silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

547 Comments

  1. Nama:Sri sumarni
    Nim:855739866
    Prodi:PGSD S1
    UPBJJ: Bandar Lampung
    Pokjar : Sidomulyo
    Matkul :PKM-Semseter 6A

    Izin menanggapi vidio diatas.
    Dari vidio tersebut terlihat anak anak tidak memahami tentang apa yang disampaikan oleh guru tersebut. Dimana guru tidak menjelaskan secara jelas, dan tidak memberikan contoh terlebih dahulu, terlebih siswa tersebut sangat asing dengan peta yang diberikan guru.

    Kelemahan yang dilakukan oleh guru tersebut, guru belum melakukan kegiatan awal saat belajar, guru tersebut tidak melakukan penjelasan dengan baik, malah langsung memberi tugas untuk menulisnya langsung.

    Namun di vidio selanjutnya guru melakukan sebuah gambaran kepada siswa yang membuat siswa menjadi lebih aktif dalam ruang kelas.

    Usaha yang perlu dilakukan guru tersebut adalah menjelaskan dengan jelas dan lengkap materi yang diberikan, memberikan contoh yang mudah dimengerti oleh siswa.

  2. Nama : Maya sari
    Nim : 855864342
    Prodi : PGSD SEMESTER 6
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar : Sei Balai

    Menurut pendapat saya tentang pelajaran tersebut yang telah saya amati ialah seharusnya guru tersebut terlebih dahulu melakukan sebuah orientasi seperti mengucapkan salam atau melakukan sebuah pendekatan terlebih dahulu terhadap siswa bisa disebut dengan ice breaking.
    Nah kemudian guru tersebut harus mengkaitkan dengan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dibahas selanjutnya.
    Dari video yang saya lihat guru tersebut meminta siswanya untuk menjelaskan atau melihat macam-macam kenampakan alam dari negara Mesir padahal muridnya belum memahami isi materi tersebut. sedang bagai siswa tersebut negera Mesir itu sangatlah asing bagi meraka .
    Mereka hanya dapat melihat dari bahan ajar yang dimiliki guru tersebut.
    Alangkah baiknya guru tersebut melakukannya seperti video yang ke dua, yaitu melakukan pendekatan terhadap siswanya terlebih dahulu, kemudian guru tersebut menanyakan siswanya tentang pengalaman siswa nya yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas. kemudian guru tersebut menjelaskan materinya dengan menggunakan media ajar yang sudah di siapkannya secara detail. itu membuat siswanya cepat memahami dan mencerna materi yang dibahas.
    setelah materi tersebut di jelaskan oleh guru tersebut kemungkinan siswa dapat mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan guru tersebut.

  3. Nama:Sri sumarni
    Nim:855739866
    Prodi:PGSD S1
    UPBJJ: Bandar Lampung
    Pokjar : Sidomulyo
    Matkul :PKM-Semseter 6A

    Izin menanggapi vidio diatas.
    Dari vidio tersebut terlihat anak anak tidak memahami tentang apa yang disanpaikan oleh guru tersebut. Dimana guru tidak menjelaskan secara jelas, dan tidak memberikan contoh terlebih dahulu, terlebih siswa tersebut sangat asing dengan peta yang diberikan guru.

    Kelemahan yang dilakukan oleh guru tersebut, guru belum melakukan kegiatan awal saat belajar, guru tersebut tidak melakukan penjelasan dengan baik, malah langsung memberi tugas untuk menulisnya langsung.

    Namun di vidio selanjutnya guru melakukan sebuah gambaran kepada siswa yang membuat siswa menjadi lebih aktif dalam ruang kelas.

    Usaha yang perlu dilakukan guru tersebut adalah menjelaskan dengan jelas dan lengkap materi yang diberikan, memberikan contoh yang mudah dimengerti oleh siswa.

  4. Nama : Maya sari
    Nim : 855864342
    Prodi : PGSD SEMESTER 6
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar : Sei Balai

    Menurut pendapat saya tentang pelajaran tersebut yang telah saya amati ialah seharusnya guru tersebut terlebih dahulu melakukan sebuah orientasi seperti mengucapkan salam atau melakukan sebuah pendekatan terlebih dahulu terhadap siswa bisa disebut dengan ice breaking.
    Dari video yang saya lihat guru sembuh meminta siswanya untuk menjelaskan atau melihat macam-macam kenampakan alam dari negara Mesir padahal murid-muridnya belum memahami isi materi tersebut.
    Negara Mesir tersebut adalah negara yang asing bagi mereka karena salah satunya mereka tidak datang ke lokasinya pernah atau tidak tahu bagaimana keadaan negara tersebut.
    Maka dari itu muridnya merasa sangat bingung untuk mengerjakan tugas yang diperintah oleh guru tersebut.
    Alangkah baiknya guru tersebut melakukan seperti video yang kedua yaitu melakukan pendekatan terhadap sifatnya terlebih dahulu kemudian guru tersebut menanyakan siswanya tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas kemudian guru tersebut menjelaskan tentang isi materi yang akan dibahas.
    Maka akan lebih mudah bagi siswanya untuk menelaah atau mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru tersebut.

  5. Nama Mahasiswa : Remi Ade Womenti Saragih
    NIM : 856022344
    Prodi : S1-PGSD
    Semester : 8
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Asahan

    Judul Video : Kenampakan Alam
    Berikut pengamatan saya pada video pembelajaran tersebut yaitu :
    1. Guru tidak melaksanakan kegiatan pendahuluan dan penutup.
    2. Guru menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik.
    3. Guru terlihat menguasai materi namun terlalu terburu-buru dalam penyampaiannya.
    Menurut saya,sebaiknya guru menggunakan media/alat peraga yang lebih menarik lagi dalam kegiatan pembelajaran,sehingga peserta didik lebih aktif dan tertarik dengan materi yang diajarkan .
    Namun,ada kelebihan dari kegiatan pembelajaran tersebut yaitu terlihat anak didik berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan dari guru.

  6. Nama : Ella Kusmitasari
    NIM : 858920012
    Pokjar : Umbulsari
    UPBJJ : Jember

    Setelah menyimak video diatas, ada beberapa hal yang dapat saya tangkap :
    1. Reaksi siswa. Dalam proses pembelajaran ini reaksi siswa sudah cukup baik dalam memperhatikan penjelasan dari guru.

    2. Kelemahan. Ada beberapa kelemahan dalam proses KBM ini, diantaranya pada saat pembelajaran guru langsung menjelaskan materi pada intinya tanpa mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya (apersepsi), media yang digunakan oleh guru kurang menarik dan kurang sesuai karena dengan media gambar yg kurang besar dapat mengakibatkan siswa yang duduk dibagian belakang tidak dapat melihat dengan jelas gambar tersebut, guru menjelaskan materi dengan baik tetapi guru salah dalam memberikan contohnya sehingga membuat siswa bingung dan tidak bisa menjawab, dan proses KBM tersebut juga monoton karena guru hanya menjelaskan dan meminta siswa untuk mencatat saja.

    3. Kelebihan. Kelebihan yang saya dapatkan dari video tersebut adalah guru dapat menjelaskan materi dengan cukup baik.

    4. Keunikan. Hal unik dari video tersebut adalah saat guru meminta siswa untuk menceritakan pengalamannya dan siswa bercerita dengan sangat antusias sehingga membuat siswa lain ikut memperhatikan.

    5. Dalam proses KBM tersebut banyak yg harus ditingkatkan lagi, yaitu membuka pembelajaran dengan memberikan apersepsi, menutup pembelajaran dengan melakukan penguatan dan refleksi, memberikan contoh materi yang bisa dipahami oleh siswa (kenampakan lingkungan sekitar), dan menggunakan media pembelajaran yang lebih sesuai lagi.

  7. Nama : Fitra Ardiansya
    Nim : 858927362
    Prodi : S1-PGSD
    Semester: 6
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Purwoharjo

    berikut pertanyaan dari hasil video analisis ips dengan materi kenampakan alam.

    a. bagaiamana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    b. secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    c. secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    d. hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    e. setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?

    JAWAB
    a. siswa memperhatikan dan menyimak dengan seksama materi yang disampaikan oleh guru.
    b. guru tidak mengucapkan salam dan doa terlebih dahulu saat pembelajaran dimulai dan ditutup.
    c. penyampaiannya begitu santai dan relevan sehingga siswa tidak merasa bosan dalam melakukan pembelajaran.
    d. didalam video tersebut saya tidak menemukan video yang lucu pada saat guru memulai pembelajaran dan pada akhir pembelajaran
    e. sebaiknya sebelum guru memasuki kelas atau ruangan memberikan salam terlebih dahulu dan hrus berdoa sebelum dan setelah mengakhiri kegiatan pembelajaran agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan tertib dan lancar.

  8. Nama : Nurul Azizah
    NIM : 858053828
    Prodi : S1-PGSD
    Semester : 8
    UPBJJ : Pontianak

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Izin menanggapi video pembelajaran IPS seri “Kenampakan Alam”. Terdapat kelemahan dan kelebihan dalam video pembelajaran tersebut sebagai berikut.
    1. Kelemahan Pembelajaran
    -Tidak adanya Pendahuluan
    -Pada awal video guru hanya meminta meminta siswa mencari kenampakan alam yang ada di Mesir, alangkah baiknya jika guru melakukan sesi tanya jawab dengan siswa tentang kenampakan alam yang ada di lingkungan sekitar, agar siswa lebih mudah memahaminya.
    -Tidak adanya penutup dan penguatan terhadap siswa.
    2. Kelebihan Pembelajaran
    -Penampilan guru menarik
    -Siswa antusias menjawab pertanyaan guru
    -Siswa tertib

  9. Nama : Ema Yusniar
    NIM : 856455272
    Pokjar : Kemuning
    UPBJJ : Pekanbaru
    Berikut analisis saya setelah menyimak video di atas.
    Kelemahan:
    1. Seharusnya guru memulai kelas dengan salam dan membaca doa serta mengabsen kehadiran siswa (orientasi).
    2. Guru tidak mengaitkan materi sebelumnya (apresiasi).
    3. Guru tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada siswa tentang pembelajaran yang akan di pelajari.
    4. Seharusnya guru memberikan materi yang lebih dekat dengan kehidupan anak atau sekitar Indonesia saja, sedangkan yang di video guru memberikan materi tentang penampakan alam yang ada di luar indonesia.
    5. Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah bercerita atau kepada siswa yang sudah menjawab pertanyaan guru.
    6. Guru tidak melakukan kegaiatan penutup.
    kelebihan:
    anak berpartisipasi dalam mendengarkan cerita temannya serta kelas terlihat sangat kondusif dan aktif.
    keunikan:
    ada murid yang sangat antusia dalam bercerita dan teman-teman yang lain mendengarkan dengan seksama.
    perbaikan:
    1. seharusnya sebelum guru memasuki kelas dengan mengucapkan salam terlebih dahulu dan harus berdoa sebelum dan setelah mengakhiri kegiatan pembelajaran agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan tertib dan lancar.
    2. dan sebaiknya guru harus menjelaskan materi terlebih dahulu serta menyediakan alat peraga agar pembelajaran lebih menarik.

  10. Nama : Nurlela
    Nim : 857332985
    Prodi : PGSD S1

    Setelah saya melihat video diatas langkah-langkah yang digunakan guru tersebut belum lengkap yaitu guru harusnya menerangkan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan tidak langsung ke materi pembelajaran.
    Untuk kelemahannya guru tidak melakukan kegiatan awal ice breaking dan langsung menjelaskan lalu memberi tugas menulis kepada siswa.

    Kelebihannya guru sudah membantu siswa dengan menjelaskan menggunakan media gambar dan materi yang di sampaikan sudah sesuai dengan pembelajaran.

Leave a Reply