silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,422 Comments

  1. NAMA : MARTA MEI SADAR LASE
    NIM : 856061013
    Izin memberi tanggapan
    Pada video yang saya analisis, ada beberapa kelemahan dan kelebihan :
    1.kekurangan
    • Guru tidak memberi salam kepada siswa/i
    • Guru memulai pelajaran tanpa berdoa terlebih dahulu
    • Guru tidak memberikan pengenalan huruf terlebih dahulu
    2.kelebihan
    • Guru menggunakan media pembelajaran
    • Guru mendampingi siswanya dalam pengenalan media pembelajaran
    • Guru memulai pembelajaran dengan lagu oh ibu dan ayah
    Saran :
    • sebaiknya guru memulai pembelajaran dengan bernyanyi dan berdoa
    • guru memberikan ice breaking seperti tepuk semangat….
    • sebaiknya guru membagi kelompok dalam melengkapi media pembelajaran untuk mengenal huruf. Dengan adanya itu, siswa di ajak untuk bias kerjasama antar temannya

    sekian dan terimakasih

  2. NAMA : Duwi Novita
    NIM : 858070935
    Mengenai Video yang saya amati Penggunaan lagu, permainan, dan pengenalan huruf secara bertahap adalah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan membaca pada anak sejak sekolah dasar,dan didalam video tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar guru tersebut
    Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
    Tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarkan
    Didalam video tersebut juga ada kelebihan nya dengan memulai pembelajaran menggunakan lagu pemantik yaitu ibu dan ayah dan juga menggunakan media gambar yang sudah digunakan dengan baik sehingga siswa dapat memahami bacaan tersebut.

  3. Nama: Dwi Prabandari Putri
    NIM : 877767951
    Setelah menyaksikan dan mengamati video pembelajaran dengan judul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” sebelumnya, dapat diketahui beberapa kelemahan dari video pembelajaran tersebut, diantaranya:
    1. tidak dilaksanakan berdoa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing pada kegiatan pembukaan.
    2. tidak dilakukan presensi kehadiran peserta didik.
    3. tidak dijelaskan capaian pembelajaran yang akan dilakukan pada kegiatan belajar.
    4. tidak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

    Selain dari kelemahan , terdapat beberapa kelebihan dari video pembelaran yang telah tersaji sebelumnya. Kelebihan tersebut diantaranya:
    1. Guru sudah mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu pemantik sebagai motivasi untuk siswa agar semangat memulai kegiatan belajar.
    2. Kemudian Guru juga menyajikan media pembelajaran yang cukup dimengerti oleh para pesreta didik.
    3. Guru juga telah melakukan apersepsi atau memberikan pertanyaan pemantik sebelum dilakukannya kegiatan inti pada pembelajaran.

    Saran:
    1. Dalam kegiatan inti mungkin dapat dilakukan beberapa ice breaking agar siswa yang kurang fokus atau sudah mulai teralihkan fokusnya dapat kembali fokus dan mengikuti kegiatan belajar dengan baik.
    2. Agar kegiatan belajar menjadi tidak membosankan, mungkin Guru juga dapat melakukan permainan edukasi. seperti menyusun kata-kata yang teracak kemudian membimbing peserta didik untuk menyusun menjadi 1 kata atau kalimat yang benar.

    Sekian beberapa pendapat saya terkait dengan video kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat. Terimakasih

  4. Nama : Hilda Melinda Zahro’
    NIM : 878191638
    metode -metode yang diajarkan guru dalam membaca terutama biasanya terjadi pada kelas 1, memiliki masing -masing kelebihan yang sesuai dengan kebutuhan anak. dengan metode ini guru menjadi extra sabar dan murid yang diajarkan mengalami perubahan yang bertambah dalam membaca.

  5. Nama : FITRIANI
    NIM : 859811336
    Pada video tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar guru tersebut
    Kelemahan Pembelajaran dalam video :
    Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul “ Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “
    Menurut saya ada beberapa kelemahan didalamnya, diantaranya:
    1. Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran.
    2. Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
    3. Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.

    Kelebihan Pembelajaran dalam video :
    Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul “ Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “
    Menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
    1. Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
    2. Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
    3. Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas sehingga bisa mambaca kalimat.
    4. Guru kreatif murid menjadi aktif
    5. Mengkongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.

  6. Nama : Lisnawati
    NIM : 856594445
    Pokja : Kota Jambi

    Menurut saya melihat vidio di atas :
    Untuk awal permulaan pembelajaran tidak ada do’a, serta tidak menanyakan kehadiran anak/absen. Untuk tahapan pembelajaran tidak efektif. untuk media pembelajaran sdh baik karena menampilkan gambar dan suku kata. Guru tidak membimbing siswa untuk berlatih membaca dan langsung meminta siswa membaca penjelasan tentang benda yang terdapat pada buku.
    Ada beberapa siswa yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar adanya beberapa siswa yang kurang fokus mungkin dapat menjadi perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor atau LDC sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut.

  7. Nama : Lisnawati
    NIM : 856594445
    Pokjar : Kota Jambi

    Melihat vidio di atas bisa di analisis :
    Kekurangannya:
    1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
    2. tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarkan
    3. tidak terlihat membimbing siswa dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata.
    Kelebihannya :
    1. Sudah menggunakan media pembelajaran dalam bentuk gambar
    2. ada ice breaking guna agar anak tidak bosan

  8. Nama : Devis Oktariani (877601025)
    Assalamualaikum wr wb.
    Yth bpk/ibu dosen izinkan saya menyampaikan saran/jwban dari vidio yg sdh saya tonton dan amati di atas. Menurut pendapat saya dari vidio diatas. Vidio mengajar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.
    *Kelebihan nya yaitu yang pertama sudah memakai media gambar dan huruf, setelah dikenalkan gambar kemudian dilanjutkan dengan game menyusun huruf-huruf dan sebelum nya siswa sudah di ajak bernyanyi. menurut saya itu sudah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan pembelajaran membaca pada siswa sekolah dasar.
    *Kekurangan nya yaitu sebelum pembelajaran dimulai tidak dimulai dengan pendahuluan, tetapi langsung ke inti pembelajaran.
    *Saran nya yaitu Seharusnya dimulai dengan pendahuluan misalnya berdoa, menyapa siswa, mengabsen dan memakai apersepsi terlebih dahulu. Apersepsi dalam mengajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menghubungkan pengetahuan dan pengalaman yang sudah dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari. Tujuannya agar siswa tertarik, konsentrasi, dan mudah memahami materi yang disampaikan. Kemudian dilanjutkan dengan inti pembelajaran dan penutup misalnya Meninjau Kembali Materi Pertemuan Tersebut atau refleksi, Evaluasi Pembelajaran, Memberi Dorongan Sosial.

  9. Nama : Devis Oktariani (877601025)

    Assalamualaikum wr wb.
    Yth bpk/ibu dosen izinkan saya menyampaikan saran/jwban dari vidio yg sdh saya tonton dan amati di atas. Menurut pendapat saya dari vidio diatas. Vidio mengajar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

    *Kelebihan nya yaitu yang pertama sudah memakai media gambar dan huruf, setelah dikenalkan gambar kemudian dilanjutkan dengan game menyusun huruf-huruf dan sebelum nya siswa sudah di ajak bernyanyi. menurut saya itu sudah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan pembelajaran membaca pada siswa sekolah dasar.

    *Kekurangan nya yaitu sebelum pembelajaran dimulai tidak dimulai dengan pendahuluan, tetapi langsung ke inti pembelajaran.

    *Saran nya yaitu Seharusnya dimulai dengan pendahuluan misalnya berdoa, menyapa siswa, mengabsen dan memakai apersepsi terlebih dahulu. Apersepsi dalam mengajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menghubungkan pengetahuan dan pengalaman yang sudah dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari. Tujuannya agar siswa tertarik, konsentrasi, dan mudah memahami materi yang disampaikan. Kemudian dilanjutkan dengan inti pembelajaran dan penutup misalnya Meninjau Kembali Materi Pertemuan Tersebut atau refleksi, Evaluasi Pembelajaran, Memberi Dorongan Sosial.

  10. Nama : Ferawati Saragih
    Nim : 824804976
    Dalam vidio tersebut saya mengamati pembelajaran ini sudah berada di tahap inti pembelajaran. Pembelajaran sudah efektif, didukung dengan bernyanyi bersama, ada media gambar, ada kartu huruf.
    Akan tetapi alangkah lebih menarik lagi apabila, media gambar dan kartu huruf itu menggunakan gambar berwarna dan kartu huruf berwarna.
    Dan tanpa pembedaan status siswa yang lebih pintar dan yang lebih lambat ada baiknya sesekali memisahkan posisi duduk siswa, yang lebih pintar bergabung di kelas bagian kiri dan yang lebih lambat bagian kanan, atau sebaliknya. Setelahnya siswa yang lebih lambat diberi bimbingan dan perhatian lebih dalam arti belajar, untuk siswa yang lebih pintar diberi tugas belajar membaca ke tahap selanjutnya agar kelas tetap kondusif.

Leave a Reply