silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

293 Comments

  1. NAMA :SALAMAH
    NIM : 858287718

    menurut saya,pembelajaran belum efektif, artinya guru sudah melakukan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Dalam kegiatan pendahuluan, guru hanya mempersiapkan anak dan memberi salam, sebaiknya guru melakukan apersepsi/mengkaitkan dengan materi pelajaran, memberi semangat siswa dengan tepuk-tepuk semangat (kegiatan pra pembelajaran) dan motivasi siswa. Selanjutnya guru harus menerapkan strategi pembelajaran yang menarik agar mudah dimengerti siswa. salah satu strategi yang digunakan adalah penggunaan metode pembelajaran

  2. Nama : Tri hesti S
    Pokjar : Srumbung

    Maaf, izin menanggapi video pembelajaran diatas
    Menurut saya, pembelajaran yang dilakukan diatas kurang efektif dan kurang menarik. Karena langkah pembelajaran yang dilakukan guru diatas kurang lengkap. Adapun langkah pembelajaran yang tidak dilakukan guru tersebut adalah salah satunya apersepsi, yaitu mengulang/mereview kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Agar siswa dapat lebih mudah memahami pembelajaran, maka guru harus melakukan apersepsi agar siswa mengingat materi yang sudah dipelajari juga agar siswa lebih siap untuk melanjutkan materi pembelajaran selanjuynya

  3. Nama : Putri Ana Hasibuan
    NIM : 856020333
    Semester : 6
    Matematika Kelas II SD Inovasi Pembelajaran di kelas Rendah
    1. Adapun reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu
    Anak – anak berperan dengan aktif dan mampu memahami instruksi yang diberikan guru dengan baik dengan membentuk kelompok pembelajaran. Selain itu anak – anak juga dapat menjawab gambar yang diberikan guru. Dengan menyebutkan aktifitas yang ada digambar.

    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya kurangnya langkah langkah pembelajaran yang sesuai seperti pendahuluan, isi, penutup pada saat melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Guru kurang memahami situasi maupun kondisi kelas. Guru seharusnya membuka pembelajaran dengan menanyakan kabar siswa, memimpin do’a, mengajak siswa literasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran ( TP ) yang akan dilaksanakan, mengaitkan pembelajaran minggu lalu dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

    3. Adapun kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video menurut saya guru menggunakan alat peraga berupa gambar yang berisi aktifitas , guru juga dapat mengajak siswa untuk berani kedepan.

    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran menurut saya tidak ada.

    5. Upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan yaitu mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan melihat 3 point yaitu pendahuluan, isi dan penutup. Selain itu kita juga harus menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran yang akan kita laksanakan.Kita juga harus memahami kondisi kelas agar dapat menciptakan suasana belajar yang aktif , kondusif.

  4. NAMA MAHASISWA : PUTRI ANI HASIBUAN
    NIM : 856020358
    UPBJJ-UT : MEDAN

    VIDEO INOVASI PEMBELAJARAN DIKELAS RENDAH
    1. Dapat kita lihat dari video Matematika Kelas II SD Inovasi Pembelajaran di kelas Rendah
    reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, siswa mampu memahami instruksi yang diberikan guru dengan baik sehingga dapat berperan aktif dalam pembelajaran, siswa juga mampu membentuk kelompok belajar ketika guru. Siswa juga dapat menjawab gambar yang diberikan guru dengan media pembelajaran yang tersedia.Guru memberikan arahan kepada siswa agar mengerjakan tugas yang diberikan sesuai dengan aktifitas siswa mulai bangun tidur, makan, mandi.

    2. Adapun kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran, guru kurang menguasai langkah langkah pembelajaran seperti kita lihat seharusnya guru membuka pembelajaran dengan menanyakan kabar siswa, memimpin do’a, mengajak siswa literasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran ( TP ) yang akan dilaksanakan, mengaitkan pembelajaran minggu lalu dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru kurang memahami situasi maupun kondisi kelas. Guru seharusnya membuka pembelajaran dengan menanyakan kabar siswa, memimpin do’a, literasi, menyampaikan tujuan pembelajaran ( TP ) yang akan dilaksanakan setelah itu mengaitkan pembelajaran minggu lalu dengan pembelajaran yang berlangsung.

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran guru mampu mengajak siswa untuk berani percaya diri dengan menjawab soal yang diberikan. Sehingga siswa termotivasi. Guru menggunakan alat peraga berupa gambar aktifitas siswa seperti bangu tidur, mandi,dll.

    4. Adapun hal-hal unik dalam video tersebut yang ditemukan saat melaksanakan pembelajaran menurut saya tidak ada.

    5. Adapun upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan memperhatikan pendahuluan, isi dan penutup. Menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.Dan selain itu juga memahami kondisi kelas agar dapat menciptakan suasana belajar yang aktif , kondusif.

  5. menurut saya, pembelajaran yang ada dalam video tersebut belum efektif, Dalam kegiatan pendahuluan, guru hanya mempersiapkan anak dan memberi salam, seharusnya guru melakukan apersepsi/mengkaitkan dengan materi pelajaran yang sebelumnya sehingga siswa dapat memahami kelanjutan dari kegiatan pembelajaran sebalumnya karena mungkin ada beberapa siswa kurang paham atau lupa tentang materi yang telah guru ajarkan sebelumnya, memberi semangat siswa dengan tepuk-tepuk semangat (kegiatan pra pembelajaran) dan motivasi siswa agar siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Selanjutnya guru harus menerapkan strategi pembelajaran yang menarik dan efektif sehingga lebih mudah dimengerti siswa. salah satu strategi yang digunakan adalah penggunaan metode pembelajaran, metode pembelajaran sangat penting karena dapat menentukan apakah metode tersebut dapat berjalan dengan baik sehingga pembelajaran atau materi yang diajarkan dapat mudah dipahami oleh siswa.

  6. Nama Syahri Ramadhani
    Nim 856022448
    UPBJJ-UT medan

    1. Pembelajaran Yang ada di video tersebut kurang afektif seharusnya guru melakukan kegiatan awal,melakukan apersepsi,agar siswa dapat memahami kelanjutan pelajaran sebelumnya,guru dapat membentuk kelompok belajar,siswa dapat menjawab gambar yang diberikan guru dalam pembelajaran yang tersedia,guru membimbing siswa,sehingga siswa percaya diri dalam mengerjakan tugas.

    2. Kelemahannya dalam melakukan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak sesuai dengan RPP. Seharunya guru membuka pelajaran dengan kegiatan awal,inti dan akhir.

    3. Kelebihan dalam melakukan pembelajaran,guru mampu mengajak siswa untuk percaya diri dalam menjawab soal,guru mampu memberikan alat peraga dan disesuaikan dengan siswa sehari-hari.

    4. Hal unik siswa dapat membedakan waktu mandi,sarapan,bangun tidur dengan jujur

    5. Rencana perbaikan dalam Vidio yaitu dalam melakukan kegiatan pembelajaran,guru harus mengikutinya langkah langkah pembelajaran dalam RPP, dalam pengerjaan soal atau tugas sebaiknya setiap kelompok dibelikan alat peraga jangan hanya dipapan tulis saja.

  7. Nama Syahri Ramadhani
    Nim 856022448
    UPBJJ-UT medan

    1. Pembelajaran Yang ada di video tersebut kurang afektif seharusnya guru melakukan kegiatan awal,melakukan apersepsi,agar siswa dapat memahami kelanjutan pelajaran sebelumnya,guru dapat membentuk kelompok belajar,siswa dapat menjawab gambar yang diberikan guru dalam pembelajaran yang tersedia,guru membimbing siswa,sehingga siswa percaya diri dalam mengerjakan tugas.

    2. Kelemahannya dalam melakukan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak sesuai dengan RPP. Seharunya guru membuka pelajaran dengan kegiatan awal,inti dan akhir.

    3. Kelebihan dalam melakukan pembelajaran,guru mampu mengajak siswa untuk percaya diri dalam menjawab soal,guru mampu memberikan alat peraga dan disesuaikan dengan siswa sehari-hari.

    4. Hal unik siswa dapat membedakan waktu mandi,sarapan,bangun tidur dengan jujur

    5. Rencana perbaikan dalam Vidio yaitu dalam melakukan kegiatan pembelajaran,guru harus mengikutinya langkah langkah pembelajaran dalam RPP, dalam pengerjaan soal atau tugas sebaiknya setiap kelompok dibelikan alat peraga jangan hanya dipapan tulis saja.

  8. mohon ijin ikut berdiskusi ..
    menurut saya membuka pembelajaran belum menarik dan belum mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. pembagian kelompok juga tidak efektif karena tidak ada tugas yang bisa dikerjakan bersama kelompok dan keaktifan siswa belum tampak saat pemeblaajran berlangsung. sedangkan pada penutup pembelajaran, guru belum memberikan penguatan kepada siswa terkait dengan materi pembelajaran.

  9. 3. Kelemahan video :
     Pada awal memulai kegiatan pembelajaran guru tersebut tidak begitu menarik perhatian siswa, sehingga walaupun ada respon dari beberapa anak tetapi masih banyak anak yang diam saja dan tidak memberi respon, seharusnya pada saat menjelaskan materi tentang jam guru tersebut dapat memilih media pembelajaran yang menarik,sehingga anak-anak tersebut tertarik dan semangat untuk mengikuti pelajaran.
     Pada video tersebut tidak terlihat adanya apersepsi atau pemberian motivasi kepada peserta didik.
     Dalam video tersebut juga tidak terlihat adanya penyampaian tujuan pembelajaran, padahal hal tersebut sangat penting dalam suatu kegiatan pembelajaran.
     Kurang nya penjelasan yang diberikan oleh guru tersebut, sehingga memungkinkan banyaknya anak yang tidak paham materi yang diajarkan.
    4. Kelebihan video :
     Penyampaian materi sudah bagus, hal in terlihat dari adanya respon peserta didik terhadap pertanyaan yang diajukan oleh guru tersebut.
     Dengan adanya kerja kelompok membuat anak-anak merasa tidak bosan belajar.
     Guru tersebut sudah menggunakan media pembelajaran walaupun belum maksimal.
     Pada bagian akhir guru tersebut sudah memberikan apresiasi terhadap hasil belajar peserta didik dan memberikan tugas kepada mereka untuk menguji pemahaman mereka.
    5. Hal unik :
     Hal unik yang saya lihat dari video tersebut adalah dimana usia mereka yang masih terbilang masih kecil mereka sudah mampu bekerja secara kelompok dan membentuk secara langsung.
     Antusis mereka ketika menjawab pertanyaan yang diberikan gurunya
     Keberanian mereka untuk maju kedepan mengerjakan soal secara langsung.
    6. Rencana perbaikan :
     Kegiatan pendahuluan pembelajaran harus dilakukan secara maksimal agar semangat belajar peserta didik semakin bertambah.
     Media pembelajaran yang digunakan hendaknya berupa benda yang konkret sehingga dapat dilihat langsung oleh peserta didik

  10. nama : supriani tampubolon
    nim : 856041147
    prodi: S1-PGSD
    Kelemahan video :
     Pada awal memulai kegiatan pembelajaran guru tersebut tidak begitu menarik perhatian siswa, sehingga walaupun ada respon dari beberapa anak tetapi masih banyak anak yang diam saja dan tidak memberi respon, seharusnya pada saat menjelaskan materi tentang jam guru tersebut dapat memilih media pembelajaran yang menarik,sehingga anak-anak tersebut tertarik dan semangat untuk mengikuti pelajaran.
     Pada video tersebut tidak terlihat adanya apersepsi atau pemberian motivasi kepada peserta didik.
     Dalam video tersebut juga tidak terlihat adanya penyampaian tujuan pembelajaran, padahal hal tersebut sangat penting dalam suatu kegiatan pembelajaran.
     Kurang nya penjelasan yang diberikan oleh guru tersebut, sehingga memungkinkan banyaknya anak yang tidak paham materi yang diajarkan.
    Kelebihan video :
     Penyampaian materi sudah bagus, hal in terlihat dari adanya respon peserta didik terhadap pertanyaan yang diajukan oleh guru tersebut.
     Dengan adanya kerja kelompok membuat anak-anak merasa tidak bosan belajar.
     Guru tersebut sudah menggunakan media pembelajaran walaupun belum maksimal.
     Pada bagian akhir guru tersebut sudah memberikan apresiasi terhadap hasil belajar peserta didik dan memberikan tugas kepada mereka untuk menguji pemahaman mereka.
    Hal unik :
     Hal unik yang saya lihat dari video tersebut adalah dimana usia mereka yang masih terbilang masih kecil mereka sudah mampu bekerja secara kelompok dan membentuk secara langsung.
     Antusis mereka ketika menjawab pertanyaan yang diberikan gurunya
     Keberanian mereka untuk maju kedepan mengerjakan soal secara langsung.
    Rencana perbaikan :
     Kegiatan pendahuluan pembelajaran harus dilakukan secara maksimal agar semangat belajar peserta didik semakin bertambah.
     Media pembelajaran yang digunakan hendaknya berupa benda yang konkret sehingga dapat dilihat langsung oleh peserta didik

Leave a Reply