Similar Posts
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Menurut saya Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang dijelaskan guru. Guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku kata.
Siswa diminta untuk menyebutkan benda tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu sehingga anak kesulitan untuk
jadi seorang guru dituntut untuk kreatif dalam proses mengajar agar minat siswa dalam belajar tumbuh. dalam video juga menjelaskan sebelum memulai pelajaran guru mengadakan icebreaking terlebih dahulu.
mengakses suatu bacaan deskrifsi tentang benda.
Guru tidak membimbing siswa untuk berlatih membaca dan langsung meminta siswa membaca penjelasan tentang benda yang terdapat pada buku.
Ada beberapa siswa yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar adanya beberapa siswa yang kurang fokus mungkin dapat menjadi perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor atau LDC sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut.
NAMA : KHOIRUL UMAM
NIM : 857002123
UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : WAY TUBA
Setelah memahami video diatas, cara paling tepat untuk menarik perhatian siswa agar mau membaca adalah menggunakan kata yg disertai gambar visual supaya siswa bisa lebih fokus pada apa yg sedang guru sampaikan. faktor lain penentu keberhasilan siswa membaca adalah faktor orang tua, sebagai orang tua haruslah meluangkan waktu untuk mengajari siswa membaca, hal ini dilakukan supaya siswa lebih cepat dalam belajar membaca.
nama : Deby irma devina
nim: 857003315
kls: A pgsd semester 6
Menurut saya Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang dijelaskan guru. Guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku kata. Siswa diminta untuk menyebutkan benda tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu sehingga anak kesulitan untuk jadi seorang guru dituntut untuk kreatif dalam proses mengajar agar minat siswa dalam belajar tumbuh. dalam video juga menjelaskan sebelum memulai pelajaran guru mengadakan icebreaking terlebih dahulu. mengakses suatu bacaan deskrifsi tentang benda. Guru tidak membimbing siswa untuk berlatih membaca dan langsung meminta siswa membaca penjelasan tentang benda yang terdapat pada buku. Ada beberapa siswa yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar adanya beberapa siswa yang kurang fokus mungkin dapat menjadi perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor atau LDC sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut.
Nama : Tia Septiani
Nim : 857002764
Berikut analisis video mengenai kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran, siswa terlihat mengikuti ice breaking seperti bernyanyi yang di pandu oleh guru, siswa mengikuti pembelajaran materi yang di sampaikan guru dengan metode gambar namun ada beberapa siswa yang belum mengerti huruf sehingga kesulitan membaca
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru kurang menggunakan metode yang menyenangkan dan kurang melakukan evaluasi pembelajaran
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran, yaitu melakukan ice breaking saat mengawali pembelajaran seperti bernyanyi guna meningkatkan semangat belajar siswa, guru juga menggunakan media gambar, huruf sehingga memperlancar kemampuan membaca siswa
3. Hal unik yang ditemukan setelah mengamati video pembelajaran tersebut yaitu, dari video tersebut guru menggunakan metode gambar dan beberapa kartu huruf sehingga dapat membantu dalam menjelaskan konsep materi karena gambar dan kartu huruf dapat menyampaikan pesan melalui simbol-simbol komunikasi visual
5. Setelah mengamati kelemahan dan kelebihan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas Kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu
Dengan teknik demonstrasi misalnya siswa di minta melafalkan huruf, membaca kata dan menyusun suku kata karena sebagian siswa masih ada yang belum mengenal huruf. Guru juga harus menggunakan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan agar membangun semangat siswa dalam belajar berikut upaya yang harus dilakukan untuk siswa yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Baguss sekalii 😊😊
Nama: Auliah
Nim: 856466576
Menurut saya video tersebut sangat menarik dan memberikan manfaat yang banyak untuk guru dan peserta didik.
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang tepat untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca kata,
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?
1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan yang lebih realistis 3. Guru menceritakan pikiran dan pendapat para siswa
4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan
5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks melanggar yaitu bernyanyi bersama
NAMA :MILA KARMILA
NIM:857002313
POKJAR:WAY TUBA
UPBJJ:BANDAR LAMPUNG
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang tepat untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca kata,
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?
1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan yang lebih realistis 3. Guru menceritakan pikiran dan pendapat para siswa
4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan
5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks melanggar yaitu bernyanyi bersama
Nama:Mila KARMILA
Nim:857002313
1.Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?
a. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
b. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan yang lebih realistis
c. Guru menceritakan pikiran dan pendapat para siswa
d. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan
e. Guru mengawali pembelajaran dengan teks melanggar yaitu bernyanyi bersama
2.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran adalah Guru mampu mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat pada guru, melainkan juga berpusat pada anak sehingga anak juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada anak meskipun belum menyeluruh.
3.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru memberikan metode pembelajaran yang variatif seperti menggunakan lagu lagu. Guru juga melibatkan gambar serta tantangan kepada anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat sehingga meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik.
4.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
a. Memperhatikan proses pembelajaran mulai dari kegiatan awal/pembukaan, kegiatan inti, penutup dan refleksi dengan baik;
b. Menambah metode pembelajaran;
c. Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi;
d. Pembelajaran yang fokus kepada peserta didik;
e. Melibatkan orang tua murid;
Nama : KHUSNUL KHOTIMAH
NIM : 857002148
Menurut saya vidio ini sudah sangat bagus, dimana guru menjelaskan materi dengan jelas sehingga murid aktif mengikuti pembelajaran, dan media yg digunakan pun juga sudah sesuai dengan materi yang di sampaikan