Similar Posts
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
NAMA : FETRONELLA
NIM : 856084368
PRODI : S1-PGSD
Dari video pembelajaran ini, kita bisa mengetahui bahwa belajar membaca permulaan tidaklah mudah, apalagi untuk anak SD kelas 1 dimana mereka sedang merasakan masa transisi dari pendidikan yang sebelumnya. Beberapa metode membaca permulaan bisa kita gunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga peserta didik akan mudah memahaminya. Namun dalam hal ini kita sebagai pendidik harus memahami karakter setiap peserta didik agar kita bisa memberikan metode yang tepat kepadanya. Selain penggunaan metode yang tepat, berbagai media juga harus digunakan untuk bisa membuat peserta didik bisa membaca permulaan. Apa yang dilakukan di video sudah menunjukkan penggunaan media.
Ada banyak yang bisa kita manfaatkan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Mengajak peserta didik melakukan permainan dan setelahnya memberikan apresiasi juga akan menimbulkan suasana menyenangkan. Sesuatu yang menimbulkan interaksi langsung oleh peserta didik akan lebih mudah diingatnya.
Nama : Anggi Putri Andriyani
Nim : 877601136
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, guru sudah mengawali pembelajaran dengan baik dan Bagus dari awal sampai akhir, yang diawali dengan mengajak siswa ice breaking terlebih dahulu supaya meningkatkan semnaggat siswa dalam belajar, dan juga pengunaan media yang digunakan seperti gambar dan huruf sangat efektif dalam membantu siswa memahami dan mengigat materi apa saja yang disampaikan, konsep itu juga dapat membuat pelajaran lebih menarik dan membantu siswa menghubungkan kata dengan benda atau ide yang Bagus. Selain itu juga gambar dapat meningkatkan atau mempermudah siswa dalam menyampaikan informasi dan mendukung perkembangan kosakata serta pemahaman mengeja atau membaca. Dengan demikian penggunaan media gambar dan huruf merupakan strategi yang penting dan juga bermanfaat dalam proses pembelajaran membaca untuk tingkat awal serta interaksi yang dilakukan oleh guru dan siswa dan metode yg digunakan untuk mengajar oleh ibu guru sangat Bagus.
Kelemahan dari pembelajaran tersebut yaitu guru tidak mengucapkan salam terlebih dahulu dan guru hendaknya mengajak siswa untuk berdo’a sesuai agama dan kepercayaan masing-masing sebelum memulai pelajaran sesuai dengan pedoman pada RPP yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Kelebihan dari pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru tersebut sudah Bagus , mulai dari awal pembelajaran guru terlebih dahulu mengajak siswa melakukan ice breaking yaitu seperti bernyanyi gunanya supaya bisa meningkatkan semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selanjutnya dari cara penyampaian guru kepada siswa baik daru interaksi siswa, guru dan juga metode yang digunakan oleh ibu guru sangat bagus, selain itu media yang digunakan seperti gambar, huruf sangat bagus sehingga bisa dengan mudah siswa mengenal huruf dan juga memperlancar kemampuan membaca para siswa.
Assalammualaikum wr wb
Perkenalkan
Nama : Reza Wahyu Maisar
NIM : 856288373
zin menanggapi video diatas:
Setalah saya menonton video tentang kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat di kelas rendah diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru dalam video tersebut sudah melakukan strategi pembelajaran yang baik, menyenangkan dan efektif. Dimana saat melakukan pembelajaran guru sudah menggunakan media gambar untuk membantu siswa mengasosiasikan kata dengan objek, menggunakan alat bantu seperti buku tulis bergaris, mengamati cara siswa menulis untuk menentukan area kesulitan mereka, memberikan umpan balik yang membangun untuk meningkatkan motivasi dan tidak lupa juga guru tersebut memberi pujian untuk setiap kemajuan siswanya, dan pengenalan suku kata diajarkan dengan cara bernyanyi, sehingga siswa menjadi lebih mudah mengingat. Dengan pendekatan yang terstruktur dan penuh perhatian tersebut, diharapkan agar siswanya dapat mengatasi kesulitan menulis dan bisa meningkatkan kemampuan mereka. Tetapi sayangnya dalam video tidak di jelaskan atau ditayangkan pemberian materi yang bisa digunakan untuk latihan sisswa di rumah atau melibatkan orang tua untuk membantu siswanya berlatih di rumah.
Sekian analisis dari saya
Assalammualaikum wr wb.
Nama : Andari
Nim : 877603527
Setelah menonton video proses pembelajaran diatas, ada beberapa pendapat yang dapat saya sampaikan disini, menurut saya pembelajaan denganenggunakam metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang bagus untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca, akan tetapi untuk proses pembelajaran yang ada di video ada beberapa kelemahan dan kelebihan yang saya temukan.
Kelemahan video pembelajaran diatas yaitu guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam, sapaan dan juga do’a, tidak memeriksa kehadiran siswa, tidak membahas atau menanyakan pelajaran sebelumnya, dan alangkah baiknya sebelum memulai membaca menyebutkan atau mengingat kembali huruf alfabet (abjad), agar siswa lebih mengenal huruf dan lebih mudah dalam belajar membaca.
Adapun kelebihan dari video pembelajaran diatas adalah sebelum memulai pembelajaran guru melakukan ice breaking sekaligus menjadi pemantik untuk memulai proses pembelajaran dan untuk media pembelajaran sudah digunakan dengan baik.
Nama : Juita Siahaan
NIM :878365056
Dari video kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat ada kekurangan dan kelebihan. Kekurangannya dalam pembelajaran sebelum memulai pembelajaran tidak ada ucapan salam, doa, dan absensi. Dan kelebihan dalam video, penyampaian materi sudah bagus dan ada media yang digunakan dalam pembelajarannya. Dengan adanya media itu dapat membantu siswa untuk lebih cepat memahami materi yang disampaikan.
Terimakasih
Menurut pendapat saya mengenai video tersebut, kegiatan pembelajaran belum terlaksana secara efektif karena dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama. Melainkan guru langsung melakukan icebreaking bersama siswa-siswi tersebut. Untuk bahan yang sampaikan sudah bagus dan sesuai. Kemudian media dan metode pembelajaran sudah bagus. Dimana guru tersebut sangat kreatif membuat media huruf satu persatu di kertas. Dan untuk kegiatan penutup pun tidak dilakukan oleh guru tersebut seperti memberikan kesimpulan dan berdoa sebelum pulang, sehingga kegiatan pembelajaran belum terlaksana secara efektif dan efisien.
Nama : LISMAYDA
NIM :856463968
Didalam Video yang sudah saya amati ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar
Kekurangan adalah :
1.Guru tidak membuka pelajaran dengan berdoa
2.Guru tidak mengabsensi siswa
Kelebihan adalah :
Guru mengajak siswa belajar mengenal huruf dengan menggunakan media pembelajaran
Dengan mudah yaitu menyusun kata menjadi sebuah kalimat.
Nama :Alda Deska Putri
NIM : 877762422
Assalamualaikum wr.wb
Izin mengomentari video pembelajaran di atas dalam video pembelajaran tersebut dapat saya simpulkan bahwa guru yang mengajarkan huruf, membaca kata dengan baik kepada murid. Ibu guru di video sudah melakukan apersepsi dengan baik dengan cara dengan menyanyikan lagu dengan bersama dengan tujuan memberikan semangat dan memastikan semua peserta didik sudah siap memulai pembelajaran. Penyampaian materi sudah bagus media pembelajaran sudah ada tetapi alangkah baiknya dibuat lebih variatif agar anak lebih mudah memahami isi pada media pada gambar tersebut.
Nama : Nur Wahid
NIM : 856059593
HASIL ANALISIS SAYA TERHADAP VIDEO TERSEBUT.
Menurut saya, penggunaan lagu, permainan, dan pengenalan huruf secara bertahap adalah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan membaca pada anak sejak sekolah dasar.
Dalam video tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar guru tersebut
kekurangannya :
1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
2. tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarkan
3. tidak terlihat membimbing siswa dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata.
kelebihan :
1. memulai pembelajaran menggunakan lagu pemantik yaitu ibu dan ayah
2. media gambar yang sudah digunakan sudah baik.
saran
1. sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran, guru hendaknya mengajak anak untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
2. memulai ice breaking dengan lagu ABCD agar anak semakin mengenal huruf
3. melakukan permainan sederhana seperti melengkapi huruf yang hilang dengan media kartu huruf. contohnya kata : A Y A ___ . lalu si anak mencari pada timpukan huruf,huruf apa yang sesuai pada kata tersebut.
terimakasih
Nama : Mardhiyah Ulfah
Nim : 856821038
Pokjar : Curup, Rejang Lebong.
Guru mengajak siswa bernyanyi terlebih dahulu, sehingga siswa merasa gembira sebelum pelajaran dimulai. Tetapi guru lupa mengucapkan salam terlebih dahulu dan mengabsen siswa.
Guru Memperkenalkan huruf kepada anak dengan media gambar yang bisa menarik perhatian siswa, media gambar dapat membantu anak yang kesulitan membaca untuk memahami materi pelajaran dan mengembangkan kemampuannya.
Tetapi akan lebih baik lagi apabila gambar tersebut diberikan sentuhan warna, agar lebih menarik perhatian siswa.
Untuk mengatasi siswa yang kesulitan membaca, guru dapat memberikan motivasi dan pengarahan, mendampingi, dan memberikan perhatian khusus.