Similar Posts
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menurut saya Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang dijelaskan guru. Guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku kata.
Siswa diminta untuk menyebutkan benda tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu sehingga anak kesulitan untuk
jadi seorang guru dituntut untuk kreatif dalam proses mengajar agar minat siswa dalam belajar tumbuh. dalam video juga menjelaskan sebelum memulai pelajaran guru mengadakan icebreaking terlebih dahulu.
mengakses suatu bacaan deskrifsi tentang benda.
Guru tidak membimbing siswa untuk berlatih membaca dan langsung meminta siswa membaca penjelasan tentang benda yang terdapat pada buku.
Ada beberapa siswa yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar adanya beberapa siswa yang kurang fokus mungkin dapat menjadi perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor atau LDC sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut.
NAMA : KHOIRUL UMAM
NIM : 857002123
UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : WAY TUBA
Setelah memahami video diatas, cara paling tepat untuk menarik perhatian siswa agar mau membaca adalah menggunakan kata yg disertai gambar visual supaya siswa bisa lebih fokus pada apa yg sedang guru sampaikan. faktor lain penentu keberhasilan siswa membaca adalah faktor orang tua, sebagai orang tua haruslah meluangkan waktu untuk mengajari siswa membaca, hal ini dilakukan supaya siswa lebih cepat dalam belajar membaca.
nama : Deby irma devina
nim: 857003315
kls: A pgsd semester 6
Menurut saya Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang dijelaskan guru. Guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku kata. Siswa diminta untuk menyebutkan benda tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu sehingga anak kesulitan untuk jadi seorang guru dituntut untuk kreatif dalam proses mengajar agar minat siswa dalam belajar tumbuh. dalam video juga menjelaskan sebelum memulai pelajaran guru mengadakan icebreaking terlebih dahulu. mengakses suatu bacaan deskrifsi tentang benda. Guru tidak membimbing siswa untuk berlatih membaca dan langsung meminta siswa membaca penjelasan tentang benda yang terdapat pada buku. Ada beberapa siswa yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar adanya beberapa siswa yang kurang fokus mungkin dapat menjadi perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor atau LDC sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut.
Nama : Tia Septiani
Nim : 857002764
Berikut analisis video mengenai kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran, siswa terlihat mengikuti ice breaking seperti bernyanyi yang di pandu oleh guru, siswa mengikuti pembelajaran materi yang di sampaikan guru dengan metode gambar namun ada beberapa siswa yang belum mengerti huruf sehingga kesulitan membaca
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru kurang menggunakan metode yang menyenangkan dan kurang melakukan evaluasi pembelajaran
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran, yaitu melakukan ice breaking saat mengawali pembelajaran seperti bernyanyi guna meningkatkan semangat belajar siswa, guru juga menggunakan media gambar, huruf sehingga memperlancar kemampuan membaca siswa
3. Hal unik yang ditemukan setelah mengamati video pembelajaran tersebut yaitu, dari video tersebut guru menggunakan metode gambar dan beberapa kartu huruf sehingga dapat membantu dalam menjelaskan konsep materi karena gambar dan kartu huruf dapat menyampaikan pesan melalui simbol-simbol komunikasi visual
5. Setelah mengamati kelemahan dan kelebihan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas Kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu
Dengan teknik demonstrasi misalnya siswa di minta melafalkan huruf, membaca kata dan menyusun suku kata karena sebagian siswa masih ada yang belum mengenal huruf. Guru juga harus menggunakan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan agar membangun semangat siswa dalam belajar berikut upaya yang harus dilakukan untuk siswa yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Baguss sekalii 😊😊
Nama: Auliah
Nim: 856466576
Menurut saya video tersebut sangat menarik dan memberikan manfaat yang banyak untuk guru dan peserta didik.
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang tepat untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca kata,
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?
1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan yang lebih realistis 3. Guru menceritakan pikiran dan pendapat para siswa
4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan
5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks melanggar yaitu bernyanyi bersama
NAMA :MILA KARMILA
NIM:857002313
POKJAR:WAY TUBA
UPBJJ:BANDAR LAMPUNG
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang tepat untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca kata,
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?
1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan yang lebih realistis 3. Guru menceritakan pikiran dan pendapat para siswa
4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan
5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks melanggar yaitu bernyanyi bersama
Nama:Mila KARMILA
Nim:857002313
1.Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?
a. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
b. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan yang lebih realistis
c. Guru menceritakan pikiran dan pendapat para siswa
d. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan
e. Guru mengawali pembelajaran dengan teks melanggar yaitu bernyanyi bersama
2.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran adalah Guru mampu mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat pada guru, melainkan juga berpusat pada anak sehingga anak juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada anak meskipun belum menyeluruh.
3.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru memberikan metode pembelajaran yang variatif seperti menggunakan lagu lagu. Guru juga melibatkan gambar serta tantangan kepada anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat sehingga meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik.
4.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
a. Memperhatikan proses pembelajaran mulai dari kegiatan awal/pembukaan, kegiatan inti, penutup dan refleksi dengan baik;
b. Menambah metode pembelajaran;
c. Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi;
d. Pembelajaran yang fokus kepada peserta didik;
e. Melibatkan orang tua murid;
Nama : KHUSNUL KHOTIMAH
NIM : 857002148
Menurut saya vidio ini sudah sangat bagus, dimana guru menjelaskan materi dengan jelas sehingga murid aktif mengikuti pembelajaran, dan media yg digunakan pun juga sudah sesuai dengan materi yang di sampaikan