silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,399 Comments

  1. Nama : Shinta Kurniyawati
    NIM : 860048251
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    POKJAR : METRO

    Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat

    Penyampaian materi serta cara mengajar guru sudah cukup bagus dan jelas. Penggunaan media gambar baiknya digunakan secara lebih variatif, agar anak lebih mudah untuk memahami isi dari gambar tersebut. Mungkin media yang digunakan ditambah dan bervariasi dan bisa di bagikan kepada anak di setiap meja. Dan pada setiap anak membaca media yang dipegangnya bisa terlihat dimana kesulitan setiap anak saat membaca. Pada tahap pembelajaran untuk mengenal huruf memiliki proses dan kesabaran, sehingga kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi.

  2. Nama: Annisa Eka Nur Astuti
    NIM: 877836028
    Pokjar: Kota Bandung
    Video tersebut sudah memberikan gambaran bahwa perbedaan kemampuan peserta didik dalam membaca dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang memang terjadi dalam pembelajaran di dalam kelas. Video tersebut juga sudah dilengkapi dengan solusi dan cara yang dapat digunakan untuk membimbing peserta didik yang masih kesulitan membaca.
    Beberapa hal yang dapat ditambahkan dari video tersebut adalah:
    1. Adanya tahapan-tahapan pembelajaran sebagaimana mestinya, seperti sapaan, berdoa, absensi, dan apersepsi supaya video tersebut dapat lebih terlihat seperti video pembelajaran yang baik dan benar
    2. Jika akan mengajak peserta didik untuk belajar membaca, alangkah baiknya mengenalkan atau mereview kembali huruf-huruf kepada peserta didik agar mereka dapat terstimulus dan lebih siap untuk belajar membaca
    3. Saat ini sudah lebih banyak media pembelajaran yang menarik, dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman dan mencari lebih banyak lagi inspirasi media pembelajaran membaca agar peserta didik tidak bosan dan tertarik untuk belajar membaca

  3. Nama : Ida Ayu Putu Sita Dewi
    NIM : 859043608
    UPBJJ : Denpasar
    Video ini memberikan wawasan yang bermanfaat tentang kesulitan membaca yang dihadapi siswa. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini, guru dapat menerapkan strategi yang lebih efektif untuk membantu siswa mengatasi kesulitan mereka dalam membaca. Melibatkan orang tua dan menggunakan metode yang bervariasi adalah kunci untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa secara keseluruhan.
    Metode Pembelajaran:
    • Dalam video ini, terdapat pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menarik, dengan melibatkan siswa dalam latihan membaca.
    • Ditekankan pentingnya menggunakan metode yang bervariasi, seperti membaca berpasangan, permainan membaca, dan penggunaan media visual untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.
    Strategi Penyelesaian:
    Video memberikan beberapa strategi untuk mengatasi kesulitan membaca, seperti:
    • Penerapan teknik fonik untuk membantu siswa mengenali huruf dan suara.
    • Penggunaan buku cerita bergambar untuk menarik perhatian siswa dan memotivasi mereka untuk membaca.
    • Melibatkan orang tua dalam proses belajar untuk memberikan dukungan tambahan di rumah.
    Refleksi dan Tindak Lanjut:
    • Di akhir video, ada pemikiran tentang pentingnya evaluasi berkala untuk mengukur kemajuan siswa.
    • Penyampaian tentang perlunya pelatihan bagi guru agar dapat menggunakan metode yang lebih efektif dalam mengajar membaca.
    Terima Kasih

  4. Nama : AL SYAFWAN
    NIM : 856232909
    POKJAR : PADANG PARIAMAN

    Berdasarkan tayangan video, menurut saya proses pembelajaran yang diterapkan oleh ibu guru sudah sangat bagus. Dimulai dari pra-konsepsi dengan mengajak siswa bernyanyi berkaitan materi yang akan dipelajari, yaitu belajar membaca kata-kata yang berkaitan dengan keluarga.

  5. Loura Exlesia
    858613114

    Video ini sangat menarik, related sekali dengan kami yang berada di daerah yang susah signal dan listrik.
    Ibu guru sudah sangat baik mengajarnya, jelas sekali dan penyampaiannya sangat cocok sekali untuk anak-anak kelas rendah.
    Hanya mungkin cara mengajarnya perlu di sesuaikan lagi sesuai dengan kurikulum yang berlaku sekarang.

  6. Assalamualaikum salam sejahtera
    Menurut saya, video diatas sangat membantu, terkait masalah kesulitan membaca ada penyebab dan solusinya…solusi yg dipaparkan cukup lengkap, dan saya ingin menambah kan sedikit, selain dari metode, media yang d gunakan mesti juga harus bervariasi agar siswa tidak bosan,,, misal selain dgn gambar, kita juga bisa gunakan kartu huruf, opron, puzzle huruf, dan media kreasi lainya

  7. Nama : M Noor Fauzan
    NIM : 857394415
    Asal : Bogor
    Upbjj : UT Bogor

    Menurut saya dari video yang telah saya tonton, video tersebut memperlihatkan bagaimana seorang guru mengajar membaca permulaan bagi anak sd, ada tantangan yang dihadapi khususnya kelas kecil dalam mengajar dalam kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat. didalam video terlihat seorang guru menggunakan media dengan gambar dan teks kecil dibawahnya, namun kekurangan media tersebut akan dapat membuat siswa bosan hanya karena sebatas gambar, namun menggunakan ice breaking ditengah pembelajaran dapat membuat siswa fokus kembali dalam mengikuti pembelajaran. selain itu solusi yang dapat dilakukan adalah menggunakan media pembelajaran yang lain tergantung kebutuhan anak dapat menggunakan contohnya dapat menggunakan video pembelajaran, animasi bergerak, dan lain-lain, lalu dalam memulai pelajaran guru melakukan sapaan dan memperkenalkan materi yang akan dipelajari.

  8. Nama : Febi Purbayanti
    NIM : 857479235
    Pokjar : Majalengka

    Video yang saya lihat adalah Seorang guru yang sedang mengajarkan anak anak membaca, diawali dengan bernyanyi bersama kemudian mengeja dengan media gambar dan bermain kartu.

    Adapun Kelemahan dari video tersebut yaitu:
    1. Guru tidak membuka pembelajarab dengan mengucapkan salam dan berdo’a bersama
    2. Masih banyak anak yang belum hapal huruf sehingga kesulitan merangkai suku kata dan kalimat.
    3. Guru Tidak menggunakan media gambar yang dapat menarik perhatian siswa sehingga anak terlihat bosan dan malas.

    Kelebihan dalam video tersebut yaitu :
    1. Guru dapat menghidupkan suasana kelas dengan bernyanyi bersama
    2. Guru mengapresiasi siswa yang menjawab pertanyaan pertanyaan guru
    3. Guru mengajarkan untuk menghormati guru dan sayang teman lewat lagu.

    Saran :
    Sebaiknya guru menggunakan metode yang lebih bervariasi sehingga bisa menarik perhatian siswa, siswa bisa belajar membaca melalui tayangan video yang menarik.

  9. Nama : Wahyu Sri Kurniati
    Nim : 85171555
    Pokjar :
    Izin mengomentari

    Identifikasi Masalah: Video ini kemungkinan menggambarkan berbagai kesulitan yang dihadapi pembaca, seperti pengenalan huruf, kesulitan dalam menyusun suku kata, dan memahami struktur kata serta kalimat.

    Penyebab: Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesulitan ini meliputi:

    Faktor Kognitif: Kesulitan dalam memproses informasi, seperti disleksia.
    Faktor Lingkungan: Kurangnya akses pada metode pembelajaran yang efektif.
    Faktor Emosional: Rasa cemas atau rendah diri saat membaca.
    Metode Pembelajaran: Video mungkin juga menunjukkan teknik atau strategi yang dapat membantu mengatasi kesulitan ini, seperti:

    Pendekatan Multisensori: Menggunakan berbagai indra untuk pembelajaran.
    Latihan Berulang: Memperkuat pengenalan huruf dan kata melalui latihan.
    Dampak Kesulitan Membaca: Video mungkin membahas konsekuensi dari kesulitan membaca, seperti dampak pada pendidikan dan kepercayaan diri.
    Solusi dan Dukungan: Pentingnya dukungan dari orang tua, guru, dan penggunaan sumber daya yang tepat untuk membantu individu yang mengalami kesulitan.

  10. NAMA : Lindayani
    NIM : 855898478
    PRODI : PGSD
    Adapun hal- hal yang di analisis dari video pembelajaran Bahasa indonesia
    Berdasarkan video “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata Dan Kalimat” dapat dianalisis kekurangan guru pada pelaksanaan pembelajaran sebagai berikut :

    Setelah saya melihat video diatas guru Mengajar Bahasa Indonesia dengan bantuan alat visual (gambar, video, flashcard) atau audio (lagu, cerita) sangat efektif. Siswa kelas 1 biasanya sangat responsif terhadap gambar dan suara, sehingga metode ini menarik minat mereka dan membantu mereka memahami kata atau kalimat dengan lebih cepat.
    Dan seharusnya guru juga dapat menggunakan permainan interaktif seperti kartu huruf, puzzle kata, atau tebak kata untuk membantu siswa memahami kosakata dan struktur kalimat sederhana. Pembelajaran yang menyenangkan membantu siswa lebih aktif terlibat dan mengurangi rasa bosan.

    Tidak semua siswa kelas 1 memiliki kemampuan yang sama dalam mengenali huruf atau membaca kata. Ini bisa menjadi tantangan bagi guru untuk menyesuaikan materi agar semua siswa bisa mengikuti, baik yang sudah memiliki kemampuan membaca dasar maupun yang baru mulai mengenal huruf.
    Metode pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas 1 SD efektif ketika guru menggunakan pendekatan visual, audio, dan metode yang interaktif untuk menarik minat siswa. Namun, kekurangan seperti variasi kemampuan membaca dan keterbatasan alat bantu pembelajaran bisa menghambat proses mengajar. Dengan menyesuaikan pendekatan yang digunakan dengan kebutuhan siswa, guru dapat membantu siswa membangun fondasi yang kuat dalam Bahasa Indonesia sejak dini.
    Dengan pendekatan ini, hasil analisis dapat menjadi dasar yang kuat untuk memperbaiki atau mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Leave a Reply