Similar Posts
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Nama :Ratna Julita
Nim :858056135
semester:6
Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran sebagai berikut. Dalam video tersebut ada kekurangan dan ada kelebihan
Kekurangannya
Ibu guru di awal pembelajaran tidak mengucapkan salam dan menanya kabar siswa
Kelebihannya
Ibu guru awal pembukaan ia mengajak siswa dengan cara bernyanyi bertepuk tangan sehingga membuat siswa semangat dan memperhatikan pembelajaran tersebut apalagi lagu yang digunakan terkait dengan pembelajaran yang ia sampaikan dan metode yang digunakan cukup menarik dengan cara menggunakan metode gambar
Nama : DEMITA HARTATI
NIM : 856833483
Jurusan : PGSD S1 (Masukan Sarjana) Kurikulum Baru
Pokjar : UPBJJ Bengkulu Pokjar Kaur
Dari video pembelajaran tersebut dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:
1. Video pembelajaran tersebut hanya menampilkan kegiatan inti pembelajaran saja sehingga tidak terlihat
kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup
2. Pengelolaan kelas guru sangat baik sehingga hampir seluruh anak terlihat fokus. Semangat yang guru
tampilkan dalam kelas memberikan pengaruh positif terhapap suasana pembelajaran.
3. Pembelajaran yang menarik dapat dilihat dari guru yang mampu menghidupkan suasana kelas dengan
mengajak bernyanyi bersama “pergi kesekolah” terlebih dahulu. dimana lagu ini memiliki keterkaitan
langsung dengan materi yang akan diajarkan sehingga anak mendapatkan pembelajaran yang bermakna.
4. Guru terlihat ramah dan perhatian kepada seluruh anak, hal ini dapat dilihat dari :
a. Di awal video guru reflek membetulkan posisi duduk salah satu anak
b. Guru tidak segan mendekati anak untuk membimbing mengeja bacaan satu per satu
c. Guru seringkali memberikan apresiasi kepada anak misalnya “iya pintar, pintar semua” hal ini tentu saja
akan memotivasi anak
5. Media yang digunakan sederhana dan kreatif namun gampang dipahami anak-anak.
6. Mungkin karena durasi pembelajaran yang agak lama serta guru yang mendekati anak satu per satu
sehingga anak yang belum mendapatkan giliran dibimbing menjadi bosan, guru bisa melakukan ice
breaking untuk mengatasi kejenuhan anak.
Nama: Baik Surniati
Nim : 859132442
Prodi : PGSD
a.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa kelihatan sangat antusias ketika diajak bernyanyi,karena dengan bernyanyi mereka dapat menambahkan motivasi dalam pembelajaran.
Sikap ceria yang ditampilkan guru juga membuat siswa tidak merasa bosan selama proses pembelajaran.
b.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdo’a.
guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari oleh siswa, melainkan langsung pada proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran.
c.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru kreatif dalam mempersiapkan media pembelajaran.
Guru menggunakan metode dan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.
Guru menggunakan media pembelajaran yang sangat sesuai dengan kemampuan siswa.
d.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
▪ Guru mengajak siswa bernyanyi sambil bertepuk tangan untuk menghidupkan suasana belajar dan untuk membangun motivasi siswa.
.Guru menggunakan media pembelajaran dengan membawa gambar dan huruf-huruf yang dapat disusun siswa. Supaya peserta didik dalam menyusun huruf demi huruf sehingga terbentuk menjadi sebuah kata. Dari situ saya bisa melihat guru mampu mengajak siswa untuk mengeja dengan baik.
e.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Pada saat memulai pembelajaran guru sebaiknya mengawali pembelajaran dengan kegiatan awal dan menjelaskan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, serta manfaat dari pembelajaran tersebut.
Nama : HABIBUR RAHMAN
NIM : 858171355
Menurut saya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangatlah menarik.
diawal pembelajaran guru sudah memberikan penguatan dengan cara bernyanyi dan mengaitkan lirik lagu tersebut dengan apa yang akan dipelajari.dalam penyajian materi guru juga sudah menggunakan alat peraga seperti menyajikan gambar beserta hurufnya. hal ini dapat mempermudah siswa dalam memahami materi terutama dalam proses menulis huruf, suku kata dan kalimat. Guru juga sudah aktif dalam berinteraksi dengan siswa mampu bertanya dan menjelaskan dengan suara yang lantang
Nama :Etrisa
Nim. 859265629
Prodi :PGSD
Semester :6
Didalam video tersebut terlbih dahulu guru mengajak siswa untuk bernyayi sehingga adanya rasa semangat siswa untk memgikuti kegiatan pembelajaran.
guru menggunakan metode yang cukup dan menarik dengan media menggunakan media gambar pada pembelajaran yang disampaikan,dan Setelah melakukan penjelasan guru mendekati siswa dengan menguji batasan kemampuan siswa.
Kelemahan:
guru tidak melakukan kegiatan awal seperti, salam pembuka ,doa pembuka, mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kabar siswa.
Nama : Restiana
Nim : 856991276
Kelas : A (semester 6)
Pokjar : Sidomulyo
Kelebihan :
Pada video pembelajaran di atas, guru sudah cukup baik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Sebelum guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guru melakukan kegiatan apersepsi di dalam kelas yaitu dengan bernyanyi. Tujuannya untuk menarik perhatian peserta didik agar lebih fokus terhadap ilmu baru yang disampaikan guru. Guru menggunakan metode pembelajaran yang cukup baik dan menarik dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran yang disampaikan. Sehingga siswa mampu mengikuti pelajaran dengan fokus yang baik dalam kondisi yang menyenangkan.
Kelemahan :
Pada video kegiatan belajar mengajar di atas, guru tidak melakukan awal kegiatan dengan mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar kelas. Guru yang mengajari kelas tersebut tidak memulai pembelajaran dengan doa, alangkah baiknya sebelum melakukan suatu pembelajaran diawali dengan doa.
Nama : Wina Etika Utami
NIM : 856991577
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ BANDAR LAMPUNG
Membaca adalah hal yang penting pada proses pembelajaran karena dengan membaca siswa akan banyak mengetahui informasi ataupun hal baru dari sesuatu yang mereka baca.
Setelah menyimak video di atas tentang “Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat”. Guru sangat berperan penting dalam membantu proses pembelajaran terutama di sekolah. Guru sudah menerapkan pembelajaran yang menarik dengan mengawali kegiatan dengan bernyanyi sehingga membuat siswa bersemangat kemudian guru juga menggunakan media pembelajaran seperti gambar.
Dalam membaca banyak sekali metode yang dapat digunakan seperti yang sudah digunakan oleh guru tersebut seperti :
1. memperkenalkan huruf-huruf yang ada didalam gambar terlebih dahulu
2. mengeja satu sampai dua suku kata
3. mencari kata yang sama dengan gambar
3. menyusun huruf sehingga membuat siswa tanpak menikmati dan tidak bosan dalam belajar membaca.
Tetapi sebelumnya guru harus memastikan siswa sudah mengenal huruf dengan benar agar mereka tidak keliru. Dalam kegiatan pembelajaran perlu adanya nya kegiatan pembuka seperti salam,berdoa dan mengecek kehadiran siswa sebelum memulai pembelajaran. Terlihat dalam video guru belum melakukannya. Kegiatan pembuka penting dilakukan karena dengan itu guru akan mengetahui bagaimana kondisi siswa sebelum melakukan pembelajaran. Sehingga guru akan lebih mudah menerapkan metode apa yang harus digunakan.
Nama : REIKA SAFITRI.M
NIM : 856991552
Prodi : S1 PGSD (POKJAR SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN)
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut banyak yang bisa diperoleh dari penyebab permasalahan di atas yaitu mulai dari suku-kata-kalimat yang sulit dipahami oleh siswa. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan permasalahan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode yang bermacam-macam pada saat pembelajaran dilakukan. Seperti : Memberikan gambar dengan disertai tulisan yang sesuai dengan gambar tersebut, bernyanyi, memberikan gerak tubuh agar siswa dapat mudah memahami makna yang akan dipelajari, memberikan interaksi guru terhadap siswanya (sentuhan, ajakan, pujian dan lain-lain) agar siswa tertarik dan menirukan gurunya serta membaca buku yang ada gambarnya (gambar binatang, buah, dan lain sebagainya). Adapun penyebab permasalahan dari seorang gurunya : Tidak mengucapkan salam pada awal pembelajaran, tidak berdoa, tidak mengasih tahu pelajaran apa yang akan diajarkan pada siswanya dan tidak mengabsen siswanya.
Nama : Novira Aisyah
NIM : 857304614
Berdasarkan video tersebut, permasalahan siswa ada pada kesulitan membaca huruf, kata dan kalimat. Tetapi guru sudah bisa menguasai kelas dengan baik melalui bernyanyi yang di dalamnya ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan, juga sudah menggunakan media dalam pembelajaran berupa gambar yang dapat memudahkan siswa memahami pembelajaran. Saran saya adalah sebaiknya guru harus lebih kreatif memberikan metode pembelajaran seperti memberikan metode permainan kata agar siswa lebih tertantang dan aktif sehingga dalam pembelajaran tidak ada siswa yang mengantuk atau kurang memperhatikan.
Nama : AURA NABILA
NIM : 856027676
Semester/ Kelas : 6/B
Prodi : S1-PGSD
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Izin mengomentari video pembelajaran yang telah saya saksikan:
Didalam video tersebut dapat di simpulkan bahwa guru yang mengajarkan huruf, membaca kata dengan baik kepada murid. Ibu guru sudah memberikan apersepsi dengan baik yaitu menyajikan lagu “pergi be;ajar” , secara bersama-sama dengan tujuan memberi semangat dan memastikan jika peserta didik sudah siap dalam pembelajaran. Penyampaian materi serta cara mengajar guru sudah bagus dan jelas. Penggunaan media gambar alangkah baiknya digunakan secara lebih variatif, agar anak lebih cepat mudah dan memahami isi dari gambar tersebut . Alangkah baniknya jika media yang digunakan ditambah dan bervariasi dan di bagikan kepada anak di setiap meja. Dan pada setiap anak membaca media yang dipegangnya bisa terlihat dimana kesulitan setiap anak saat membaca. Pada tahap pembelajaran untuk mengenal huruf memiliki proses dan kesabaran, sehingga kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi.
Kesulitan atau permasalahan dalam membaca permulaan yaitu:
1. Anak malas
2. Anak mudah bosan
3. Pembelajaran menjadi lambat
4. Tidak ada media pembelajaran
Kesulitan atau permasalahan dalam membaca permulaan bisa di atasi guru, yaitu dnegan cara terus memberikan motivasi dan bimbingan kepada anak yang masih belum bisa menulis dan membaca, yaitu dengan memegang tangan anak membantunya menulis hufur dan dengan sentuhan guru supaya anak mau terus belajar menulis dan membaca. Guru pun harus lebih bisa menciptakan suasana kelas semenarik mungkin untuk membangkitkan rasa semangat siswa dalam belajar.
Kelebihan yang terlihat dalam video ialah:
Anak-anak terlihat antusias dalam belajar mengucapkan nama huruf yang di arahkan ibu guru dan mereka semangat dalam mengerjakan tugas – tugas yang diberikan guru.
Kelemahan nya yaitu:
Jawaban guru dalam video tersebut yaitu kurang nya variasi pemberian media pembelajaran, guru hanya menggunakan kertas bergambar dan tulisan huruf kepada siswa untuk menerangkan huruf dan kata, aangkah baiknya jika media pembelajaran lebih dari satu variasi.
Divideo ini harusnya ada salam pembukaan, berdoa , dan salam penutup . Ibu guru tersebut seharusnya juga membuat kelompok kecil , karena mungkin ada beberapa siswa yang belum bisa membaca dan memahami bacaan , dengan membagi kelompok kecil dapat mempermudah siswa untuk saling berinteraksi siswa satu dengan siswa lainnya, dengan begitu siswa siswa akan saling membantu dalam mengenali bacaan. Untuk media gambar seharusnya berwarna, agar lebih menarik lagi dilengkapi dengan video cara mengeja bacaan. Seharusnya juga guru tersebut mengulang suku kata beberapa kali agar siswa siswa mengeja bacaan dengan tepat dan dapat membaca dengan lancar.
Sekian tanggapan dari saya untuk video tersebut. Terimakasih