Similar Posts
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
NAMA : MARTA MEI SADAR LASE
NIM : 856061013
Izin memberi tanggapan
Pada video yang saya analisis, ada beberapa kelemahan dan kelebihan :
1.kekurangan
• Guru tidak memberi salam kepada siswa/i
• Guru memulai pelajaran tanpa berdoa terlebih dahulu
• Guru tidak memberikan pengenalan huruf terlebih dahulu
2.kelebihan
• Guru menggunakan media pembelajaran
• Guru mendampingi siswanya dalam pengenalan media pembelajaran
• Guru memulai pembelajaran dengan lagu oh ibu dan ayah
Saran :
• sebaiknya guru memulai pembelajaran dengan bernyanyi dan berdoa
• guru memberikan ice breaking seperti tepuk semangat….
• sebaiknya guru membagi kelompok dalam melengkapi media pembelajaran untuk mengenal huruf. Dengan adanya itu, siswa di ajak untuk bias kerjasama antar temannya
sekian dan terimakasih
NAMA : Duwi Novita
NIM : 858070935
Mengenai Video yang saya amati Penggunaan lagu, permainan, dan pengenalan huruf secara bertahap adalah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan membaca pada anak sejak sekolah dasar,dan didalam video tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar guru tersebut
Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
Tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarkan
Didalam video tersebut juga ada kelebihan nya dengan memulai pembelajaran menggunakan lagu pemantik yaitu ibu dan ayah dan juga menggunakan media gambar yang sudah digunakan dengan baik sehingga siswa dapat memahami bacaan tersebut.
Nama: Dwi Prabandari Putri
NIM : 877767951
Setelah menyaksikan dan mengamati video pembelajaran dengan judul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” sebelumnya, dapat diketahui beberapa kelemahan dari video pembelajaran tersebut, diantaranya:
1. tidak dilaksanakan berdoa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing pada kegiatan pembukaan.
2. tidak dilakukan presensi kehadiran peserta didik.
3. tidak dijelaskan capaian pembelajaran yang akan dilakukan pada kegiatan belajar.
4. tidak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.
Selain dari kelemahan , terdapat beberapa kelebihan dari video pembelaran yang telah tersaji sebelumnya. Kelebihan tersebut diantaranya:
1. Guru sudah mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu pemantik sebagai motivasi untuk siswa agar semangat memulai kegiatan belajar.
2. Kemudian Guru juga menyajikan media pembelajaran yang cukup dimengerti oleh para pesreta didik.
3. Guru juga telah melakukan apersepsi atau memberikan pertanyaan pemantik sebelum dilakukannya kegiatan inti pada pembelajaran.
Saran:
1. Dalam kegiatan inti mungkin dapat dilakukan beberapa ice breaking agar siswa yang kurang fokus atau sudah mulai teralihkan fokusnya dapat kembali fokus dan mengikuti kegiatan belajar dengan baik.
2. Agar kegiatan belajar menjadi tidak membosankan, mungkin Guru juga dapat melakukan permainan edukasi. seperti menyusun kata-kata yang teracak kemudian membimbing peserta didik untuk menyusun menjadi 1 kata atau kalimat yang benar.
Sekian beberapa pendapat saya terkait dengan video kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat. Terimakasih
Nama : Hilda Melinda Zahro’
NIM : 878191638
metode -metode yang diajarkan guru dalam membaca terutama biasanya terjadi pada kelas 1, memiliki masing -masing kelebihan yang sesuai dengan kebutuhan anak. dengan metode ini guru menjadi extra sabar dan murid yang diajarkan mengalami perubahan yang bertambah dalam membaca.
Nama : FITRIANI
NIM : 859811336
Pada video tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar guru tersebut
Kelemahan Pembelajaran dalam video :
Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul “ Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “
Menurut saya ada beberapa kelemahan didalamnya, diantaranya:
1. Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran.
2. Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
3. Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.
Kelebihan Pembelajaran dalam video :
Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul “ Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “
Menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
1. Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
2. Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
3. Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas sehingga bisa mambaca kalimat.
4. Guru kreatif murid menjadi aktif
5. Mengkongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.
Nama : Lisnawati
NIM : 856594445
Pokja : Kota Jambi
Menurut saya melihat vidio di atas :
Untuk awal permulaan pembelajaran tidak ada do’a, serta tidak menanyakan kehadiran anak/absen. Untuk tahapan pembelajaran tidak efektif. untuk media pembelajaran sdh baik karena menampilkan gambar dan suku kata. Guru tidak membimbing siswa untuk berlatih membaca dan langsung meminta siswa membaca penjelasan tentang benda yang terdapat pada buku.
Ada beberapa siswa yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar adanya beberapa siswa yang kurang fokus mungkin dapat menjadi perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor atau LDC sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut.
Nama : Lisnawati
NIM : 856594445
Pokjar : Kota Jambi
Melihat vidio di atas bisa di analisis :
Kekurangannya:
1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
2. tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarkan
3. tidak terlihat membimbing siswa dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata.
Kelebihannya :
1. Sudah menggunakan media pembelajaran dalam bentuk gambar
2. ada ice breaking guna agar anak tidak bosan
Nama : Devis Oktariani (877601025)
Assalamualaikum wr wb.
Yth bpk/ibu dosen izinkan saya menyampaikan saran/jwban dari vidio yg sdh saya tonton dan amati di atas. Menurut pendapat saya dari vidio diatas. Vidio mengajar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.
*Kelebihan nya yaitu yang pertama sudah memakai media gambar dan huruf, setelah dikenalkan gambar kemudian dilanjutkan dengan game menyusun huruf-huruf dan sebelum nya siswa sudah di ajak bernyanyi. menurut saya itu sudah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan pembelajaran membaca pada siswa sekolah dasar.
*Kekurangan nya yaitu sebelum pembelajaran dimulai tidak dimulai dengan pendahuluan, tetapi langsung ke inti pembelajaran.
*Saran nya yaitu Seharusnya dimulai dengan pendahuluan misalnya berdoa, menyapa siswa, mengabsen dan memakai apersepsi terlebih dahulu. Apersepsi dalam mengajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menghubungkan pengetahuan dan pengalaman yang sudah dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari. Tujuannya agar siswa tertarik, konsentrasi, dan mudah memahami materi yang disampaikan. Kemudian dilanjutkan dengan inti pembelajaran dan penutup misalnya Meninjau Kembali Materi Pertemuan Tersebut atau refleksi, Evaluasi Pembelajaran, Memberi Dorongan Sosial.
Nama : Devis Oktariani (877601025)
Assalamualaikum wr wb.
Yth bpk/ibu dosen izinkan saya menyampaikan saran/jwban dari vidio yg sdh saya tonton dan amati di atas. Menurut pendapat saya dari vidio diatas. Vidio mengajar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.
*Kelebihan nya yaitu yang pertama sudah memakai media gambar dan huruf, setelah dikenalkan gambar kemudian dilanjutkan dengan game menyusun huruf-huruf dan sebelum nya siswa sudah di ajak bernyanyi. menurut saya itu sudah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan pembelajaran membaca pada siswa sekolah dasar.
*Kekurangan nya yaitu sebelum pembelajaran dimulai tidak dimulai dengan pendahuluan, tetapi langsung ke inti pembelajaran.
*Saran nya yaitu Seharusnya dimulai dengan pendahuluan misalnya berdoa, menyapa siswa, mengabsen dan memakai apersepsi terlebih dahulu. Apersepsi dalam mengajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menghubungkan pengetahuan dan pengalaman yang sudah dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari. Tujuannya agar siswa tertarik, konsentrasi, dan mudah memahami materi yang disampaikan. Kemudian dilanjutkan dengan inti pembelajaran dan penutup misalnya Meninjau Kembali Materi Pertemuan Tersebut atau refleksi, Evaluasi Pembelajaran, Memberi Dorongan Sosial.
Nama : Ferawati Saragih
Nim : 824804976
Dalam vidio tersebut saya mengamati pembelajaran ini sudah berada di tahap inti pembelajaran. Pembelajaran sudah efektif, didukung dengan bernyanyi bersama, ada media gambar, ada kartu huruf.
Akan tetapi alangkah lebih menarik lagi apabila, media gambar dan kartu huruf itu menggunakan gambar berwarna dan kartu huruf berwarna.
Dan tanpa pembedaan status siswa yang lebih pintar dan yang lebih lambat ada baiknya sesekali memisahkan posisi duduk siswa, yang lebih pintar bergabung di kelas bagian kiri dan yang lebih lambat bagian kanan, atau sebaliknya. Setelahnya siswa yang lebih lambat diberi bimbingan dan perhatian lebih dalam arti belajar, untuk siswa yang lebih pintar diberi tugas belajar membaca ke tahap selanjutnya agar kelas tetap kondusif.