Similar Posts
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : m.arif amsyar
Nim : 856022082
Jurusan : PGSD S1
Semester : 8
Pokjar : Asahan Sumatra Utara
1. Bagaimana reaksi anak /siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Menurut saya,reaksi anak – anak sangat bersemangat dan peserta didik dalam keadaan kondusif terhadap kegiatan pembelajar yang dilakukan oleh guru seperti bernyanyi .
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Menurut saya ,dalam vidio tersebut peserta didiknya kurang mendapatkan perhatian dari gurunya .
3. Secara Keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Menurut saya, kelebihan yang guru miliki tersebut dapat mendorong semangat peserta didik serta dapat mengajak anak fokus terhadap mata pelajaran yang di ajarkan
4. Hal – hal unik apa saja yang ditemukan dalam vidio tersebut dari guru saat melaksanakan pelajaran ?
Menurut saya ,guru menggunakan berbagai media dalam arti guru tersebut sangat kreatif dengan menggunakan media gambar dan media huruf dari kertas.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan vidio ,upaya apa saja yang dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikut ?
– guru dapat meningkatkan perhatiannya terhadap anak – anak muridnya
– memberi motivasi dan dukungan terhadap murid – murid nya
Nama: Rostina
Nim: 855736015
Prodi: PGSD
UPBJJ: 20/bandar Lampung
Dari video yang saya lihat guru nya lupa untuk mengucapkan salam, tapi selebih nya guru itu ketika menjelaskan sangat jelas sehingga murid mudah untuk mengerti apa yang guru itu menjelaskan. Walaupun sebagian ada murid juga merasa bosan untuk mendengarkan, salah satu strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa yaitu memberikan perhatian dan motivasi secara khusus pada siswa. Strategi yang dilakukan oleh guru ini dapat membangkitkan semangat dan minat siswa dalam belajar membaca.
Nama : Miftahul Razaq
NIM : 857703908
Berdasarkan video yang saya amati dapat saya simpulkan bahwa penggunan alat peraga pada siswa yang kurang membaca huruf -suku kata -dan kalimat sangat membantu sekali dalam pembelajaran. Akan tetapi alat peraga tersebut masih kurang karena kurang adanya warna. Jadinya ada siswa yang merasa bosan dalam bembelajaran.
Saran :
Bagi Guru : Penggunaan metode harus lebih bervariasi sangat saat pembelajaran yaitu penataan tempat duduk agar tidak memudahkan memuculkan rasa bosan. Selain itu juga, guru biasa menggunakan media yang lebih menarik agar dapat memunculkan rasa semangat siswa untuk belajar. Di dalam video tersebut seharusnya guru menggunakan media visual. Selain itu juga di dalam video tersebut seharusnya guru sehaarusnya menggunakan media baca yang lebih bagus. Lebih berwarna warni agar siswa tertarik dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.
NAMA : MIFTAHUL RAZAQ
NIM : 857703908
Berdasarkan video yang saya amati dapat saya simpulkan bahwa penggunan alat peraga pada siswa yang kurang membaca huruf -suku kata-dan kalimat sangat membantu sekali dalam pembelajaran. Akan tetapi alat peraga tersebut masih kurang karena kurang adanya warna. Jadinya ada siswa yang merasa bosan dalam bembelajaran.
Saran :
Bagi Guru : Penggunaan metode harus lebih bervariasi sangat saat pembelajaran yaitu penataan tempat duduk agar tidak memudahkan memuculkan rasa bosan. Selain itu juga, guru biasa menggunakan media yang lebih menarik agar dapat memunculkan rasa semangat siswa untuk belajar. Di dalam video tersebut seharusnya guru menggunakan media visual. Selain itu juga di dalam video tersebut seharusnya guru sehaarusnya menggunakan media baca yang lebih bagus. Lebih berwarna warni agar siswa tertarik dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.
Kartini / 858878808/ pokjar kediri.
Ijin menanggapi video yang berjudul kesulitan membaca huruf , suku kata, kata dan kalimat.
Dalam pembelajaran itu ada tahapan tahapan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pembelajaran di video tersebut pendahuluannya tidak ada. Guru langsung masuk ke kegiatan inti menyanyi kemudian memberi contoh cara membaca kata yaitu kata a-ya-h dan i-bu dan mengajari siswa membaca satu persartu. Bagian penutup tidak ada. Media yang digunakan adalah gambar dan kartu kata ini sudah tepat tujuannyan untuk menarik perhatian siswa. Menurut saya dalam mengajar tahapan tahapan pembelajaran harus dilalui semua supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Guru juga harus menerapkan strategi yang tepat. Gambar seharusnya ditempel dipapan , dibawah gambar ada kantong tranparan untuk meletakkan kartu kata. Kemudian siswa disuruh kedepan satu persatu untuk nmemilik kartu kata dan membacanya serta meletakkannnya ke kantong yang sesuai dengan gambar sehinggasiswa yang lain bisa memperhatikan sambil menirukan apa yang dibaca temannya didepan kelas. Kalau guru keliling permeja siswa yang lain merasa tidak mendapat perhatian guru sehingga ramai sendiri.
Dari video ini saya mendapat ilmu penyebab kesulitan membaca dan jenis metode pembelajaran membaca.
Sekian terimakasih.
NAMA : SEHATI ZAI
NIM : 825316983
POKJAR /UPBBJ : Idanogawo/Medan
Berdasarkan video yang saya amati diatas dapat saya simpulkan bahwa penggunan alat peraga pada siswa yang kurang membaca huruf dan suku kata-dan kalimat sangat membantu sekali siswa kelas rendah menyampaikan pembelajaran dalam kelas. Tanpa sengaja alat peraga tersebut memberikan pemahaman kepada siswa untuk membaca langsung dan menyebut huruf tanpa menulis di papan tulis.
Dan gambar tersebut mengenali ayah dan ibu walaupun dalam bentuk gambar tercetak…..kelemahannya gambar tersebut atau alat peraga jangan memicu hanya satu tetapi kalau boleh mengenali gambar yg lainnya
Seterusnya lagi guru bukan hanya menunjukkan gambar andainya menyuruh untuk menulis di buku …….
Nama : SEHATI ZAI
Nim : 825316983
Pokjar : IDANOGAWO
Kekurangannya : Media pembelajaran kurang menarik sehingga siswa mudah bosan. Kemudian guru langsung ke kegiatan inti pembelajaran tanpa memberikan pembukaan kelas dan berdoa .
Kelebihan : Strategi pembelajaran dan pendekatan yang dilakukan guru sudah bagus, seorang guru mampu membuat media pembelajaran supaya anak murid lebih mudah memahami materinya. Guru membuat suasana kelas jadi menyenangkan dan ramai beranjak untuk tdk fakum dan siswa jadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar. Guru melakukan ice break bernyanyi anak murid bergembira dan tidak mudah mengantuk saat belajar. Saran : Sebaiknya media pembelajaran bukan hanya gambar tetapi kalau boleh pakai infokus sehingga anak murid yang duduk dibelakang terlihat jelas, lebih memahami materinya dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yg diberikan atau yang di presentasikan….
nama : tamara al arabi simangunsong
UT Medan Pokjar Asahan
dari tayangan video pembelajaran diatas terlihat di awal video guru melakukan ice breaking dengan menyanyi dapat membangkitkan semnangat anak. Media pembelajaran yang digunakan juga bervariasi dan menarik, namun perlunya penataan ulang tempat duduk anak anak agar tidak mudah merasa jenuh dan bosan
Nama : Etik Widayasari
NIM : 858542023
Pokjar : Boja
Pembelajaran yang dilakukan guru dalam video, sudah cukup bagus. Namun guru dapat menggunakan metode belajar membaca melalui permainan juga, supaya siswa lebih aktif, tidak hanya duduk di tempat duduknya dan lebih tertarik. Misalkan dengan permainan bowling menggunakan botol plastik bekas yang di dalamnya ada macam – macam huruf.
Assalamualaikum
Nama : Meishy Gersbby
Nim :
UPBJJ : UT Medan
Setelah saya lihat dan amati video pembelajaran yang di lakukan guru kelas sekolah dasar. Sudah baik dan anak merespon apa yang di jelas kan guru. Di dalam metode pembayaran guru sudah menggunakan metode variasi, metode tanya jawab dengan anak.
Misalnya menggunakan media kartu huruf. Tetapi Di dalam perkenalan awal abjad A sampai Z secara acak. Untuk melatih perkembangan kognitif anak. Agar anak mengingat abjad tanpa berurutan, tetapi secara ajak. Seperti kita lihat ada anak menyebutkan huruf secara berurutan itu akan membuat Lamat anak mengenal huruf.
Terimakasih