silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,423 Comments

  1. Nama : Salbiah
    Nim : 856577757
    Metode membaca permulaan dengan menggunakan media gambar sudah cukup baik, dapat menarik minat anak dalam belajar membaca setiap kata yang ada di dalam gambar, cara mengajar yang juga mengajak anak untuk berpartisipasi dalam menyebutkan gambar apa yang terlihat pada gambar tersebut juga bisa membuat anak tertarik untuk membaca tiap kata yang ada pada gambar.

  2. Nama : Salbiah
    Nim : 856577757
    Pokjar : Kota Jambi
    Menurut saya ada beberapa pendapat yang bisa saya paparkan dsini,terkait dengan vidio dia atas,antara lain:
    1. Reaksi peserta didik saat saat belajar sangat bervariasi, ada yang terlihat begitu semangat belajar dan adapula sebagian peserta didik belum fokus selama proses belajar berlangsung, Jika dilihat dari awal pembelajaran guru sudah sesuai mengaitkan tema pembelajaran dengan memantik fokus peserta didik lewat bernyanyi.
    2. Metode serta media yang digunakan sudah cukup sesuai dengan tema pembelajaran yang di berikan, di awali dengan bernyai “Pergi Belajar” lalu guru mengaitkan dengan media gambar yang sesuai dengan penggalan lirik lagu tersebut serta guru menyiapkan media suku kata dimana siswa dapat berperan aktif untuk mencocokan suku kata sesuai dengan kata yang ada pada media bergambar tersebut.
    3. Hal unik yang dapat di temukan pada saat proses belajar mengajar berlangsung adalah adanya beberapa peserta didik yang belum fokus terhadap pembelajaran meski guru sudah menyediakan metode serta media pembelajaran yang menarik dan bervariasi.
    4. Upaya yang dilakukan guru pada proses belajar mengajar berlangsung pada video tersebut sudah baik, namun ada beberapa opsi yang dapat di ganti oleh guru tersebut pada proses pembelajaran, misalnya guru mengganti media gambar yang digunakan di ganti dengan gambar yang berwarna cerah, serta gambar dan lagu di tampilkan melalui video/proyektor sehingga menarik perhatian peserta didik dan diharapkan lebih meningkatkan kefokusan belajar peserta didik.

  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Nama : Sintika januarti Nim: 855739572 Semester: 6 (kelas A) Prodi :S1-PGSD Prokjar: Menggala UPBJJ: UT BANDAR LAMPUNG Judul video “Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat 1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut. 2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran? 1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas 2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan lebih realistis 3. Guru Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa 4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan 5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks breaking yaitu bernyanyi bersama 6. Guru melakukan stimulus sebelum menyampaikan materi 7. Menggunakan media pembelajaran berupa gambar dan melakukan pendekatan kepada siswa dengan menguji kemampuan siswa 8. Tidak pula mengambil alih selalu memberikan expresking dengan gerakan tepuk tangan untuk memupuk semangat siswa dalam kegiatan belajar 3. Kelemahan yang ada pada video pembelajaran? 1. Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran yang menarik seperti kata sapaan dan berdoa dan melakukan absensi siswa yang hadir. 2. Kurangnya memperhatikan siswa yang ada di kelas sehingga ada siswa yang bermain dan ada siswa yang belum bisa membaca huruf 3. Dalam kegiatan pembelajaran harus ada kegiatan penduduknya. Karena kita sebagai guru harus memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang disampaikan. Supaya siswa lebih mengingat pembelajaran disampaikan pada hari ini. 3. Hal-hal yang unik ditemukan pada video tersebut? Menurut pendapat saya hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru memberikan materi pembelajaran menggunakan gambar dan kartu kata untuk mengeja tulisan dengan baik Akan tetapi masih saja ada siswa yang kesulitan dalam mengeja kata yang diberikan oleh guru dikarenakan kurangnya konsentrasi dari seorang siswa tersebut 5. Upaya apa saja yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? 1. Guru sebelum membuka pembelajaran harus memulai dengan memberi salam sapaan, doa dan cek absensi kehadiran siswa 2. Memastikan siswa untuk siap belajar untuk mengenal huruf 3. Mengenalkan pada huruf vokal dan konsonan 4. Memberikan ice breaking yang sangat menarik supaya anak lebih semangat untuk belajar kembali 5. Mengajak anak bermain kartu kata dan membaca buku yang ada gambarnya agar lebih menarik lagi dan memberikan motivasi semangat untuk belajar bisa juga berupa reward atau hadiah Lainnya 6 terakhir memberikan sesi tanya jawab. terhadap peserta didik agar guru paham mana peser didik yang belum memahami materi yang diberikan dan tidak pula memberikan kesimpulan. 7. Terakhir menutup kegiatan pembelajaran dengan salam dan bila perlu memberikan PR terhadap peserta didik agar mereka selalu belajar di rumah Sekian itu saja yang dapat saya sampaikan atas perhatian Bapak ibu saya ucapkan terima kasih Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

  4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Nama : Sintika januarti Nim: 855739572 Semester: 6 (kelas A) Prodi :S1-PGSD Prokjar: Menggala UPBJJ: UT BANDAR LAMPUNG Judul video “Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat 1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut. 2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran? 1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas 2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan lebih realistis 3. Guru Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa 4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan 5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks breaking yaitu bernyanyi bersama 6. Guru melakukan stimulus sebelum menyampaikan materi 7. Menggunakan media pembelajaran berupa gambar dan melakukan pendekatan kepada siswa dengan menguji kemampuan siswa 8. Tidak pula mengambil alih selalu memberikan expresking dengan gerakan tepuk tangan untuk memupuk semangat siswa dalam kegiatan belajar 3. Kelemahan yang ada pada video 4

    pembelajaran? 1. Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran yang menarik seperti kata sapaan dan berdoa dan melakukan absensi siswa yang hadir. 2. Kurangnya memperhatikan siswa yang ada di kelas sehingga ada siswa yang bermain dan ada siswa yang belum bisa membaca huruf 3. Dalam kegiatan pembelajaran harus ada kegiatan penduduknya. Karena kita sebagai guru harus memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang disampaikan. Supaya siswa lebih mengingat pembelajaran disampaikan pada hari ini. 3. Hal-hal yang unik ditemukan pada video tersebut? Menurut pendapat saya hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru memberikan materi pembelajaran menggunakan gambar dan kartu kata untuk mengeja tulisan dengan baik Akan tetapi masih saja ada siswa yang kesulitan dalam mengeja kata yang diberikan oleh guru dikarenakan kurangnya konsentrasi dari seorang siswa tersebut 5. Upaya apa saja yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? 1. Guru sebelum membuka pembelajaran harus memulai dengan memberi salam sapaan, doa dan cek absensi kehadiran siswa 2. Memastikan siswa untuk siap belajar untuk mengenal huruf 3. Mengenalkan pada huruf vokal dan konsonan 4. Memberikan ice breaking yang sangat menarik supaya anak lebih semangat untuk belajar kembali 5. Mengajak anak bermain kartu kata dan membaca buku yang ada gambarnya agar lebih menarik lagi dan memberikan motivasi semangat untuk belajar bisa juga berupa reward atau hadiah Lainnya 6 terakhir memberikan sesi tanya jawab. terhadap peserta didik agar guru paham mana peser didik yang belum memahami materi yang diberikan dan tidak pula memberikan kesimpulan. 7. Terakhir menutup kegiatan pembelajaran dengan salam dan bila perlu memberikan PR terhadap peserta didik agar mereka selalu belajar di rumah Sekian itu saja yang dapat saya sampaikan atas perhatian Bapak ibu saya ucapkan terima kasih Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Nama : Sintika januarti Nim: 855739572 Semester: 6 (kelas A) Prodi :S1-PGSD Prokjar: Menggala UPBJJ: UT BANDAR LAMPUNG Judul video “Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat 1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut. 2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran? 1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas 2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan lebih realistis 3. Guru Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa 4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan 5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks breaking yaitu bernyanyi bersama 6. Guru melakukan stimulus sebelum menyampaikan materi 7. Menggunakan media pembelajaran berupa gambar dan melakukan pendekatan kepada siswa dengan menguji kemampuan siswa 8. Tidak pula mengambil alih selalu memberikan expresking dengan gerakan tepuk tangan untuk memupuk semangat siswa dalam kegiatan belajar 3. Kelemahan yang ada pada video 4

    pembelajaran? 1. Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran yang menarik seperti kata sapaan dan berdoa dan melakukan absensi siswa yang hadir. 2. Kurangnya memperhatikan siswa yang ada di kelas sehingga ada siswa yang bermain dan ada siswa yang belum bisa membaca huruf 3. Dalam kegiatan pembelajaran harus ada kegiatan penduduknya. Karena kita sebagai guru harus memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang disampaikan. Supaya siswa lebih mengingat pembelajaran disampaikan pada hari ini. 3. Hal-hal yang unik ditemukan pada video tersebut? Menurut pendapat saya hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru memberikan materi pembelajaran menggunakan gambar dan kartu kata untuk mengeja tulisan dengan baik Akan tetapi masih saja ada siswa yang kesulitan dalam mengeja kata yang diberikan oleh guru dikarenakan kurangnya konsentrasi dari seorang siswa tersebut 5. Upaya apa saja yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? 1. Guru sebelum membuka pembelajaran harus memulai dengan memberi salam sapaan, doa dan cek absensi kehadiran siswa 2. Memastikan siswa untuk siap belajar untuk mengenal huruf 3. Mengenalkan pada huruf vokal dan konsonan 4. Memberikan ice breaking yang sangat menarik supaya anak lebih semangat untuk belajar kembali 5. Mengajak anak bermain kartu kata dan membaca buku yang ada gambarnya agar lebih menarik lagi dan memberikan motivasi semangat untuk belajar bisa juga berupa reward atau hadiah Lainnya 6 terakhir memberikan sesi tanya jawab. terhadap peserta didik agar guru paham mana peser didik yang belum memahami materi yang diberikan dan tidak pula memberikan kesimpulan. 7. Terakhir menutup kegiatan pembelajaran dengan salam serta memberi motivasi untuk peserta didik agar peserta didik lebih smngat lgi dalam belajar Sekian itu saja yang dapat saya sampaikan atas perhatian Bapak ibu saya ucapkan terima kasih Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

  6. Assalamualaikum,
    Nama: Indria Apriliani
    NIM: 857317595
    Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang tepat untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca kata, karena di dalam video tersebut diberikan salah satu contoh media pembelajaran dengan menggunakan gambar yang kemudian peserta didik diminta untuk menyusun huruf sesuai dengan gambar yang telah difasilitasi oleh guru. Akan tetapi jika kita terus menerus memberikan metode seperti itu, ada kemungkinan peserta didik akan merasa bosan jika kita tidak memberikan variasi lain dalam kegiatan pembelajaran.
    Demikian pengamatan saya setelah melihat video pembelajaran tersebut, terimakasih.

  7. NAMA : TIWI SANDIANI
    NIM : 858071217
    POKJAR : MEMPAWAH
    Dari video pembelajaran tersebut saya melihat,
    1. reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran tersebut sangat bervariasi, ada yang fokus, tidak fokus, semangat, kurang bersemangat, dan ada yang terlihat ngantuk.
    2. kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya kurang menyiapkan media pembelajaran yang lebih berwarna untuk lebih menarik perhatian siswa.
    3. kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya dengan menyampaikan materi dengan nada semangat dan dengan media susun abjad merupakan upaya untuk menarik perhatian siswa.
    4. hal unik yang saya lihat adalah siswa yang sering memegangi kepala nya.
    5. upaya yang dapat di lakukan guru ke depan nya dapat menggunakan media yang lebih berwarna agar siswa lebih tertarik saat melakukan pembelajaran.
    3.

  8. Nama : Asnita Lamtiur Gultom
    NIM :859788308
    UPBJJ UT MEDAN
    Pokjar : Toba
    setelah melihat video tersebut yaitu “kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat” saya berpendapat:
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? ; menurut saya reaksi yang diberikan siswa agak kaku, namun tetap memperhatikan pembelajaran yang diberikan oleh gurunya
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? ; menurut saya setiap guru pastinya memiliki metode mengajar masing-masing, namun mungkin dalam kasus ini pada saat kegiatan pembukaan, guru kurang memberikan pembukaan yang semangat yang dapat mendorong semangat anak, apalagi untuk anak dikelas rendah. mungkin guru juga dapat menyelipkan beberapa permainan atau ice breaking pada saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga anak tidak bosan
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? ; menurut saya guru dalam video ini memiliki pendekatan yang baik dengan para siswa
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? ; menurut saya hal unik yang ada pada video adalah guru menggunakan media untuk membantu siswa, serta terdapat beberapa siswa yang masih belum fokus
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?; menurut saya untuk dikelas rendah mungkin sebelum pembelajaran guru dapat membuat kegiatan awal yang menyenangkan yang dapat membangkitkan semangat siswa, selain itu mungkin guru dapat mengubah tatanan tempat duduk siswa agar tidak monoton.

    Termakasih

  9. Nama:Ane Genisa Purba
    Nim:856048995
    *Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Menurut sata reaksi anak anak sangat antusias dan bersemangat kelas di mulai dengan kegiatan bernyanyi bertepuk tangan
    *Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru dalam menggunakan metode gambar tersebut jika anak tidak mengetahui gambar tersebut maka si anak sama sekali tidak akan mengetahui susunan huruf atau huruf.Dan kemudian guru harus lebih jeli dalam membuat gambar yang mudah untuk di pahami ketika belajar.Dan juga penggunaan media gambar menurut saya bisa saja dengan mudah di tebak siswa tanpa mengetahui susunan huruf yang membentuk kata.

    Demikian analisis vidio yang saya lakukan.

    *Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Yang unik menurut saya pas sebelum memulai pelajaran siswa di ajak untuk bernyanyi dan bertepuk tangan nah ketika siswa bertepuk tangan sudah ada pergerakan yang membuat siswa semangat di kemudian ibu lagu yang telah dinyanyikan berkaitan dengan gambar yang di berikan oleh guru sehingga anak lebih mudah memahami gambar yang di berikan serta juga ada abjad yang telah di buat oleh guru maka anak lebih mudah untuk menyusun kata.
    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Menurut saya jika memang menggunakan media gambar maka guru harus lebih kreatif lagi di dalam pemilihan gambar,membuat gambar yang lebih menarik agar siswa lebih giat untuk memahami pelajaran.

    sekian yanag dapat

  10. Nama : Mai saroh Juliana Lubis
    Nim : 855856599
    Kelas : A PGSD AKPMM S1
    Maktul : Panduan Pemantapan kemampuan mengajar.
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Leave a Reply