silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

295 Comments

  1. Nama : Dina Marthalia
    Nim. : 856807574
    Prodi. : PGSD
    Pokjar. :Curup
    Izin menanggapi
    Menurup pendapat saya dalam proses pembelajaran ada beberapa kelebihan guru antara lain:
    1. Guru sudahenggunakan media sederhana berupa media gambar
    2. Guru sudah menggunakan metode diskusi dengan membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil
    3. Guru sudah memberikan tuhas individu

    Didalam proses pembelajaran juga ada beberapa kelemahan/kekuranngan guru antara lain:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti memberi salam,berdoa,mengabsen siswa dan menjelaskan tujuan
    2. Guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu tetapi langsung membuat kelompok dan mengerjakan tugas

  2. NAMA : DWI YULIANTI SAPUTRI
    NIM : 858782827

    Menurut saya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan didalam proses pembelajaran pada video diatas, sebagai berikut:

    Kelebihan:
    1. Penyampaian dan contoh yang diberikan oleh guru mudah dipahami oleh siswa
    2. Pembagian siswa dalam sebuah kelompok meningkatkan antusias belajar siswa
    3. Penggunaan media gambar yang dilakukan oleh guru mampu menarik perhatian siswa sehingga siswa lebih mudah dalam memahami pelajaran yang diberikan
    4. Guru mampu melibatkan siswa dalam penyelesaian soal sehingga terjadi hubungan timbal balik yang menyenangkan

    Kekurangan:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan baik, artinya tanpa ada kegiatan doa,
    mengecek kehadiran siswa, kegiatan apersepsi, dan penyampaian tujuan dari materi tersebut
    2. Pada saat menjelaskan sebaiknya media yang digunakan ukurannya lebih besar sehingga semua siswa dapat menyimak dengan baik, atau guru bisa membagikan 1 per 1 disetiap kelompok agar kelompok yang duduk di belakang bisa melihat gambar dengan jelas.

  3. Nama : Dita Apriani
    Nim : 858035582
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Kubu Raya

    Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah baik , dimana guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik , siswa juga sudah mandiri dengan membuat kelompok sendiri tanpa bantuan guru , hanya saja saat masuk kelas guru tidak ada pembukaan dalam pembelajaran langsung ke materi inti , tidak ada kegiatan apersepsi dimana untuk mengingat kembali materi yang sebelumnya dipelajari ,tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. Media pembelajaran yang di gunakan sebaiknya di berikan satu satu ke siswa sehingga siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan. Proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bisa dibangun dengan menghadirkan media pembelajaran yang menarik

  4. Nama : Dita Apriani
    Nim : 858035582
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Kubu Raya

    Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah baik , dimana guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik , siswa juga sudah mandiri dengan membuat kelompok sendiri tanpa bantuan guru , hanya saja saat masuk kelas guru tidak ada pembukaan dalam pembelajaran langsung ke materi inti , tidak ada kegiatan apersepsi dimana untuk mengingat kembali materi yang sebelumnya dipelajari ,tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. Media pembelajaran yang di gunakan sebaiknya di berikan satu satu ke siswa sehingga siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan.

  5. Nama : Dita Apriani
    Nim : 858035582
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Kubu Raya

    Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah baik , dimana guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik , siswa juga sudah mandiri dengan membuat kelompok sendiri tanpa bantuan guru , hanya saja saat masuk kelas guru tidak ada pembukaan dalam pembelajaran langsung ke materi inti , tidak ada kegiatan dimana untuk mengingat kembali materi yang sebelumnya dipelajari ,tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. Media pembelajaran yang di gunakan sebaiknya di berikan satu satu ke siswa sehingga siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan.

  6. Nama : Haryati Miranti
    Nim : 856456228
    Assalamualaikum wr wb
    Menurut saya dari pembelajaran ini, dari awal pembukaan pembelajaran kurang karena tidak ada pengabsenan anak dan langsung ke materi pelajaran.
    Kemudian saat proses penyampaian materi sudah bagus karena memaparkan dengan media pembelajaran dan juga dijelaskan sesuai dengan jam anak bangun tidur, mandi, berangkat ke sekolah, dll. Lalu anak diajak aktif pada saat penyampaian materi pembelajaran.
    Untuk penutup juga sudah bagus.

  7. Pada tayangan video di atas sudah mulai baik oemanfaatan media pembelajaran, namun langkah2 utama belum lengkap dan penguasaan kelas juga masih perlu diperbaiki, karena terlihat konsentrasi beberapa anak masih terpecah dan ada masih bercerita dengan teman sebangkunya

  8. NAMA : ERMAWATI
    NIM : 857810299
    PRODI : PGSD

    Menurut pendapat saya vidio tersebut guru mengajarkan kurang menarik dan lebih kepasif sianak pintar akan maju terlebih dahulu dan tidak adanya kerjasama diantara mereka .
    untuk pembelajarannya kurang menarik,misal membawa jam dinding langsung maka akan lebih menarik dan praktek langsung.
    sekian dan terimakasih

  9. Nama : Ika Ruswati
    NIM : 858419493
    Pokjar : SALUT
    UPBJJ : SAMARINDA
    Prodi : FKIP (PGSD 118)

    Dari video yang ditampilkan dapat di simpulkan bahwa:
    1. Kelebihan:
    Untuk kegiatan pendahuluan yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kesiapan belajar sudah dilakukan dengan kegiatan menggunakan media pembelajaran. Pada kegiatan inti pembelajaran yang melibatkan siswa,guru sudah melakukan dengan meminta siswa mengisi soal pada papan tulis. Materi yang disampaikan jelas. Tanggapan siswa terhadap bahan ajar sesuai dengan kemampuan siswa. Respon siswa terhadap media pembelajaran mempermudah siswa. Dari pemaparan pada vieo yang dilakukan terlihat bahwa siswa dapat menangkap penjelasan yang diberikan

    2. Kelemahan:
    dari video tersebut, hal yang menjadi kekurangan adalah media belajar atau alat peraga yang kurang memadai. untuk cakupan kelompok besar media yang bisa digunakan setidaknya dapat di nikmati oleh seluruh siswa. Namun pada video media yang digunakan masih belum bisa di nikmati oleh siswa. Dalam hal ini guru bisa mengganti media gambar di kertas dengan menggunakan proyeksi atau video atau menampilkan foto di depan kelas agar semua siswa bisa memahami. Sedangkan penggunaaan media belajar berupa print out gambar,seharus nya bisa di berikan pada tiap kelompok.

  10. Nama : Apriyana Panca Wardani
    NIM : 857610431
    Prodi : PGSD BI

    Menurut saya Kegiatan Pembelajaran diatas sudah bagus hanya saja Kegiatan Pendahuluan tidak terlihat seperti Mengecek kehadiran siswa, berdoa, pengaitan materi dan penyampaian tujuan pembelajaran.
    Pembentukan kelompok bagus tidak terjadi kegaduhan karena semua siswa sudah tahu masing masing kelompoknya. namun, penggunaan kelompok kecil tersebut tidak begitu bermanfaat karena tak ada kegiatan dalam kelompok, setelah guru menjelaksan materi pelajaranpun anak diminta maju satu satu mewakili kelompoknya namun tak ada diskusi dalam kelompok tersebut hal ini seperti tugas mandiri saja.
    Pada kegiatan akhir tidak ada penguatan materi atau penarikan kesimpulan oleh siswa dan guru sebagai bukti bahwa siswa telah menguasai materi tersebut.

Leave a Reply