silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
pengalaman saya dalam mengajar ketika memberikan materi tentang kenampakan alam, saya selalu memberikan hal-hal diseputar sekolahan. kebetulan lokasi sekolah berada di tengah persawahan, namun sekarang sudah banyak pembangunan. meskipun demikan suasana di sekolah masih tetap asri , dimana di sekitar sekolah ada sawah, kebun, kolam, sungai besar, jembatan dan pegunungan. bahakan adan bendungan.
ketika memberikan materi ini, saya membiarkan anak megeksplor sendiri tentang kenampakan alam yang mereka lihat. tentunya sambil mengawasi, karena kuatir ada yg terpeleset ke kolam.
sebelumya saya menjadikan anak-anak saya ini menjadi 4 kelompok, dimana satu kelompok terdiri dari 5 orang.
alhamdullilah, dimateri ini saya tidak terlalu banyak kesulitan dalam menjelaskan. karena semuamya sudah tersedia. anak-anak hanya tinggal diskusi saja ketika saya memberikan tugas dan beberapa pertayaan.
Materi Kenampakan Alam pada pembelajaran IPS ini merupakan materi yang cukup ringan bagi siswa, karena tujuan materi ini yaitu agar para siswa dapat mengetahui kenampakan alam alami dan kenampakan alam buatan yang ada pada suatu daerah, yang mana itu akan menjadi ciri khas dari suatu daerah tersebut.
Pada vidio tadi ditampilkan bahwa ada seorang guru yang meminta siswanya untuk menuliskan kenampakan alam pada negara mesir. akan tetapi, guru tadi belum menjelaskan apa yang dimaksud dengan kenampakan alam dan belum memberikan contoh yang konkret seperti apa kenampakan alam alami dan kenampakan alam buatan tersebut. akhirnya siswa hanya dapat menuliskan yang nampak pada peta yang di tunjukkan oleh guru.
Pembelajaran tentang kenampakan alam ini akan lebih baik dimulai dengan memberikan contoh konkretnya, bisa dimulai dengan mengajak siswa berjalan keluar kelas, melihat kenampakan yang ada disekitar sekolah. kemudian, guru mengajak siswa berdiskusi tentang apa saja yang siswa lihat diluar kelas. setelah siswa paham maka guru bisa menunjukkan vidio kenampakan alam yang ada di Indonesia, setelah guru bisa memutarkan vidio kenampakan alam di negara mesir. dan sebagai bahan evaluasi guru meminta siswa menuliskan kenampakan alam apa saja yang dilihatnya di dalam vidio tersebut.
Setelah menyimak vidio kenampakan alam pada pelajaran IPS tersebut, pak guru memberikan contoh negara mesir, yang mana siswa sendiri belum pernah pergi ke mesir dan hanya melihat dari foto saja. Seharusnya pak guru memberikan contoh kenampakan alam yang dekat dengan anak, diajak anak keluar untuk melihat secara langsung dan saya rasa pelajaran yang melibatkan anak secara langsung dan nyata itu lebih bermakna dan berkesan pada anak.
Setelah adanya evaluasi dari vidio ini pak guru sudah memberikan contoh yang nyata dan dekat sengan anak, yang mana pak guru meminta anak untuk menyebutkan kenampakan alam apa saja yang anak temukan saat anak pergi liburan dan itu lebih bagus dan nyata karena anak melihat secara langsung kenampakan alam yg ditemukan. Dalam pembelajarannya pun sudah sesuai dengan kurikulu.
Dalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya, dalam tanggapan saya:
– Analisis kekurangan video
1). Guru tidak mengelola kelas dengan baik dan tidak menggunakan apersepsi
2). Guru menyampaikan materi dengan mengambil contoh kenampakan alam yang kurang familiar terhadap pandangan anak.
– Analisis kelebihan video
1). Guru selalu mengajak siswa untuk aktif dalam kelas
2). Guru menggunakan alat peraga
– Alternatif pemecahan masalah
1). Hendaknya guru mengajarkan gejala alam yang ada dilingkungan sekitar.
2). Guru menggunakan alat peraga berupa kenampakan alam
Nama : David Tarico
NIM : 856807718
Prodi : PGSD
1. pada kegiatan pendahuluan pembelajaran sebaiknya guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan menyapa peserta didik sehingga terjalin hubungan timbal balik antar siswa, dan guru mesti mengecek kehadiran siswa dan mengaitkan pembelajaran dengan pembelajaran yang kemarin.
2. dalam pembelajaran kenampakan alam sebaiknya guru menggunakan media gambar yang ada disekitar siswa, seperti daerah yang terdekat dengan siswa dan daerah yang kemungkinan diketahui oleh siswa sehingga pembelajaran menjadi mudah dipahami oleh siswa. kemudian guru harus memotivasi siswa dalam pembelajaran sehingga siswa bisan berperan aktif pada saat pembelajaran berlangsung. dan juga guru harus memberi penghargaan kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan salah satunya dengan memberi tepuk tangan.
3. kemudian perlunya kegiatan penutup yang dilakukan oleh guru, dimana guru membahas kembali pembelajaran yang telah dilakukan dengan memberi penguatan kepada siswa terhadap apa yang belum mereka ketahui dan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan dan memotivasi siswa untuk selalu bersemangat dalam belajar serta guru bisa memberikan pekerjaan rumah kepada siswa. meutup pembelajaran dengan salam
Nama : SYAHRANI WULANDARI
Nim : 856454872
Prodi : PGSD
UPBJJ UT PEKANBARU
Menurut pendapat saya setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut, seharusnya guru menjelaskan materi penampakan alam yang ada dilingkungan sekitar sekolah atau lingkungan di Provinsi sekolah tersebut. Media pembelajaran seperti peta juga penting dalam menjelaskan materi penampakan alam. Namun, sebelum meminta anak untuk mengamati penampakan alam buatan dan penampakam alam alami, guru terlebih dahulu menjelaskan simbol-simbol penampakan alam pada peta seperti berikut ini :
1. Daratan disimbolkan warna hitam.
2. Laut disimbolkan warna biru.
3. Dataran rendah disimbolkan warna hijau.
4. Pegunungan atau perbukitan disimbolkan warna kuning, coklat muda hingga coklat tua.
5. Sungai disimbolkan garis memanjang.
6. Rawa disimbolkan garis putus-putus sejajar berwarna hitam dengan biru muda.
7. Jalan raya disimbolkan garis sejajar yang berliku-liku.
Dan masih banyak lagi simbol-simbol penampakan alam pada peta. Dengan memberikan pengertian tersebut terlebih dahulu maka siswa akan lebih memahami materi penampakan alam dengan mengamati gambar pada media pembelajaran seperti peta yang digunakan guru.
Nama : Nesia Resyta Putri
Nim : 858815878
Prodi : PGSD
Berdasarkan video di atas, penyampaian materi Kenampakan Alam ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya :
1. Pendidik tidak melakukan pembuka pembelajaran langsung pada materi pembelajaran.
2. Pendidik tidak memberikan materi yang akan dipelajari secara ringkas langsung pada materi intinya.
3. Pendidik sudah inovatif dengan menggunakan alat peraga gambar tabung gambar yang ditampilkan terlalu kecil untuk anak yang duduk paling belakang, namun menurut saya lebih baik media alat peraga dapat disebutkan adalah kenampakan alam yang ada di sekitar sekolah.
4. Pendidik tidak melakukan kegiatan penutup seperti mengulangi apa saja materi yang yang telah dipelajari hari ini.
Laporan Analisis Permasalahan Pembelajaran
Nama : Kadek Sri Sangkutini
NIM : 859011547
Prodi : S1 PGSD
Analisi Permasalahan Pembelajaran Pada Vidio Tersebut Adalah :
1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan yaitu mengucapkan salam, berdoa bersama, menanyakan kabar, melakukan absensi, Guru memberikan apersepsi kepada siswa menanyakan pembelajaran sebelumnya. Selanjutnya guru menyampaikan pembelajaran hari ini, tujuan pembelajaran serta manfaar pembelajaran hari ini.
2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru seharusnya menggunakan media pembelajaran berupa gambar yang ada di lingkungan sekitar yang kemungkinan diketahui oleh siswa sehingga pembelajaran lebih mudah di pahami oleh siswa, dengan bantuan lain seperti media LCD proyektor guru menampilkan gambar dan melakukan tanya jawab dengan siswa tentang gambar tersebut Kegiatan selanjutnya guru membagikan LKPD (lembar kerja peserta didik) yang sebelumnya sudah disiapkan oleh guru. selanjutnya guru harus memotivasi siswa dalam pembelajaran sehingga siswa bisa lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung. dan guru juga harus memberi penghargaan kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan salah satunya dengan memberi tepuk tangan.
3. Kemudian adanyan kegiatan penutup guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Guru juga memberikan penguatan dan evaluasi kepada siswa. Selanjutnya guru memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah dan pembelajaran diakhiri dengan berdoa bersama serta salam penutup.
Nama : Defy Apriani
Nim : 856444366
Pokjar : Pelalawan
Dalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya, dalam tanggapan saya:
– Analisis kekurangan video
1). Guru tidak mengelola kelas dengan baik dan tidak menggunakan apersepsi
2). Guru menyampaikan materi dengan mengambil contoh kenampakan alam yang kurang familiar terhadap pandangan anak.
– Analisis kelebihan video
1). Guru selalu mengajak siswa untuk aktif dalam kelas
2). Guru menggunakan alat peraga
– Alternatif pemecahan masalah
1). Hendaknya guru mengajarkan gejala alam yang ada dilingkungan sekitar.
2). Guru menggunakan alat peraga berupa kenampakan alam
Dalam vidio tersebut guru masih belum detail menjelaskan penampakan alam dikarenakan menjelaskan materi menggunakan negara lain belum mencapai nalar seorang anak. Sehingga masih banyak anak yang tidak tahu harus mengerjakan aoa,? Seharusnya guru menjelaskan materi tersebut harus di awali dengan lingkungan sekitar. Selain itu guru harus memberi apresiasi kepada siswa agar lebih semangat untuk belajar.