silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : m.arif amsyar
    Nim : 856022082
    Jurusan : PGSD S1
    Semester : 8
    Pokjar : Asahan Sumatra Utara
    1. Bagaimana reaksi anak /siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
    Menurut saya,reaksi anak – anak sangat bersemangat dan peserta didik dalam keadaan kondusif terhadap kegiatan pembelajar yang dilakukan oleh guru seperti bernyanyi .
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Menurut saya ,dalam vidio tersebut peserta didiknya kurang mendapatkan perhatian dari gurunya .
    3. Secara Keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Menurut saya, kelebihan yang guru miliki tersebut dapat mendorong semangat peserta didik serta dapat mengajak anak fokus terhadap mata pelajaran yang di ajarkan
    4. Hal – hal unik apa saja yang ditemukan dalam vidio tersebut dari guru saat melaksanakan pelajaran ?
    Menurut saya ,guru menggunakan berbagai media dalam arti guru tersebut sangat kreatif dengan menggunakan media gambar dan media huruf dari kertas.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan vidio ,upaya apa saja yang dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikut ?
    – guru dapat meningkatkan perhatiannya terhadap anak – anak muridnya
    – memberi motivasi dan dukungan terhadap murid – murid nya

  2. Nama: Rostina
    Nim: 855736015
    Prodi: PGSD
    UPBJJ: 20/bandar Lampung
    Dari video yang saya lihat guru nya lupa untuk mengucapkan salam, tapi selebih nya guru itu ketika menjelaskan sangat jelas sehingga murid mudah untuk mengerti apa yang guru itu menjelaskan. Walaupun sebagian ada murid juga merasa bosan untuk mendengarkan, salah satu strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa yaitu memberikan perhatian dan motivasi secara khusus pada siswa. Strategi yang dilakukan oleh guru ini dapat membangkitkan semangat dan minat siswa dalam belajar membaca.

  3. Nama : Miftahul Razaq
    NIM : 857703908

    Berdasarkan video yang saya amati dapat saya simpulkan bahwa penggunan alat peraga pada siswa yang kurang membaca huruf -suku kata -dan kalimat sangat membantu sekali dalam pembelajaran. Akan tetapi alat peraga tersebut masih kurang karena kurang adanya warna. Jadinya ada siswa yang merasa bosan dalam bembelajaran.
    Saran :
    Bagi Guru : Penggunaan metode harus lebih bervariasi sangat saat pembelajaran yaitu penataan tempat duduk agar tidak memudahkan memuculkan rasa bosan. Selain itu juga, guru biasa menggunakan media yang lebih menarik agar dapat memunculkan rasa semangat siswa untuk belajar. Di dalam video tersebut seharusnya guru menggunakan media visual. Selain itu juga di dalam video tersebut seharusnya guru sehaarusnya menggunakan media baca yang lebih bagus. Lebih berwarna warni agar siswa tertarik dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.

  4. NAMA : MIFTAHUL RAZAQ
    NIM : 857703908
    Berdasarkan video yang saya amati dapat saya simpulkan bahwa penggunan alat peraga pada siswa yang kurang membaca huruf -suku kata-dan kalimat sangat membantu sekali dalam pembelajaran. Akan tetapi alat peraga tersebut masih kurang karena kurang adanya warna. Jadinya ada siswa yang merasa bosan dalam bembelajaran.
    Saran :
    Bagi Guru : Penggunaan metode harus lebih bervariasi sangat saat pembelajaran yaitu penataan tempat duduk agar tidak memudahkan memuculkan rasa bosan. Selain itu juga, guru biasa menggunakan media yang lebih menarik agar dapat memunculkan rasa semangat siswa untuk belajar. Di dalam video tersebut seharusnya guru menggunakan media visual. Selain itu juga di dalam video tersebut seharusnya guru sehaarusnya menggunakan media baca yang lebih bagus. Lebih berwarna warni agar siswa tertarik dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.

  5. Kartini / 858878808/ pokjar kediri.
    Ijin menanggapi video yang berjudul kesulitan membaca huruf , suku kata, kata dan kalimat.
    Dalam pembelajaran itu ada tahapan tahapan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pembelajaran di video tersebut pendahuluannya tidak ada. Guru langsung masuk ke kegiatan inti menyanyi kemudian memberi contoh cara membaca kata yaitu kata a-ya-h dan i-bu dan mengajari siswa membaca satu persartu. Bagian penutup tidak ada. Media yang digunakan adalah gambar dan kartu kata ini sudah tepat tujuannyan untuk menarik perhatian siswa. Menurut saya dalam mengajar tahapan tahapan pembelajaran harus dilalui semua supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Guru juga harus menerapkan strategi yang tepat. Gambar seharusnya ditempel dipapan , dibawah gambar ada kantong tranparan untuk meletakkan kartu kata. Kemudian siswa disuruh kedepan satu persatu untuk nmemilik kartu kata dan membacanya serta meletakkannnya ke kantong yang sesuai dengan gambar sehinggasiswa yang lain bisa memperhatikan sambil menirukan apa yang dibaca temannya didepan kelas. Kalau guru keliling permeja siswa yang lain merasa tidak mendapat perhatian guru sehingga ramai sendiri.
    Dari video ini saya mendapat ilmu penyebab kesulitan membaca dan jenis metode pembelajaran membaca.
    Sekian terimakasih.

  6. NAMA : SEHATI ZAI
    NIM : 825316983
    POKJAR /UPBBJ : Idanogawo/Medan

    Berdasarkan video yang saya amati diatas dapat saya simpulkan bahwa penggunan alat peraga pada siswa yang kurang membaca huruf dan suku kata-dan kalimat sangat membantu sekali siswa kelas rendah menyampaikan pembelajaran dalam kelas. Tanpa sengaja alat peraga tersebut memberikan pemahaman kepada siswa untuk membaca langsung dan menyebut huruf tanpa menulis di papan tulis.
    Dan gambar tersebut mengenali ayah dan ibu walaupun dalam bentuk gambar tercetak…..kelemahannya gambar tersebut atau alat peraga jangan memicu hanya satu tetapi kalau boleh mengenali gambar yg lainnya
    Seterusnya lagi guru bukan hanya menunjukkan gambar andainya menyuruh untuk menulis di buku …….

  7. Nama : SEHATI ZAI
    Nim : 825316983
    Pokjar : IDANOGAWO

    Kekurangannya : Media pembelajaran kurang menarik sehingga siswa mudah bosan. Kemudian guru langsung ke kegiatan inti pembelajaran tanpa memberikan pembukaan kelas dan berdoa .
    Kelebihan : Strategi pembelajaran dan pendekatan yang dilakukan guru sudah bagus, seorang guru mampu membuat media pembelajaran supaya anak murid lebih mudah memahami materinya. Guru membuat suasana kelas jadi menyenangkan dan ramai beranjak untuk tdk fakum dan siswa jadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar. Guru melakukan ice break bernyanyi anak murid bergembira dan tidak mudah mengantuk saat belajar. Saran : Sebaiknya media pembelajaran bukan hanya gambar tetapi kalau boleh pakai infokus sehingga anak murid yang duduk dibelakang terlihat jelas, lebih memahami materinya dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yg diberikan atau yang di presentasikan….

  8. nama : tamara al arabi simangunsong
    UT Medan Pokjar Asahan
    dari tayangan video pembelajaran diatas terlihat di awal video guru melakukan ice breaking dengan menyanyi dapat membangkitkan semnangat anak. Media pembelajaran yang digunakan juga bervariasi dan menarik, namun perlunya penataan ulang tempat duduk anak anak agar tidak mudah merasa jenuh dan bosan

  9. Nama : Etik Widayasari
    NIM : 858542023
    Pokjar : Boja
    Pembelajaran yang dilakukan guru dalam video, sudah cukup bagus. Namun guru dapat menggunakan metode belajar membaca melalui permainan juga, supaya siswa lebih aktif, tidak hanya duduk di tempat duduknya dan lebih tertarik. Misalkan dengan permainan bowling menggunakan botol plastik bekas yang di dalamnya ada macam – macam huruf.

  10. Assalamualaikum
    Nama : Meishy Gersbby
    Nim :
    UPBJJ : UT Medan

    Setelah saya lihat dan amati video pembelajaran yang di lakukan guru kelas sekolah dasar. Sudah baik dan anak merespon apa yang di jelas kan guru. Di dalam metode pembayaran guru sudah menggunakan metode variasi, metode tanya jawab dengan anak.

    Misalnya menggunakan media kartu huruf. Tetapi Di dalam perkenalan awal abjad A sampai Z secara acak. Untuk melatih perkembangan kognitif anak. Agar anak mengingat abjad tanpa berurutan, tetapi secara ajak. Seperti kita lihat ada anak menyebutkan huruf secara berurutan itu akan membuat Lamat anak mengenal huruf.

    Terimakasih

Leave a Reply