silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Nama : Mahendra Yoga
NIM : 858782454
Penyampaian materi yang tergolong baru harus dibungkus semenarik dan sesederhana mungkin untuk minat siswa. Pemanfaatan media-media seperti gambar-gambar negara yang akan dijadikan materi.
Guru memberikan contoh terlebih dahulu untuk materi yang baru.
NAMA : WINDU DWI PANGESTU
NIM : 859656503
PRODI : PGSD
POKJAR : GESANG (BEKRI)
Menurut saya, kualitas penyampaian materi sudah cukup memadai. Akan tetapi, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sebaiknya guru memulai pelajaran dengan memberikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana perkalian digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pemberian kuis di akhir pembelajaran dapat dilengkapi dengan umpan balik positif dan kata-kata motivasi yang disesuaikan dengan capaian masing-masing siswa.
NAMA : WINDU DWI PANGESTU
NIM : 859656503
PRODI : pgsd
POKJAR : Gesang Bekri
Menurut saya, kualitas penyampaian materi sudah cukup memadai. Akan tetapi, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sebaiknya guru memulai pelajaran dengan memberikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana perkalian digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pemberian kuis di akhir pembelajaran dapat dilengkapi dengan umpan balik positif dan kata-kata motivasi yang disesuaikan dengan capaian masing-masing siswa.
Nama : Erna Milosopa
NIM : 501362619
Pada tayangan video “Kenampakan Alam” guru terkesan tidak punya persiapan dalam mengajar, siswa langsung diberi tugas mengamati dan menuliskan hasil pengamatannya. Jelas siswa tidak paham apa yang akan dituliskan. selanjutnya guru merefleksikan diri dan pola yang digunakan sudah baik yaitu meminta siswa menceritakan pengalaman yang pernah dialami dan tentu saja siswa senang karena tahu yang akan disampaikan. Sebaiknya sebelum mengajar guru melakukan asesmen awal untuk mengetahui kebutuhan siswa, baik dari minat belajar, gaya belajar atau kesiapan belajar. Hal ini akan memudahan guru menyampaikan materi di kelas. Selain itu gunakan media belajar yang interaktif agar siswa belajar dengan senang.
Nama : Ni Wayan Novianti
NIM :857028205
Pokjar : Dipasena
UPBJJ : Bandar Lampung
1. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran tersebut adalah siswa kurang antusias saat pertama guru mengenalkan kenampakan alam peta negara Mesir, tetapi pada saat guru memberi contoh kenampakan alam disekitar lingkungan barulah para murid mulai antusias.
2. Secara keseluruhan, kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru sedari awal tidak memberikan contoh kenampakan alam yang siswa ketahui, tetapi malah memberikan contoh kenampakan alam negara Mesir yang notaben kebanyakan siswa tidak mengetahui negara tersebut.
3. Secara keseluruhan, kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah guru cukup aktif dalam berinteraksi dengan siswa seperti memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan proses pembelajaran adalah guru menggunakan contoh peta Mesir sebagai media ajar dalam menjelaskan materi kenampakan alam kepada siswa yang mayoritas siswa itu sendiri belum pernah ke negara Mesir.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dalam video Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah guru sebaiknya memberikan contoh yang mudah dipahami siswa dan diingat oleh siswa sehingga siswa akan lebih aktif lagi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
NAMA : INDRA ZURIKA
NIM : 856501735
PRODI : PGSD
POKJAR : PEKANBARU
Beranda
Tentang GPO
Kontak
Profil
Keluar
X
Home / Seri Pembelajaran SD / Kenampakan Alam
Seri Pembelajaran SD
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini ditampilkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakkan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui karyawisata.
Eded Tarmedi
Pakar Dosen
–
–
Pakar Guru
Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Navigasi pos
Sebelumnya
Belajar Peta Buta
Berikutnya
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
Postingan Serupa
534 Komentar
Navigasi komentar
Komentar lama
Mahendra Yoga Perdana berkata:
23 Oktober 2024 pukul 14:44
Nama : Mahendra Yoga
NIM : 858782454
Penyampaian material yang tergolong baru harus dibungkus semenarik dan diwujudkan mungkin untuk minat siswa. Pemanfaatan media-media seperti gambar-gambar negara yang akan dijadikan bahan.
Guru memberikan contoh terlebih dahulu untuk bahan yang baru.
windu dwi pangestu berkata:
23 Oktober 2024 pukul 22.33
NAMA : WINDU DWI PANGESTU
NIM : 859656503
PRODI : PGSD
POKJAR : GESANG (BEKRI)
Menurut saya, kualitas penyampaian materi sudah cukup memadai. Namun, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sebaiknya guru memulai pelajaran dengan memberikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana perkalian digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pemberian kuis di akhir pembelajaran dapat dilengkapi dengan umpan balik positif dan kata-kata motivasi yang disesuaikan dengan pencapaian masing-masing siswa.
windu dwi pangestu berkata:
23 Oktober 2024 pukul 22.36
NAMA : WINDU DWI PANGESTU
NIM : 859656503
PRODI : pgsd
POKJAR : Gesang Bekri
Menurut saya, kualitas penyampaian materi sudah cukup memadai. Namun, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sebaiknya guru memulai pelajaran dengan memberikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana perkalian digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pemberian kuis di akhir pembelajaran dapat dilengkapi dengan umpan balik positif dan kata-kata motivasi yang disesuaikan dengan pencapaian masing-masing siswa.
ERNA MILOSOPA mengatakan:
25 Oktober 2024 pukul 04.36
Nama : Erna Milosopa
NIM : 501362619
Pada tayangan video “Kenampakan Alam” guru terkesan tidak mempunyai persiapan dalam mengajar, siswa langsung diberi tugas mengamati dan menuliskan hasil pengamatannya. Selanjutnya guru merefleksikan diri dan pola yang digunakan sudah baik yaitu meminta siswa menceritakan pengalaman yang pernah dialami dan tentu saja siswa senang karena tahu apa yang akan disampaikan. Sebelum mengajar guru melakukan assesmen awal untuk mengetahui kebutuhan siswa, baik dari minat belajar, gaya belajar atau kesiapan belajar. Hal ini akan memudahkan guru menyampaikan materi di kelas. Selain itu gunakan media belajar yang interaktif agar siswa belajar dengan senang.
Nama : Rima Ayu Sefta Vindora
Fakultas : FKIP
Prodi : PGSD
Pokjar : Putra Bangsa Jombang
NIM : 877307076
Tema : Kenampakan Alam kelas 5 SD
Dari video diatas dapat kita ketahui bahwasannya murid sangat kesusahan dalam mnerima materi yang sangat asing bagi mereka. sebagai pendidik lebih baik kita memancing pemahaman siswa tentang apa itu Kenampakan Alam dengan contoh yang konkrit yang ada disekeliling mereka. kemudian guru juga dapat memberikan pemahaman bermakna terlebih dahulu tentang definisi kenampakan alam. jika dilihat dari kelebihannya dalam membuat media belajar sudah sangat bagus tetapi alangkah baiknya contoh kenampakan alam yang digunakan dapat kita ambil dari tempat-tempat yang ada di sekitar kita. Apalagi di Indonesia sangat kaya dengan Kenampakan Alam baik kenampakan alam alami maupun buatan. manfaatnya peserta didik lebih mengetahui keanekaragaman kenampakan yang ada di Negeri kita sendiri. selain itu, juga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air dalam pribadi peserta didik.
Sekian terimakasih.
Nama : Dindha Ayu Ningsari
NIM : 858975743
Kualitas penyampaian materi sangatlah jelas. Pada tayangan video “Kenampakan Alam” guru terkesan tidak mempunyai persiapan dalam mengajar, siswa langsung diberi tugas mengamati dan menuliskan hasil pengamatannya. Solusi yang ditawarkan sangat masuk akal dan praktis. Memulai dengan mengajarkan kenampakan alam dari lingkungan terdekat dapat membantu siswa membangun pemahaman dasar sebelum mereka diajak untuk mengenali konsep yang lebih kompleks dan jauh.
NAMA : DJEFRIDUS KLAU, S.Pd.
NIM : 501372279
PRODI : MPDR
Judul Video 3, “Kenampakan Alam”.
Video ini menggambarkan kesulitan guru menerapkan metode pembelajaran yang ideal tentang Kenampakan Alam. Saran saya, guru dapat mengunakan metode inkuri dalam alur pembelajaran kenampakan alam dan dapat menggunakan lingkungan belajar atau sekolah selain ruang kelas. Sekian dan terima kasih.
Berdasarkan analisis video pembelajaran IPS SD dengan judul “Kenampakan Alam” maka terdapat beberapa masukan dan saran tentang video pembelajaran tersebut.
1) Diawal pembelajaran berlangsung, guru tidak melakukan adanya apersepsi kepada peserta didik
2) Penerapan media pembelajaran telah dilakukan guru dalam proses belajar. Namun, media gambar yang digunakan seperti poster memiliki kekurangan yaitu gambar dan tulisan berukuran sangat kecil sehingga tidak terlihat secara keseluruhan oleh peserta didik.
3) Keaktifan siswa dalam belajar dan aktif tanya jawab perlu dikembangkan. Memberikan kesempatan pada siswa dalam pembelajaran juga harus ditingkatkan
Adapun saran yang dapat saya berikan adalah sebagai guru hendaknya memberikan contoh materi Pelajaran diambil dari kehidupan sehari-hari agar memudahkan peserta didik memahami pembelajaran.