Similar Posts
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Asniar
Nim: 858428059
izin menanggapi dari analisis permasalahan pembelajaran yang saya alami yaitu pada materi keterampilan membaca nyaring dengan metedo ceramah dan penggunaan media video.
setelah saya melihat video diatas sangat membantu dalam mengerjakan permasalahan dan menambahkan gagasan baru terhadap saya selanjutnya.
Nama : Marlina
Nim : 858428675
UPBJJ : SAMARINDA (PGSD)
bagus sekali, memberikan tanggapan atas metode picture & picture setelah mencermati video sangat membantu dalam memahami dampaknya langsung terhadap siswa SD. Berikut beberapa poin umum mengenai kelebihan dan kekurangan metode ini setelah saya cermati video diatas :
Kelebihan Metode Picture & Picture
Visualisasi yang Menarik : Anak-anak SD cenderung lebih tertarik pada gambar atau visual. Metode ini membantu mereka memahami konsep abstrak dengan lebih mudah melalui representasi visual.
Peningkatan Ingatan : Gambar dan ilustrasi seringkali lebih mudah diingat oleh anak-anak dibandingkan teks. Ini bisa meningkatkan daya ingat dan pemahaman mereka terhadap materi.
Kekurangan Metode Picture & Picture
Terbatas pada Materi Tertentu : Metode ini lebih cocok untuk materi visual atau naratif, seperti cerita atau konsep dasar. Untuk materi yang membutuhkan pemahaman abstrak atau perhitungan matematis, mungkin kurang efektif.
Ketergantungan pada Gambar : Siswa bisa menjadi terlalu bergantung pada visualisasi gambar, sehingga kurang terlatih untuk berpikir abstrak atau memahami konsep tanpa bantuan visual.
Nama : Marlina
Nim : 858428675
UPBJJ : SAMARINDA (PGSD)
bagus sekali, memberikan tanggapan atas metode picture & picture setelah mencermati video sangat membantu dalam memahami dampaknya langsung terhadap siswa SD. Berikut beberapa poin umum mengenai kelebihan dan kekurangan metode ini setelah saya cermati video diatas :
Kelebihan Metode Picture & Picture
Visualisasi yang Menarik : Anak-anak SD cenderung lebih tertarik pada gambar atau visual. Metode ini membantu mereka memahami konsep abstrak dengan lebih mudah melalui representasi visual.
Kekurangan Metode Picture & Picture
Terbatas pada Materi Tertentu : Metode ini lebih cocok untuk materi visual atau naratif, seperti cerita atau konsep dasar. Untuk materi yang membutuhkan pemahaman abstrak atau perhitungan matematis, mungkin kurang efektif.
Nama : Marlina
Nim : 877605675
UPBJJ : SAMARINDA
Bagus sekali, memberikan tanggapan atas metode picture & picture setelah mencermati video sangat membantu dalam memahami dampaknya langsung terhadap siswa SD. Berikut beberapa poin umum mengenai kelebihan dan kekurangan metode ini setelah saya cermati Video diatas :
Kelebihan Metode Picture & Picture
Visualisasi yang Menarik: Anak-anak SD cenderung lebih tertarik pada gambar atau visual. Metode ini membantu mereka memahami konsep abstrak dengan lebih mudah melalui representasi visual.
Kekurangan Metode Picture & Picture
Terbatas pada Materi Tertentu: Metode ini lebih cocok untuk materi visual atau naratif, seperti cerita atau konsep dasar. Untuk materi yang membutuhkan pemahaman abstrak atau perhitungan matematis, mungkin kurang efektif.
NAMA
Nama : Juma’iyah
NIM : 857780132
Pokjar : Kudus
Assalamu’alaikum wr.wb
Mohon izin untuk menanggapi video yang berjudul Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat.
Dari video yang saya amati yang berjudul Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat. Untuk anak-anak pada kelas rendah dalam tahap membaca merupakan tantangan tersendiri bagi kita sebagai seorang pendidik. Banyak metode yang bisa kita gunakan, salah satu yang kita lihat pada video tersebut adalah dengan menggunakan media gambar. JAdi anak-anak bisa fokus dan pembelajaran juga tidak membosankan.
Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan anak-anak pada kelas rendah mengalami kesulitan membaca baik itu huruf, suku kata, kata dan kalimat. faktor-faktor penyebab tersebut misalnya
1. anak malas
2. bosan
3. kurang konsentrasi
4. kurang perhatian guru
5.tidak ada media pembelajaran
6. pembelajaran lambat / slow learner
Faktor-faktor penyebab tersebut dapat kita tangani dengan beberapa metode seperti berikut:
1. metode abjad
2. metode eja
3. metode suku kata
4. metode kata
5. metode kalimat
6. metode SAS
Demikian pendapat saya dan terimakasih
Wassalamu’alaikum wr.wb
NAMA: Siska wahyu ningsih
NIM: 856568876
UPBJJ: Jambi
Reaksi siswa :sebelum proses pembelajaran di buka dg ice breaking sehingga bisa menimbulkan siswa semangat dan fokus untuk memulai proses pembelajaran.
Kelebihan
1. Guru melakukan pendekatan terhadap siswa dengan baik
2. Guru menggunakan bahasa yg mudah di pahami siswa
3. Guru menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mudah di pahami untuk merangkai kata
4. Guru membimbing dg sabar
5. Guru juga melakukan bloking kelas yang merata dengan berjalan keliling kelas menghampiri anak untuk menanyakan bacaan yang ada digambar satu persatu.
Kelemahan
1. Guru tidak memahami bahwa tidak semua anak sudah pandai dalam membaca
2. Guru langsung saja meminta anak untuk membaca apa yang tertulis dalam gambar, tanpa mengetahui apa si anak sudah pandai membaca atau belum
Hal yg unik yang di lakukan guru dalam pembelajaran adalah dengan mengajak seluruh siswa bernyanyi. Ditambah lagi dengan guru menghampiri satu persatu siswanya untuk
mengecek pemahaman terkait bacaan
Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah guru sebaiknya menggunakan picture card terkait huruf abjad, sehingga ini bisa membantu siswa yang belum bisa membaca dan memahami huruf
Nama : Muh. Taufiqurrahman
Nim : 877302987
Upbjj : Surabaya
Izin menanggapi video, dalam video tersebut menjelaskan tentang tanda-tanda kesulitan dalam membaca yang sering dialami oleh anak usia dini.
Dalam video tersebut terdapat kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru tampak memiliki kendali yang baik atas kelas, mampu memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif.
Namun terdapat kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu kurangnya diferensiasi dalam mengakomodasi siswa dengan tingkat yang berbeda.
Demikian pendapat saya dan terimakasih
Selamat Pagi
Nama: Ngurah Melyana
Nim: 859044158
Izin menanggapi video pembelajaran tentang “Kesulitan membaca, huruf, suku kata, kata dan kalimat”
Pada video tersebut diperlihatkan seorang guru sedang memberikan pelajaran kepada peserta didik yang dimulai dengan bernyanyi. Penting sekali kita sebgai pendidik mengajak peserta didik untuk bernyanyi terlebih dahulu sebab bernyanyi sebelum pelajaran dimulai dapat bermanfaat untuk perkembangan anak, meningkatkan daya ingat, dan menumbuhkan minat belajar. Dengan bernyanyi membuat suasana belajar menjadi riang dan bergairah sehingga perkembangan bahasa anak dapat distimulasi secara optimal. Selain itu dengan bernyanyi mungkin dapat menambah peningkatan kosakata sehingga perkembangan bahasa anak dapat berkembang secara optimal.
Pada video tersebut juga disebutkan faktor-faktor penyebab anak-anak mengalami kesulitan membaca, salah satunya yaitu pembelajaran lambat atau slow learner. Menurut pendapat saya anak yang disebut slow learner menjadi faktor utama di samping fakto-faktor yang lainnya penyebab anak-anak mengalami kesulitan membaca. Anak yang slow learner biasanya disebabkan oleh:
– Kurangannya perhatian: Siswa slow learner cenderung kurang memperhatikan tugas membaca yang diberikan guru.
– Ingatan : Siswa slow learner memiliki ingatan yang lemah, sehingga mudah lupa
– Pemahaman : Siswa slow learner kesulitan memahami materi pelajaran yang disajikan guru.
– Motivas: Siswa slow learner cenderung kurang termotivasi atau tertarik untuk belajar.
– Gangguan belajar : Siswa slow learner bisa mengalami gangguan belajar seperti disleksia yang membuat mereka kesulitan membaca.
Untuk membantu siswa slow learner, guru bisa menerapkan strategi seperti: Membuat kelas nyaman, Memberikan motivasi, Memanfaatkan berbagai pendekatan pembelajaran, Menerapkan pendekatan individualisasi dalam pembelajaran.
Terima kasih
Nama : Sri Wahyuni
NIM : 877784474
POKJAR : Kotaagung, Lampung.
Tanggapan saya terhadap video diatas menggunakan metode bergambar setelah mencermati sangat membantu dalam pemahaman dampaknya langsung terhadap siswa SD. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan metode ini setelah saya cermati video diatas :
Kelebihan:
Visualisasi yang Menarik : Anak-anak SD cenderung lebih tertarik pada gambar visual.
Metode ini membantu mereka memahami konsep abstrak dengan lebih mudah melalui representasi visual.
Kekurangan :
Terbatas pada Materi Tertentu : Metode ini lebih cocok untuk materi visual atau naratif, seperti cerita atau konsep dasar. Untuk materi yang membutuhkan pemahaman abstrak atau perhitungan matematis, mungkin kurang efektif.