Similar Posts
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Nama : Irmayani
Nim : 856034403
Pokjar : Tanjungbalai
Menurut saya yang dapat diambil dari penggunaan media gambar dalam mengajar pembaca permulaan adalah bahwa media gambar sangat efektif dalam membantu siswa memahami dan mengingat materi. Gambar dapat memvisualisasikan konsep abstrak, membuat pelajaran lebih menarik, dan membantu menghubungkan kata dengan benda atau ide yang konkret. Selain itu, gambar dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah penyampaian informasi, dan mendukung perkembangan kosakata serta pemahaman bacaan. Dengan demikian, penggunaan media gambar merupakan strategi yang penting dan bermanfaat dalam proses pembelajaran membaca di tingkat awal.
Nama : irmayani
Nim : 856034403
Pokjar : tanjungbalai
Menurut saya Kesimpulan yang dapat diambil dari penggunaan media gambar seperti yang didalam video. dalam mengajar pembaca permulaan adalah bahwa media gambar sangat efektif dalam membantu siswa memahami dan mengingat materi. Gambar dapat memvisualisasikan konsep abstrak, membuat pelajaran lebih menarik, dan membantu menghubungkan kata dengan benda atau ide yang konkret. Selain itu, gambar dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah penyampaian informasi, dan mendukung perkembangan kosakata serta pemahaman bacaan. Dengan demikian, penggunaan media gambar merupakan strategi yang penting dan bermanfaat dalam proses pembelajaran membaca di tingkat awal.
Nama : Dita Salsabila
Nim : 857103611
Pokjar : SMPN 92 Jakarta
Pada pembelajaran pembaca pemula alangkah baiknya dimulai dengan lagu yang berkaitan tentang abjad seperti lagu abcd dan dilanjutkan dengan bermain games agar anak-anak tidak merasa bosan dan jenuh, games yang di mainkan bisa berupa bermain games mencari nama-nama yang di awali dengan huruf abjad. Karena jika di lihat dari video, guru memang menggunakan media gambar namun guru langsung masuk ke tema pembelajaran yang dimana apabila ada anak yang belum bisa atau mengenal huruf akan kesulitan. Dengan menggunakan lagu abcd atau bermain games guru dapat membantu siswa untuk mengingat kembali apa saja huruf abjad dan bagaimana bentuknya sehingga anak dapat membaca huruf dengan baik.
Nama : Nur Hikmah
Nim : 856466734
Pokjar : Rengat
Komentar mengenai video di atas, yaitu :
Menurut pendapat saya mengenai video tersebut, kegiatan pembelajaran belum terlaksana secara efektif karena dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama. Melainkan guru langsung melakukan ice breaking bersama siswa-siswi tersebut. Untuk materi yang di sampaikan sudah bagus dan sesuai. Kemudian media dan metode pembelajaran sudah bagus. Dimana guru tersebut sangat kreatif membuat media huruf satu persatu di kertas. Dan untuk kegiatan penutup pun tidak di lakukan oleh guru tersebut seperti memberikan kesimpulan dan berdoa sebelum pulang, sehingga kegiatan pembelajaran belum terlaksana secara efektif dan efesien.
Menurut pendapat saya vidio yang sudah saya tonton tentang mengenal huruf, dan merangakai suku kata sudah baik benar tapi hanya saja kekurangan dalam vidio tersebut tidak membaca doa .
Nama : Serli Dwi Wijayanti
NIM : 858703892
Pokjar : Salut Doktor Sukarni Oscar Bojonegoro
Menurut pendapat saya Gambar dapat membangkitkan emosi dan koneksi emosional yang kuat. Anak-anak mungkin lebih mudah mengingat informasi yang disampaikan melalui gambar karena mereka dapat membentuk ikatan emosional dengan gambar tersebut, memperkuat ingatan mereka terhadap konsep atau informasi yang ingin disampaikan. Namun demikian, penting untuk diingat bahwa kemampuan membaca tetap merupakan keterampilan yang sangat penting dan harus dikuasai. Sementara media gambar dapat menjadi alat yang berguna dalam pembelajaran, anak-anak juga perlu didorong untuk mengembangkan kemampuan membaca mereka untuk kesuksesan jangka panjang dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari.
Nama : Ignatius Ponidi
NIM : 857706594
UPBJJ : Semarang
Menurut pendapat saya pada video tersebut bahwa dalam proses kegiatan pembelajaran terlaksana kurang efektif ,dimana Guru tersebut dalam mengawali proses pembelajaran dalam kegiatan awal seperti salam, doa belum dilaksanakan,absensi kehadiran anak juga belum ada.Guru tersebut dalam mengajar langsung masuk di ice breaking dan kegiatan inti. Untuk proses pembelajaran di kegiatan inti tersebut guru sudah melakukan dengan baik,kondusif,dan interaktif dengan siswa.Media dan metode yang digunakan juga sudah baik untuk siswa yang lagi belajar membaca permulaan.Dalam Kegiatan penutup Guru belum memberi kesimpulan dan mengakhiri pembelajaran belum juga dengan memberi doa.
Menurut saya Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang dijelaskan guru. Guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku kata.
Siswa diminta untuk menyebutkan benda tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu sehingga anak kesulitan untuk
jadi seorang guru dituntut untuk kreatif dalam proses mengajar agar minat siswa dalam belajar tumbuh. dalam video juga menjelaskan sebelum memulai pelajaran guru mengadakan icebreaking terlebih dahulu.
mengakses suatu bacaan deskrifsi tentang benda.
Guru tidak membimbing siswa untuk berlatih membaca dan langsung meminta siswa membaca penjelasan tentang benda yang terdapat pada buku.
Ada beberapa siswa yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar adanya beberapa siswa yang kurang fokus mungkin dapat menjadi perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor atau LDC sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut.
Nama : Yusrina Rosa
Nim : 855856843
Menurut saya Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang dijelaskan guru. Guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku kata.
Siswa diminta untuk menyebutkan benda tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu sehingga anak kesulitan untuk
jadi seorang guru dituntut untuk kreatif dalam proses mengajar agar minat siswa dalam belajar tumbuh. dalam video juga menjelaskan sebelum memulai pelajaran guru mengadakan icebreaking terlebih dahulu.
mengakses suatu bacaan deskrifsi tentang benda.
Guru tidak membimbing siswa untuk berlatih membaca dan langsung meminta siswa membaca penjelasan tentang benda yang terdapat pada buku.
Ada beberapa siswa yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar adanya beberapa siswa yang kurang fokus mungkin dapat menjadi perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor atau LDC sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut.
Nama : Paulina Ayu Lestari Situmorang
Nim : 855857419
dalam video di atas
guru tersebut tidak mengajak siswa untuk berdoa
sebaiknya guru tersebut terlebih dahulu mengajak siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran.
dalam pembelajaran tersebut menurut saya guru tersebut sangat kreatif membuat media huruf satu persatu di kertas.
guru tersebut menggunakan media pembelajaran yang membantu siswa dalam mengikuti pembelajaran.