silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

543 Comments

  1. NAMA Berdasarkan video pembelajaran tersebut,menurut pendapat sayaguru belum menu video materi yang di paparkan tersebut kurang berhubungan dengan kehidupan siswa. Menurut saya seharusnya guru lebih menggunakan media yang interaktif dan mudah untuk di pahami oleh siswa.selain itu, gurujuga dapat membuat kelompok shingga siswa dapat berpikir secara kolaboratif / bekerjasama dan dapat bertukar pikiran antar teman – teman.
    Demikian tanggapan saya mengenai video tersebut.

  2. NAMA : MIMING MURNIATI
    NIM : 858974931

    Berdasarkan video pembelajaran tersebut,menurut pendapat sayaguru belum menu video materi yang di paparkan tersebut kurang berhubungan dengan kehidupan siswa. Menurut saya seharusnya guru lebih menggunakan media yang interaktif dan mudah untuk di pahami oleh siswa.selain itu, gurujuga dapat membuat kelompok shingga siswa dapat berpikir secara kolaboratif / bekerjasama dan dapat bertukar pikiran antar teman – teman.

    Demikian tanggapan saya mengenai video tersebut.

  3. Nama : m Anjar
    Nim : 857025263

    Dalam vidio tersebut guru menjelaskan tentang mengamati kenampakan alam namun siswa mengalami kendala yang membuat menjadi bingung dan susah untuk menyerap materi tersebut. Sebaiknya guru dapat memberikan materi yang lebih sederhana dan menarik sehingga siswa dapat bisa dengan mudah mengikuti materi tersebut.

  4. Nama : m anjar
    Nim : 857025263

    Dalam vidio tersebut guru menjelaskan tentang kenampakan alam,namun dalam proses mengajar siswa mengalami kendala saat mengikuti pembelajaran karena guru menggunakan materi yang belum di mengerti siswa sebaiknya guru dapat memberikan penjelasan materi yang mudah di imajinasikan oleh siswa sehingga siswa. Bisa dapat mengikuti kegiatan tersebut.

  5. pada tayangan tersebut guru menjelaskan kenampakan alam yang kurang sesuai dengan pengalaman siswa karena langsung menanyakan kenampakan alam negara mesir yang mana itu sangat jauh dari keseharian siswa maka bagi siswa hal tersebut sulit untuk dipahami, lebih baik guru mengaitkan terlebih dahulu materi tersebut dengan kehidupan sehari-hari siswa seperti kenampakan alam di lingkungan tempat tinggalnya.

  6. Nama : Yusuf Maulana
    Nim : 857025937
    Pokjar : Metro
    Menurut saya, Solusi yang ditawarkan sangat masuk akal dan praktis. Memulai dengan mengajarkan kenampakan alam dari lingkungan terdekat dapat membantu siswa membangun pemahaman dasar sebelum mereka diajak untuk mengenali konsep yang lebih kompleks dan jauh.
    Mendengarkan cerita dari teman yang pernah mengunjungi suatu daerah juga bisa membuat belajar lebih menarik dan relevan bagi siswa. Ini bisa mengaktifkan pengalaman nyata dan menciptakan koneksi emosional yang lebih kuat dengan materi yang dipelajari.
    Field trip atau kunjungan lapangan adalah cara yang sangat efektif untuk belajar karena memungkinkan siswa mengalami langsung apa yang mereka pelajari di dalam kelas. Dengan melihat, meraba, dan merasakan lingkungan sekitar mereka, pemahaman mereka terhadap konsep kenampakan alam akan menjadi lebih kuat dan mendalam. Selain itu, kegiatan seperti ini juga bisa meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

  7. Nama: Leny Farinawati
    NIM : 501122646

    Guru tidak memberikan penjelasan awal ketika memberikan pembelajaran tentang kenampakan alam,
    sebaiknya diberikan pemahaman dulu terkait kenampakan alam alami dan buatan, selanjutnya jangan mengajak anak untuk terlalu jauh memahami materi hingga ke negara mesir, cukup ajak mereka mengidentifikasi alam sekitar sekolah dan tempat tinggal mereka, sebab usia mereka masih berada di level konkrit sehingga membutuhkan media yang dapat mereka lihat langsung.

  8. Nama: siti aisah
    Nim : 857010518

    Menurut pendapat saya pengajar harus memahami tujuan pembelajaran. Dan memahami sistem pembelajaran yg akan di pakai. Guru memberikan contoh yg sesuai dengan mampuan muridny agar mencapai tujuan pembelajaran yg baik dan menyenangkan. Di vidio part pertama bp guru terlalu jauh mengambil contoh tentang penampakan alam sehingga siswa susah menangkap materinya dan mungkin masih asing di telinga siswa sd maknya mereka sulit menjawab pertanyaan yg di berikan pk guru ketika di vidio part ke 2 bp guru memberikan contoh panampkn alam yg di alami si murid Maka mereka bisa menjawab dn suasana belajar semakin asyik.

  9. Nama : Cindy Eka Lianti
    NIM : 855721054

    Assalamualaikum wr. wb Selamat malam izin menyampaikan pendapat, berdasarkan analisi video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang “Kenampakan Alam” yang terdapat di GPO. Dalam kegiatan pembukaan guru tidak membuka dengan salam, yang seharusnya menjadi etika pembelajaran. Selain itu, guru juga tidak mengajak peserta didik untuk berdoa dan guru tidak melakukan pengecekan siswa dengan apresepsi individu, agar dapat mengetahui kondisi keadaan peserta didik yang terdapat di dalam kelas.
    Selanjutnya, pada proses kegiatan pembelajaran tidak ada kegiatan diskusi kelompok, yang membuat siswa cenderung berpikir secara mandiri, sehingga tidak ada kesempatan bagi mereka untuk berkolaborasi dan berbagi ide. Pada tahap penutup, guru tidak memberikan tugas atau lembar kerja kepada siswa, sehingga sulit untuk menilai kemampuan yang telah mereka capai.
    Meskipun ada kekurangan, terdapat juga beberapa kelebihan dalam pembelajaran tersebut. Pada tahap pembukaan, guru berhasil menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas. Selain itu, guru juga melibatkan pengalaman pribadi salah satu siswa, yang memicu peserta didik untuk secara tidak langsung memberikan contoh-contoh kenampakan alam yang ada di sekitar mereka. Pendekatan ini dapat meningkatkan keterlibatan dan minat siswa terhadap materi yang diajarkan.
    Terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb

  10. Nama : Anisa Oktiani
    NIM : 857999259
    Semester : 6
    UPBJJ : Yogyakarta
    Pokjar : Carica (Wonosobo)
    Judul Video : Kenampakan Alam
    Sumber/ Link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/kenampakan-alam/

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Tidak ada banyak rekasi pada siswa saat pembelajaran, siswa cenderung tenang dan memperhatikan guru dan melaksanakan tugas yang diberikan tanpa bertanya.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru tidak memberikan kalimat pematik diawal, guru tidak memberikan contoh yang dekat dengan anak tetapi memberikan contoh yang jauh dari lingkup anak. Guru langsung memberikan tugas menulis kenapakan alam di mesir, padahal siswa tidak tau bagaimana kenapakan yang sebenarnya di Mesir. Guru tidak memberikan penjelasan tentang kenampakan alam dimesian atau geografis mesir seperti apa. Tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik dan kurang menyenangkan.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru mulai menyadari bahwa pembelajaran yang diberikan tidak efektif saat guru memberikan pertanyaa ada apa saja dipeta wilayah mesir, salah satu murid menjawab ada gambar segitiga. guru kemudia mencari pendekatan lain sehingga anak dapat memahami materi tentang kenampakan alam, guru memberikan pertanyaan yang dapat siswa jawab dengan baik. Pembelajaran yang tanya jawab dan interaktif dapat membangkitkan motivasi siswa dalam mencari jawaban.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Guru memberikan pertanyaan “siapa yang pernah melakukan perjalanan yang jauh”, saat salah satu siswa menjawab dan menceritakan pengalaman saat diperjalanan dan pengalamannya dilokasi secara langsung anak sudah mengenal kenampakan alam yang ada disekitarnya.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Saya akan menggunakan strategi pembelajaran yang menarik bagi siswa dan bermakna bagi anak. Menggunakan media pembelajaran yang menarik tidak hanya menggunakan peta atau gambar, saya juga menggunakan video-video yang dapat menambah pemahaman anak. Saya akan menggunakan lingkungan terdekat siswa sehingga anak memiliki contoh konkret.

Leave a Reply