silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,423 Comments

  1. Menurut pendapat saya mengenai vidio yang sudah saya tonton atau lihat tentang mengenal huruf dan merangakai suku kata, menurut saya sudah baik dan benar tapi hanya kekurangan dalam vidio tersebut tidak membaca doa saat mulai pembelajaran, dan di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dan tidak berdoa juga saat mengakhiri pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran belum terlaksana secara efektif dan efesien.

  2. NAMA : ROLANDI TUHEHAY RATUMBOBA
    NIM : 838359007
    Menurut pendapat saya mengenai vidio yang sudah saya tonton atau lihat tentang mengenal huruf dan merangakai suku kata, menurut saya sudah baik dan benar tapi hanya kekurangan dalam vidio tersebut tidak membaca doa saat mulai pembelajaran, dan di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dan tidak berdoa juga saat mengakhiri pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran belum terlaksana secara efektif dan efesien.

  3. Nama: Maria E K Ulahaiyanan
    NIM : 859621977

    Dalam vidio di atas
    Guru tersebut tidak melakukan salam, sapa, dan doa pada awal pembelajaran.
    Sebaiknya guru tersebut terlebih dahulu melakukan salam sapa dan doa pada awal pembelajaran. Dalam vidio dapat kita lihat bahwa guru sudah memberikan stimulasi dan rangsangan pada awal pembelajaran, sehinga anak-anak tampak bersemangat menjalani pembelajaran, dan sudah mempersiapkan media pembelajaran. Metode pembelajaran yang guru berikan cukup menarik, anak-anak juga mudah memahami kata karena di setiap APKG yang di berikan terdapat gambar dan kata sehingga memudahkan siswa untuk menebak kata yang diberikan ibu guru

  4. Nama: Maria E K Ulahaiyanan
    Nim . : 859621977

    Dalam vidio di atas
    Guru tersebut tidak melakukan salam, sapa, dan doa pada awal pembelajaran.
    Sebaiknya guru tersebut terlebih dahulu melakukan salam sapa dan doa pada awal pembelajaran. Dalam vidio dapat kita lihat bahwa guru sudah memberikan stimulasi dan rangsangan pada awal pembelajaran, sehinga anak-anak tampak bersemangat menjalani pembelajaran, dan sudah mempersiapkan media pembelajaran. Metode pembelajaran yang guru berikan cukup menarik, anak-anak juga mudah memahami kata karena di setiap APKG yang di berikan terdapat gambar dan kata sehingga memudahkan siswa untuk menebak kata yang diberikan ibu guru

  5. Nama : Melati Tambunan
    NIM. : 877528429

    Menurut saya dari video di atas, cara yang di lakukan ibu guru untuk mengatasi kesulitan membaca sangatlah kreatif karena dengan menggunakan gambar sebagai media pembelajaran untuk anak SD menarik peehatian siswa Selain itu, gambar dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah penyampaian informasi, dan mendukung perkembangan kosakata serta pemahaman bacaan. Dengan demikian, penggunaan media gambar merupakan strategi yang penting dan bermanfaat dalam proses pembelajaran membaca di tingkat awal.
    Saya juga mengajar sebagai guru kelas 1 di salah satu SD di kecamatan Sipoholon dan hal demikian juga saya temui di sekolah tempat saya mengajar dan untuk mengatasi masalah tersebut saya juga menggunakan media gambar untuk membantu saya dalam menyampaikan materi.
    Terima kasih…

  6. Nama: Lestari Meriana Napitupulu
    NIM: 878368542
    Dari video pembelajaran yang saya tonton, menurut saya kurangnya pemaparan dalam materi yang dijelaskan oleh guru. Namun dengan adanya media yang disediakan guru dalam pembelajaran tersebut sangat membantu anak anak dalam mengenali huruf huruf dalam kata tersebut.

  7. Nama: Lestari Meriana Napitupulu
    NIM: 878368542

    Dari video pembelajaran yang saya tonton, menurut saya kurangnya pemaparan dalam materi yang dijelaskan oleh guru. Namun dengan adanya media yang disediakan guru dalam pembelajaran tersebut sangat membantu anak anak dalam mengenali huruf huruf dalam kata tersebut.

  8. Nama : Maria E K Ulahaiyanan
    Nim. : 859621977

    Menurut saya, cuplikan video ini sangat baik dan membantu mengatasi kesulitan membaca, terutama di kelas rendah. Dari video yang dijelaskan, kita bisa memahami bahwa mengajar anak membaca di kelas rendah tidaklah mudah, meskipun didukung oleh media gambar dan metode yang bervariasi. Beberapa penyebabnya antara lain:
    – Beberapa anak belum mengenal huruf,
    – Ada yang belum bisa merangkai suku kata, kata, dan kalimat.
    Hal ini sering kali disebabkan oleh anak yang malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian, tidak adanya media pembelajaran, atau anak yang tergolong lambat belajar. Untuk solusi, terdapat beberapa jenis metode membaca permulaan:
    – Metode Eja: untuk anak yang belum bisa membaca huruf, dibimbing dengan metode abjad/huruf.
    – Metode Suku Kata: anak yang belum bisa membaca kata dilatih dengan metode silabik.
    – Metode Kata: anak yang belum bisa membaca kata dilatih untuk menganalisis kata.
    – Metode Kalimat: anak yang belum bisa membaca kalimat dilatih untuk menganalisis kalimat.
    – Metode SAS: melatih anak yang sudah pandai membaca.
    Dalam video, guru telah menggunakan metode dengan baik, sehingga perhatian siswa terfokus pada guru. Pembelajaran dimulai dengan ice breaking yang menyenangkan, menciptakan suasana ceria, dan anak-anak pun aktif mengikuti arahan guru. Selain itu, pemberian pertanyaan timbal balik melatih kognisi anak, serta penggunaan gambar dan kartu huruf sebagai media pembelajaran membantu anak lebih mudah memahami materi tanpa merasa bosan.

  9. Nama : Mila asmayani Gulo
    Nim : 856058513
    pokjar : Idanogawo
    semester : 6

    Menurut saya kesulitan siswa dalam membaca huruf dan suku kata-kata itu wajar. Apalagi ketika kita amati dalam vidio itu masih kelas 1, Namun kita sebagai seorang pengajar perlu melakukan berbagai metode pengajaran bagi anak-anak baik itu berupa ice breaking yang terkait dengan materi yg kita berikan kepada anak.

  10. Nama: Gebi Yolanda
    NIM : 878249253
    Semester :6
    Menurut pendapat saya mengenai video tersebut, kegiatan pembelajaran kurang efektif dimana guru tersebut dalam kegiatan awal seperti salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa belum dilaksanakan. Namun sudah memberikan apersepsi yang baik dengan menyanyikan lagu pergi belajar secara bersama-sama. Kemudian sebaiknya siswa dikenalkan dengan huruf abjad terlebih dahulu dan media gambar digunakan lebih variatif dibagikan kepada siswa di setiap meja sehingga setiap anak dapat mencoba membaca dan terlihat dimana kesulitan siswa tersebut.

Leave a Reply