silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil. Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa. Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Siswa diharapkan belajar tentang satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Nama Arinda Yefa Pratiwi
NIM 856259745
UPBJJ Padang
Pokjar V Kaum
Berdasarkan video yang saya tonton, pembelajaran tentang satuan waktu di kelas rendah yang diajarkan oleh Guru tersebut sudah sesuai dan menarik, dengan menggunakan media yaitu jam. Dengan percontohan penunjukan arah jarum jam panjang dan arah jarum pendek sehingga peserta didik dapat melihat dan membayangkan serta menunjukkan jam berapa aktivitas yang dilakukan kesehariannya, seperti bangun tidur, mandi, sholat, makan, berangkat ke sekolah, pulang sekolah, dan lain-lain. Dari proses pembelajaran, Guru membuat kelompok yang melibatkan keaktifan peserta didik agar semuanya mengetahui tentang materi satuan waktu. Peserta didik diminta maju ke depan kelas untuk menunjukkan jam yang diilustrasikan dalam cerita pada kertas yang dibagikan sehingga peserta didik paham arah penunjukan jarum panjang dan jarum pendek, dan dapat membayangkan sendiri arah penunjukan satuan waktu jam, menit,detik.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Nama: Yusrawati
NIM : 855829348
PRODI : S1PGSD
Pokja : 1 Langsa
UPBJ : Banda Aceh
Analisis vidio pembelajaran
Menurut pendapat saya kegiatan pembelajaran pada vidio tersebut sudah baik, penyampaian materi mudah difahami dengan menggunakan gambar pada papan tulis sebagai media praktek,
Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu tentang cara membuka dan menutup pelajaran masih kurang maksimal, cara duduk siswa secara berkelompok juga membuat sebagian siswa susah untuk melihat ke papan tulis, serta penguasaan kelas yang masih kurang maksimal, karena masih ada siswa yang tidak memperhatikan pelajaran.
Nama : Rosa Indah Saputri
Nim : 857704007
Prodi : PGSD
UPBJJ : Semarang Pokjar Kedungwuni Pekalongan
Izin menanggapi. menurut saya pembelajaran yang berlangsung dalam vidio tadi pada awal akan memulai pembelajaran kurang menarik minat anak-anak, sebaiknya guru menyampaikan terlebih dahulu pembelajaran yang akan dilakaksanakan dengan manyampaikan sedikit tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Dengan model pembelajaran melalui kelompok dalam kelas menurut saya sangat tepat, karna melalui pembelajaran kelompok siswa dapat berkerjasama dengan teman lain dalam memecahkan masalah, serta dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi.
Dalam proses pembelajaran Matematika yang disampaikan guru tersebut media yang digunakan adalah media gambar yang berisi berbagai aktivitas anak dalam kehidupan sehari-hari disertai keterangan waktu/jam sudah cukup baik. Tugas anak-anak dalam pembelajaran tersebut adalah menentukan waktu yang tepat dengan aktivitas anak. Namun alangkah baiknya agar tiap kelompok diberikan gambar yang disajikan tadi, karna penyampaian media gambar yang terdapat dalam pembelajaran tadi terlalu kecil sehingga tidak terlalu jelas, apalagi untuk anak yang duduk dibelakang, mereka akan susah mengamati aktivitas apa yang terjadi didalam gambar.
Kelebihan dari apa yang disampaikan guru adalah mampu memberikan pengalamab belajar yang bermakna, karna memberikan kesempatan pada anak untuk maju kedepan menentukan arah jarum jam sesuai aktivitas yang terjadi.
Perbaikan pembelajaran yang perlu dilakukan adalah untuk mengakhiri pembelajaran sebaiknya uru memberikan kesempaan pada anak untuk bertanya terkait pembelajaran yang telah disampaikan. Selain itu untuk menyampaikan materi pembelajaran matematika mengenai waktu/jam bisa disajikan kedalam sebuh PPT yang ditampilakn melalui proyektor saya rasa itu lebih efektif. karna anak-anak dapat mengamati pembelajaran dengan lebih jelas.
Nama : Yunita Mutiara Dewi NIM : 8577335577 Prodi : S1 PGSD Menurut saya setelah menyimak video pembelajaran diatas, guru kurang menarik dalam penyampaian materi sehingga siswa terlihat ada yang tidak fokus. Alangkah lebih baik jika guru memberikan contoh yang lebih menarik dan menjelaskan terlebih dahulu agar siswa paham sebelum mengerjakan soal. Media yang digunakan juga kurang memadai sebaiknya semua siswa diberikan media misal per meja 1 agar siswa dapat menyimak dengan baik.
Nama : Sholikhatun
Nim : 857748774
Prodi : PGSD
UPBJJ : Semarang Pokjar Kudus Jawa Tengah
Menurut saya pembelajaran yang berlangsung dalam vidio tadi pada awal pembelajaran sebaiknya guru menyampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang akan di laksanakan.
Model pembelajaran kelompok yang dipilih guru tersebut sudah tepat karena dapat menumbuhkan kerjasama antar anggota kelompok serta adanya komunikasi dalam memecahkan masalah.
Proses penjelasan konsep waktu pada vidio diatas dengan media gambar kegiatan sehari-hari sudah tepat karena siswa akan lebih mudah memahami konsep waktu dengan media gambar tersbut. Namun akan lebih baik jika siswa di berikan cetakan gambar sesuai dengan yang dijelaskan di depan agar siswa lebih jelas dalam melihat gambarnya.
Kelebihan dari apa yang disampaikan guru adalah mampu memberikan pengalamab belajar yang bermakna, karna memberikan kesempatan pada anak untuk maju kedepan menentukan arah jarum jam sesuai aktivitas yang terjadi.
Untuk perbaikan proses pembelajaran diatas, dapat di tutup dengan menampilkan sebuah vidio yang menampilkan kegiatan sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur yang tentunya di sertai waktu kegiatannya agar siswa mengenang lebih dalam atas pembelajaran yang disampaikan guru.
Nama : Sholikhatun
Nim : 857748774
Prodi : PGSD BI
UPBJJ : Semarang Pokjar Kudus Jawa Tengah
Menurut saya pembelajaran yang berlangsung dalam vidio tadi pada awal pembelajaran sebaiknya guru menyampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang akan di laksanakan. Model pembelajaran kelompok yang dipilih guru tersebut sudah tepat karena dapat menumbuhkan kerjasama antar anggota kelompok serta adanya komunikasi dalam memecahkan masalah.
Proses penjelasan konsep waktu pada vidio diatas dengan media gambar kegiatan sehari-hari sudah tepat karena siswa akan lebih mudah memahami konsep waktu dengan media gambar tersbut. Namun akan lebih baik jika siswa di berikan cetakan gambar sesuai dengan yang dijelaskan di depan agar siswa lebih jelas dalam melihat gambarnya.
Kelebihan dari apa yang disampaikan guru adalah mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna, karna memberikan kesempatan pada anak untuk maju kedepan menentukan arah jarum jam sesuai aktivitas yang terjadi. Untuk perbaikan proses pembelajaran diatas, dapat di tutup dengan menampilkan sebuah vidio yang menampilkan kegiatan sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur yang tentunya di sertai waktu kegiatannya agar siswa mengenang lebih dalam atas pembelajaran yang disampaikan guru.
Nama : Sholikhatun
Nim : 857748774
Prodi : PGSD BI
UPBJJ : Semarang Pokjar Kudus Jawa Tengah
Menurut saya pembelajaran yang berlangsung dalam vidio tadi pada awal pembelajaran sebaiknya guru menyampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang akan di laksanakan. Model pembelajaran kelompok yang dipilih guru tersebut sudah tepat karena dapat menumbuhkan kerjasama antar anggota kelompok serta adanya komunikasi dalam memecahkan masalah.
Proses penjelasan konsep waktu pada vidio diatas dengan media gambar kegiatan sehari-hari sudah tepat karena siswa akan lebih mudah memahami konsep waktu dengan media gambar tersbut. Namun akan lebih baik jika siswa di berikan cetakan gambar sesuai dengan yang dijelaskan di depan agar siswa lebih jelas dalam melihat gambarnya.
Kelebihan dari apa yang disampaikan guru adalah mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna, karna memberikan kesempatan pada anak untuk maju kedepan menentukan arah jarum jam sesuai aktivitas yang terjadi.
Untuk perbaikan proses pembelajaran diatas, dapat di tutup dengan menampilkan sebuah vidio yang menampilkan kegiatan sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur yang tentunya di sertai waktu kegiatannya agar siswa mengenang lebih dalam atas pembelajaran yang disampaikan guru
Nama : Wilsa Agustriani
NIM : 856253167
Prodi : PGSD BI
Berdasarkan video diatas pembelajaran yang disampikan oleh guru sudah menarik dan menggunakan media yang sesuai yaitu jam. Tetapi akan lebih baik jika guru menggunakan media yang nyata sehingga siswa lebih tertarik dan semangat mengikuti pembelajaran. Tidak hanya itu siswa juga akan mengingat dan bisa mengaplikasikan pembelajaran yang disampaikan guru setelah sampai dirumah.
Selain itu akan lebih baik jika ada tugas kelompok, sehingga setiap siswa mempunyai kesempatan untuk maju kedepan kelas untuk mempresentasikan tugas kelompok dan tidak menutup kemungkinan siswa dapat mempraktekkan penggunaan jam secara bergantian sesuai dengan kelompoknya.
Pada kegiatan akhir sebaiknya guru membuat kesimpulan bersama siswa sehingga pembelajaran terasa menyenangkan dan guru dapat mengetahui apakah siswa sudah menguasai materi yang disampaikan.
Nama : Dedek Darmadi
Nim : 858034036
Prodi : PGSD-S1
Menurut pendapat saya apa yang dilakukan oleh ibu guru sudah baik dalam proses pembelajaran berlangsung, cuman ada beberapa kekurangan yaitu:
1 Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti memberi salam,berdoa,mengabsen siswa dan menjelaskan tujuan
2. Guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu tetapi langsung membuat kelompok dan mengerjakan tugas
3 Tidak ada umpan balik antara guru dengan siswa.
4 Pembelajaran tidak ditutup
Nama : Reza Pratiwi Prabandari
NIM : 857756227
Prodi : PGSD BI
Penjelasan di video di atas yaitu bagaimana cara untuk menghidupkan suasana di kelas rendah yang sering kali anak-anak sulit untuk langsung mengerti pembelajaran terkhusus matematika. Dalam video di atas dijelaskan tentang bagaimana pembelajaran dapat efektif dan efisien, salah satunya adalah membuat kelompok kecil di dalam kelas untuk selanjutnya anak-anak berdiskusi tentang pertanyaan yang diajukan oleh pengajar dan nantinya anak-anak diminta maju kedepan untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan. kelebihan dari cara ini adalah anak=anak dapat ikut berpartisipasi dalam pembelajaran lebih aktif, namun kekurangannya adalah tidak semua anak dapat aktif untuk menjawab pertanyaan dan maju kedepan untuk menjawab.