silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Nama : ERLIN PUSPITA SARI DAELI
NIM : 856023805
UPBJJ UT : Medan
Pokjar : Mandrehe
Berikut analisis saya setelah menyimak video melauli Portal Guru Pintar Online mengenai tema Kenampakan Alam
Kelemahan :
Pada Kegiatan Awal Pembelajaran :
1. guru tidak mengawalinya dengan mengucap salam dan sapa, mengecek kehadiran siswa serta mengajak siswa berdoa.
2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
3. Video pertama seharusnya guru memberikan materi pembelajaran di dalam negeri saja sesuai dengan kebutuhan belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang lebih dekat dengan kehidupan anak.
4. Seharusnya guru membagikan media gambar fotografi yang sudah disiapkan kepada masing-masing siswa (foto terkait kenampakan alam) untuk memicu pemahaman anak lebih dalam.
5. Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah bercerita.
6. Guru tidak melakukan kegiatan penutup dalam melaksanakan pembelajaran.
Kelebihan :
1. Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapatnya
NAMA : ROSA ADITIA
NIM : 855736165
PRODI : PGSD
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : KOTAAGUNG
Menurut saya analisis dari kasus pembelajaran diatas adalah :
Judul video : Kenampakan alam
1. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yaitu : setelah diamati reaksi anak sangat bersemangat dan antusias dalam menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh guru tersebut.
2. Kelemahan guru tersebut pada saat pembelajaran yaitu :
– Guru tidak melakukan pembukaan pada saat awal pembelajaran dan tidak disertai salam serta tidak membaca doa terlebih dahulu.
– Guru kebanyakan menggunakan metode ceramah sehingga anak bosan mendengarkan,seharusnya disertai metode gambar melalui proyetor dan lain-lain.
– Guru tidak menutup pelajaran serta tidak memberi kesimpulan dan tugas lisan.
3. Kelebihan guru tersebut pada saat pelajaran berlangsung :
– Kondisi peserta didik kondusif tidak ada anak yang mengobrol
– Antusias dalam menjawab pertanyaan dari guru
– Semua anak sangat memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru.
4. Hal-hal unik yang terdapat pada video diatas adalah : Guru memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin bercerita dan mengungkapkan pendapat tentang kenampakan alam tersebut.
5. Upaya yang akan saya lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah : Guru memaparkan materi dan menjelaskan materi terlebih dahulu sebelum meminta siswa mengeluarkan pendapatnya.
Nama : Dea Marita Sari
Nim : 85 80 49036
Kelas : A
Semester : VIII (Delapan)
Berikut analisis saya setelah menyimak video melauli Portal Guru Pintar Online mengenai tema Kenampakan Alam
Kelemahan :
Pada Kegiatan Awal Pembelajaran :
1. guru tidak mengawalinya dengan mengucap salam dan sapa, mengecek kehadiran siswa serta mengajak siswa berdoa.
2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
3. Video pertama seharusnya guru memberikan materi pembelajaran di dalam negeri saja sesuai dengan kebutuhan belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang lebih dekat dengan kehidupan anak.
4. Seharusnya guru membagikan media gambar fotografi yang sudah disiapkan kepada masing-masing siswa (foto terkait kenampakan alam) untuk memicu pemahaman anak lebih dalam.
5. Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah bercerita.
6. Guru tidak melakukan kegiatan penutup dalam melaksanakan pembelajaran.
Kelebihan :
1. Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapatnya
Nama : Agung Pangestu
NIM : 857112398
Berdasarkan video diatas, pada video pertama guru tidak melakukan dan menyampaikan kegiatan pendahulaun seperti mengucapkan salam, bordoa dan mengisi absen peserta didik selain itu guru. guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan dan guru bertanya kepada peserta didik mengenai penampakan alam pada negara mesir dan banyak anak-anak belum mengetahui, mengunjungi dan mengenal tempat itu sehingga peserta didik mengalami kesulitan dan kebingungan membedakan penampakan alam yang ada di mesir. Pada video ke 2 guru menanyakan kepada peserta didik bedasarkan pengalaman yang pernah dilakukan peserta didik sehingga peserta didik aktif untuk bercerita dan menjawab pertanyaan.
Guru sudah sangat baik menggunakan metode tanya jawab untuk mebuat peserta didik lebih paham dalam pembelajaran membedakan penampakan alam buatan dan bukan buatan dan interaksi lebih aktiv di dalam kelas
Nama : Ronita Sari Sihotang
NIM : 856057758
UPBJJ UT : Medan
Pokjar : Tapanuli Tengah
Analisis yang saya pahami setelah menyimak video pembelajaran dengan tema ” Kenampakan Alam ” pada Portal Guru Pintar Online ini, sebagai berikut:
1. Ringkasan isi video pembelajaran tersebut adalah video pembelajaran Kenampakan alam . Guru memberi pelajaran kepada siswa-siswi menggunakan media gambar ( relief) yang ditempelkan ke papan tulis sebagai tempat yang strategis ke semua pandangan siswa -siswi.
2. Pada video tersebut, guru tidak melakukan pendahuluan pelajaran dengan memberikan salam,mengajak berdoa,mengabsen siswa dan bahkan tidak bertanya keadaan siswa nya.
3.Dalam memulai pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran dari ” Kenampakan Alam” tersebut.
4. Kelemahan pembelajaran pada video tersebut guru tidak menjelaskan bagaimana itu Kenampakan alam, pengertian Kenampakan alam, contoh nyata Kenampakan alam yang ada di lingkungan sekitar.
5. Sebaiknya, guru terlebih dahulu menjelaskan pengertian Kenampakan alam dan contoh nyata yang dapat kita lihat , baik itu didesa atau di kota tempat kita tinggal .
Setelah contoh terdekat lalu antar daerah, provinsi dan negara Indonesia sendiri. Setelah itu baru lah layak untuk membahas negara lain yang jauh , seperti negara Mesir tersebut.
6. Dalam melakukan pembelajaran tersebut , peran guru sangat kurang dalam penguatan pembelajaran tersebut.
4. Seharusnya guru tidak hanya menampilkan peta, melainkan gambar dari Kenampakan alam itu sendiri atau membawa siswa- siswi ke lingkungan sekitar sekolah .
7. Sisi positif dari video pembelajaran tersebut adalah guru menanyakan pendapat dan pengalaman siswa.
8. Guru seharusnya memberikan apresiasi kepada siswa-siswi yang memberikan pendapat dengan cara memberi penguatan atau respon terhadap jawaban siswa.
Nama : dika akbar wijaya
NIM : 855736197
Prodi : PGSD
POKJAR : KOTAAGUNG
Kekurangan Pembelajaran Video
• Guru Tidak memberikan Apersepsi
• Ketika membuka pembelajaran guru tidak menyampaikan materi atau mengulang materi
yang telah disampaikan.
• Guru dalam penyampaian materi pembelajaran terlalu terburu-buru.
• Tidak ada kegiatan menutup pembelajaran..
• Strategi dalam pembelajaran yang dilakukan dengan tidak sesuai dengan keadaan siswa.
sehingga siswa tidak seharusnya dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam
sekitar lingkungan
NAMA : DIKA AKBAR WIJAYA
NIM : 855736197
PRODI : PGSD
POKJAR : KOTAAGUNG
Kekurangan Pembelajaran Video
• Guru Tidak memberikan Apersepsi
• Ketika membuka pembelajaran guru tidak menyampaikan materi atau mengulang materi
yang telah disampaikan.
• Guru dalam penyampaian materi pembelajaran terlalu terburu-buru.
• Tidak ada kegiatan menutup pembelajaran.
• Strategi dalam pembelajaran yang dilakukan dengan tidak sesuai dengan keadaan siswa.
sehingga siswa tidak seharusnya dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
Nama : NURULLITA
NIM : 877523942
POKJAR : ASAHAN
UPBJJ : MEDAN
Berdasarkan video diatas, pada video pertama guru tidak melakukan dan menyampaikan kegiatan pendahulaun seperti mengucapkan salam, bordoa dan mengisi absen peserta didik selain. guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan, guru tidak melakukan apersepsi terhadap siswa terlebih dahulu dengan mengaitkannya dengan pembelajaran sebelumnya dan guru bertanya kepada peserta didik mengenai kenampakan alam pada negara mesir dan banyak anak-anak belum mengetahui, mengunjungi dan mengenal tempat itu sehingga peserta didik mengalami kesulitan dan kebingungan membedakan kenampakan alam yang ada di mesir. Pada video kedua guru menanyakan kepada peserta didik bedasarkan pengalaman yang pernah dilakukan peserta didik sehingga peserta didik aktif untuk bercerita dan menjawab pertanyaan.
Guru sudah sangat baik menggunakan metode tanya jawab untuk mebuat peserta didik lebih paham dalam pembelajaran membedakan penampakan alam buatan dan bukan buatan dan interaksi lebih aktif di dalam kelas.
Nama : SAPRUDIN
NIM : 857010833
Pokjar : SALUT Sumber Agung
UPBJJ : Bandar Lampung
Smst/Kls : 8. C
analisis video melauli Portal Guru Pintar Online mengenai tema Kenampakan Alam
Kelemahan :
Pada Kegiatan Awal Pembelajaran :
1. guru tidak mengawalinya dengan mengucap salam dan sapa, mengecek kehadiran siswa serta mengajak siswa berdoa.
2. Guru Tidak Melakukan Aprsepsi
3. Guru Tidak Memebrukan Motivasi
4. Guru tidak mengemukakan tujuan pembelajaran kepada siswa.
5. Guru Seharusnya Memberikan Contoh Negara yang dekat dengan indonesia sehingga Siswa mudah memahami.
6. Guru tidak melakukan kegiatan penutup dalam melaksanakan pembelajaran.
Kelebihan :
1. Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapatnya
Nama : MERSIA SOFIA
NIM : 858065349
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : PONTIANAK
Pokjar : SINTANG
Dari video yang ditayangkan, pembelajaran secara keseluruh kurang efektif. hal tersebut terlihat dari siswa yang hanya diam dan tidak aktif dalam pembelajaran.siswa bahkan terlihat bingung dengan materi yang diberikan oleh guru. pembelajaran yang dilakukan oleh guru terlalu menoton sehingga siswa hanya sebagai pendengar saja. guru yang langsung pada inti pelajaran dan tidak memulai dengan pendahuluan seperti menyapa siswa dan mengecek kesiapan belajar siswa. selain itu guru memberikan materi yang terlalu tinggi untuk siswa.. kemudian guru menggunakan media yang sukar bagi siswa memahami. namun guru sudah baik dalam mengkondisikan situasi di dalam kelas serta memberikan kesempatan siswa untuk menyampaikan pendapatnya. adapun hal-hal yang dapat dilakukan oleh guru kedepan yakni memulai pembelajaran dengan pendahuluan seperti mengajak siswa berdoa, mengecek kehadiran siswa, melakukan ice breaking, menyampaikan tujuan pembelajaran serta membuat sebuah kelompok kecil untuk berdiskusi. kemudian guru dapat memberikan konsep pemahaman atau materi dari hal-hal sederhana sehingga akan mudah di pahami oleh siswa. kemudian menambahkan media pembelajran seperti video pembelajran agar siswa melihat secara langsung apa yang mereka pelajari.