Similar Posts
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
NAMA : RATNA
NIM : 857141478
Secara menyeluruh kegiatan awal cukup menarik karna siswa diajak untuk bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima
pembelajaran.
Guru menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna dikarenakan adanya media yang menarik untuk mengajak siswa membaca dari gambar. Agar mudah memahami pembelajaran yang disampaikan guru.
Setelahnya guru memberikan pembelajaran untuk menguji kemampuan siswa agar pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di
sampaikan dapat di lakukan dengan tanya jawab.
Kekurangan di awal yaitu guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya menggunakan prinsip apersepsi supaya siswa bersemangat dalam persiapan belajar, apresepsi biasa dilakukan seperti membei salam, mengecek
kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
Demikian dan terima kasih.
NAMA : RATNA
NIM : 857141478
Secara menyeluruh kegiatan awal cukup menarik karna siswa diajak untuk bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bersemangat untuk menerima
pembelajaran.
Guru menggunakan metode pembelajaran yang tepat dikarenakan adanya media yang menarik untuk mengajak siswa membaca dari gambar. Agar mudah memahami pembelajaran yang disampaikan guru.
Setelahnya guru memberikan pembelajaran untuk menguji kemampuan siswa agar pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di
sampaikan dapat di lakukan dengan tanya jawab.
Kekurangan di awal yaitu guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya menggunakan prinsip apersepsi supaya siswa bersemangat dalam persiapan belajar, apresepsi biasa dilakukan seperti membei salam, mengecek
kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
Demikian dan terima kasih.
NAMA : INDAH LESTARI
NIM : 85583 8583
PRODI : S1 – PGSD
Kekurangan :
-Pada saat mengajar, Guru kurang mengajak siswa untuk benar benar memperhatikan huruf demi huruf yang dibaca.
-Metode pembelajaran tentang mengenal huruf dan menulis belum tepat.
Saran :
-Sebaiknya guru menggunakan metode belajar dengan kartu kata, anak harus melalui tahap belajar membaca suku kata sediit demi sedikit, guru bisa mencoba menyiapkan kata kecil dengan tulisan satu atau dua kata huruf vocal dan konsonan
Nama : Febi Purbayanti
NIM : 857479235
Prodi : PGSD S1
Pokjar : Majalengka
Pada video kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat, yang saya amati, ada kelebihan dan kekurangan yang saya temukan.
kelebihannya :
-Guru sudah menyampaikan materi dengan baik dan intonasi yang jelas, media pembelajaran yang digunakan sudah bagus, guru juga menanyakan pertanyaan pemantik,
kekurangannya :
-Apresepsi Dalam mengawali pembelajaran kurang menarik sehingga anak kurang pokus dan bersemangat,
Saran :
-Alangkah baiknya adanya apersepsi yang lebih menarik sehingga anak lebih bersemangat dan fokus saat pembelajaran berlangsung. guru juga bisa menggunakan berbagai media lain yang lebih menarik sesuai gaya belajar anak.
Nama : Ike Tri Agustin
NIM : 858914484
A. Penjelasan Umum
Video tersebut mencontohkan bagaimana mengatasi siswa kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat. Menggunakan media pembelajaran gambar, kartu huruf suku kata dan kalimat. Diharapkan dengan kartu huruf dan kalimat siswa akan lebih mudah menghafalkan dan ingat setiap huruf dan kata yang diberikan dengan baik, di sertai bernyanyi sehingga tertarik dan dapat menghidupkan suasana pembelajaran.
B. Kelebihan
Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain danbernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima pembelajaran dengan lagu pemantik “Ibu dan Ayah”.
Guru menguji kemampuan siswa untuk mengetahui pemahaman siswa dalam pembelajaran dan memberikan apresiasi kepada siswa.
Media pembelajaran sudah cukup bagus dalam mempermudah pemahaman anak pada saat pembelajaran berlangsung.
C. Kekurangan
Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa ,mengucapkan salam,menyapa siswa dan tidak mengabsensi siswa. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, tidak adanya kesimpulan di akhir pembelajaran dan tidak adanya penutupan
D. Saran Perbaikan
Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya adalah menyediakan berbagai barang atau media ajar yang membantu kemampuan membaca siswa, memberikan game yang berkaitan dengan membaca siswa dan membaca bersama.
Nama : Neng Astry Lestari Setiawan
NIM : 877670764
Prodi ; S-1 PGSD
Sebaiknya guru mengawali pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu lalu melakukan pembiasaan lainnya seperti membaca alquran atau membaca buku dilanjut dengan sapaan dan menanyakan kesiapan belajar siswa disertai game awal sebelum membahas materi pelajaran. Ini dilakukan untuk melatih konsentrasi siswa saat belajar di ruangan kelas dan menumbuhkan keyakinan bahwa materi yang akan dipelajarinya menyenangkan. Setelah itu guru mengecek kehadiran seluruh siswa. Barulah pembelajaran dimulai. Sedangkan untuk penyediaan media pembelajaran sudah baik karena disuguhkan dalam bentuk sederhana sehingga memudahkan anak untuk memahami apa yang diharapkan guru pada saat melangsungkan pembelajaran. Dengan berbekal hal itu, guru membimbing siswa untuk mulai belajar mengenal huruf dan kata dari objek lingkungan terdekat yaitu keluarga. Kata-kata yang diberikan guru pada media pembelajaran tersebut akan menstimulus memory mereka untuk menyesuaikan kata/ucapan dan tulisan yang biasa mereka dengar sehari-hari di rumah.
Nama : Siti Fatimah
NIM : 857027575
Dari video tersebut dapat saya analisis bahwa :
1. Reaksi peserta didik cukup antusias dalam memulai pelajaran karena guru memulai pelajaran dengan menyanyikan lagu “Pergi ke sekolah “.
2. Kelemahannya guru tidak mengawali proses belajar dengan berdoa dan absensi.
3. Kelebihannya guru menyertakan Media pembelajaran sebagai alat peraga dalam pembelajaran, Media pembelajaran cukup membantu anak dalam melatih konsentrasi dan fokusnya saat belajar.
4. Hal uniknya guru dengan sabar membimbing dan mengarahkan peserta didik satu persatu.
5. Guru harus lebih memahami karakteristik peserta didik yang sudah atau yang belum dapat membaca dengan baik, senantiasa sabar dalam mengajari dan membimbing peserta didik dalam pelajaran membaca dan tidak lupa juga dengan menyediakan media pembelajaran sebagai alat peraga yang dapat meningkatkan semangat dan konsentrasi belajar peserta didik.
NAMA : IMAM S.ARIFIN
NIM : 856335924
PRODI : 118/PGSD – S1
UPBJJ : 15/ PANGKAL PINANG
Kelebihan Video:
1. Suasana Pembelajaran: Guru mengawali dengan permainan dan nyanyian, meningkatkan semangat siswa.
2. Metode Pembelajaran: Penggunaan metode yang tepat membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah.
3. Evaluasi Pemahaman: Guru menguji kemampuan siswa melalui tanya jawab, membantu menilai pemahaman dan mencari metode yang lebih baik jika diperlukan.
Kekurangan Video:
1. Kurangnya Apresepsi: Guru seharusnya melakukan apresepsi seperti memberi salam dan memeriksa kehadiran untuk meningkatkan fokus siswa.
2. Fokus Siswa yang Rendah: Banyak siswa tidak fokus karena kurangnya apresepsi.
3. Penguasaan Ruang Kelas: Guru tidak menguasai ruang kelas, membuat suasana terasa kaku dan monoton, yang dapat mengurangi semangat belajar siswa.
Keunikan Video:
Guru menarik perhatian siswa dengan menghubungkan materi dengan pertanyaan personal, seperti menanyakan tentang hewan peliharaan, dan menggunakan gambar relevan, sehingga siswa lebih tertarik dan fokus.
Ada kelebihan dan kekurangan Guru dalam video tersebut
Kekurangan nya :
1. Guru tidak berdoa dulu sebelum memulai pembelajaran
2. Guru tidak menanyakan kabar atau yang lainnya
3. Guru tidak menuntun siswa untuk mengucapkan huruf-huruf
Kelebihannya:
1. Sebelum memulai pelajaran guru dan siswa menyanyikan lagu ayah ibu sesuai dengan apa yang akan diajarkan
2. Media yang guru gunakan sangat bagus karena membantu siswa mudah mengenal huruf.
Saran: Sebaiknya sebelum memulai pelajaran harus berdoa dahulu dan setelah berdoa, menyanyikan lagu wajib lalu menanyakan kabar serta Mengabsensi siswa lalu mengenalkan/membimbing siswa untuk mengenal huruf-huruf terlebih dahulu , lalu memberikan ice breaking seperti memindahkan huruf-huruf supaya siswa konsentrasi dan semangat beljar .
NAMA : IMAM S.ARIFIN
NIM : 856335924
PRODI : 118/PGSD – S1
UPBJJ : 15/ PANGKAL PINANG
Kelebihan Pembelajaran:
1. Suasana Pembelajaran: Guru mengawali dengan permainan dan nyanyian, meningkatkan semangat siswa.
2. Metode Pembelajaran: Penggunaan metode yang tepat membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah.
3. Evaluasi Pemahaman: Guru menguji kemampuan siswa melalui tanya jawab, membantu menilai pemahaman dan mencari metode yang lebih baik jika diperlukan.
Kekurangan Pembelajaran:
1. Kurangnya Apresepsi: Guru seharusnya melakukan apresepsi seperti memberi salam dan memeriksa kehadiran untuk meningkatkan fokus siswa.
2. Fokus Siswa yang Rendah: Banyak siswa tidak fokus karena kurangnya apresepsi.
3. Penguasaan Ruang Kelas: Guru tidak menguasai ruang kelas, membuat suasana terasa kaku dan monoton, yang dapat mengurangi semangat belajar siswa.
Teknik pembelajaran: Guru menarik perhatian siswa dengan menghubungkan materi dengan pertanyaan personal, seperti menanyakan tentang hewan peliharaan, dan menggunakan gambar relevan, sehingga siswa lebih tertarik dan fokus.