelajaran menurut saya tidak ada.
5. Adapun upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan memperhatikan pendahuluan, isi dan penutup. Menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.Dan selain itu juga memahami kondisi kelas agar dapat menciptakan sua sana belajar yang aktif , kondusif.