silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,422 Comments

  1. NAMA : FETRONELLA
    NIM : 856084368
    PRODI : S1-PGSD

    Dari video pembelajaran ini, kita bisa mengetahui bahwa belajar membaca permulaan tidaklah mudah, apalagi untuk anak SD kelas 1 dimana mereka sedang merasakan masa transisi dari pendidikan yang sebelumnya. Beberapa metode membaca permulaan bisa kita gunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga peserta didik akan mudah memahaminya. Namun dalam hal ini kita sebagai pendidik harus memahami karakter setiap peserta didik agar kita bisa memberikan metode yang tepat kepadanya. Selain penggunaan metode yang tepat, berbagai media juga harus digunakan untuk bisa membuat peserta didik bisa membaca permulaan. Apa yang dilakukan di video sudah menunjukkan penggunaan media.
    Ada banyak yang bisa kita manfaatkan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Mengajak peserta didik melakukan permainan dan setelahnya memberikan apresiasi juga akan menimbulkan suasana menyenangkan. Sesuatu yang menimbulkan interaksi langsung oleh peserta didik akan lebih mudah diingatnya.

  2. Nama : Anggi Putri Andriyani
    Nim : 877601136

    Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, guru sudah mengawali pembelajaran dengan baik dan Bagus dari awal sampai akhir, yang diawali dengan mengajak siswa ice breaking terlebih dahulu supaya meningkatkan semnaggat siswa dalam belajar, dan juga pengunaan media yang digunakan seperti gambar dan huruf sangat efektif dalam membantu siswa memahami dan mengigat materi apa saja yang disampaikan, konsep itu juga dapat membuat pelajaran lebih menarik dan membantu siswa menghubungkan kata dengan benda atau ide yang Bagus. Selain itu juga gambar dapat meningkatkan atau mempermudah siswa dalam menyampaikan informasi dan mendukung perkembangan kosakata serta pemahaman mengeja atau membaca. Dengan demikian penggunaan media gambar dan huruf merupakan strategi yang penting dan juga bermanfaat dalam proses pembelajaran membaca untuk tingkat awal serta interaksi yang dilakukan oleh guru dan siswa dan metode yg digunakan untuk mengajar oleh ibu guru sangat Bagus.

    Kelemahan dari pembelajaran tersebut yaitu guru tidak mengucapkan salam terlebih dahulu dan guru hendaknya mengajak siswa untuk berdo’a sesuai agama dan kepercayaan masing-masing sebelum memulai pelajaran sesuai dengan pedoman pada RPP yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

    Kelebihan dari pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru tersebut sudah Bagus , mulai dari awal pembelajaran guru terlebih dahulu mengajak siswa melakukan ice breaking yaitu seperti bernyanyi gunanya supaya bisa meningkatkan semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selanjutnya dari cara penyampaian guru kepada siswa baik daru interaksi siswa, guru dan juga metode yang digunakan oleh ibu guru sangat bagus, selain itu media yang digunakan seperti gambar, huruf sangat bagus sehingga bisa dengan mudah siswa mengenal huruf dan juga memperlancar kemampuan membaca para siswa.

  3. Assalammualaikum wr wb
    Perkenalkan
    Nama : Reza Wahyu Maisar
    NIM : 856288373
    zin menanggapi video diatas:
    Setalah saya menonton video tentang kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat di kelas rendah diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru dalam video tersebut sudah melakukan strategi pembelajaran yang baik, menyenangkan dan efektif. Dimana saat melakukan pembelajaran guru sudah menggunakan media gambar untuk membantu siswa mengasosiasikan kata dengan objek, menggunakan alat bantu seperti buku tulis bergaris, mengamati cara siswa menulis untuk menentukan area kesulitan mereka, memberikan umpan balik yang membangun untuk meningkatkan motivasi dan tidak lupa juga guru tersebut memberi pujian untuk setiap kemajuan siswanya, dan pengenalan suku kata diajarkan dengan cara bernyanyi, sehingga siswa menjadi lebih mudah mengingat. Dengan pendekatan yang terstruktur dan penuh perhatian tersebut, diharapkan agar siswanya dapat mengatasi kesulitan menulis dan bisa meningkatkan kemampuan mereka. Tetapi sayangnya dalam video tidak di jelaskan atau ditayangkan pemberian materi yang bisa digunakan untuk latihan sisswa di rumah atau melibatkan orang tua untuk membantu siswanya berlatih di rumah.
    Sekian analisis dari saya
    Assalammualaikum wr wb.

  4. Nama : Andari
    Nim : 877603527
    Setelah menonton video proses pembelajaran diatas, ada beberapa pendapat yang dapat saya sampaikan disini, menurut saya pembelajaan denganenggunakam metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang bagus untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca, akan tetapi untuk proses pembelajaran yang ada di video ada beberapa kelemahan dan kelebihan yang saya temukan.
    Kelemahan video pembelajaran diatas yaitu guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam, sapaan dan juga do’a, tidak memeriksa kehadiran siswa, tidak membahas atau menanyakan pelajaran sebelumnya, dan alangkah baiknya sebelum memulai membaca menyebutkan atau mengingat kembali huruf alfabet (abjad), agar siswa lebih mengenal huruf dan lebih mudah dalam belajar membaca.
    Adapun kelebihan dari video pembelajaran diatas adalah sebelum memulai pembelajaran guru melakukan ice breaking sekaligus menjadi pemantik untuk memulai proses pembelajaran dan untuk media pembelajaran sudah digunakan dengan baik.

  5. Nama : Juita Siahaan
    NIM :878365056

    Dari video kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat ada kekurangan dan kelebihan. Kekurangannya dalam pembelajaran sebelum memulai pembelajaran tidak ada ucapan salam, doa, dan absensi. Dan kelebihan dalam video, penyampaian materi sudah bagus dan ada media yang digunakan dalam pembelajarannya. Dengan adanya media itu dapat membantu siswa untuk lebih cepat memahami materi yang disampaikan.
    Terimakasih

  6. Menurut pendapat saya mengenai video tersebut, kegiatan pembelajaran belum terlaksana secara efektif karena dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama. Melainkan guru langsung melakukan icebreaking bersama siswa-siswi tersebut. Untuk bahan yang sampaikan sudah bagus dan sesuai. Kemudian media dan metode pembelajaran sudah bagus. Dimana guru tersebut sangat kreatif membuat media huruf satu persatu di kertas. Dan untuk kegiatan penutup pun tidak dilakukan oleh guru tersebut seperti memberikan kesimpulan dan berdoa sebelum pulang, sehingga kegiatan pembelajaran belum terlaksana secara efektif dan efisien.

  7. Nama : LISMAYDA
    NIM :856463968
    Didalam Video yang sudah saya amati ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar
    Kekurangan adalah :
    1.Guru tidak membuka pelajaran dengan berdoa
    2.Guru tidak mengabsensi siswa
    Kelebihan adalah :
    Guru mengajak siswa belajar mengenal huruf dengan menggunakan media pembelajaran
    Dengan mudah yaitu menyusun kata menjadi sebuah kalimat.

  8. Nama :Alda Deska Putri
    NIM : 877762422
    Assalamualaikum wr.wb
    Izin mengomentari video pembelajaran di atas dalam video pembelajaran tersebut dapat saya simpulkan bahwa guru yang mengajarkan huruf, membaca kata dengan baik kepada murid. Ibu guru di video sudah melakukan apersepsi dengan baik dengan cara dengan menyanyikan lagu dengan bersama dengan tujuan memberikan semangat dan memastikan semua peserta didik sudah siap memulai pembelajaran. Penyampaian materi sudah bagus media pembelajaran sudah ada tetapi alangkah baiknya dibuat lebih variatif agar anak lebih mudah memahami isi pada media pada gambar tersebut.

  9. Nama : Nur Wahid
    NIM : 856059593

    HASIL ANALISIS SAYA TERHADAP VIDEO TERSEBUT.
    Menurut saya, penggunaan lagu, permainan, dan pengenalan huruf secara bertahap adalah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan membaca pada anak sejak sekolah dasar.
    Dalam video tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar guru tersebut
    kekurangannya :
    1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
    2. tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarkan
    3. tidak terlihat membimbing siswa dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata.

    kelebihan :
    1. memulai pembelajaran menggunakan lagu pemantik yaitu ibu dan ayah
    2. media gambar yang sudah digunakan sudah baik.

    saran
    1. sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran, guru hendaknya mengajak anak untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
    2. memulai ice breaking dengan lagu ABCD agar anak semakin mengenal huruf
    3. melakukan permainan sederhana seperti melengkapi huruf yang hilang dengan media kartu huruf. contohnya kata : A Y A ___ . lalu si anak mencari pada timpukan huruf,huruf apa yang sesuai pada kata tersebut.

    terimakasih

  10. Nama : Mardhiyah Ulfah
    Nim : 856821038
    Pokjar : Curup, Rejang Lebong.

    Guru mengajak siswa bernyanyi terlebih dahulu, sehingga siswa merasa gembira sebelum pelajaran dimulai. Tetapi guru lupa mengucapkan salam terlebih dahulu dan mengabsen siswa.

    Guru Memperkenalkan huruf kepada anak dengan media gambar yang bisa menarik perhatian siswa, media gambar dapat membantu anak yang kesulitan membaca untuk memahami materi pelajaran dan mengembangkan kemampuannya.
    Tetapi akan lebih baik lagi apabila gambar tersebut diberikan sentuhan warna, agar lebih menarik perhatian siswa.
    Untuk mengatasi siswa yang kesulitan membaca, guru dapat memberikan motivasi dan pengarahan, mendampingi, dan memberikan perhatian khusus.

Leave a Reply