silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Nama: Rismawanti Putri
NIM: 501252748
Menurut pendapat saya bahwa mengajarkan konsep kenampakan alam mulai dari lingkungan terdekat siswa adalah pendekatan yang sangat efektif. Ini membuat pembelajaran lebih relevan dan lebih mudah dipahami oleh siswa.
Siswa lebih mudah memahami ide-ide jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari ketika mereka berada di lingkungan sekitar mereka. Pembelajaran tentang kenampakan alam akan menumbuhkan rasa cinta dan ingin tahu bagi siswa karena objek-objek di sekitar lebih nyata dan dapat diamati secara langsung.
Nama : Sherly Kusturika Andriani
Setelah saya menonton dan mengamati video tentang “Kenampakan Alam”, saya dapat menganalisis bahwa ada beberapa kekurangan pada proses pembelajaran tersebut yakni: guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan konsep Kenampakan Alam, hal ini terlihat pada saat guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara Mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut karena negeri Mesir jauh dari dunia anak. Media gambar yang digunakan pun terlalu kecil sehingga siswa tidak begitu jelas terlihat bagi siswa yang duduk di belakang. Pada proses pembelajaran yang kedua, guru mengajarkan kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa dengan cara menceritakan pengalaman siswa saat berkunjung ke tempat-tempat yang pernah mereka datangi. Siswa terlihat antusias dan berani menyampaikan pendapat serta pengalaman mereka terkait materi, yang menunjukkan keterlibatan aktif dalam pembelajaran.
Saran saya untuk peningkatan pembelajaran kenampakan alam antara lain: 1) guru memulai pembelajaran dengan kegiatan seperti berdoa, menyapa siswa, dan menjelaskan tujuan pembelajaran untuk menciptakan suasana yang lebih kondusif, 2) menggunakan media gambar yang lebih besar dan jelas atau contoh kenampakan alam yang dekat dengan pengalaman siswa untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka. Guru juga dapat membawa siswa keluar lingkungan sekolah melalui field trip/study tour 3) guru memberikan evaluasi di akhir pembelajaran serta menyimpulkan materi agar siswa dapat merefleksikan apa yang telah mereka pelajari.
Nama : halimatus sakdiyah
Nim. 501322392
UPBJJ Surabaya
Dalam video tersebut terlita guru melakukannproses pembelajaran tanpa memberikan beberapa pertanyaan yang megarah pada materi yang akan diajarkan, guru langsung meminta siswa dengan mencatat dan menuliskan penampakan tentang negara mesir, disitu terlihat siswa masih kebingungan dan belum dapat menjabarkan negara mesir dengan baik, disitu terlihat guru merubah metode dengan menjelaskan tenatng suatu kota yang berda disekitar kiat, terlihat siswa dapat menceritakan dengan baik.
pada video tersebut guru menjelaskan kenampakan alam yang tidak sesuai dengan pengalaman sehari-hari siswa karena langsung menanyakan kenampakan alam negara mesir yang mana mungkin bagi siswa hal tersebut sulit untuk dipahami. lebih baik guru mengawali pembelajaran dengan mengaitkan terlebih dahulu dengan kehidupan sehari-hari siswa seperti kenampakan alam di lingkungan tempat tinggalnya.
Nama : Anariska
Prodi : Megister Pendidikan dasar
Mengawali pembelajaran dengan mengamati kenampakan alam di lingkungan sekitar siswa tidak hanya akan membuat materi lebih mudah dipahami, tetapi juga lebih menarik bagi mereka. Menggunakan pengalaman siswa yang pernah mengunjungi daerah tertentu sebagai media pembelajaran juga merupakan strategi yang baik, karena dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan meningkatkan keterlibatan siswa.
Selain itu, melakukan field trip adalah pendekatan yang sangat efektif, karena siswa dapat melihat langsung kenampakan alam dan memperkuat pemahaman mereka melalui pengalaman nyata. Dengan cara ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah mengidentifikasi dan memahami konsep kenampakan alam.
Nama : Alif Tulusiyah Anggraini
Nim :501362515
Prodi : MPDr
Guru sudah baik dalam melakukan penguasaan kelas , memberikan media yang nantinya membuat siswa memahami materi lebih efektif, dan siswa aktif melakukan tanya jawab. Namun seharusnya sebelum memasuki kegiatan inti pembelajaran , guru dapat memberikan apersepsi dan memotivasi siswa agar siswa dapat memahami nantinya materi yang diberikan melalui lingkungan / alam sekitar siswa, tidak ada penyampaikan tujuan pembelajaran , dan refleksi pada akhir pembelajaran
Nama : Dwinisari Triutami
NIM : 501332512
UPBJJ : MALANG
Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah benar apabila diambil dari pengalaman pribadi siswa saat berwisata, namun tidak semua dapat memahaminya hanya dengan mendengarnya saja, karena tidak semua siswa mengalami pengalaman yang sama dengan temannya. Jadi, menurut saya masih kurang memberi pemahaman kepada siswa mengenai materi kenampakan alam. Untuk menambah wawasan tentang kenampakan alam, siswa dapat diperlihatkan gambar-gambar yang menarik tentang berbagai kenampakan alam, seperti gunung, pantai, sawah dan sebagainya. Guru juga dapat melakukan field trip di lingkungan sekitar sekolah bersama siswa agar lebih memahami konsep. Guru dapat juga membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil agar mereka dapat mendiskusikan tentang konsep materi tersebut.
dari vidio yang menunjukkan bahwa guru kelas V SD mengalami kesulitan dalam mengajarkan konsep kenampakan alam, terutama ketika meminta siswa untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara Mesir. Hal ini menunjukkan bahwa materi yang diajarkan tidak relevan dengan pengalaman sehari-hari siswa, sehingga menyebabkan kesulitan dalam pemahaman.
dari vidio yang menunjukkan bahwa materi yang diajarkan bukan merupakan pengalaman sehari-hari siswa, sehingga menyebabkan kesulitan dalam pemahaman.Guru bisa memulai dengan mengajarkan kenampakan alam dari lingkungan terdekat siswa.
Nama : Ghina Zakiya Iskandar Putri
NIM : 501232406
Prodi : MPDr
Dengan judul Kenampakan Alam, diharapkan guru dapat memberi contoh secara otentik dengan mengajak siswa keluar kelas agar melihat langsung kenampakan alam yang sehari-hari anak temui. Media gambar yang disiapkan oleh guru sepertinya terlalu kecil dan kurang jelas dipahami. Alangkah baiknya, ada media penunjang lainnya seperti video kenampakan alam atau diorama yang dapat menarik perhatian anak-anak untuk memahami materi.