Similar Posts
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama: Siti Aminah ( 856596599)
Pada Video Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat yang dapat saya amati Yaitu Guru Memulai Pembelajaran dengan tidak berdo’a,ice breaking yang di lakukan sudah sangat bagus, tetapi pada saat pembelajaran pengenalan tentang keluarga alangkah baiknya jika siswa di ajak menuliskan ke depan tentang penulisan huruf ayah dan ibu untuk memotivasi siswa.
Nama : Julimanto waruwu
Nim : 855993499
Pada video yang saya amati dimana pada pembukaan pembelajaran tidak ada sapaan kepada siswa, kemudian tidak mengajak siswa untuk berdoa dan belum mengapsen siswa siswi.
Kelebihan dari video yang saya amati dimana pada pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mengetahui huruf dan dapat menjawap gambar yang di pertanyakan.
Nama : Purinta Amanda Dewi
Nim : 858842678
Berdasarkan cuplikan vidio diatas yang berjudul “kesulitan membaca huruf,suku kata, kata dan kalimat” menceritakan seorang guru memulai pembelajaran dengan bernyanyi, alangkah baiknya sebelum bernyanyi melakukan pembukaan salam, sapaan dan berdoa supaya pembelajaran berjalan dengan lancar. Setelah bernyanyi guru langsung mengajarkan membaca secara bersamaan, tidak melakukan pendekatan atau melakukan pemanasan dalam mengenal huruf abjad. Guru sebaiknya melakukan pendekatan personal terhadap murid yang mungkin memiliki lambar belajar (slow leaner).
NAMA : LOLY KRISTIN NATALIA TADU
NIM : 856084572
UPBJJ : KOTA BATAM
Setelah saya menganalisa Video diatas. Menurut Saya Pembelajaran yang dilakukan oleh Guru tersebut adalah :
Setiap pribadi siswa memiliki reaksi yang berbeda-beda saat mengikuti pembelajaran, yaitu :
1. Ada siswa yang memperhatikan Guru saat proses pembelajaran
2. Dan ada juga siswa yang tidak fokus dalam mengikuti proses pembelajaran
Dari Video diatas pula saya menyimpulakan ada beberapa Kelemahan yang dimiliki oleh Guru tersebut yaitu :
1. Guru tidak mengajak siswa untuk Berdoa sebelum memulai pembelajaran
2. Guru tidak memeriksa atau mengecek kehadiran setiap siswa yang ada dikelas
3. Guru tidak memberikan Motivasi Semangat Belajar kepada siswa, yang dimana motivasi semangat belajar sangat penting diberikan kepada siswa untuk mendorong siswa untuk belajar, mengembangkan keterampilan, dan mencapai prestasi akademik yang baik kepada setiap siswa dikelas.
Namun dibalik Kelemahan tesebut Guru memiliki Kelebihan yang dimiliki, yaitu :
1. Guru mengajak siswa untuk “ICE BREAKING” dimana kegiata ICE BREAKING ini juga sangat penting diberikan pada siswa yaitu untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta serius namun santai.
Guru mampu menyiapkan Media Pembelajaran yang bagus sehingga hal tersebut dapat menarik minat siswa dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran.
Dari Video diatas adapun usulan atau solusi yang dapat disampaikan adalah :
1. Guru terlebih dahulu mengajak siswa untuk berdoa bersama sebelum memulai pembelajaran.
2. Setelah berdoa Guru bisa memeriksa atau mengecek kehadiran setiap siswa yang ada dikelas.
3. Guru wajib memberikan Semangat Motivasi Belajar kepada seluruh siswa.
4. Sebelum mengajarkan membaca kepada siswa, ada baiknya guru tersebut terlebih dahulu memperkenalkan HURUF ABJAD kepada siswa dikelas dan Guru juga menanyakan kepada setia siswa atau satu persatu siswa tentang HURUF ABJAD. Dimana hal ini dilakukan agar Guru tersebut mampu mengetahui sejauh mana setiap siswa yang ada dikelas mengenal HURUF ABJAD.
Nama : Naonom Evi Winda Nainggolan
NIM : 878257458
Menurut saya video di atas sangat bagus dan bermanfaat. Dimana di awal pembelajaran guru mengajak siswa untuk bernyanyi agar siswa semakin bersemangat dalam belajar. Kemudian guru juga menggunakan media belajar yaitu media gambar untuk menarik minat siswa., serta guru juga memberikan apresisasi dalam bentuk pujian untuk siswa yang berani memberikan jawaban saat guru bertanya pada siswa.
Terimkasih
Nama : Kaesty Vidya Utari
NIM : 878257007
Berdasarkan dari cuplikan video diatas, menurut saya ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari metode mengajar oleh guru tersebut diantaranya sebagai berikut:
Kelebihan dari video tersebut :
1. Dalam video tersebut cara mengajar guru sudah cukup efektif dengan menggunakan Media Gambar dalam menganalkan kata ibu dan ayah.
2. Selain menggunakan media gambar, guru tersebut juga mengajak anak untuk bernyanyi, guna mengajak anak ikut serta aktif di dalam kelas.
3. Mengajak siswa mencoba untuk menyusun kata dengan menyamakan gambar, hal ini membuat anak aktif dan berani tampil di dalam kelas.
4. Guru tersebut sudah menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.
Kelemahan dari Video tersebut :
1. Pada saat mengawali kegiatan di kelas, guru tersebut langsung melakukan kegiatan inti. Tidak adanya salam pembuka, Doa bersama serta absensi kehadiran siswa.
2. Diakhir kelas tidak adanya kesimpulan pembelajaran dan salam penutup oleh guru.
Terimakasih 🙂
Nama : Kaesty Vidya Utari
NIM : 878257007
Berdasarkan dari cuplikan video diatas, menurut saya ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari metode mengajar oleh guru tersebut diantaranya sebagai berikut:
Kelebihan dari video tersebut :
1. Dalam video tersebut cara mengajar guru sudah cukup efektif dengan menggunakan Media Gambar dalam menganalkan kata ibu dan ayah.
2. Selain menggunakan media gambar, guru tersebut juga mengajak anak untuk bernyanyi, guna mengajak anak ikut serta aktif di dalam kelas.
3. Mengajak siswa mencoba untuk menyusun kata dengan menyamakan gambar, hal ini membuat anak aktif dan berani tampil di dalam kelas.
4. Guru tersebut sudah menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.
Kelemahan dari Video tersebut :
1. Pada saat mengawali kegiatan di kelas, guru tersebut langsung melakukan kegiatan inti. Tidak adanya salam pembuka, Doa bersama serta absensi kehadiran siswa.
2. Diakhir kelas tidak adanya kesimpulan pembelajaran dan salam penutup oleh guru.
Terimakasih 🙂
Nama : Pitri Solida Simanullang
Nim : 855841417
Analisis yang dapat saya lihat dari Vidio tersebut sudah bagus, tapi masih ada kekurangan dan kelebihannya.
Kekurangannya adalah :
1. Tidak diawali dengan sapaan terhadap siswa, Contohnya tidak ada menanyakan kabar, kerapian, dan kehadiran.
2. Tidak ada diawali dengan doa pembuka.
3. Tidak terdapat ice breaking, melainkan langsung masuk dengan teori yang baru.
4. Tidak ada mengulas materi sebelumnya.
Kelebihannya adalah :
1. Vidionya sudah bagus, gurunya mampu menjelaskan dengan baik dan benar. Sehingga terlihat respon anak” dengan baik dan jelas.
2. Suasana Ruangannya sudah ter tata rapi dan hasil vidionya juga bagus.
3. Pada vidio tersebut terlihat Memiliki media pembelajaran. yaitu gambar tentang ayah dan ibu, terdapat huruf abjad juga.
Saran yang dapat saya berikan adalah :
1. Sebelum memulai pembelajaran, ada baiknya diawali dengan sapaan. contohnya hallo anak” selamat Pagi, hari ini kabarnya bagamana …
2. Setelas diawali dengan sapaan, kemudia dilanjutkan dengan doa pembuka.
3. Kemudian dilanjutkan dengan kerapian siswa dan menanyakan kehadiran.
4. Sebelum memulai materi, harus diawali dengan ice breaking, agar anak – anak semangat untuk belajar.
5. Lalu menanyakan materi sebelumnya atau mengulas pelajaran yang sudah lewat.
Terimaka…
Jika ada saran yang kurang pas mohon dimaklumi Bapak/Ibu…
Bismillah..
Perkenalkan
Nama : Erin Rosana Nurhadiati
NIM : 877835491
Analisis video berkaitan dengan permasalahan kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat
Kelebihan:
1. Menyajikan pengenalan keluarga melalui pembukaan pengenalan lagu terlebih dahulu supaya menarik minat anak
2. Pendahuluan pengenalan kata melalui media gambar, dengan proses mengeja huruf, membaca perkata
Kekurangan:
1. Perlunya berdoa sebelum kegiatan pembelajaran, sapaan kabar, dan sapaan perasaan sebelum pembelajaran di mulai.
2. Media pembelajaran yang belum berinovasi, kurang menarik perhatian anak. Pentingnya memberikan media yang beragam dalam bentuk yang lebih berwarna dengan ukuran yang lebih besar untuk perhatian anak.
Nama : For Niat Jernih Gulo
Nim : 856061869
Menurut saya Dalam Video diatas, Guru sudah melakukan tugasnya atau sudah kreatif dengan mengajarkan siswa melalui media gambar dan mengajar siswanya dengan sabar serta menggunakan metode mengeja dan menggunakan abjad. Dan selalu memberi apresiasi kepada siswanya.
Dalam video tersebut juga terdapat beberapa kekurangan seperti, dalam video tidak memperlihatkan sapaan, berdoa, menanyakan kabar siswa, tidak Memperkenalkan semua huruf, Dan yg terakhir tidak menjelaskan tujuan serta topik pembelajaran.
Saran, Alangkah lebih baiknya seorang Guru itu wajib mengetahui setiap keadaan siswanya dengan menanyakan kabar terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, Kemudian Memperkenalkan semua huruf (A-Z, menentukan yg mana suku kata dan satu kata) kepada siswa, harus Menyampaikan judul/topik dan tujuan pembelajaran.
Terimakasih.