silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Nama : Laila Ayunawati
Nim : 856982474
Prodi : PGSD S1
Analisis video 1 ” pembelajaran IPS tentang kenampakan alam ”
*Penulis naskah : Drs.Eded Tarmedi, MA
*Penelaah materi : Drs.Sriyono, M.Hum
*Penelaah media : M.Sunardianto, S.Kom
*Sutradara : Padji Setyo DJ.
*Presenter : Yudarria
1) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : Reaksi siswa di dalam video tersebut sangat memperhatikan apa yang sedang dijelaskan oleh guru tersebut.
2) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : Kelemahan guru di dalam video tersebut adalah tidak melakukan kegiatan pembelajaran secara runtut atau sistematis seperti yang seharusnya dilakukan oleh seorang guru. Misalnya seperti melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengulas sedikit tentang materi yang sebelumnya telah dibahas. Penyampaian materinya pun sangat terbatas sehingga siswa masih kurang dalam memahami dan merespon pertanyaan yang diajukan.
3) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : Kelebihan guru tersebut adalah menggunakan media gambar yang jelas sehingga siswa dapat melihat objek yang dibahas melalui gambar tersebut.
4) Hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab : Guru tersebut mempunyai cara mengajar yang dapat meningkatkan kepercayaan siswanya dalam berbicara menyampaikan pendapat mereka.
5) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab :
a. Sebaiknya guru tersebut pada saat mengajar melakukan kegiatan pembelajaran yang sistematis. Seperti melakukan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Sehingga, siswa akan lebih mudah dalam mengikuti proses belajar di dalam kelas
b. Sebaiknya guru tersebut mempersiapkan dan mengajarkan materi kenampakan alam dari lingkungan yang paling dekat dengan siswa. Seperti lingkungan alam di daerah rumah mereka.
Terimakasih.
Nama : Laila Ayunawati
Nim : 856982474
Prodi : PGSD S1
Analisis video 1 ” pembelajaran IPS tentang kenampakan alam
*Penulis naskah : Drs.Eded Tarmedi, MA
*Penelaah materi : Drs.Sriyono, M.Hum
*Penelaah media : M.Sunardianto, S.Kom
*Sutradara : Padji Setyo DJ.
*Presenter : Yudarria
1) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : Reaksi siswa di dalam video tersebut sangat memperhatikan apa yang sedang dijelaskan oleh guru tersebut.
2) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : Kelemahan guru di dalam video tersebut adalah tidak melakukan kegiatan pembelajaran secara runtut atau sistematis seperti yang seharusnya dilakukan oleh seorang guru. Misalnya seperti melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengulas sedikit tentang materi yang sebelumnya telah dibahas. Penyampaian materinya pun sangat terbatas sehingga siswa masih kurang dalam memahami dan merespon pertanyaan yang diajukan.
3) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : Kelebihan guru tersebut adalah menggunakan media gambar yang jelas sehingga siswa dapat melihat objek yang dibahas melalui gambar tersebut.
4) Hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab : Guru tersebut mempunyai cara mengajar yang dapat meningkatkan kepercayaan siswanya dalam berbicara menyampaikan pendapat mereka.
5) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab :
a. Sebaiknya guru tersebut pada saat mengajar melakukan kegiatan pembelajaran yang sistematis. Seperti melakukan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Sehingga, siswa akan lebih mudah dalam mengikuti proses belajar di dalam kelas
b. Sebaiknya guru tersebut mempersiapkan dan mengajarkan materi kenampakan alam dari lingkungan yang paling dekat dengan siswa. Seperti lingkungan alam di daerah rumah mereka.
Terimakasih.
Nama : Anggi Antika
Nim : 857701857
Prodi : PGSD S1
Pokjar : Kedungwuni
UPBJJ : Semarang
Setelah di amati pembelajaran dalam vidio di atas masih kurang menarik dan kurang efektif, ada kekurangan yang harus guru perbaiki agar pembelajaran lebih menyenangkan.
Kekurangan yang ada dalam vidio tersebut adalah tidak adanya salam pembuka atau interaksi antara guru dan siswa, guru terlihat terburu-buru dalam menyampaikan materi sehingga pembelajaran tidak menyenangkan.
Tidak adanya pengulangan materi juga termasuk dalam kekurangan guru dalam mengajar, sehingga tidak ada permulaan agar siswa lebih bisa paham tentang materi yang baru.
Dalam vidio tersebut juga guru tidak melakukan evaluasi lebih lanjut tentang tes untuk menguji seberapa paham peserta didik dalam pembelajaran. Dan di akhir pembelajaran juga guru tidak memberikan kesimpulan untuk pembelajaran yang sudah di lakukan.
Namun dalam vidio juga terdapat kelebihan yang bisa membuat pembelajaran lebih mudah seperti guru yang menggunakan media vidio, sehingga lebih menarik minat belajar siswa dengan media vidio tersebut. Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk mengutarakan pendapat atau jawaban mereka sendiri walaupun jawaban mereka dirasa kurang tepat, tapi guru sudah memberikan apresiasi yang bagus.
Menurut saya, ada beberapa poin yang harus guru lalukan dalam pembelajaran dalam vidio tersebut, agar kedepannya pembelajaran dapat lebih menarik dan efektif. Salah satunya untuk melakukan pendahuluan dengan memberi salam, berdoa sesuai kepercayaan masing-masing, dan mengulang pembelajaran yang lalu juga agar siswa lebih bisa memahami materi yang baru.
Guru juga dapat memberikan tugas atau memberi tes untuk mengevaluasi hasil belajar siswa dan sampai mana siswa memahami materi yang sudah di ajarkan.
Nama : ayu citra mayangsari
Nim : 858034004
Setelah menonton vidio di atas ada beberapa kegiatan yang menjadi pusat perhatian saya, dalam penyampaian materi di vidio tersebut sudah sangat baik namun ada sebagian kegiatan yang penting dalam pembelajaran yang tidak di laksanakan misalnya guru tidak melakukan pendahuluan seperti menyapa,mengucapakan salam, atau memberi motivasi untuk menghidupkan suasana kelas tersebut. selain itu yang menjadi pusat perhatian saya yaitu guru membahas gambaran materi terlalu jauh atau terlalu luas sehingga sulit untuk di pahami oleh siswa. Saran saya alangkah baiknya guru memberikan gambaran materi yang ada di sekeliling siswa atau yang mereka ketahui sehingga tidak menylitkan siswa dalam memahami materi yang di sampaikan oleh guru.
Assalamu’alaikum wr.wb.
Nama : Alfin Dini Maulidia
Nim : 858732363
Prodi : PGSD-B1
Semester : 2
Pada awal pembelajaran hendaknya guru menjelaskan tentang kenampakan alam yang mempunyai faktor geografis yang berbeda, seperti perbedaan curah hujan, kondisi subur atau tidaknya tanah, serta jenis tanaman. Oleh karena perbedaan faktor geografis, masing-masing kenampakan alam juga menjadi berbeda. Keunikan juga menjadi salah satu alasan perbedaan kenampakan alam.
Dengan demikian peserta didik bisa memahami materi yang akan disampaikan serta membuat diskusi beberapa kelompok agar siswa aktif dalam pembelajaran karena materi yang disampaikan guru mengarah pada lingkungan sekitar siswa.
Nama : Sri Santi Octavia Ningsih
NIM : 8580491115
Prodi : PGSD-S1
Setelah menyaksikan video tersebut, saya ingin menyampaikan beberapa hal pada proses pembelajaran tersebut. pada pembukaan pembelajaran guru tidak menyampaikan materi itu dengan jelas, seharusnya sebelum memulai pelajaran guru dapat menjelaskan tentang contoh kenampakan alam sekitar agar peserta didik dapat memahami apa itu kenampakan alam. Dan dalam penyampaian materi guru terlalu terburu-buru sehingga peserta didik tidak dapat memahami. kelebihan dalam proses pembelajaran ini guru menampilkan alat peraga yaitu gambar, agar peserta didik dapat melihat gambar kenampakan alam tersebut.
Nama : Anisa hatuwe
Nim : 823059031
Prodi : PGSD
Berdasarkan pengamatan video di atas yang berjudul kenmapakna alam, menurut pendapat saya setelah mengamati video yang di tayangkan, sebelum memulai pelajaran seharusnya di lakukan pendahuluan yaitu: ucapkan salam,berdoa dan mengecek kehadiran siswa,
Guru tidak melakukan penilaian di akhir pembelajaran, guru tidak memberikan kesimpulan materi pada pembelajaran hari ini,
Mungkin itu saja sekian dan Terima kasih
Assalamualaikum wr.wb
Nama saya : Endah suani
Nim : 855991908
Semester : 8 AKPMM pokjar p.siantar
Berdasarkan video yg sudah saya lihat masih terdapat kekurangan yg dilakukan oleh guru tersebut dalam memulai pembelajaran dikelas. Sebelumnya terlebih dahulu guru harus menyapa murid agar murid lebih semangat dalam mengikuti pelajaran nantinya. Selanjutnya menanyak kabar siswa dan berdoa sebelum memulai pelajaran. Dari video yg saya lihat kurang nya guru dalam mengajar yaitu tidak mau membawa murid untuk berkesplorasi terhadap kelestarian alam sekitarnya juga. Jadi alangkah baiknya guru tersebut menurut saya membuat siswa berdiskusi kelompok agar bisa terarah dalam bimbingan guru itu sendiri untuk menunjukan satu persatu kenampakan alam yg ada di sekitarnya baik itu kenampakan alam asli dan buatan manusia .
Nama: Putri Dewi Sinaga
Nim : 859878929
Semester:2
A. Judul video pembelajaran: kenampakan alam
B. Indentifikasi masalah
– kegiatan awal
Guru tidak melakukan salam pembuka yaitu – menyapa siswa
– berdoa
– absensi
Guru langsung melakukan kegiatan inti dengan cara melakukan memberikan pertanyaan pertanyaan dan menyuruh siswa melakukan pengamatan terhadap gambar peta negara Mesir.
C. Analisis Masalah
*Awal pembelajaran
Pada awal pembelajaran guru langsung melakukan kegiatan inti pembelajaran di dalam kelas.
*Reaksi anak terhadappembelajaran
Siswa memperhatikan media gambar yang disajikan oleh guru tentang kenampakan alam.
*Siswa menjawab pertanyaan pertanyaan yang diberikan oleh guru
D. Upaya perbaikan pembelajaran
– pada kegiatan awal pembelajaran hendaknya guru memberikan sapaan atau salam pembuka dan lain sebagainya sehingga siswa menjadi senang dalam melakukan pembelajaran
– pada kegiatan inti hendaknya guru memberikan bahan materi pelajaran yang dapat dimengerti oleh siswa
– kegiatan penutup guru melakukan penilaian atas capaian hasil belajar siswa dan membuat kesimpulan dari pembelajaran tersebut
Nama : MARSELLA ARTHA MAHARANI
NIM : 858034527
Berdasarkan pengamatan video di atas yang berjudul kenmapakna alam, menurut pendapat saya setelah mengamati video yang di tayangkan, sebelum memulai pelajaran seharusnya di lakukan pendahuluan yaitu: ucapkan salam,berdoa dan mengecek kehadiran siswa,
Guru tidak melakukan penilaian di akhir pembelajaran, guru tidak memberikan kesimpulan materi pada pembelajaran hari ini,
Jadi alangkah baiknya guru tersebut menurut saya membuat siswa berdiskusi kelompok agar bisa terarah dalam bimbingan guru itu sendiri untuk menunjukan satu persatu kenampakan alam yg ada di sekitarnya baik itu kenampakan alam asli dan buatan manusia
Mungkin itu saja sekian dan Terima kasih